home -> Lifestyle -> 10 Komplikasi Kesehatan Akibat Gula Darah Tinggi
28 November 2021 00:37

10 Komplikasi Kesehatan Akibat Gula Darah Tinggi

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 16, 2021

Gaya hidup tidak sehat seperti malas olahraga, makan sembarangan, ngemil di malam hari, langsung tidur setelah makan bisa mengakibatkan gula dalam darah jadi naik. Jika gula dalam darah ini tinggi maka orang tersebut akan rentan terkena diabetes. Apabila sudah divonis diabetes, maka beberapa penyakit lain akan muncul atau istilahnya komplikasi. Dari masalah gula darah tinggi dan diabetes bisa memunculkan banyak komplikasi terhadap kesehatan yang berbahaya. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

10. Masalah Kaki

foot problems

Jangan pernah menganggap remeh masalah gula darah tinggi. Justru dari gula darah tinggi ini bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan yang lebih serius. Masalah tersebut bisa dimulai dari kaki. Kaki yang menopang tubuh kita dan digunakan untuk berjalan bisa mengalami masalah ketika gula dalam darah meningkat.

Gula tinggi bisa membuat bakteri dan fungi tumbuh dengan baik. Ambil contoh ketika kalian mengalami luka di bagian kaki. Luka ini akan lama sekali sembuh dan bisa terjadi infeksi jika dibiarkan terlalu lama. Bisa saja kaki mengalami pembusukaan akibat dari gula darah tinggi. Dan untuk mencegah agar pembusukan tidak menjalar ke bagian tubuh yang lain, opsinya adalah dengan amputasi.

9. Pendengaran Menurun

hear loss

Usia tua bisa membuat tubuh mengalami penurunan fungsi. Meski ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya penurunan tersebut, tetap tak bisa mengalahkan yang namanya usia tua. Salah satu permasalahan yang bisa muncul di usia tua adalah pendengaran. Kalian coba berbicara pada kakek atau nenek kalian, pasti mereka kurang bisa mendengar apabila yang diucapkan terlalu pelan dan tak jelas.

Penurunan pendengaran ini bukan cuma bisa dialami oleh usia tua. Mereka yang masih muda juga bisa mengalaminya. Penyebabnya adalah karena kebiasaan buruk yang membuat gula darah menjadi tinggi. Mereka yang memiliki masalah gula darah, mengalami penurunan pendengaran sebesar 30% dibandingkan mereka yang sehat.

8. Masalah Gigi

gum problems

Manusia dapat mengunyah makanan dikarenakan memiliki gigi. Gigi yang sehat dapat mengunyah makanan dengan baik. Gigi yang tidak sehat akan membuat orang tersebut mengalami rasa sakit yang sangat tidak menyenangkan. Jika tidak dirawat dengan baik, gigi bisa mendapatkan masalah yang akan membuat kalian sulit untuk makan dan tidur.

Masalah bisa datang dari kelebihan gula dalam darah. Seiring berjalannya waktu, gigi akan mengalami kerusakan, infeksi, lemah, dan patah. Semakin tinggi gula dalam darah, maka akan semakin cepat dan parah masalah yang dialami gigi. Selain itu, gula darah tinggi juga bisa membuat mulut jadi kering, infeksi, bau, dan membuat gigi berlubang.

7. Masalah Seksual

dysfunction erectile

Seks bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele. Jika hubungan seks tak dilakukan dengan baik, besar kemungkinan mood dari salah satu atau kedua pihak menjadi berantakan. Tak sedikit pasangan yang memilih untuk berpisah dikarenakan kehidupan seksnya buruk. Penyebab buruknya hubungan seks bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah masalah dengan gula.

Mereka para pria dan wanita yang memiliki masalah gula darah tinggi pasti akan memiliki masalah seksual. Di pria, gula darah tinggi bisa menyebabkan sulitnya terjadi ereksi. Di wanita, gula darah tinggi bisa menyebabkan vagina menjadi kering dan ini bisa membuat sakit saat melakukan hubungan intim. Jika kalian memiliki masalah dengan kehidupan seksual dikarenakan diabetes, lebih baik konsultasi ke dokter.

6. Kerusakan Saraf

neuropathy

Tubuh manusia terdiri dari banyak sekali saraf. Jika saraf ini sampai mengalami masalah atau kerusakan, maka fungsi tubuh akan menurun. Bisa saja saraf ini diperbaiki, tapi akan sangat sulit karena penyembuhannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Bagi kalian yang hidupnya sembarangan sehingga gula darah naik, komplikasinya bisa ke saraf ini.

Gula darah tinggi atau sampai terkena diabetes bisa membuat saraf menjadi rusak. Saraf rusak bisa membuat mati rasa, efek terbakar, atau sakit di tangan dan kaki. Jika kalian menemukan gejala ini, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Oleh dokter, kalian akan dilakukan pengetesan dengan beberapa alat seperti jarum kecil, sikat nilon, atau palu untuk mengecek apakah saraf kalian ada masalah atau tidak.

5. Masalah Kulit

skin problems

Untuk mengecek apakah seseorang memiliki masalah dengan gula atau tidak tanpa harus ke dokter adalah dengan melihat kondisi kulitnya. Mereka yang memiliki masalah dengan gula darah biasanya memiliki masalah dengan kulit dimana kulit mereka mengalami perubahan warna, terasa gatal, dan apabila terjadi luka akan lama sembuh.

Masalah kulit ini menjadi satu dari sekian banyak komplikasi yang disebabkan oleh gula darah tinggi. Gula darah tinggi menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri dan fungi untuk berkembang biak. Jika kalian terjadi luka, maka bakteri dan fungi ini dapat membuat durasi penyembuhan luka menjadi lama. Jika tak segera ditangani, masalah yang lebih serius bisa terjadi.

4. Penyakit Ginjal

kidney problems

Manusia normal pasti memiliki dua buah ginjal di kiri dan kanan. Ginjal ini memiliki fungsi untuk menyaring dan membuat zat-zat tak berguna dan berbahaya dari dalam tubuh. Jika ginjal ini mengalami masalah, tak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi di dalam tubuh ketika semua zat berbahaya ini tak dibuang.

Maka dari itu sangat penting menjaga kesehatan ginjal. Paling mudahnya adalah dengan mengontrol gula darah. Gula darah yang tinggi bisa mendatangkan masalah pada ginjal. Ketika ginjal tidak bisa bekerja dengan normal, maka ginjal tidak mampu lagi menyaring racun, urin mengandung protein yang tinggi, dan racun tersimpan di dalam darah. Tak menutup kemungkinan nantinya orang yang mengalami gula darah tinggi akan mengalami gagal ginjal.

3. Masalah Penglihatan

vision loss

Masalah penglihatan yang semakin berkurang biasanya dialami oleh mereka yang sudah tua. Dimana mereka yang sudah usia lanjut ini sudah semakin sulit untuk melihat dekat dan juga jauh. Tapi sekarang ini banyak mereka yang di usia muda juga sudah mengalami gangguan kesehatan. Penyebabnya tidak cuma dari kebiasaan membaca yang buruk tapi juga dikarenakan gula darah yang tinggi.

Aliran darah juga mengalir ke arah mata. Ketika gula darah tinggi, maka ini bisa membuat pembuluh darah jadi rusak. Di bagian retina yang terdapat banyak pembuluh darah bisa terkena dampaknya. Ketika retina sudah bermasalah, maka penglihatan pun juga akan berkurang. Bila dibiarkan tak dirawat, tak menutup kemungkinan seseorang bisa mengalami kebutaan meski usianya masih muda.

2. Stroke

stroke

Pernahkah kalian melihat seseorang yang mengalami kesulitan berjalan atau berbicara? Kesulitan berjalan atau berbicara disini bukan disebabkan karena orang tersebut cacat, tapi dikarenakan masalah lain yang disebut dengan stroke. Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika otak tidak mendapatkan pasokan darah segar yang cukup atau pecahnay pembuluh darah. Tanpa darah segar, otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi sehinggal sel-sel di otak mati.

Penyakit stroke ini bisa muncul diakibatkan karena komplikasi dari gula darah tinggi dalam tubuh. Tanda-tanda mengalami stroke seperti lemah di beberapa anggota tubuh/wajah, kesulitan berbicara, kesulitan melihat, dan juga pusing. Jika sudah mengalami masalah ini, disarankan untuk segera bertemu dengan neurologist atau dokter yang ahli dalam masalah stroke.

1. Penyakit Jantung

heart problem

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Jarang mengecek ke dokter lalu tahu-tahu saja jantung ada masalah. Yang parahnya, seseorang bisa saja mati mendadak dikarenakan ada masalah pada jantungnya. Penyakit atau masalah pada jantung bisa disebabkan banyak hal, salah satunya karena komplikasi dari gula.

Ketika seseorang divonis memiliki gula darah tinggi, tubuh akan kesulitan dalam memproduksi hormon insulin. Efeknya, HDL atau kolesterol semakin menurun, lemak berbahaya dalam darah jadi meningkat. Masalah insulin ini akan membuat arteri semakin menyembit dan mempengaruhi tekanan darah. Kesehatan jantung bisa semakin parah bila ditambah dengan gaya hidup tak sehat seperti minum minuman beralkohol, rokok, jarang olahraga, dan begadang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas