home -> Lainnya -> 10 Dewa dan Dewi Terkenal Dari Jepang
28 November 2021 00:35

10 Dewa dan Dewi Terkenal Dari Jepang

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 20, 2021

Membahas kepercayaan orang Jepang, mayoritas masyarakat Jepang memeluk agama Shinto. Shinto. Di dalam kepercayaan Shinto sangat mempercayai dengan yang namanya dewa dan dewi. Sama seperti Yunani yang ada dewa Zeus, Athena, Hera, dan lain-lain, di Jepang juga sama. Jepang memiliki sederet dewa dan dewi yang memiliki spesialisasi tersendiri. Untuk lebih mengenal dewa dan dewi Jepang, inilah penjelasan mengenai dewa dan dewi menurut kepercayaan orang Jepang.

10. Inari

Inari

Pertama, TahuPedia akan membahas seorang dewa yang dihormati menurut kepercayaan Shinto. Dewa tersebut bernama Inari. Ada banyak orang yang salah mengira bahwa Inari memiliki wujud seperti rubah. Padahal, rubah tersebut hanyalah sebagai alat atau media sang dewa untuk menyampaikan pesan.

Inari sendiri dipercaya memiliki banyak bentuk. Satu wujud yang diyakini bahwa itu adalah dewa Inari adalah seorang pria berjenggot yang menaiki seekor rubah putih. Ada pula wujud lainnya yakni perempuan berambut panjang yang membawa nasi. Inari sendiri dikenal sebagai dewa nasi, sake, teh, dan kemakmuran.

9. Hachiman

hachiman

Jika di Yunani ada dewa perang bernama Ares, Jepang juga ada dewa perang. Nama dewa tersebut adalah Hachiman. Dikenal juga dengan nama Yahata no kami, Hachiman dilambangkan sebagai dewa perang, panah, budaya, dan ramalan. Maka dari itu Hachiman digambarkan sebagai sosok prajurit yang bersenjatakan panah.

Hachiman diceritakan memiliki avatar yang sangat berpengaruh bagi masyarakat Jepang. Salah satu avatar tersebut ada di Empress Jingu yang menyerang Korea. Avatar lainnya dalam bentuk anak Emperor Ojin yang mengembalikan para cendikiawan China dan Korea ke istananya. Hachiman juga yang diyakini membantu menyelamatkan Jepang dari invasi bangsa Mongol.

8. Ame-no-Uzume

ame-no-uzume

Ame no Uzume dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai dewi fajar dan seni terutama tari. Ame no Uzume dikenal juga sebagai asisten dari Amaterasu yang merupakan dewi matahari. Cerita masih berlanjut ketika Amaterasu kecewa dengan Susanoo dan memutuskan untuk masuk ke dalam goa, mengakibatkan munculnya kegelapan di bumi dan surga.

Supaya dewa dan dewi lain tidak khawatir, Ame no Uzume memutuskan untuk melakukan tarian. Tarian ini memuat para dewa lain senang dan tertawa. Kegembiraan dan keramaian yang disebabkan oleh Ame no Uzume ini yang berhasil membuat Amaterasu keluar dari goanya. Membuat dunia kembali terang karena matahari kembali bersinar.

7. Susanoo

susanoo

Beberapa nama dewa di kepercayaan Shinto digunakan dalam anime Jepang. Salah satu dewa tersebut adalah Susanoo. Susanoo terlahir dari hidung Izanagi yang merupakan ayah dari segala dewa. Ini membuat Susanoo memiliki hubungan saudara dengan Amaterasu dan juga Tsukuyomi dan menjadikan mereka bertiga sebaai trio Mihashira no uzunomiko.

Susanoo memiliki karakteristik temperamental dan memiliki mood yang selalu berubah-ubah. Kekuatannya adalah mampu menciptakan badai. Menurut mitos, Susanoo lah yang mengalahkan Yamato no Orochi (ular raksasa berkepala 10).Susanoo berhasil memotong semua kepala monster ular tersebut dan mendapatkan pedang Kusanagi no Tsurugi yang terkenal.

6. Tsukuyomi

Tsukuyomi

Ada dewi matahari, ada juga dewa bulan. Di Jepang, dewi matahari disebut dengan Amaterasu, sedangkan dewa bulan disebut dengan Tsukuyomi. Nama dewa ini juga pernah muncul di salah satu anime Jepang yakni Naruto. Tsukuyomi terlahir dari mata kanan dari Izanagi. Sebagai informasi, Amaterasu dan Tsukuyomi ini bersaudara.

Menurut cerita rakyat Jepang, Tsukuyomi menikah dengan Amaterasu, mengakibatkan matahari dan bulan berada di langit yang sama. Hubungan tersebut berakhir ketika Tsukuyomi membunuh dewa makan bernama Uke Mochi. Amaterasu lalu memutuskan untuk berpisah dan pindah ke langit yang berbeda. Akibatnya membuat malam dan siang terpisah.

5. Kagutsuchi

kagutsuchi

Menurut kepercayaan Shinto, Kagutsuchi dipercaya sebagai dewa api. Kagutsuchi merupakan dewa yang terlahir dari hubungan Izanagi dan Izanami. Kejadian tragis terjadi ketika Kagutsuchi lahir dimana sang ibu, Izanami, mati karena terbakar oleh api Kagutsuchi. Izanagi yang marah memutuskan untuk memenggal kepala Kagutsuchi. Darah yang dihasilkan menciptakan lebih banyak dewa.

Beberapa dewa yang tercipta dari darah Kagutsuchi antara lain, dewa petir, dewa gunung, dan dewa naga. Singkatnya, Kagutsuchi dianggap sebagai nenek moyang dari beberapa dewa kuat yang menciptakan besi dan senjata. Menurut sejarah, Kagutsuchi selain dikenal sebagai dewa api, ia juga dikenal sebagai dewa kehancuran.

4. Raijin dan Fujin

Raijin and Fujin

Ada dua nama dewa yang dihormati sekaligus ditakuti oleh rakyat Jepang. Kedua dewa tersebut adalah Raijin dan Fujin. Kedua dewa ini biasa digambarkan bersama-sama dengan kemampuan yang berbeda. Raijin merupakan dewa penguasa petir dan badai. Sedangkan Fujin adalah dewa penguasa angin.

Raijin selalu digambarkan dengan membawa palu serta drum. Sedangkan Fujin digambarkan selalu membawa tas yang berisikan angin. Kedua dewa ini dikenal sebagai dewa pengendali cuaca. Tidak hanya dihormati, mereka berdua juga ditakuti. Ketika bangsa Mongol menyerang di thaun 1281, terjadi badai yang sangat besar dan kuat. Badai ini dipercaya merupakan perbuatan dari Raijin dan Fujin.

3. Izanagi dan Izanami

Izanagi and Izanami

Sebelum para dewa dan dewi, ada yang namanya Izanagi dan Izanami. Mereka berdua bisa dianggap sebagai ayah dan ibu dari segala macam dewa di Jepang. Izanagi no Mikoto dan Izanami no Mikoto adalah nama lengkap dari kedua dewa tersebut. Mereka berdua juga yang menciptakan keteraturan dan kekacauan.

Setelah Izanami melahirkan Kagutsuchi yang merupakan dewa api, ia terbakar api sampai mati. Izanagi yang sedih, datang ke alam kematian. Sedih melihat istrinya yang sudah berubah menjadi menyeramkan, Izanagi kemudian menyegel Izanami di alam kematian. Izanami lalu berubah menjadi dewi kematian. Izanami akan mengambil 1000 nyawa setiap hari sedangkan Izanagi memutuskan untuk ada 1500 orang yang lahir setiap hari.

2. Ebisu

ebisu

Orang Jepang zaman dahulu banyak yang bekerja sebagai nelayan dan pedagang. Agar mereka diberi rezeki yang melimpah, mereka berdoa pada satu dewa yang bernama Ebisu. Ebisu atau Yebisa digambarkan sebagai dewa para nelayan dan pedagang Ebisu memiliki wujud nelayan gemuk dan bahagia. Selalu membawa pancing di satu tangan dan ikan di tangan lainnya.

Ebisu dipercaya dapat memberikan keberuntungan dan rezeki bagi orang Jepang. Ada cerita lain yang mengatakan bahwa sebenarnya Ebisu adalah dewa pertama yang melahirkan Izanagi dan Izanami. Nama Ebisu diabadikan dalam sebuah produk beer asli Jepang yang bernama Yebisu. Di beer tersebut kalian bisa melihat penggambaran dari dewa pembawa rezeki ini.

1. Amaterasu

amaterasu

Dewi berikutnya namanya pernah muncul di anime Naruto. Di jurus yang dimiliki oleh Itachi Uchiha, Amaterasu. Nama lengkapnya adalah Amaterasu Omikami, ia adalah dewi dari kepercayaan Shinto yang dikenal sebagai dewi matahari. Menurut cerita, Amaterasu lahir dari mata kiri Izanagi ketika ia mengunjungi Izanami yang berada di alam kematian.

Ada satu cerita menarik mengenai Amaterasu. Menurut cerita tersebut, Amaterasu pernah terlibat pertikaian dengan saudaranya yakni Susano-O. Setelah bertikai, Amaterasu pergi ke sebuah goa, mengakibatkan dunia diselimuti kegelapan. Untuk memancingnya keluar, dewa-dewa lain mengadakan perayaan di pintu masuk goa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas