home -> Lifestyle -> 10 Hal Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria
19 September 2021 23:29

10 Hal Yang Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 06, 2021

Kalian para pria harus menjaga kesehatan dengan baik apabila ingin memiliki keturunan. Jangan sampai kalian tidak perduli dengan kesehatan tubuh lalu mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Jika kualitas dan jumlah sperma menurun, maka akan sulit bagi kalian dan pasangan untuk memiliki keturunan atau anak. Untuk mencegah hal tersebut, mulailah dengan mengikuti gaya hidup sehat dan menghindari segala hal yang bisa menurunkan kesuburan pria. Apa saja hal yang harus dihindari? Berikut ini daftarnya.

10. Kurang Tidur

kurang tidur

Mesin bisa mengalami masalah jika dipakai secara terus menerus tanpa istirahat. Hal ini juga bisa terjadi pada manusia jika mereka melupakan yang namanya istirahat. Jika sudah waktunya tidur, sebaiknya tidur. Jangan korbankan kesehatan untuk alasan pekerjaan atau hal lain. Jika kurang tidur akan datang banyak masalah kesehatan.

Seperti salah satu masalah kesehatan yang bisa saja terjadi adalah gangguan kesuburan. Untuk pria yang kurang tidur, maka tubuh akan mengalami stres. Saat sudah stres, tubuh akan memproduksi hormon yang namanya adrenocorticotropic dan cortisol. Kedua hormon ini bisa mempengaruhi tingkat kesuburan kalian.

9. Olahraga Terlalu Keras

overworkout

Olahraga memang dianjurkan untuk dilakukan karena dapat membuat seseorang bahagia, membentuk tubuh yang lebih ideal, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut bisa didapat apabila olahraga yang dilakukan dalam batas yang cukup. Dilakukan berlebihan, olahraga malah bisa mendatangkan gangguan kesehatan.

Kalian para pria yang terlalu sering melakukan olahraga bisa beresiko mengalami gangguan reproduksi. Olahraga terlalu berat dan sering bisa membuat seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup, cidera, dan juga gangguan fertilitas. Jika fertilitas sudah terganggu, maka akan semakin sulit bagi pria untuk meneruskan keturunan.

8. Panas

overheated

Sperma memang tidak bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama di tempat yang terbuka. Mereka akan cepat sekali mati bisa terekspos suhu yang panas. Bahkan ketika masih berada di dalam scrotum, terkena suhu yang tinggi dalam waktu yang lama juga bisa membunuh sperma. Makanya dianjurkan untuk selalu mengenakan celana dengan sirkulasi yang bagus.

Selain menggunakan celana dengan sirkulasi udara yang baik, pria sebaiknya memperhatikan kebiasaan apa yang bisa membuat alat vitalnya terekspos dengan suhu panas. Misalnya seperti mengendarai motor dengan kubikasi mesin besar. Semakin besar cc motor, maka akan semakin panas suhu yang dilepas oleh mesin. Jika suhu panas ini mengenai alat vital dalam jangka waktu lama, maka kualitas sperma bisa menurun.

7. Hormon Tidak Seimbang

hormone imbalance

Masalah ketidakseimbangan hormon bisa berujung dengan fertilitas seorang pria. Hormon yang berperan penting dalam produksi dan kualitas sperma adalah hormon testosteron. Jika produksi hormon ini sampai terganggu, maka tidak heran jika jumlah dan kualitas sperma seorang pria ikut terganggu. Apa saja yang membuat hormon tidak seimbang?

Gangguan hormon bisa disebabkan dengan beberapa hal seperti stres, kurang tidur, gaya hidup tidak sehat, rokok, alkohol, dan konsumsi obat-obatan. Baik pria dan wanita harus memperhatikan gaya hidupnya agar tidak mengalami masalah ini. Jika sampai terjadi ketidakseimbangan hormon, maka kalian harus check up ke dokter.

6. Alkohol

alcohol

Minum minuman beralkohol sekarang ini sudah menjadi lifestyle. Saat kumpul dengan teman atau bertemu partner bisnis diselingi dengan alkohol. Tidak masalah jika kalian memiliki kontrol diri sehingga tahu kapan harus berhenti. Tapi bagi mereka yang tidak bisa mengontrol diri, minum minuman beralkohol dalam jumlah banyak dan sering justru bisa mengganggu kesehatan.

Hangover hanya salah satu efek yang pasti terasa setelah minum minuman beralkohol. Salah satu efek panjangnya adalah masalah dengan fertilitas. Pria yang sering minum minuman beralkohol bisa mengalami masalah dengan spermanya. Pria yang termasuk peminum berat cenderung mengalami penurunan kualitas sperma dibandingkan dengan pria sehat.

5. Usia

old age

Memang benar bahwa seseorang itu menikah ketika mereka mau dan siap. Mau menikah di usia berapapun, itu tidaklah masalah. Tinggal kalian siap atau tidak menerima resiko dari pilihan yang kalian ambil. Perlu diketahui bahwa usia juga bisa mempengaruhi tingkat keseburan seseorang. Pria yang muda dengan pria yang sudah tua pasti tingkat kesuburannya berbeda. 

Pria memang sampai tua masih bisa memproduksi sperma. Tapi kualitas dan jumlahnya tidaklah sama dengan mereka yang berusia muda. Pria yang sudah berumur di atas 30 tahun pasti akan mengalami penurunan jumlah dan kualitas sperma. Apalagi kalau menikahnya dengan wanita yang juga sudah berusia tua, kemungkinan untuk punya anak akan semakin kecil.

4. Stres

stress

Tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah mengalami stres. Stres bisa terjadi karena seseorang mengalami banyak masalah dalam hidupnya. Masalah tersebut tidak bisa dipecahkan dan terus bertumpuk hingga terjadilah yang namanya stres. Dan stres ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa seorang pria bisa mengalami gangguan kesuburan.

Memang benar hidup itu penuh masalah yang bisa membuat orang jadi stres, tapi kita harus bisa mencari cara untuk bisa menghilangkan atau setidaknya menurunkan tingkat level stres. Stres yang tidak terselesaikan bisa membuat tubuh mengalami gangguan hormon yang nantinya bisa mempengaruhi fertilitas seseorang. Pria yang stres, spermanya pasti akan berkurang dan kualitasnya buruk.

3. Obesitas

obese

Sering bermalasan-malasan di masa seperti ini bisa membuat seseorang naik berat badannya. Bagaimana tidak naik? Makan tetap rutin tapi tidak melakukan olahraga, jelas saja akan berdampak pada naiknya berat badan. Jika diteruskan, maka hal ini bisa menyebabkan yang namanya obesitas dan jika sudah sampai tahap ini akan sulit untuk mengembalikan berat badan ke kondisi normal.

Kalian para pria boleh cemas dengan yang namanya obesitas. Selain penampilan yang bisa terpengaruh, tingkat kesuburan kalian juga ikut terpengaruh. Obesitas dapat mengganggu hormon testosteron. Hormon testosteron ini adalah hormon yang berperan penting dalam hal reproduksi. Jika hormon ini sampai bermasalah, maka produksi sperma juga akan ikut terpengaruh.

2. Sex Bebas

MULTIPLE SEXUAL PARTNERS

Manusia pasti butuh yang namanya sex. Alasan sex dibutuhkan karena dengan hubungan sex bisa mendapatkan perasaan bahagia dan lebih intim dengan pasangan. Melihat zaman sekarang yang pergaulan lebih bebas, banyak orang yang sudah cuek dengan yang namanya gonta-ganti pasangan. Bahkan ada yang menjadikan sex bebas sebagai gaya hidupnya.

Apakah sex bebas dan kebiasaan gonta-ganti pasangan itu bagus? Kalau untuk kesehatan jelas ini bukanlah hal yang bagus. Gonta-ganti pasangan dan sex bebas akan memperbesar kemungkinan terkena penyakit sex menular. Penyakit sex yang bisa terjadi seperti gonorrhea, chlamydia, dan HIV. Penyakit-penyakit ini bisa mempengaruhi kemampuan reproduksi seseorang jika dibiarkan tak diobati.

1. Merokok

rokok

Seperti yang sudah kita tahu bahwa jumlah perokok sangatlah banyak. Saking banyaknya jumlah perokok, sangat sulit bagi kita sekarang menemukan orang yang sama sekali tidak merokok. Sudah dijelaskan di setiap bungkus rokok bahwa merokok dapat mengalami gangguan kesehatan yang sangat banyak. Salah satunya adalah mempengaruhi kesuburan pria.

Rokok terbuat dari banyak bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan dan nikotin adalah salah satunya. Nikotin ini dapat mempengaruhi kualitas dari sperma. Mereka para pria yang perokok, spermanya akan mengalami penurunan kepadatan serta tidak pergerakannya tidak selincah sperma normal. Selain sperma yang tidak sehat, ada lagi kemungkinan pria bisa mengalami masalah impotensi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas