home -> Misteri -> 10 Hantu Seram Dan Terkenal Di Jepang
16 Oktober 2021 19:09

10 Hantu Seram Dan Terkenal Di Jepang

Oleh serba_tahu dalam Misteri pada October 04, 2021

Setiap negara memiliki sosok hantu menyeramkan. Karena saking menyeramkan dan banyak orang yang membicarakannya, hantu tersebut semakin terkenal mungkin hingga ke luar negeri. Tidak hanya Indonesia yang hantunya menyeramkan, di negara lain juga memiliki sosok hantu yang tak kalah menyeramkan. Jepang misalnya, ada banyak sosok hantu atau setan mengerikan dari Negeri Sakura tersebut. Beberapa ada yang terinspirasi dari cerita rakyat masa lalu. Penasaran seperti apa wujud hantu dari Jepang? inilah daftarnya.

10. Nure-Onna

Nure-Onna

Jika di literatur Cina ada kisah Bai Suzhen, maka di Jepang ada versinya sendiri yang diberi nama Nure-Onna. Sama dengan Bai Suzhen, Nure-Onna merupakan hantu seram yang memiliki tubuh ular namun dengan kepala wanita. Cerita tentang Nure-Onna sudah ada sejak lama, kira-kira sudah ada sejak zaman Edo.

Nure-Onna biasanya tinggal di daerah yang berair seperti sungai. Target Nure-Onna adalah siapa saja yang melintas di area tempat tinggalnya. Nure-Onna akan menarik siapa saja yang melintas dekat sungai lalu memakannya. Namun ada kisah lain yang mengatakan bahwa Nure-Onna hanya akan memangsa orang yang mengganggu ritual cuci rambutnya.

9. Rokurokubi

Rokurokubi

Ada banyak kisah hantu seram di Jepang, salah satunya adalah Rokurokubi. Merasa asing dengan nama Jepangnya? Bagaimana jika hantu leher panjang? Beberapa di antara kita lebih familiar dengan sebutan hantu leher panjang, dinamakan demikian karena memang hantu ini memiliki leher yang sangat panjang.

Rokurokubi mengambil wujud wanita dengan leher yang panjang. Jika di siang hari, Rokurokubi akan tampak seperti wanita biasa. Tapi ketika malam, kepala Rokurokubi akan terbang kemana saja yang ia mau dengan lehernya yang masih menghubungkan kepala dengan tubuhnya. Inilah yang membuat orang yang melihatnya memberi nama hantu wanita berleher panjang.

8. Aka Manto

Aka Manto

Ada hantu yang begitu ditakuti di Jepang bernama Aka Manto. Dalam bahasa Inggris, Aka Manto berarti Red Cloak (Jubah Merah). Hantu ini biasa muncul di toilet dan menghantui siapa saja yang menggunakan toilet. Tidak hanya menghantui, Aka Manto bahkan sampai membunuh siapa saja yang ia temui.

Sebelum membunuh korbannya, Aka Manto akan memberikan pilihan pada korbannya. Apakah ingin memilih warna biru atau merah. Jika memilih biru, maka orang tersebut akan mati dicekik sampai membiru. Jika memilih merah, maka korbannya akan mati dengan tubuh penuh darah. Jika memilih warna lain atau tidak memilih, korbannya akan ditarik ke neraka.

7. Oiwa

Oiwa

Cerita tentang hantu Oiwa begitu terkenal di Jepang. Siapa saja yang melihat penampakan dari Oiwa dipastikan akan lari ketakutan. Oiwa memiliki wujud perempuan namun dengan wajah yang sudah rusak. Wajahnya yang rusak ini katanya disebabkan oleh racun yang diberikan oleh suaminya yang bernama Iemon.

Jadi menurut cerita, Oiwa dulu adalah wanita yang kaya dan cantik. Ia lalu menikah dengan seorang samurai bernama Iemon. Iemon yang ingin pernikahannya berakhir, memberikan Oiwa sebuah obat yang sudah dimasuki racun. Racun tersebut gagal membunuh Oiwa melainkan membuat rambutnya rontok, wajahnya rusak, serta matanya jatuh. Intinya wajahnya berubah menjadi mengerikan.

Oiwa lalu memutuskan untuk bunuh diri. Hantu Oiwa lalu mengikuti Iemon kemana saja ia pergi. Sampai Iemon menikah lagi, Oiwa masuk ke dalam diri istri Iemon. Iemon yang takut lalu menebas leher istrinya. Hantu Oiwa tak pernah berhenti mengikuti Iemon sampai akhirnya Iemon mati.

6. Yuki-Onna

yuki-onna

Ketika ada berita yang memberitahu bahwa ada orang yang hilang di gunung, kecurigaan orang akan mengarah pada sosok Yuki-Onna. Yuki-Onna merupakan hantu seram dan terkenal dari Jepang yang tinggal di daerah pegunungan. Mereka para pendaki yang hilang di gunung dan tidak ditemukan, dipercaya menjadi korban dari Yuki-Onna.

Yuki-Onna adalah hantu perempuan yang berkulit putih, mengenakan kimono putih dan berambut hitam panjang. Biasanya tinggal di gunung dan mengincar manusia. Yuki-Onna membunuh orang dengan membuat mereka menjadi beku. Setelah beku, barulah yuki-Onna menghisap jiwa mereka sampai mati. 

5. Jorogumo

Jorogumo

Sosok laba-laba saja sudah menakutkan. Memiliki delapan kaki ditambah dengan beberapa jenis laba-laba yang memiliki racun berbahaya. Semakin membuat kita harus jaga jarak dengan hewan satu ini. Di dunia hantu Jepang, ada satu hantu yang memiliki wujud setengah wanita dan setengah laba-laba bernama Jorogumo.

Jorogumo memiliki bagian tubuh pinggang ke atas sebagai wanita normal yang cantik. Sedangkan kakinya menyerupai kaki laba-laba. Jorogumo memiliki kebiasaan menggoda laki-laki. Dengan wajah cantiknya, Jorogumo dapat dengan mudah merayu laki-laki, menculik, lalu membunuhnya. Mayatnya nanti akan dibungkus dengan menggunakan jaring laba-labanya.

4. Kamaitachi

kamaitachi

Ketika ada seseorang yang mengalami luka potong namun tak terasa sakit, momen ini sering disangkut pautkan dengan yang namanya Kamaitachi. Kamaitachi dianggap sebagai sosok makhluk halus yang bertanggung jawab atas terjadinya luka potong namun orang tersebut tak merasakan sakit sama sekali.

Kamaitachi digambarkan sebagai sosok musang dengan cakar melengkung yang sangat tajam. Kamaitachi diceritakan bergerak dalam grup yang berisikan 3 Kamaitachi. Kamaitachi pertama bertugas mendorong korban dengan tiupan angin yang kuat. Kamaitachi kedua bertugas memotong kaki atau tangan korban. Dan Kamaitachi ketiga yang memberikan obat sehingga korbannya tidak merasakan sakit dan mati kehabisan darah.

3. Hanako

Hanako

Aka Manto bukanlah satu-satunya cerita hantu yang membuat orang takut pergi ke toilet pada malam hari. Masih ada lagi cerita hantu yang berkaitan dengan toilet. Hantu yang dimaksud adalah Hanako. Nama Hanako bukan nama yang asing lagi di telinga kalian yang sangat tergila-gila dengan Jepang dan kisah seramnya.

Hanako merupakan hantu anak perempuan yang bergentayangan di toilet. Biasanya sih toilet sekolah yang menjadi target dari Hanako. Mereka yang di toilet, berdiri depan cermin, dan menyebut nama Hanako sebanyak 3 kali, kabarnya akan melihat penampakan Hanako. Ini mirip dengan cerita Bloody Mary.

2. Kappa

kappa

Melihat sosok Kappa seperti melihat sosok Pokemon namun dalam bentuk yang lebih menyeramkan. Kappa memiliki bentuk tubuh seperti gabungan antara manusia dengan kura-kura. Tangan dan kakinya memiliki sisik dan punggungnya yang ada tempurung. Kappa biasanya ditemukan di wilayah yang berair seperti sungai atau danau.

Menurut cerita rakyat, Kappa tinggal di air dan berkamuflase dengan kepalanya yang menyerupai teratai. Para orang tua pada zaman dulu menceritakan kisah Kappa pada anak-anaknya. ANak-anak dilarang untuk tidak bermain di dekat sungai agar tidak ditarik oleh Kappa. Jika sudah ditarik oleh Kappa, kemungkinan besar pasti akan mati.

1. Kuchisake-Onna

kuchisake-onna

Cerita mengenai keseraman dari Kuchisake-Onna sudah menyebar luas di Jepang. Bahkan kisah seramnya sampai menyebar juga ke luar Jepang. Kuchisake-Onna merupakan sosok hantu wanita dengan luka sobek di kedua sisi mulutnya. Jadi ketika ia membuka mulutnya, akan terlihat sangat menyeramkan.

Kuchisake-Onna ketika muncul tidak akan menunjukkan wujud aslinya. Mulutnya akan ditutup oleh masker. Ia lalu akan menemui seseorang dan bertanya padanya apakah ia terlihat cantik atau tidak. Jika jawabannya iya, Kuchisake-Onna akan melepas maskernya dan memperlihatkan mulutnya yang sobek. Kuchisake-Onna kembali memberikan pertanyaan yang sama apakah dia terlihat cantik. Jika jawabannya tidak, maka orang tersebut akan dirobek mulutnya dengan gunting yang ia bawa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Misteri
  7. 7
    oleh raza dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
  1. 1
    oleh admin dalam Misteri
  2. 2
    oleh admin dalam Misteri
  3. 3
    oleh admin dalam Misteri
  4. 4
    oleh admin dalam Misteri
  5. 5
    oleh admin dalam Misteri
  6. 6
    oleh admin dalam Misteri
  7. 7
    oleh admin dalam Misteri
  8. 8
    oleh admin dalam Misteri
  9. 9
    oleh admin dalam Misteri
  10. 10
    oleh admin dalam Misteri
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas