home -> Lifestyle -> 10 Makanan dan Minuman Yang Bisa Memicu Sakit Kepa...
16 Oktober 2021 19:54

10 Makanan dan Minuman Yang Bisa Memicu Sakit Kepala

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada October 08, 2021

Stres dan kurang tidur bukan satu-satunya alasan yang membuat kamu merasakan sakit kepala. Mengkonsumsi makanan yang salah dan juga dalam jumlah yang berlebihan ternyata juga bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala. Jadi apabila kalian merasakan sakit kepala, coba kalian memeriksa apakah makanan yang sudah kalian makan beberapa hari belakangan. Mungkin itulah yang menyebabkan kamu mengalami sakit kepala. Berikut sejumlah makanan yang dapat membuat seseorang mengalami sakit kepala.

10. Makanan Fermentasi dan Asin

fermented foods

Ada banyak makanan yang dibuat dengan cara difermentasi seperti keju, pickled atau yang biasa kita kenal dengan acar, kimchi yang merupakan makanan khas Korea Selatan, kombucha, dan masih banyak lagi contoh makanan fermentasi lain. Perlu kalian waspadai bahwa meski makanan fermentasi enak, ini bisa menyebabkan kamu mengalami sakit kepala.

Tentu kamu ingin makan dengan kesehatan yang tidak terganggu sama sekali. Sakit kepala merupakan sakit yang sangat tidak mengenakan yang dirasa di kepala. Sekali kena, butuh istirahat total agar kepala bisa kembali sehat. Makanan fermentasi dan asin memiliki kandungn tiramin yang tinggi. Kandungan tiramin ini bisa membuat kepala menjadi sakit.

9. Daging Olahan

processed meat

Harus diakui bahwa daging olahan memiliki sejumlah keuntungan lebih dibandingkan daging biasa. Salah satu keuntungan tersebut adalah lebih awet. Daging olahan sudah diolah sedemikian rupa di pabrik agar bisa bertahan lebih lama dibanding daging biasa. Inilah yang membuat kita bisa tak perlu khawatir dengan yang namanya kadaluarsa.

Namun ada sisi negatif yang diberikan oleh daging olahan. Biar bagaimanapun, daging olahan tidaklah sehat. Masalah kesehatan yang bisa diberikan oleh daging olahan yang paling mungkin adalah sakit kepala. Kebanyakan daging olahan menggunakan 2 zat bernama nitrat dan nitrit. Kedua zat ini yang membuat daging olahan tetap segar dan tahan lama. Tapi zat ini juga yang bisa memicu sakit kepala.

8. MSG

msg

Hayo, siapa di antara kalian yang termasuk orang yang tergantung sekali dengan yang namanya micin? Micin atau MSG adalah zat yang digunakan dalam proses masak. Dengan ditambahkan MSG ini, maka suatu masakan bisa menjadi sangat lezat. Semakin sering kamu menggunakan MSG, semakin besar juga kemungkinan kamu terserang masalah kesehatan.

MSG yang merupakan kependekan dari Monosodium glutamate adalah garam natrium dari asam glutamat yang ternyata ada di dalam tubuh kita. Asosiasi kesehatan di Amerika yakni The American Migraine Foundation mengatakan bahwa penggunaan MSG ini menyumbang rasa sakit di kepala sebesar 10 sampai 15%.

7. Coklat

chocolate

Sulit rasanya untuk menolak rasa manis dan nikmat dari yang namanya coklat. Semakin kesini, semakin banyak coklat dengan aneka rasa, semakin menguntungkan untuk kita karena kita bisa mengkonsumsi coklat dengan rasa yang kita inginkan. Tetapi, makanan yang lezat ini bisa memberikan masalah jika dimakan tanpa kontrol.

Apa kamu merasa sakit kepala tak lama setelah makan coklat? Ini dikarenakan coklat ternyata termasuk dalam salah satu makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala. Oleh American Migraine Foundation, sebanyak 22% orang yang memakan coklat mengalami sakit di kepalanya. Ini dikarenakan coklat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine yang menjadi pemicu sakit kepala.

6. Permen Karet

gum

Ketika perut sedang lapar tapi tidak ada makanan yang bisa dikonsumsi, pilihan untuk menahan rasa lapar biasanya akan mengarah pada permen karet. Permen karet memiliki rasa manis dan bisa dikunyah dalam waktu yang cukup lama. Lumayan lama hingga bisa membuat kamu lupa bahwa perut kamu perlu diisi makanan.

Karena permen karet bisa dikunyah dalam waktu yang cukup lama ini yang membuat kamu bisa merasakan sakit kepala. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, semakin lama kamu mengunyah permen karet, maka akan terjadi kontraksi otot yang cukup lama di bagian kepala dan leher. Ketika kepala dan leher sudah terlalu tegang, maka bisa saja kamu mengalami sakit kepala.

5. Keju

cheese

Kamu sering merasa sakit kepala? Meski sudah tidur cukup dan menyelesaikan masalah yang dihadapi tapi merasa sakit kepala, mungkin penyebabnya ada pada makanan yang kamu makan. Makanan yang kamu kira simpel tapi bisa memberikan masalah kesehatan ini adalah keju. Mengingat keju sekarang begitu populer, bisa dikombinasikan dengan banyak makanan, tak ada yang sadar bahwa keju bisa mendatangkan masalah.

Keju yang nikmat ini memiliki kandungan yang dinamakan tiramin. Tiramin pada keju bisa melebarkan pembuluh darah dan membuatnya tegang. Tentu ini bisa membuat kepala menjadi sakit. Makanya kalian perlu membatasi konsumsi keju. Keju yang yang semakin tua, maka akan semakin tinggi pula kandungan tiraminnya.

4. Alpukat

avocado

Mereka yang sedang dalam menjalani program diet diharuskan untuk mengonsumsi lemak sehat. Salah satu lemak sehat bisa didapat dari buah alpukat. Bisa dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus atau smoothie juga bisa. Kebutuhan lemak terpenuhi, berat badan yang diimpikan juga bisa didapat.

Tapi ada efek negatif yang bisa diberikan oleh buah satu ini. Ternyata alpukat bisa memicu rasa sakit di kepala. Perlu kalian ketahui bahwa alpukat mengandung yang namanya tiramine. Tiramine bisa membuat pembuluh darah menegang dan melebar. Hal ini yang membuat kepala kamu bisa merasakan sakit.

3. Soda

soda

Minuman bersoda memang enak karena memilik rasa tajam di tenggorokan dan manisnya yang sulit untuk ditolak. Seperti yang banyak orang tahu bahwa minuman bersoda menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan. Ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi yang ditambahkan dalam minuman bersoda.

Di balik kenikmatan yang diberikan oleh minuman bersoda, tersimpan banyak bahaya yang mengancam kesehatan. Selain berat badan yang naik, minum minuman bersoda bisa membuat kamu mengalami yang namanya sakit kepala. Ini disebabkan karena rasa manis yang ada pada minuman bersoda menggunakan pemanis buatan.

2. Alkohol

alcohol

Semakin banyaknya jenis minuman beralkohol yang dijual menandakan juga bahwa ada banyak juga orang yang meminati minuman beralkohol. Mungkin tidak sampai mabuk tapi hanya sebagai social drinker saja. Jadi mereka hanya minum bersama teman di momen tertentu dalam jumlah terbatas. Tak sampai mabuk.

Kebanyakan dari minuman beralkohol menggunakan sulfat sebagai bahan baku pembuatannya. Sulfat dari minuman beralkohol inilah yang menjadi penyebab kamu mengalami sakit kepala. Meski ada minuman beralkohol yang tak menggunakan sulfat, minuman beralkohol bisa menyebabkan efek dehidrasi dan juga sama-sama bisa mengakibatkan sakit kepala.

1. Pemanis Buatan

artificial sweeteners

Ketika membahas minuman yang mengandung soda di atas, sudah disebutkan bahwa salah satu bahan dasar pembuat minuman bersoda adalah pemanis buatan. Inilah hal yang membuat minuman soda memiliki rasa manis. Yang namanya makanan olahan, sudah pasti memiliki sisi negatif di baliknya. Begitu juga yang terjadi pada pemanis buatan.

Sekarang ini sudah semakin banyak makanan yang menggunakan bahan pemanis buatan. Meski terbilang aman, ada batasan yang berbeda setiap orang dalam mentoleransi kebutuhan manis, terutama rasa manis dari pemanis buatan. Pemanis buatan mengandung aspartame yang bisa memicu terjadinya sakit kepala.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas