home -> Lainnya -> 10 Serangga Mengerikan Di Dunia
16 Oktober 2021 19:17

10 Serangga Mengerikan Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 05, 2021

Memang serangga memiliki ukuran tubuh yang kecil, tapi meski ukuran menjadi kelemahan mereka, bentuk dan efek yang bisa diberikan oleh serangga bisa sangat mempengaruhi hidup manusia. Contoh saja nyamuk, mereka kecil, namum mereka bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya yang bisa saja menyebabkan kematian. Tapi di dunia serangga bukan hanya ada nyamuk saja, masih ada banyak serangga lain yang memiliki bentuk dan efek yang mengerikan. Serangga apa saja yang dimaksud? Inilah daftarnya.

10. Giant Japanese Hornets

Giant Japanese Hornets

Lebah sebenarnya termasuk dalam serangga yang bermanfaat bagi manusia. Mereka bisa membantu penyerbukan dan menghasilkan madu yang lezat. Tapi itu lebah, berbeda lagi dengan yang namanya hornets. Lebah memiliki sengatan mematikan dan hanya menyengat sekali, hornets memiliki ukuran jauh lebih besar dan bisa menyengat berkali-kali.

Dari sekian banyak jenis hornets, yang paling besar adalah Giant Japanese Hornets. Ukuran serangga ini bisa mencapai 3 inci. Giant Japanese Hornets memiliki sengatan yang panjang dan sangat menyakitkan. Jika mendapat sengatan dari mereka, yang teringan mungkin terjadi paralysis. Yang terberat bisa mati bagi mereka yang memiliki alergi.

9. Giant Weta

giant weta

Bagi kalian yang takut dengan serangga pastinya akan semakin takut melihat serangga satu ini. Giant Weta, itulah nama dari serangga ini. Jika kalian pernah lihat yang namanya jangkrik, Giant Weta ini adalah jangkrik dengan ukuran yang lebih besar. Supaya kalian tahu, Giant Weta bisa tumbuh hingga 10 cm dan beratnya bisa mencapai 70 gram.

Membayangkan Giant Weta mendarat di tangan saja bisa membuat takut. Tapi tidak perlu sampai takut sekali karena Giant Weta hanya bentuknya saja yang besar dan menyeramkan, tapi dia tidak berbahaya. Memang mereka bisa menggigit tapi sangat jarang sekali terjadi. Hewan ini justru termasuk dalam hewan yang terancam punah karena banyaknya predator seperti tikus, mustelid, kucing, dan landak yang memangsa Giant Weta.

8. Brahmin Moth Caterpillar

brahmin moth caterpillar

Melihat bentuknya yang seperti makhluk dari luar angkasa membuat hewan ini cocok dijadikan konsep monster di film-film horror. Brahmin Moth Caterpillar adalah salah satu dari sekian banyak jenis cacing yang berhasil dikenali oleh para peneliti hewan. Jika mereka sudah berubah menjadi moth, bentuk mereka yang mengerikan berubah menjadi hewan yang cantik.

Tapi selama ia masih adalam bentuk cacing, bentuknya yang mengerikan membuat siapa saja yang melihatnya akan menjaga jarak. Bagian kepala dan ekor dari serangga ini seperti senjata yang berbahaya. Memang benar bahwa sesuatu di kepala dan ekor mereka digunakan sebagai metode pertahanan, tapi serangga ini sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. Memang bentuknya saja yang mengerikan. 

7. House Centipede

House Centipede

Kalian tahu hewan centipede? Di Indonesia, centipede lebih dikenal dengan sebutan lipan. Bentuknya panjang dan memiliki gigitan yang sangat mengerikan. Tapi lipan bukanlah serangga, tapi ada serangga lain yang memiliki bentuk mengerikan mirip dengan lipan. Serangga tersebut adalah House centipede.

Meski mengerikan, jika kalian melihat serangga satu ini sebaiknya tidak kalian bunuh. Bentuknya mirip lipan namun versi lebih kecilnya. Berbeda dengan lipan yang memiliki gigitan menyakitkan, House centipede tidak. Serangga ini sama sekali tidak mengganggu manusia. Yang mereka lakukan justru menyingkirkan serangga pengganggu seperti kecoak, ngengat, lalat, dan rayap.

6. Assassin Bug

assassin bug

Mendengar nama Assassin bug bisa memunculkan rasa takut bagi yang mendengarnya. Serangga ini cukup sering ditemukan di taman dan kalian sebenarnya tidak perlu takut. Justru yang harus takut dengan keberadaan Assassin bug adalah serangga. Assassin bug ini memangsa serangga lain seperti cacing dan hama perusak lain.

Assassin bug menggunakan mulutnya yang tajam untuk menusuk korbannya. Meski tidak mematikan bagi manusia, sengatan dari Assassin bug bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Namun rasa sakitnya bisa diatasi dengan menggunakan antiseptic. Dengan memangsa hama, maka tanaman yang kalian tanam bisa aman.

5. Scorpionfly

scorpionfly

Melihat gambar serangga ini bisa membuat siapa saja menjadi merinding karena takut. Bentuknya mengingatkan kita semua dengan hewan kalajengking. Seperti yang kita tahu bahwa kalajengking merupakan hewan dengan ekor melengkung dan 2 capit. Baik capit dan ekor kalajengking bisa menyakitkan bagi manusia. Meski bentuk serangga ini mirip dengan kalajengking, serangga ini hanya mengerikan di bentuknya saja.

Scorpionfly, itulah nama dari serangga mengerikan ini. Bentuknya memang mengerikan, tapi serangga ini sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. Scorpionfly hanya memakan mayat hewan dan manusia. Ekor melengkungnya digunakan oleh pejantan sebagai alat reproduksi. Jadi meski bentuknya mengerikan, serangga ini justru bermanfaat bagi kehidupan.

4. Bullet Ant

bullet ant

Sebenarnya semut memiliki manfaat yang bagus bagi ekosistem. Semut adalah serangga predator yang dapat mengurai bahan organik, mengendalikan hama, dan membantu proses penyerbukan. Ukuran mereka memang kecil, tapi ada beberapa jenis semut yang gigitannya sangat menyakitkan. Semut tersebut adalah Bullet ant.

Bullet ant atau semut peluru dinamakan demikian karena gigitannya bisa memberikan rasa sakit seperti ditembak peluru. Tidak sampai membunuh manusia, tapi rasa sakitnya itu bisa bertahan hingga berhari-hari. Namun efek gigitannya bisa berbeda tergantung dari ketahanan tubuh seseorang. Gigitan Bullet ant bisa mematikan jika orang tersebut memiliki alergi.

3. Kecoak

cockroach

Serangga selanjutnya sudah pasti kalian semua familiar dengannya, dia adalah kecoak. Kalian bisa menemukan kecoak di tempat yang lembab, bau, dan kotor. Wc adalah tempat favorit dari kecoak untuk berkeliaran mencari makan. Kalian boleh semakin takut dengan hewan ini bukan karena jumlah spesies mereka yang banyak tapi juga mereka sangat sulit untuk dibasmi.

Kecoak memiliki sekitar 4500 spesies di dunia. Beberapa dianggap sebagai hama, tapi ada juga yang malah bisa dijadikan hewan peliharaan. Jenis Kecoak Madagascar yang aman dijadikan hewan peliharaan. Tapi kalau yang sering kita temukan di toilet seperti American cocroach dan German cocroach, itu termasuk hama yang musti dibasmi. Kalian lihat mereka merangkak sudah jijik, tunggu sampai mereka merentangkan sayapnya dan terbang ke arahmu.

2. Lalat

fly

Tidak semua serangga memiliki manfaat positif bagi manusia. Seperti lebah yang bisa kita manfaatkan madunya atau kupu-kupu yang membantu penyerbukan tanaman. Tapi ada juga serangga yang merugikan karena dapat menyebarkan penyakit. Salah satu serangga yang dimaksud adalah lalat.

Semua jenis lalat dianggap berbahaya karena mereka adalah serangga yang jorok. Mereka mencari makanan dengan terbang ke satu tempat ke tempat lain yang belum tentu bersih. Mereka bertelur dan larvanya dinamakan belatung dan makan dari bangkai hewan. Salah satu jenis lalat yang berbahaya yakni lalat Bot bisa menaruh telur mereka ke hewan atau manusia. Dan kita larvanya menetas, larva tersebut akan tinggal di inangnya dan memakan apa saja yang ada di sekitarnya.

1. Nyamuk

mosquito

Dari sekian banyak serangga, sudah jelas yang paling menyeramkan adalah nyamuk. Sudah jutaan lebih manusia mati karena gigitan nyamuk. Kenapa? Karena nyamuk  bisa menularkan berbagai macam penyakit berbahaya. Penyakit tersebut antara lain demam berdarah, malaria, demam kuning (yellow fever), kaki gajah, dan chikungunya.

Ukuran mereka sangat kecil dan jumlahnya ada banyak. Karena sifat merugikan mereka inilah yang membuat nyamuk termasuk dalam kategori hama. Hampir di semua negara memiliki masalah dengan nyamuk. Memang nyamuk ini sangat sulit dibasmi meski sudah menggunakan pembasmi serangga. Pastikan kalian menjaga rumah kalian tetap bersih dan bersihkan genangan air agar tidak dimanfaatkan oleh nyamuk untuk meletakkan telur mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas