home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Lebih Berharga Dari Uang
29 November 2021 18:24

10 Hal Yang Lebih Berharga Dari Uang

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada September 06, 2021

Memang benar bahwa uang menjadi salah satu hal yang penting dan dibutuhkan dalam hidup. Mau makan butuh uang, sakit dan ingin berobat juga membutuhkan uang. Meski uang sangatlah penting dan dibutuhkan, masih ada banyak hal lain yang jauh lebih berharga dari uang. Bahkan memiliki uang yang banyak sekalipun belum tentu bisa membeli hal tersebut. Bahkan ada orang yang rela melupakan yang namanya uang demi mengejar hal tersebut. Apa saja sih hal yang dimaksud? Ini dia daftarnya.

10. Keluarga

family

Memiliki kekuatan finansial yang kuat memang menjadi salah satu syarat seseorang dikatakan layak untuk menikah. Karena semakin kesini, biaya hidup semakin mahal, tak sedikit orang yang menikah karena mengincar uang. Memang mereka bisa menikah dan bertahan hidup, tapi apakah itu cukup untuk menciptakan keluarga yang layak?

Kalian pasti sering mendengar bahwa kaya raya tak membuat sebuah keluarga bahagia. Dan memang ada pasangan yang hartanya banyak tapi keluarganya tak bahagia. Seperti ada sesuatu yang kurang dalam kehidupan mereka sehingga membuat keluarga yang diharapkan tidaklah seperti yang diimpikan.

9. Hormat

respect

Orang bisa dihormati karena dia memang pantas untuk dihormati. Ketika kita hormat pada seseorang, maka kita akan dihormati oleh orang lain. Tak bisa rasa hormat ini dibeli dengan uang. Orang yang memiliki banyak uang belum tentu ia akan dihormati. Tergantung dari sikap yang ditunjukan oleh orang tersebut.

Tak menutup kemungkinan seseorang ditinggalkan karena perlakuan mereka yang tidak menghormati orang lain. Meski banyak uang kalau hanya ingin dihormati tapi tanpa menghormati orang lain, orang juga akan enggan dekat atau berinteraksi dengannya. Kalian pasti pernah melihat orang yang miskin tapi banyak orang yang hormat padanya. Ini menandakan bahwa ada hal lain yang lebih penting yang tidak bisa uang beli yaitu rasa hormat.

8. Cinta

love

Kalian pasti sering mendengar kalimat yang mengatakan bahwa cinta itu buta. Kalimat itu bukanlah isapan jempol semata. Memang benar cinta itu buta, orang bisa mencintai seseorang tanpa melihat status serta fisik seseorang. Mau dia orang yang memiliki kelainan fisik, kaya, miskin, cinta bisa datang sesuka hatinya.

Ketika kita menyukai seseorang tapi ternyata orang yang kita suka lebih memilih orang lain meski kita kaya, itu menjadi tanda bahwa uang bukanlah segalanya. Ada juga hal yang tidak bisa dibayar dengan uang. Tak jarang kita mendengar kasus dimana pasangan suami istri yang kaya harus berpisah karena alasan tak ada cinta.

7. Pengalaman

experience

Pengalaman juga menjadi hal lain yang ternyata lebih berharga daripada uang. Mau seberapa banyak uang yang dimiliki, kalian tidak akan bisa membeli yang namanya pengalaman. Pengalaman itu hanya bisa didapat dengan menjalani hidup sendiri. Kita tidak bisa membeli pengalaman seseorang dengan begitu saja.

Pernah jatuh cinta, pernah gagal, jatuh, dan bangkitnya seseorang itu tidak akan bisa kita beli. Kita harus menjalani hidup, merasakan, dan mendapatkan pengalaman tersebut. Karena perjalanan hidup tiap orang berbeda, masalah yang dihadapi berbeda, pemikirannya juga beda, ini menghasilkan pengalaman yang berbeda juga tiap individu.

6. Mimpi

dream

Setiap orang pasti punya yang namanya mimpi. Dengan mimpi ini seseorang bisa tergerak untuk berusaha melakukan sesuatu agar mimpinya terwujud. Meski ada juga orang yang memiliki mimpi yang tidak realistik, tapi mimpi tetaplah mimpi. Ketika seseorang tidak memiliki mimpi, tidak jelas akan kemana dia akan pergi dalam hidupnya.

Apakah mimpi ini bisa dibeli? Jelas tidak. Setiap orang memiliki sifat dan pemikiran yang berbeda. Mimpi tiap orang berbeda, meski ada orang yang memiliki mimpi yang sama, jalan yang harus ditempuh berbeda. Seiring berjalannya waktu inilah yang akan menentukan apakah orang tersebut bisa mencapai mimpinya atau tidak.

5. Sahabat

friendship

Manusia adalah makhluk sosial dan harus bersosialisasi untuk bisa hidup. Bahkan orang introvert saja butuh yang namanya teman meski jumlahnya hanya sedikit. Sebuah pertemanan bisa terbentuk karena banyak hal. Namun alasan yang paling umum adalah karena persamaan. Pertemanan yang dilandaskan karena persamaan ini yang membuat pertemanan menjadi awet.

Mereka yang berteman karena berlandaskan uang biasanya tidak akan bertahan lama. Ada rasa berbeda yang bisa dirasakan antara teman yang benar-benar teman atau teman yang berteman karena alasan uang. Sebanyak apapun uang yang dimiliki tapi kalau orang tersebut menyebalkan, perlahan namun pasti teman-temannya akan pergi meninggalkannya.

4. Kebijaksanaan

wisdom

Jika kalian berpikir bahwa bisa membeli kebijaksanaan, kalian salah. Kebijaksanaan adalah pemahanman tentang seseorang, barang, kejadian, atau situasi yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan perbuatan. Tentunya sesuai dengan hal yang terjadi. Tak ada patokan umur yang mengatakan seseorang sudah menjadi kebijaksanaan.

Kebijaksanaan diperoleh dari proses belajar yang tak pernah berhenti. Selama orang tersebut masih hidup dan mau terus belajar, maka kebijaksanaannya juga ikut bertambah. Apakah kebijaksanaan bisa dipengaruhi oleh hal lain? Tentu saja. Beberapa hal yang bisa mempengaruhinya seperti usia, kelamin, pengalaman hidup, budaya, dan orang lain.

3. Kejujuran

honesty

Sekali orang sudah berbohong atau mengecewakan kepercayaan yang sudah diberikan, orang tersebut sangat sulit atau bahkan mustahil untuk bisa dipercaya lagi. Inilah yang membuat kenapa kita harus selalu berkata jujur. Kejujuran itu sangat penting, bahkan jauh lebih penting dari uang mau sebanyak apapun itu.

Kejujuran sangat sulit untuk didapat namun sangat mudah untuk menghilangkannya. Ini membuat kita harus berkata jujur agar bisa terus dipercaya oleh orang. Jangan mudah mengucap kata janji apabila tidak sanggup untuk melakukannya. Coba saja kalian bohong pada pasangan kalian, pasti pasangan kalian akan marah bukan? Tak menutup kemungkinan kalian malah bisa berakhir hubungannya karena ketidakjujuran.

2. Kesehatan

healthy

Untuk memenuhi kebutuhan hidup diperlukan yang namanya uang. Namun memperoleh uang tidaklah mudah. Uang bisa didapat dengan bekerja. Saking ingin memiliki banyak uang, orang seringkali bekerja terlalu keras hingga lupa dengan yang namanya waktu, teman, olahraga, dan istirahat. Bekerja memang harus, tapi perlu diingat juga bahwa kesehatan juga penting.

Bekerja terlalu keras hingga jatuh sakit malah membuat rugi diri sendiri. Uang yang sudah didapat dari hasil kerja keras harus terbuang hanya untuk mengembalikan kesehatan. Jangan korbankan yang namanya kesehatan karena jika kalian sakit belum tentu uang yang dimiliki bisa mengembalikan kesehatan yang telah rusak.

1. Waktu

time

Hal selanjutnya yang tidak bisa dibeli dengan uang adalah waktu. Ketika waktu sudah lewat, kita tidak bisa memutar kembali waktu. Makanya menghargai waktu adalah yang harus dimiliki setiap orang. Semudah tepati waktu sudah menjadi salah satu bentuk menghargai waktu. Mungkin waktu kalian panjang, tapi tidak dengan orang lain.

Malah bisa dikatakan bahwa waktu yang membuat kalian bisa mendapatkan uang. Jika waktu hidup kalian habis, kalian tidak akan bisa mencari uang lagi. Waktu tidak bisa dibeli, tak bisa dikontrol, dan juga tak bisa diputar balik. Maka dari itu hargailah waktu yang kalian dan orang lain miliki. Orang yang bisa menghargai waktu memiliki value yang lebih daripada mereka yang tidak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas