home -> Lainnya -> 10 Jenis Burung Yang Bisa Dijadikan Hewan Pelihara...
28 November 2021 00:38

10 Jenis Burung Yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 04, 2021

Membayangkan untuk menjadikan burung sebagai hewan peliharaan bukanlah ide yang buruk. Mereka lucu, memiliki warna yang menarik, dan suara yang unik. Karena jenis burung ada banyak, mungkin inilah yang bisa membuat seseorang bingung dalam hal memilih. Tidak perlu bingung, TahuPedia akan memberikan sejumlah informasi mengenai jenis burung yang sekiranya bisa kalian jadikan opsi sebagai hewan peliharaan. Inilah 10 jenis burung yang bisa kalian jadikan hewan peliharaan.

10. Dove

Dove

Kalian pasti sudah sering melihat orang yang memelihara  burung dove atau merpati. Merpati begitu populer karena mereka termasuk buruk yang setia dan mudah untuk dirawat. Merpati termasuk burung yang easy going dengan manusia yang sudah mereka kenal. Merpati yang tidak butuh banyak perhatian juga menjadi salah satu poin yang membuat orang suka dengan hewan ini.

Merpati akan bertambah nyaman apabila kalian memberikannya pasangan atau menaruhnya dalam kelompok. Dengan memelihara lebih dari satu merpati, otomatis kalian akan membutuhkan kandang yang berukuran cukup besar. Untuk makanan, kalian bisa memberikan merpati makanan seperti beras, jagung, kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

9. Hyacinth Macaw

hyacinth macaw

Parrot memang banyak direkomendasikan untuk menjadi peliharaan, tapi parrot terbagi beberapa jenis lagi. Dari sekian banyak jenis parrot, kalian mungkin tertarik dengan yang namanya hyacinth macaw. Hyacinth macaw adalah parrot dengan ukuran tubuh paling besar. Terkenal akan warna birunya yang indah.

Gentle giant, itulah sebutan yang diberikan orang untuk hyacinth macaw. Mereka besar, friendyly, dan mudah bersosialisasi. Alasan yang cukup untuk menjadikan burung ini untuk meramaikan rumah kalian yang sepi. Hyacinth macaw sangat suka bermain dengan pemiliknya. Hanya ukurannya yang besar yang menjadi sisi negatif dari hyacinth macaw.

8. Finch

Finch

Jika ada orang yang memiiki sifat penyendiri, burung pun juga ada yang memiliki sifat penyendiri. Burung tersebut adalah jenis finch. Bagi kalian yang super sibuk tapi ingin rumah kalian ada suara yang indah setiap kali pulang beraktivitas, maka finch adalah burung yang mungkin cocok untuk kalian pelihara.

Finch bukanlah burung yang haus akan perhatian. Meski begitu, finch tetap mengeluarkan suara yang merdu dan enak untuk dilihat. Agar menjaga mereka betah di rumah, berikan mereka kandang yang besar untuk terbang. Makanan finch berupa sayur-sayuran seperti bayam, kol, dan selada. Berikan air yang cukup, satu untuk minum dan satu lagi untuk mereka membasuh diri.

7. Lovebird

Lovebird

Diberi nama lovebird karena burung ini dikenal sebagai burung yang sangat ceria dan setia. Bukan burung yang asing karena sudah banyak orang yang memelihara burung jenis ini. Jika dipelihara dengan baik, lovebird bisa menjadi peliharaan yang sangat baik. Apalagi ditambah dengan tingkah lucu mereka, kalian dijamin tidak akan bosan.

Lovebird merupakan burung yang suka dengan air. Pastikan kalian menaruh air yang cukup di dalam kandang agar mereka bisa membasuh diri mereka sendiri. Meski ukuran lovebird kecil, mereka sangat aktif. Letakkan mereka di sangkar yang cukup besar untuk mendukung pergerakan mereka. Taruh juga mainan seperti ayunan, cermin, dan benda yang bisa mereka gigit.

6. African Grey

African Greys

Cockatoo bukanlah satu-satunya jenis burung yang dapat berbicara. Selain cockatoo, burung jenis african grey juga sangat terkenal akan kemampuan berbicaranya. African grey memiliki ukuran tubuh yang mirip dengan parrot. Mereka pintar, charming, dan sangat mudah bersosialisasi. Luangkan waktu bermain dengan burung pintar ini agar mereka tidak bosan dan destruktif.

African grey memerlukan kandang yang besar karena memiliki sayap yang lebar. Kandang tersebut harus cukup besar untuk african grey bisa mengepakan sayap mereka. African grey bisa hidup hingga 30 tahun. Untuk bisa hidup lama, kalian tidak hanya harus menjada mood mereka tapi memberikan makanan yang tepat. African grey bisa makan buah-buahan yang rendah gula dan kacang.

5. Conure

Conure

Jika kalian memilih burung conure sebagai hewan peliharaan, maka kalian akan dihadapkan dengan banyak pilihan ukuran dan warna. Ini membuat kalian bisa memilih ukuran mana yang sekiranya pas dengan kalian dan warna yang kalian suka. Meski memiliki banyak variasi warna dan ukuran, conure memiliki satu kesamaan yakni mereka sangat pintar.

Ketika kalian sudah memilih untuk menjadikan conure sebagai peliharaan, kalian harus memberikannya kandang yang cukup besar karena mereka sangat suka terbang. Conure butuh perhatian dari pemiliknya untuk bisa tetap betah. Karena conure sangat aktif, mungkin untuk beberapa orang, memelihara conure akan menjadi tantangan tersendiri.

4. Canary

canary

Kenapa orang memilih burung sebagai peliharaan adalah karena mereka termasuk hewan yang low maintenance dan memiliki suara yang indah. Jika kamu ingin rumah tidak sepi dan ramai dengan suara yang indah, mungkin kalian bisa mencoba memelihara burung canary. Burung canary dikenal sebagai salah satu burung yang memiliki kicauan merdu.

Berbeda dengan jenis burung lain yang bisa disentuh dengan tangan, canary justru tidak suka untuk disentuh. Kalian cukup memberikannya kandang yang lumayan besar dan partner untuk membuat mereka bahagia. Ketika canary berada di suatu tempat yang baru, canary akan menjelajahi area tersebut.  Berikan mereka mainan agar tidak bisan. Makanan mereka antara lain seperti sayur dan sweet potatoe. Jangan berikan makanan yang mengandung gula tinggi seperti pisang atau anggur.

3. Cockatoo

cockatoo

Ada satu jenis burung yang bisa berbicara bahasa manusia. Kalian semua pasti sudah kenal dengan burung tersebut, burung yang dimaksud adalah cockatoo atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan kakatua. Selain jago dalam menirukan suara manusia, cockatoo dikenal dengan rambut di kepalanya yang bisa berdiri.

Cockatoo bisa cepat beradaptasi dengan seseorang. Kalian yang memilih cockatoo akan dengan cepat memiliki ikatan dengan burung ini. Apabila kalian tidak memiliki waktu bermain dengan cockatoo dan membuat mereka sampai stres, cockatoo cenderung mematuk bulu mereka hingga rontok menandakan mereka sedang tidak dalam kondisi yang baik. Atau mereka bisa saja merusak barang-barang di rumah apabila tidak mendapatkan perhatian.

2. Cockatiel

cockatiel

Cockatiel, jenis burung ini sangat cocok untuk kalian yang sedang mencari burung untuk dipelihara. Burung ini termasuk burung yang sangat friendly dan aktif. Kalian yang memilih cockatiel bisa mengajak burung ini untuk bermain. Beberapa trik bisa kalian ajarkan juga pada cockatiel karena burung ini cukup pintar untuk mempelajari beberapa trik.

Pastikan saja kalian rutin mengajaknya bermain setiap hari. Setidaknya minimal satu jam harus kalian luangkan untuk bermain bersama peliharaan tersayang kalian ini. Kalau kalian termasuk orang yang sibuk, berikan pasangan untuk cockatiel agar mereka tidak bosan dan bisa bersosialisasi dengan burung lainnya.

1. Parakeet

parakeet

Burung satu ini dinamakan parakeet atau budgies. Parakeet direkomendasi untuk dijadikan hewan peliahraan karena banyak hal. Ukuran tubuh mereka yang kecil, easy going, tidak terlalu berisik, fiendly, dan mudah perawatannya. Jadi bagi kalian yang masih pemula di dunia burung, merawat burung parakeet tidak akan membuat kalian pusing.

Parakeet termasuk burung yang aktif, jadi disarankan untuk memberikan mereka ruangan yang cukup besar untuk bergerak. Untuk soal diet, kalian musti menyiapkan air segar setiap harinya. Makanan parakeet bisa dikombinasikan antara buah-buahan, sayur seperti brokoli, wortel, dan biji-bijian. Dengan perawatan yang tepat, parakeet bisa hidup hingga 10 sampai 15 tahun.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas