home -> Lainnya -> 10 Tips Yang Perlu Diketahui Ketika Membeli Kendar...
28 November 2021 01:25

10 Tips Yang Perlu Diketahui Ketika Membeli Kendaraan Bekas

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada September 08, 2021

Tidak ada yang salah jika seseorang memilih untuk membeli mobil atau motor bekas. Apalagi kalau kondisi sangat butuh kendaraan tapi uang terbatas. Membeli kendaraan bekas menjadi opsi terbaik. Tapi karena ini adalah kendaraan bekas, akan lebih banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum kata sepakat terjadi dan transfer dilakukan. Agar tidak tertipu saat membeli kendaraan bekas, kalian bisa coba mengikuti tips berikut ini.

10. Budget

budget

Ketika mau membeli barang pastinya akan terlebih dahulu menentukan budget. Seberapa besar budget yang ada akan menentukan barang yang nanti dibeli. Mau membeli kendaraan bekas atau second hand juga berlaku hal yang sama. Sebisa mungkin jangan sampai melebihi budget yang sudah ditetapkan.

Budget yang disiapkan disini bukan hanya tentang membeli kendaraan saja. Tapi kalian juga harus memasukan biaya service dan mengurus surat kepemilikan. Karena yang namanya membeli kendaraan bekas pasti akan ada masalahnya, makanya harus mempersiapkan budget yang tepat. Jika memang budget masih belum cukup, bersabar lebih bagus daripada harus kredit.

9. Mencari Pilihan Kendaraan

pilih kendaraan

Ada begitu banyak brand kendaraan yang dijual di pasaran. Masing-masing brand tersebut memiliki produk kendaraan yang unik dan tentunya dengan harga yang bervariasi. Kendaraan yang baru pastinya harganya mahal, makanya banyak orang mengalihkan pilihan ke kendaraan bekas. Dan kendaraan bekas juga memiliki banyak pilihan brand.

Suatu brand juga bisa menjadi penentu tinggi atau rendahnya harga kendaraan. Jika budget kalian sudah ditentukan, sesuaikan budget tersebut dengan brand kendaraan yang diinginkan. Di showroom kendaraan bekas kalian akan mendapatkan banyak pilihan brand kendaraan. Kalian cukup bertanya pada pihak yang bertanggung jawab mengenai budget yang tersedia dan kalian akan diberikan pilihan kendaraan yang mungkin cocok.

8. Negosiasi Harga

negotiating

Membeli kendaraan baru di dealer saja orang masih diperbolehkan untuk melakukan negosiasi harga, jadi tak ada alasan untuk tidak mencoba opsi negosiasi ketika membeli kendaraan bekas. Negosiasi diperlukan agar kita tidak membeli kendaraan terlalu mahal. Jadi budget yang sudah ditentukan nanti masih ada sisa untuk keperluan lain.

Tidak masalah melakukan negosiasi hingga lama hingga terjadi kata sepakat. Masing-masing pihak tentunya memiliki penilaian berbeda tentang harga kendaraan yang menjadi topik pembicaraan. Kecuali kalau memang dari pihak penjual mengatakan bahwa harga sudah nett atau harga sudah tidak bisa dinego, barulah kalian yang memutuskan apakah benar mau membeli kendaraan tersebut atau mencari yang lain.

7. Test Drive

test drive

Perlu diketahui bahwa membeli kendaraan bekas itu harus bersiap dengan masalah yang akan didapat. Kalau mendapatkan kendaraan yang bagus, anggaplah kalian sedang beruntung. Tapi sebisa mungkin, persiapkan diri dengan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Makanya sebelum membeli kendaraan bekas harus dicek dengan baik.

Memeriksa kendaraan yang mau dibeli bukan cuma sekedar dinyalakan dan mendengar suara mesinnya. Mengecek suara mesin saja tidak cukup, harus dilakukan test drive untuk memastikan kondisi kendaraan tersebut. Apabila pemilik kendaraan tidak mengizinkan untuk melakukan test drive, sebaiknya urungkan niat untuk membeli.

6. Pastikan Bertemu Dengan Pemilik Kendaraan

pemilik kendaraan

Membeli kendaraan bekas sekarang ini musti berhati-hati. Ada saja orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi untuk keuntungannya sendiri alias menipu. Salah satu modus yang digunakan penipu adalah berpura-pura menjadi pemilik kendaraan dan meminta dp atau full transfer atas kendaraan.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan kalian bertemu atau melakukan transaksi dengan pemilik kendaraan yang asli. Jangan langsung asal transfer apabila merasa tidak yakin dengan orang tersebut. Pastikan pemilik kendaraan yang asli dan nomor rekening sesuai dengan nama pemilik kendaraan agar tidak kena jebakan penipu.

5. Hati-Hati Dengan Surat Kendaraan Palsu

surat kendaraan

Jangan langsung tergoda dengan harga murah dari mobil atau motor bekas yang dijual. Kita sebagai pembeli musti cerdas dan mencari tahu alasan kenapa mobil atau motor tersebut dijual murah. Mungkin harganya bisa murah karena surat-surat dari kendaraan tersebut tidak ada atau palsu. Karena sekarang ini banyak sekali kendaraan bodong yang diperjual belikan.

Pastikan kalian mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan seperti stnk, bpbk, dan faktur pembelian. Periksa surat beserta kendaraan tersebut ke pihak yang berwajib untuk memastikan segalanya aman. Lebih baik repot sedikit daripada harus bermasalah dengan hukum akibat membeli kendaraan bodong.

4. Hati-Hati Kilometer Gulungan

kilometer

Hal lain yang musti kalian perhatikan ketika membeli kendaraan bekas adalah kilometernya. Kilometer kendaraan bisa sangat jauh atau tinggi apabila si pemilik kendaraan memang sering menggunakan kendaraan tersebut. Semakin jauh kilometernya, maka harga kendaraan bisa semakin rendah. Jika pemilik kendaraan curang dan ingin untung, maka dia akan mengakali kilometer dari kendaraannya.

Kilometer kendaraan yang akan dijual akan diturun atau istilahnya digulung agar tidak terlalu jauh. Ini yang bisa membuat harga kendaraan tersebut tidak terlalu murah. Untuk memeriksa apakah kilometer kendaraan digulung atau tidak, kalian bisa memeriksakannya ke tempat service resmi. Biasanya dari sana akan ketahuan apakah kendaraan tersebut kilometernya digulung atau tidak. Akan ketahuan juga dari kondisi spare partnya antara kendaraan yang jarang dipakai atau sering dipakai.

3. Cek Sejarah Kendaraan

sejarah kendaraan

Sebelum membeli kendaraan bekas, ada baiknya untuk sedikit bersabar dan melakukan riset terkait kendaraan yang ingin dibeli. Apabila kalian sudah menemukan kendaraan dan pemiliknya, jangan langsung membelinya. Coba cek dulu sejarah dari kendaraan tersebut. Cek sejarah kendaraan perlu dilakukan agar kalian tidak salah beli.

Jika kendaraan tersebut merupakan kendaraan dari tangan pertama, kalian bisa sedikit tenang saat mau membelinya. Yang repot apabila kendaraan tersebut sudah berpindah lebih dari dua tangan. Kita harus melakukan pengecekan dari pemilik pertama sampai yang terakhir. Kendaraan tersebut seberapa sering dipakai, kilometernya sudah berapa, ada masalah apa yang pernah terjadi dengan kendaraan tersebut, dan lain sebagainya.

2. Tanyakan Spare Part Asli dan Aksesoris

spare parts

Tips lain yang bisa kalian perhatikan adalah mengenai aksesoris dan spare part original dari kendaraan yang ingin dibeli. Karena ini adalah kendaraan bekas, tidak menutup kemungkinan pemilik kendaraan melakukan beberapa modifikasi pada kendaraannya. Modifikasi ini bisa untuk menambah performa atau sekedar hiasan.

Tanyakan ke pemilik kendaraan mengenai apa saja yang didapat ketika membeli kendaraan tersebut. Apakah itu termasuk aksesorisnya atau tidak. Karena ada pemilik kendaraan yang tidak mengikutsertakan aksesoris. Tanya juga apakah ada spare part original dari pembeli kendaraan tersebut. Kalian juga bisa melakukan negosiasi perihal harga jika hanya menginginkan kendaraan dalam kondisi standard.

1. Segera Bawa Ke Tempat Service

service car

Apakah setelah mengecek surat, kondisi kendaraan, dan membayarnya maka urusan telah selesai? Tentu tidak. Masih ada hal lain yang harus dilakukan setelah berhasil membeli kendaraan bekas. Kalian harus membawa kendaraan tersebut ke tempat serivice. Bukan tempat service yang non resmi tapi bawalah ke tempat service resmi.

Jangan tunggu waktu lama, langsung bawa kendaraan tersebut ke tempat service resmi. Minta pengecekan secara menyeluruh pada kendaraan yang kalian beli. Dari sana kalian bisa mengetahui ada masalah apa yang ada pada kendaraan tersebut. Kalian juga bisa langsung mengganti spare part yang sudah lama dengan spare part baru.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas