home -> Unik -> 10 Jenis Anjing Langka Di Dunia
28 November 2021 00:09

10 Jenis Anjing Langka Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada September 29, 2021

Ada banyak jenis atau ras anjing di dunia. Setidaknya ada sekitar 190 yang rasnya berhasil diketahui. Kalian sendiri sejauh mana mengetahui ras anjing tersebut? Yang cukup umum terdengar seperti anjing jenis labrador, golden retriever, siberian husky, german shepherd, serta corgi. Selain itu masih ada banyak lagi anjing jenis lain yang tak kalah unik, lucu, dan bahkan langka. Disebut langka bisa disebabkan karena banyak hal seperti campurannya, jumlah yang sedikit, keunikannya, dan lain sebagainya. TahuPedia merangkum 10 jenis anjing ras yang tergolong langka di dunia. Apa saja? Berikut ini daftarnya.

10. New Guinea Singing Dog

New Guinea Singing Dog

Dataran Tinggi Papua Nugini kebanyakan masih belum dijelajahi sepenuhnya. Ini memungkinkan ada banyak spesies hewan yang mungkin saja masih tersimpan di sana. Ternyata benar saja, salah satu spesies anjing langka ternyata ada di Papua Nugini. Anjing langka tersebut berjenis New Guinea Singing dog atau New Guinea Highland dog.

Termasuk anjing yang tua karena sudah ada sejak lama. Anjing ini diketahui memiliki relasi dengan Australian dingo. New Guinea Singing dog memiliki suara yang unik ketika mereka berburu. Oleh orang lokal, New Guinea Singing dog dimanfaatkan sebagai hewan pembantu pemburu. Sekarang, New Guinea Singing dog sedang diusahakan untuk dikembangbiak untuk menjaga kelestarian serta dijadikan hewan peliharaan.

9. Stabyhoun

Stabyhoun

Belanda sebagai negara yang terkenal akan kincir anginnya, memiliki jenis anjing yang masuk dalam kategori langka di dunia. Anjing tersebut adalah Stabyhoun. Anjing ini sangat terkenal di Jepang dan diketahui berasal dari Friesland. Anjing ini menjadi terkenal sekitar awal tahun 2000an karena sebelumnya Stabyhoun jarang ada yang ditemukan di luar Belanda.

Stabyhoun ternyata memiliki sejarah panjang dimana ia sudah ada sejak 1800an. Di tahun 1960an barulah Stabyhoun mulai keluar dari area asalnya yakni Friesland. Diketahui hanya ada beberapa ribu ekor Stabyhoun yang ada di dunia. Dan oleh Belanda, anjing jenis ini dianggap sebagai anjing unik dan berharga.

8. Bakharwal

Bakharwal

Beralih ke India, ada satu jenis anjing langka yang bisa ditemukan di sana. Anjing langka tersebut berjenis Bakharwal. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 24-30 inci, berat 70-90 kg, Bakharwal tidak hanya dianggap langka tapi juga anjing terbaik dalam hal menjaga. Ini dikarenakan struktur tulang besar dan kekuatannya.

Bakharwal memiliki bulu yang tebal menandakan bahwa anjing ini tipe anjing yang tinggal di area pegunungan. Bulu tebal membantu mereka untuk bertahan dari suhu udara yang dingin. Berbeda dari anjing pada umumnya yang harus ada daging, Bakharwal tergolong anjing vegetarian. Ia bisa hidup dengan baik meski diberi nasi, susu, dan roti.

7. Otterhound

otterhound

United Kingdom juga memiliki anjing langka dengan jenis Otterhound. Bukan hanya sekedar langka, tapi anjing ini malah tergolong anjing yang dilindungi karena hampir punah. Sesuai namanya, Otterhound sering digunakan oleh manusia untuk berburu otter atau berang-berang. Di masa kerajaan, Otterhound jumlahnya masih lumayan banyak dan menu makanannya adalah ikan.

Sekarang ini populasi Otterhound sudah termasuk mengkhawatirkan. Terhitung jumlahnya sudah kurang dari 800. Otterhound memiliki rentang usia 10 sampai 13 tahun. Karena kelangkaan ini yang membuat harga Otterhound sangat mahal. Harga terendah bisa berkisar antara 600-600 dolar dan yang tingginya bisa berkisar antara 1500-4500 dolar.

6. Azawakh

azawakh

Melihat bentuk tubuhnya mengingatkan kita pada anjing Greyhound. Anjing berjenis Azawakh ini bisa berlari dengan sangat cepat. Diketahui bahwa kecepatan berlari Azawakh bisa mencapai 64km/jam. Kecepatan larinya yang kencang dipengaruhi oleh bentuk tubuhnya yang lean dan aerodynamic. Inilah yang membuatnya cocok digunakan sebagai anjing pemburu. 

Azawakh berasal dari Afrika Barat dan tersebar di beberapa negara seperti Mali, Nigeria, dan Burkina Faso. Azawakh diketahui adalah anjing tua yang ada di Afrika sejak ribuan tahun yang lalu. Pada masanya, Azawakh tinggal dan digunakan oleh orang Tuareg untuk berburu. Meski memiliki insting berburu, tergantung dari si pemiliknya ingin melatih Azawakh untuk anjing pemburu atau anjing peliharaan biasa.

5. Canaan

Canaan

Jika di antara kalian ada yang mencari sosok anjing penjaga selain German Sheperd, mungkin bisa mencoba untuk mempertimbangkan Canaan. Anjing ini berasal dari Israel dan memiliki umur yang cukup tua. Oleh orang Israel zaman dulu, anjing Canaan digunakan untuk menjaga lumbung dan properti berharga.

Canaan termasuk anjing yang pintar, waspada, dan atletik. Cocok sekali untuk olahraga dan penjaga. Sifat teritorial dan galaknya terhadap orang asing membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga. Selain Israel, Canaan sekarang ini dapat ditemukan di beberapa negara lain seperti Mesir, Irak, Lebanon, dan Syria.

4. Chinook

Chinook

Anjing jenis Chinook memiliki tempat asli di United States, lebih tepanya berasal dari New Hampshire. Ketika di abad ke-20, anjing ini digunakan sebagai sled dog. Sled dog adalah anjing yang dimanfaatkan untuk menarik kereta yang berisikan barang. Jadi bisa dikatakan bahwa anjing ini adalah anjing pekerja.

Meski sering digunakan sebagai anjing pekerja, Chinook memiliki karakter yang ramah, pintar, namun ada sisi galaknya. Karena sifat ramah inilah yang membuat Chinook aman dijadikan sahabat untuk anak-anak sekaligus penjaga. Ukurannya bisa dibilang seimbang, Chinook bisa tumbuh hingga 27 inci dengan berat mencapai 41 kg.

3. Fila Brasileiro

Fila Brasileiro

Melihat bentuknya, orang akan mengira bahwa anjing in imerupakan anjing jenis Mastiff atau Bloodhound dikarenakan bentuk tulangnya yang besar, kulit, dan bulunya yang halus. Sayangnya anjing tersebut bukanlah dari ras yang sudah disebutkan. Memang memiliki kemiripan, tapi anjing ini adalah anjing jenis Fila Brasileiro atau biasa orang Brazil sebut sebagai Brazillian Mastiff.

Tentu sudah bisa ditebak dari mana asal anjing jenis ini dari namanya yaitu Brazil. Fila Brasileiro merupakan jenis anjing besar yang dikembangkan di Brazil. Salah satu kemampuan andalan dari Fila Brasileiro adalah penciumannya yang sangat tajam. Dikarenakan anjing memiliki temperamen yang tinggi, Fila Brasileiro bukanlah anjing yang direkomendasikan dipelihara untuk pemula.

2. Telomian

Telomian

Tetangga kita yakni Malaysia ternyata memiliki satu jenis anjing yang termasuk langka di dunia. Anjing yang dimaksud adalah Telomian. Diketahui bahwa anjing Telomian adalah jenis anjing langka yang tinggal di sebuah desa terpencil dekat Telom River di dalam hutan hujan Malay Peninsula. Anjing ini digunakan oleh Orang Asli yang merupakan etnis asli atau pribumi Malaysia untuk berburu hama.

Telomian sempat diperkenalkan dan dijual di Amerika. Yang dijual ini bukanlah campuran melainkan Telomian murni. Oleh Malaysian Kennel Association, mereka memberikan pernyataan bahwa anjing ini sebenarnya bukan untuk anjing peliharaan. Telomian dianggap sebagai anjing pariah yang artinya anjing ini setengah liar, terbiasa tidak memiliki pemilik. Meski begitu, anjing ini hidup berdampingan dengan manusia.

1. Kai Ken

Kai Ken

Anjing apa yang terlintas di kepala kalian ketika mendengar negeri Jepang? Shiba inu? Tentu saja, jenis anjing ini begitu terkenal karena kisah Hachiko. Tapi di Jepang bukan hanya ada anjing jenis Shiba inu saja, melainkan ada satu jenis anjing lagi yang dinamakan Kai Ken. Anjing ini tergolong dalam anjing yang langka di Jepang.

Selain langka, Kai Ken juga dianggap sebagai harta karun di negeri Jepang. Ini sebabnya anjing jenis Kai Ken termasuk yang dilindungi sejak tahun 1934. Kai Ken tergolong anjing dengan ukuran sedang. Untuk jantan, ukurannya bisa mencapai 22 inci sedangkan betinanya 20 inci. Mengenai karakter, Kai Ken termasuk anjing yang pintar, lincah, dan berani. Sering digunakan sebagai anjing pemburu dan penjaga.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas