home -> Lifestyle -> 10 Kombinasi Makanan Yang Buruk Untuk Kesehatan
28 November 2021 00:59

10 Kombinasi Makanan Yang Buruk Untuk Kesehatan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada September 22, 2021

Pasti sering kita merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Ini yang membuat orang mencari ide untuk mencampurkan beberapa makanan untuk dimakan sekaligus. Selain untuk menghilangkan rasa bosan, menggabungkan dua makanan atau lebih diharapkan bisa mendapatkan nutrisi dari makanan tersebut. Memang ada beberapa yang aman untuk dikombinasi, tapi ada juga yang tidak. Mengkombinasinya malah bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Berikut ini adalah sejumlah kombinasi makanan yang buruk untuk kesehatan.

10. Keju dan Kacang

cheese and beans

Keju dan kacang, kedua makanan ini bukanlah makanan yang bagus untuk dimakan dalam waktu bersamaan. Mungkin orang tak akan makan keju dan kacang saja, tapi dicampur dengan makanan lain. Yang sering kita temukan adalah martabak manis atau martabak terang bulang. Kombinasi kacang dan keju menjadi toping umum pada martabak manis.

Campuran keju dan kacang memang enak tapi perut bisa menjadi bermasalah karenanya. Keju dan kacang dapat membuat perut menjadi besar dan kembung. Baik keju dan kacang, keduanya butuh waktu yang cukup lama untuk bisa dicerna. Kalau ingin menikmatinya, lebih baik keju dan kacang dimakan secara terpisah agar tidak memperberat kerja pencernaan.

9. Makanan Manis dan Alkohol

sweet and alcohol

Ketika kita ingin mengkombinasi makanan, alangkah baiknya kita mencari informasi lebih lengkap mengenai makanan apa yang mau dikombinasi dan efeknya terhadap tubuh. Tidak semua makanan aman untuk dikombinasi. Seperti yang berikut ini, kombinasi antara makanan manis dan alkohol bukanlah kombinasi yang bagus.

Mungkin lidah bisa terpuaskan karena adanya rasa manis ditambah dengan alkohol, tapi kombinasi ini malah bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Alkohol bisa mengubah gula menjadi lemak jenuh. Seperti yang kita tahu bahwa lemak jenuh harus dihindari. Semakin sering kalian makan makanan manis dengan minum alkohol, lemak jenuh ini bisa menumpuk dan mendatangkan masalah kesehatan.

8. Daging dan Kentang

meat and potatoes

Seberapa sering kalian makan steak? Coba kalian perhatikan apa yang kalian makan selain steak tersebut? Biasanya yang menjadi pasangan selain steak untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Bukan nasi melainkan kentang yang biasanya dimakan bersamaan dengan steak.

Kombinasi yang enak antara steak dan kentang ternyata  bukanlah kombinasi yang baik untuk kesehatan. Steak mengandung protein tinggi dan kentang mengandung karbohidrat. Keduanya bisa mendatangkan masalah pada pencernaan. Harus ditambahkan serat dalam menu makanan steak kalian untuk membuat pencernaan bisa bekerja dengan baik.

7. Buah Setelah Makan

fruits

Di beberapa acara pesta menyediakan makanan berat dan pencuci mulut. Biasanya orang makan berat terlebih dahulu baru ke makanan pencuci mulut. Makanan pencuci mulut bisa es krim, puding, atau buah. Orang yang ingin memilih makanan yang sehat pastinya lebih memilih buah daripada es krim atau puding.

Makan buah setelah makan berat bukanlah pilihan yang bijak. Perlu kalian ketahui bahwa buah-buahan itu sangat cepat dicerna dan mengandung gula. Kalau kalian makan buah setelah makan berat, buah-buahan tersebut tidak langsung dicerna dan akan tertinggal di perut cukup lama. Ini bisa membuat masalah pada perut.

6. Cereal dan Jus

cereal and juice

Ingin sarapan yang cepat dan sehat membuat orang mencari makanan dan minuman yang sesehat mungkin dan bisa disiapkan tanpa harus menunggu waktu lama. Cereal menjadi salah satu makanan yang cukup sering dimakan. Minuman yang biasanya dijadikan pilihan biasanya adalah jus. Terlihat sangat menyehatkan padahal tidak.

Jika kalian mengira bahwa sarapan dengan cereal dan jus bisa memberikan kalian energi untuk mengawali hari, kalian salah. Cereal dan jus tidak bisa memberikan energi yang diharapkan, malah yang bisa diberikan adalah masalah. Asam yang ada pada jus bisa menurunkan kinerja enzim yang berguna untuk memecah karbohidrat. Membuat kalian merasa tak nyaman di perut.

5. Soda dan Pizza

soda and pizza

Berbicara soal makanan Italia, ada 2 makanan Italia yang sangat terkenal dan banyak ditemukan di Indonesia. Makanan itu adalah pizza dan pasta. Kita akan bahas pasta nanti, sekarang adalah giliran pizza. Ada banyak restoran yang menyajikan pizza yang sangat menggiurkan. Ditambah dengan minuman sodanya, siapa juga yang tak tergoda.

Sungguh bukan kombinasi yang baik antara pizza dengan soda. Memang rasanya akan sangat enak di mulut, tapi kesehatan menjadi terganggu. Karbohidrat yang ada pada pizza ditambah dengan protein sangat tinggi, membuatnya sulit untuk dicerna. Kalian menambahkan soda yang dimana sangat tinggi akan gula malah membuat waktu yang dibutuhkan untuk mencernanya semakin bertambah lama.

4. Susu dan Pisang

milk and banana

Sarapan yang tepat bisa menjadi kunci untuk mengawali hari. Makanan yang dimakan bisa menjadi energi untuk memulai aktivitas kerja ataupun sekolah. Yang umum dan cepat untuk disajikan adalah susu dan pisang. Orang mengira bahwa tidak ada yang salah jika memakan susu dan pisang bersamaan untuk sarapan.

Kombinasi susu dan pisang ini sebaiknya tidak dilakukan karena merupakan kombinasi yang buruk. Bukannya memberikan tenaga, susu dan pisang malah bisa membuat kalian jadi merasa berat. Tubuh menjadi lemas dan enggan untuk beraktivitas. Jika memang ingin tetap menyantap susu dan pisang, disarankan untuk menambahkan green cardamom, bubuk kayu manis, atau nutmeg untuk membantu pencernaan.

3. Tomat dan Pasta

tomato and pasta

Sebelumnya sudah dibahas tentang makanan Italia yang terkenal yaitu pizza, sekarang adalah giliran pasta. Bagi kalian yang penggemar pasta pasti sudah tahu bahwa ada banyak sekali jenis pasta. Yang umum kita jumpai seperti spaghetti, fettuccine, dan fusili. Tak usah diragukan bahwa pasta sangatlah enak apalagi dikombinasikan dengan tomat.

Kombinasi yang terlihat sempurna dan luar biasa enak ini ternyata bukanlah kombinasi yang baik untuk kesehatan. Pasta itu memiliki kandungan karbo yang tinggi dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Di lain sisi, tomat mengandung asam yang tinggi. Kombinasi keduanya bisa membuat perut membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya. Tak jarang pasta dan tomat membuat perut jadi kembung.

2. Egg dan Bacon

egg and bacon

Pernahkah kalian sarapan menggunapan telur mata sapi dan bacon? Sarapan ini mirip sekali dengan gaya sarapan orang-orang Inggris. Kelihatannya menjadi sarapan biasa bukan? Kedua-duanya sama mengandung protein dan ada lemak. Tapi ternyata, kombinasi kedua makanan ini bukanlah kombinasi yang sehat.

Bacon adalah produk daging yang diolah dari beberapa potongan daging, dijadikan satu. Biasanya menggunakan daging babi, tapi ada juga bacon yang menggunakan daging sapi. Orang berharap bahwa dengan makan telur dan bacon bisa mendapatkan energi yang cukup. Faktanya, telur dan dagung malah bisa membuat pencernaan terganggu karena butuh waktu yang lama untuk dicerna.

1. Burger dan Kentang Goreng

burger and fries

Kehadiran restoran cepat saji memang sangat membantu bagi mereka yang super sibuk. Selain cepat, restoran cepat saji biasanya buka 24 jam. Jadi mereka yang paginya terburu-buru mau beraktivitas, bisa ke restoran cepat saji memesan makanan seperti burger dan kentang goreng. Kombinasi yang jelas bukanlah kombinasi yang baik.

Makanan cepat saji sangat tinggi akan lemak jenuh. Baik burger dan kentang goreng yang tinggi akan lemak jenuh bisa menurunkan gula dalam darah. Turunnya gula dalam darah bisa membuat tubuh merasa capek dan ngantuk. Semakin sering mengkonsumsi makanan cepat saji juga bisa membuat kolesterol dan berat badan naik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas