home -> Lifestyle -> 10 Mitos Seputar Kesehatan Yang Perlu Diluruskan
19 September 2021 23:57

10 Mitos Seputar Kesehatan Yang Perlu Diluruskan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada September 13, 2021

Ada banyak misinformasi atau informasi salah yang beredar di dunia kesehatan. Bagi yang percaya dengan mitos-mitos tersebut pastinya akan sangat rugi karena bisa saja mereka tidak mendapatkan manfaat kesehatan yang sesungguhnya atau malah kesehatan mereka menjadi terganggu. Maka dari itu sangat penting untuk bersikap skeptis terlebih dahulu terhadap apapun yang baru ditemukan. Cari tahu lebih dalam tentang informasi tersebut di internet atau bertanya ke dokter. Berikut sejumlah mitos seputar kesehatan yang perlu diluruskan.

10. Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

drink water

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Untuk itulah penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan cairan. Kurangnya cairan dalam tubuh bisa menyebabkan yang namanya dehidrasi. Jika sudah dehidrasi masih tak minum air, maka efeknya bisa lebih parah dengan menurunnya fungsi tubuh. Makanya muncul anjuran untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

Tapi apakah memang harus 8 gelas dalam sehari? Kebutuhan akan air yang dibutuhkan oleh orang bisa berbeda-beda. Angka 8 ini hanya sebagai patokan saja, tujuan yang sebenarnya adalah untuk pengingat agar selalu minum air. Jangan tunggu sampai haus baru minum. Apalagi bagi mereka yang pekerjaannya di kantor yang lama duduk, wajib minum air yang cukup.

9. Kuning Telur Berbahaya Bagi Kesehatan

eggs

Mitos seputar kesehatan yang cukup sering kita dengar, berhubungan dengan yang namanya telur. Kalian semua pasti tahu dengan yang namanya telur bukan? Telur ini menjadi salah satu makanan yang kaya akan protein. Putihnya memiliki kandungan protein yang tinggi sedangkan kuningnya mengandung kolesterol.

Sayangnya ada mitos yang mengatakan bahwa mengkonsumsi telur itu bahaya bagi kesehatan. Katanya bisa memunculkan jerawat dan bisul di wajah. Itu adalah salah besar. Telur merupakan makanan yang sangat kaya akan protein. Kalaupun ada kolesterol yang ada pada kuningnya, kolesterol tersebut termasuk kolesterol yang baik atau LDL. LDL dibutuhkan untuk tubuh.

8. Olahraga Di Malam Hari Bisa Membuat Sulit Tidur

workout

Untuk memperoleh tubuh yang sehat bukan hanya dari makan makanan yang bergizi saja. Kita juga harus aktif bergerak. Olahraga musti dilakukan agar tubuh sehat, imun tubuh meningkat, dan sulit untuk jatuh sakit. Kalau tubuh menjadi kekar berotot dan seksi, itu hanyalah bonus. Yang terpenting adalah sehat.

Mau olahraga di pagi hari atau malam hari, masing-masing memiliki manfaatnya sendiri. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa olahraga malam sebaiknya tidak dilakukan karena dapat membuat sulit tidur. Ini tidak sepenuhnya benar. Memang ada orang yang susah tidur karena olahraga di malam hari, tapi ada juga yang tetap bisa tidur setelah berolahraga. Jadi jangan samakan kondisi seseorang dengan orang lain.

7. Kolesterol Itu Jahat

cholesterol

Mitos tentang kolesterol jahat dan berbahaya kesehatan sudah ada sejak lama. Bahkan sampai sekarang masih ada banyak orang yang menyebarkan mitos tersebut. Alhasil, banyak orang yang termakan akan informasi palsu tersebut. Padahal kolesterol itu sama dengan lemak. Ada yang baik dan ada yang jahat.

Kolesterol jahat atau yang disebut dengan HDL memang harus dihindari. HDL bisa diperoleh dari makanan gorengan dan makanan cepat saji. Sedangkan kolesterol bai atau LDL berasal dari kacang-kacangan, avocado, ikan, minyak zaitun, dan telur. Kolesterol baik ini diperlukan tubuh karena dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

6. Sit Up Untuk Mendapatkan Perut Six Pack

sit up

Banyak orang yang mengidam-idamkan memiliki perut yang rata dan six pack. Tidak hanya pria, wanita juga ada yang menginginkan memiliki otot six pack yang indah. Salah satu misinformasi mengenai six pack adalah kalau ingin memiliki otot perut maka harus melakukan sit up. Semakin banyak sit up, maka akan semakin cepat six pack muncul.

Percayalah, mau seberapa banyak dan sering kalian sit up, mau sampai ribuan juga tidak akan membuat six pack kalian muncul. Kuncinya ada pada pola makan dan istirahat. Sit up hanya menguatkan otot perut kalian. Semua orang memiliki six pack, hanya saja tertutup oleh lemak di perut. Perbaiki pola makan, istirahat, dan aktif bergerak akan membuat six pack kalian muncul.

5. Udara Dingin Menyebabkan Flu

cold weather flu

Ketika masih kecil, anak-anak masih memiliki penasaran tinggi dan aktif bergerak kemana-mana. Selama ada energi, mereka bisa bermain seharian penuh, cerah atau hujan. Ketika hujan biasanya orang tua akan memanggil anaknya untuk masuk rumah. Kalau bermain saat hujan bisa menyebabkan sakit flu.

Kenyataanya flu tidak disebabkan dengan bermain hujan atau cuaca dingin. Flu disebabkan oleh virus. Virus justru dapat menyebar di ruangan yang tertutup dan ber-AC. Kalau ventilasi udara suatu ruangan buruk atau minum, virus beterbangan di ruangan tersebut hingga akhirnya masuk ke dalam tubuh seseorang. Jika imun tubuh orang tersebut rendah, maka ia akan mudah terserang penyakit.

4. Lemak Bisa Membuat Gendut

fat

Mitos yang perlu diluruskan selanjutnya adalah lemak bisa membuat orang jadi gendut. Kalian pasti sering mendengar mitos ini. Kita yang sedang menginginkan berat badan turun ditakut-takuti oleh mereka yang percaya bahwa lemak bisa membuat gendut. Jika percaya dengan mitos tersebut, semua makanan yang mengandung lemak akan kita jauhi.

Perlu diketahui bahwa lemak itu itu ada 2 jenis. Ada lemak baik dan lemak jahat. Lemak jahat, lemak jenuh, lemak trans, banyak ditemukan pada makanan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan cepat saji juga tinggi akan lemak. Lemak jenis inilah yang harus dijauhi. Justru lemak baik yang harus kita konsumsi. Contohnya seperti ikan, alpukat, telur, dan yogurt.

3. Yogurt Itu Sehat

yogurt

Sejumlah orang memiliki masalah laktosa. Ini membuat mereka tidak bisa mengkonsumsi susu. Padahal susu sangat bagus karena memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang tinggi. Agar tetap bisa mendapatkan vitamin dan kalsium, mereka mengalihkan pilihan pada makanan lain yang merupakan olahan dari susu. Salah satunya adalah yogurt.

Yogurt menjadi makanan yang favorit karena memiliki manfaat sama dengan susu dan aman dikonsumsi bagi mereka yang bermasalah dengan laktosa. Namun tidak semua yogurt itu sehat. Beberapa jenis produk yogurt justru mengandung gula dan fructose corn syrup yang sangat tinggi. Padahal tujuan mengkonsumsi yogurt adalah kalsium dan vitamin, tapi kadar gula dalam darah kalian malah naik.

2. Deodorant Menyebabkan Kanker

deodorant

Beberapa orang memiliki masalah kesehatan yang berbeda-beda. Dari sekian banyak masalah, masalah dengan bau badan merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang. Masalah bau badan ini bila dibiarkan bisa membuat seseorang menjadi tak percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Untuk mengatasinya, digunakanlah yang namanya deodorant.

Deodorant digunakan di tubuh untuk mengontrol keringat dan meminimalisir kemungkinan munculnya bau badan. Sempat beredar kabar dimana deodorant bisa menyebabkan kanker dan tumor karena ada kandungan logam berbahaya. Kabar tersebut dibantah melalui penelitian yang dilakukan oleh The American Cancer Society dan International Agency for Research on Cancer.

1. Gunakan Es Jika Terjadi Luka Bakar

ice

Yang namanya luka pasti rasanya tidak enak. Mau beraktivitas rasanya jadi sulit karena rasa sakit yang ada pada luka. Apalagi yang namanya luka bakar, rasanya sangat sakit dan butuh waktu yang cukup lama untuk kulit agar bisa sembuh 100%. Ada yang mengatakan bahwa ketika kita mengalami luka bakar, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan menempelkan es batu.

Jangan pernah kalian coba-coba melakukan hal tersebut jika terjadi luka bakar. Es batu tidak akan membuat luka kalian membaik atau meringankan rasa sakit. Yang akan terjadi justru kalian malah membuat luka bakar kalian semakin parah. Kulit akan rusak karena efek frost bite yang disebabkan oleh es batu. Jangan juga mengoleskan luka bakar dengan mentega karena itu hanya akan membuat hawa panas terperangkap. Yang harus dilakukan adalah menyiramkan air bersuhu sedang untuk meredakan panas dan sakit.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas