home -> Lifestyle -> 10 Makanan Mengandung Kolesterol Yang Harus Dimaka...
20 September 2021 00:16

10 Makanan Mengandung Kolesterol Yang Harus Dimakan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 03, 2021

Fungsi kolesterol adalah untuk menjalankan fungsi tubuh seperti pembentukan dan pemeliharaan struktur sel, memproduksi hormon penting, membuat empedu, serta membuat vitamin D. Sama seperti lemak, kolesterol juga terdiri dari kolesterol jahat dan baik. Jadi jangan sampai kalian menghindari makanan yang mengandung kolesterol tanpa tahu itu kolesterol yang baik atau jahat. Kalau kolesterol jahat biasanya banyak ditemukan di makanan yang disajikan di restoran cepat saji dan makanan yang diolah dengan cara digoreng. Kalau kalian mengincar kolesterol baik bisa diperoleh dengan makan makanan di bawah ini. Kecuali kalau Anda sudah terkena masalah kolesterol, lebih baik konsultasi dengan dokter terkait makanan apa yang boleh dikonsumsi.

10. Olive Oil

olive oil

Setiap barang yang dijual dengan harga mahal pastinya diikuti dengan kualitasnya. Semakin mahal maka semakin tinggi juga kualitasnya. Dibandingkan dengan minyak biasa, minyak zaitun atau olive oil memang dijual dengan harga yang lebih tinggi. Soal kualitasnya, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa olive oil lebih baik dari minyak goreng biasa.

Olive oil bisa diaplikasikan dalam makanan apapun. Mau itu tumis atau goreng, tidak masalah. Asalkan kalian menggoreng dalam temperatur yang tidak terlalu panas, olive oil masih oke untuk digunakan. Olive oil juga bisa digunakan untuk salad dan sup. Olive oil mengandung lemak baik yang bisa meningkatkan kadar HDL yang bagus untuk kesehatan.

9. Kedelai

kacang kedelai

Kalian tentu sudah pernah mendengar yang namanya kacang kedelai bukan? Kacang kedelai adalah salah satu tanaman jenis polong-polongan. Kacang kedelai cukup sering digunakan sebagai bahan dasar makanan di Asia. Kacang kedelai mengandung kolesterol baik yang musti kalian konsumsi karena bagus untuk kesehatan.

Dari kacang kedelai bisa diolah jadi berbagai macam makanan seperti kecap, tahu, tempe, dan juga dijadikan susu kacang kedelai. Kalian yang menjalani diet vegetarian bisa mengkonsumsi kacang kedelai sebagai pengganti daging karena kacang kedelai juga terkandung protein nabati. Kacang kedelai bila dikonsumsi bisa meningkatkan kadar HDL yang bisa membantu mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah akibat lemak.

8. Chia seed Dan Flaxseed

Chia seed and Flaxseed

Mereka yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan pasti familiar dengan yang namanya chia seed dan flaxseed. Chia seed adalah bahan makanan yang berasal dari biji tanaman Salvia hispanica. Sedangkan flaxseed dalah biji yang berasal dari tanaman rami dan biasa digunakan untuk membuat tepung.

Kedua macam makanan ini mengandung kolesterol yang baik dan juga lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan. Baik itu chia seed dan flax seed, kedua makanan ini bisa dikonsumsi secara mentah atau dicampur dengan makanan lain seperti oatmeal, beras, yogurt, dan sayuran. Sudah jelas jika kalian mencampur dengan makanan lain, maka kalian bisa mendapatkan manfaat lebih selain HDL yang naik. 

7. Gandum

gandum

Gandum juga menjadi salah satu jenis makanan yang sumbernya dari biji-bijian. Beberapa makanan yang terbuat dari gandum yang menyehatkan adalah sereal, pasta, roti gandum, dan yang paling umum adalah oatmeal. Semua makanan ini biasa dimasukan dalam menu diet untuk mengurangi berat badan.

Gandum mengandung banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, lemak, dan gula. Karena nutrisinya yang banyak inilah sangat direkomendasi untuk mengkonsumsi makanan yang terbuat dari gandum. Apalagi makanan seperti sereal dan oatmeal kedua makanan ini paling mudah diolah dan dikombinasikan dengan makanan lain untuk dikonsumsi sebagai sarapan.

6. Kacang

kacang

Selain kacang kedelai yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, jenis kacang-kacangan sebenarnya ada lebih banyak lagi. Ada lentil, polong, almond, kacang merah, kacang hitam, dan lain-lain masih ada banyak lagi jenisnya. Kenapa TahuPedia menyebut kacang, karena kacang-kacangan mengandung kolesterol baik.

Dari begitu banyak jenis kacang-kacangan yang sudah disebutkan, kacang-kacang ini bisa dikonsumsi dengan makanan lain ataupun sebagai camilan. Meski menyehatkan, perhatikan juga asupan kalorinya. Kacang memiliki kalori yang cukup tinggi, jadi jangan sampai kalian makan terlalu banyak hingga berat badan naik.

5. Yogurt

yogurt

Pasti kalian semua sudah sering melihat cafe yang menyediakan yogurt dalam menunya. Yogur merupakan salah satu makanan sehat yang sangat populer. Diolah dari susu, yogurt aman dimakan untuk mereka yang tidak bisa minum susu karena memiliki masalah laktosa. Bagus untuk diet, yogurt termasuk makanan yang mengandung kolesterol dan lemak baik.

Yogurt mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, zinc, dan potasium. Sekitar 245 gram dari yogurt mengandung 31,9 mg kolesterol. Menurut hasil penelitian, mereka yang mengkonsumsi yogur, memiliki kandungan LDL (kolesterol jahat) yang rendah. Selain itu, tekanan darah, resiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih kecil.

4. Shellfish

shellfish

Bagi kalian yang tidak familiar dengan shellfish, makanan yang termasuk shellfish adalah kerang, kepiting, dan udang. Makanan yang sudah disebutkan ini sangat kaya akan protein, vitamin B, iron, dan selenium. Apakah makanan ini mengandung kolesteorl? Tentu saja. Tapi kolesterol disini bukanlah kolesterol yang jahat.

Sekitar 85 gram udang mengandung 166 mg kolesterol. Shellfish ini memiliki kompone bioactive seperti carotenoid antioksidan dan amino acid taurine. Komponen ini memiliki dampak positif untuk keshetan karena dapat mencegah penyakit jantung serta menurunkan kolesterol jahat. Jadi, makanan seafood itu tidak perlu ditakuti.

3. Sardin

sardines

Semua jenis ikan sangat menyehatkan. Kalian sebut ikan yang kalian familiar, tuna, salmon, halibut, dan sardin, sangat bagus untuk kesehatan karena banyak nutrisinya. Ikan-ikan ini termasuk makanan berkolesterol tinggi dan lemak omega-3. Kolesterol disini bukan kolesterol jahat melainkan kolesterol baik yang dimana kalian musti memasukan ikan dalam menu makan.

Untuk ikan sardin, sardin seberat 92 gram mengandung 131 mg kolesterol. Belum lagi ditambah dengan dengan manfaat lain seperti vitamin D, vitamin B12, dan kalsium. Selain menjaga kadar kolesterol, makan sardine juga bisa mencegah penyakit jantung, menurunkan anxiety, depresi, dan untuk menjaga berat badan.

2. Hati

liver

Tidak perlu pusing untuk mencari makanan yang mengandung kolesterol baik. Contoh paling simpelnya dalah ayam. Tapi mungkin kalian mau tahu bagian mana dari ayam yang direkomendasikan untuk dimakan. Bagian yang dimaksud adalah bagian hati ayam. Kecil, bernutrisi tinggi, tapi rasanya memang tidak begitu enak.

Hati ayam memang memiliki rasa yang tidak enak. Rasanya pahit dan juga kering, ini yang membuat orang berpikir dua kali untuk mengkonsumsi hati ayam. Tapi jika kalian menyingkirkan hati ayam, kalian bisa kehilangan nutrisi seperti antioksidan, vitamin B12, iron, dan zinc. untuk 56 gram hati ayam mengandung 105 mg kolesterol.

1. Telur

telur

Masih berhubungan dengan ayam, makanan selanjutnya adalah telur. Meski ukurannya kecil, makanan kecil ini sangat tinggi akan kolesterol dan lemak. Tentu kolesterol dan lemak disini adalah kolesterol dan lemak yang baik. Ini sangat bagus karena bisa membantu tubuh untuk menghasilkan high-density lipoprotein (HDL).

Jika kalian rajin mengkonsumsi satu telur per hari selama 12 minggu, tingkat HDL dalam tubuh bisa meningkat hingga 20 mg/dL. Melihat ini tentu banyak orang berubah persepsinya yang semula menganggap makan telur banyak tidak sehat, bisa menyebabkan bisul, dan kolesterol naik. Perlu diingat bahwa ini hanya didapat jika orang tersebut sehat. Jika sudah memiliki masalah kolesterol, tidak bisa sembarangan makan telur.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas