home -> Unik -> 10 Permainan Klasik Anak Zaman 90an
19 September 2021 23:48

10 Permainan Klasik Anak Zaman 90an

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 13, 2021

Pada tahun 90an dimana teknologi belum seperti sekarang, smartphone belum ada, gadget belum ada, pastinya anak-anak era modern bertanya-tanya, apa yang dilakukan oleh anak-anak pada zaman tersebut bersama teman-temannya saat berkumpul. Karena tanpa adanya gadget tersebut pastinya hidup akan terasa sangat membosankan. Ternyata, meski tidak adanya gadget canggih pada zaman itu, anak-anak memiliki caranya sendiri untuk bermain bersama teman-temannya. Ada banyak permainan klasik pada zaman itu yang sangat seru dimainkan. Kalian anak tahun 90an pasti tahu dengan permainan ini.

10. Sepakbola

soccer

Ketiadaan gadget dan teknologi lainnya di zaman dahulu tidak membuat anak-anak jadi mati gaya. Mereka justru tetap bisa mencari kesenangan dengan melakukan berbagai macam permainan. Kalian semua tentu sudah tahu dengan yang namanya sepakbola. Permainan ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan tetap ada hingga sekarang.

Sepakbola bisa dimainkan oleh 2 tim dengan jumlah pemain antar tim sebanyak 11 orang. Tujuannya adalah mencetak banyak gol dengan memasukan bola ke gawang lawan. Karena bermain dengan banyak orang pastinya membuat rasa bosan itu jadi hilang. Selain bosan hilang, tubuh juga menjadi sehat karena sering bermain sepakbola.

9. Gobak Sodor

gobak sodor

Di beberapa daerah yang masih belum mengerti teknologi mungkin masih ada yang memainkan permainan gobak sodor. Permainan ini dikenal juga dengan nama hadangan. Permainan sederhana ini dimainkan oleh 2 tim. Salah satu tim bertugas untuk menjaga di garis dan tim yang lainnya harus berusaha untuk bisa melalui penjaga.

Penjaga harus bisa mencegah lawannya untuk bisa lari sampai ke markasnya dengan cara merentangkan tangan dan menyentuh salah satu bagian tubuh dari lawannya. Untuk penentuan siapa yang menang, tim baru dikatakan menang apabila seluruh anggotanya berhasil mencapai markas. Kalau tidak ada yang berhasil masuk, maka penjaga yang menang.

8. Kejar-Kejaran

kejar-kejaran

Tidak semua permainan itu membutuhkan alat. Tidak percaya? Contoh mudahnya kita lihat saja kejar-kejaran. Permainan klasik ini sudah ada sejak lama dan sama sekali tidak membutuhkan alat apa-apa. Yang diperlukan hanyalan pemain yang banyak. Semakin banyak yang main maka permainannya akan semakin seru.

Cara bermainnya sangat mudah. Kalian hanya perlu menunjuk satu atau dua pemain yang bertugas sebagai pengejar. Sementara pemain yang lainnya harus berlari dari kejaran penjaga ini. Kalau sampai terkena, maka gantian kalian yang akan berperan sebagai penjaga. Mereka yang bisa berlari cepat, lincah, dan memiliki stamina kuat akan bisa bertahan.

7. Layangan

layangan

Bagi mereka yang ingin mencoba bermain layangan di kota mungkin sudah sulit. Bangunan yang tinggi membuat susah untuk menaikan layangan karena tidak adanya tiupan angin. Tanpa ada angin akan sangat sulit untuk membuat layangan bisa terbang tinggi. Alhasil untuk memainkannya perlu pindah ke area yang lebih kosong misalnya pantai.

Layangan bisa memiliki banyak bentuk tergantung siapa yang membuatnya. Bisa dimainkan dengan santai dan juga melawan orang lain. Untuk layangan yang dibuat untuk tujuan diadu dengan layangan lain, kalian memerlukan benang khusus yang kuat agar tidak mudah putus saat bergesekan dengan benang dari layangan orang lain.

6. Lompat Tali

lompat tali

Tidak semua permainan itu dibuat khusus untuk jenis kelamin tertentu, Kalau kalian mau, kalian bisa saja memainkan segala macam permainan selama kalian paham cara bermainnya dan suka. Lompat tali menjadi salah satu jenis permainan klasik yang sering dimainkan oleh anak-anak zaman dulu. Meski lebih sering terlihat anak perempuan yang memainkannya, ada juga anak laki-laki yang ikut bermain.

Bermain lompat tali tidaklah sulit, hanya dengan bermodalkan karet yang dibuat hingga sepanjang tali, dua orang akan memegang ujung dari tali karet dan diatur di ketinggian tertentu. Permainan ini bisa dimainkan oleh beramai-ramai. Dua orang yang memegang tali ini nantinya akan memutar tali dari kanan dan kiri. Pemain yang lain harus bisa melompati tali tersebut tanpa tersangkut.

5. Congklak

congklak

Lanjut ke permainan selanjutnya yakni congklak. Congklak bisa dimainkan dimana saja, mau di dalam rumah atau di luar rumah. Hanya saja, permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja. Congklak membutuhkan sebuah papan yang memiliki beberapa cekungan dan biji congklak. Papan congklak ini biasanya terbuat dari kayu, sedangkan biji congklat dibuat dari cangkang kerang.

Cara bermainnya adalah dengan mengisi cekungan-cekungan yang ada di papan kayu tersebut dengan biji congklak. Pemain yang balik banyak mengisi biji congklak ke cekungan atau daerah sendiri, maka dialah yang keluar menjadi pemenang. Terdengar sederhana, bermain congklak bisa membuat orang lupa waktu.

4. Gasing

gasing

Mainan anak-anak tahun 90an mungkin tidak secanggih dan sekeren mainan anak zaman sekarang. Meski begitu, anak-anak tahun 90an merasa mainan yang mereka miliki dan mainkan saat itu adalah yang paling keren dan mengasyikan. Bahkan sesimpel melihat gasing yang berputar saja bisa membuat anak senang.

Gasing memiliki berbagai macam bentuk, tergantung siapa yang membuatnya. Gasing dibuat sedemikian rupa agar bisa diikat dengan tali atau benang, lalu ketika tali atau benang tersebut ditarik, gasing akan berputar pada porosnya. Gasing yang berputar paling lama akan ditunjuk sebagai pemenangnya. Kalau di zaman sekarang mungkin anak-anak lebih mengenal yang namanya beyblade.

3. Bola Bekel

bola bekel

Ada begitu banyak jenis permainan sederhana di Indonesia pada zaman dulu. Permainan ini sebenarnya bebas dimainkan oleh siapa saja. Tak ada batasan usia atau jenis kelamin untuk memainkannya. Meski begitu, ada beberapa jenis permainan yang diidentik dengan salah satu jenis kelamin. Misalnya ada permainan yang biasa dimainkan oleh anak laki-laki dan ada pula yang dimainkan oleh anak perempuan.

Salah satu jenis permainan yang sering dimainkan oleh anak perempuan adalah permainan bola bekel. Permainan ini menggunakan sebuah bola dan beberapa biji bekel. Permainan ini mengharuskan pemainnya untuk melempar bola ke atas lalu membalik biji bekel sebelum bola jatuh kembali ke tangan. Kecepatan tangan dan konsentrasi sangat diperlukan di permainan ini.

2. Bentengan

bentengan

Lanjut dengan permainan yang dinamakan bentengan atau tak benteng. Permainan sederhana ini paling seru kalau dimainkan oleh banyak orang. Dilakukaan di outdoor, untuk bermain bentengan perlu dibagi menjadi dua tim. Masing-masing tim memiliki pos yang berjauhan. Pos ini harus dijaga dengan ketat jangan sampai diserang lawan.

Masing-masing dari tim harus berusaha untuk bisa menyentuh pos lawannya. Jika salah satu yang mencoba menyentuh pos lawan tertangkap, maka ia akan menjadi tahanan dari lawannya. Untuk membebaskannya harus disentuh oleh rekan setimnya. Tim siapa yang berhasil menyentuh pos lawan lebih dulu, maka tim tersebut yang menang.

1. Petak Umpet

petak umpet

Enaknya tahun 90an adalah kita bisa benar-benar bermain dengan banyak orang tanpa harus memikirkan harus mengupdate status di sosial media. Ada begitu banyak permainan klasik atau sederhana di Indonesia yang sangat seru. Permainan ini bahkan bisa dimainkan oleh banyak orang tanpa batasan jumlah.

Kalian pasti sudah sering mendengar permainan petak umpet. Ini salah satu permainan sederhana yang bisa dimainkan oleh banyak orang dan bisa dilakukan dimana saja. Cara mainnya adalah satu orang yang bertugas sebagai penjaga atau pencari. Tugas penjaga atau pencari ini adalah mencari teman-temannya yang bersembunyi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas