home -> Lifestyle -> 10 Tips Untuk Mengatasi Bau Mulut
27 November 2021 23:41

10 Tips Untuk Mengatasi Bau Mulut

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 02, 2021

Memiliki mulut dengan bau tak sedap jelas merupakan masalah yang besar. Setiap kali mau berbicara dengan seseorang bisa merasa minder karena masalah bau mulut ini. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bau mulut yang musti kalian hindari. Tapi jika sudah terlanjut mulut mengeluarkan aroma yang tak sedap, segeralah melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah tersebut. Inilah 10 tips yang TahuPedia berikan untuk mengatasi masalah bau mulut.

10. Cek Ke Dokter

dentist

Kebiasaan banyak orang adalah ketika mereka sakit dan sakitnya parah, barulah mereka akan pergi ke dokter. Ketika dokter mengatakan bahwa penyakitnya sudah parah dan sulit untuk sembuh, mereka malah marah ke dokter tersebut. Gigi merupakan bagian tubuh yang penting namun seringkali lupa diperiksa ke dokter gigi.

Ketika gigi bermasalah, barulah orang datang ke dokter gigi. Pergilah memeriksa gigi ke dokter gigi secara rutin. Dengan memeriksakan gigi secara rutin, kalian bisa mencegah yang namanya lubang di gigi. Lubang di gigi bila dibiarkan akan membuat napas kalian mengeluarkan aroma yang tak sedap. Mungkin saja kalian ada gigi yang berlubang namun kalian tidak mengeceknya jadi mulut kalian mengeluarkan bau tak sedap.

9. Hindari Makanan Manis

sweet food

Makanan manis memang sangat menggoda. Makanan manis bisa apa saja yang mengandung gula. Ambil contohnya seperti permen, kue, coklat, biskuit, es krim, dan lain-lain. Berusaha untuk mengatakan tidak akan sulit mengingat bentuk dan warnanya juga yang menarik mata. Tapi jika kalian ingin terhindar dari masalah bau mulut, sebaiknya kurangi makan makanan manis.

Makanan yang mengandung gula ini tidak hanya jadi kesukaan manusia tapi juga bakteri. Sering makan makanan manis maka akan membuat mulut menjadi tempat yang sempurna untuk berkumpulnya bakteri. Bakteri yang semakin menumpuk ini bila tidak disingkirkan maka bisa membuat mulut mengeluarkan aroma yang tak sedap.

8. Banyak Minum Air

banyak minum

Memiliki masalah dengan napas yang bau bisa membuat minder seseorang. Bagaimana tidak, orang yang menjadi lawan bicara bisa saja ilfil ketika mencium aroma tak sedap dari orang yang diajak berbicara. Maka dari itu perlu dilakukan cara agar mencegah mulut tidak mengeluarkan aroma tak sedap. Caranya adalah dengan banyak minum air.

Kondisi mulut yang kering karena jarang minum air putih atau ada masalah dengan produksi air liur bisa membuat mulut menjadi kering dan mengeluarkan aroma tak sedap. Perbanyak minum air putih jika dirasa mulut kering. Selain masalah bau mulut hilang, kalian juga bisa terhindar dari yang namanya dehidrasi.

7. Gunakan Mouth Wash

Mouth Wash

Terkadang yang namanya masalah bau mulut itu datang tak kenal waktu. Secara tidak sadar ketika berbicara dan mencium aromanya, kita baru tahu bahwa ada masalah dengan bau mulut. Padahal kita sudah yakin melakukan banyak hal untuk mencegah hal ini terjadi. Lalu apa penyebab bau mulut bisa datang?

Mungkin kalian lupa dengan yang namanya berkumur dengan mouth wash. Satu produk selain pasta gigi yang berguna untuk menjaga kebersihan dan aroma mulut adalah mouth wash. Menyikat gigi tidak menjamin bisa membersihkan semua sisa makanan di mulut. Ada beberapa yang mungkin tertinggal di sela gigi. Cara untuk benar-benar membuat mulut bersih adalah dengan berkumur dengan menggunakan mouth wash setelah sikat gigi.

6. Gosok Lidah

gosok lidah

Ketika bau mengeluarkan aroma yang tak sedap, itu menandakan bahwa ada yang salah dengan mulut kalian. Apakah kalian yakin sudah menjaga dan membersihkan mulut? Bukan cuma gigi saja yang perlu dibersihkan serta berkumur dengan mouth wash. Bahkan lidah juga harus kalian bersihkan. Tapi pasti banyak orang lupa dengan hal satu ini.

Lidah bisa menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tinggal. Bakteri ini jika dibiarkan terus maka akan membuat napas kalian menjadi bau ketika berbicara. Jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi. Bahkan sekarang ini sudah ada sikat yang dibuat khusus untuk membersihkan bagian lidah.

5. Hindari Makanan Yang Menyebabkan Bau Mulut

makanan

Makan adalah hal yang pasti dilakukan oleh semua makhluk hidup termasuk kita manusia. Tanpa makan, kita tidak punya tenaga untuk beraktivitas, lapar, dan bisa mati. Makan makanan yang disuka memang boleh dilakukan, tapi perlu diperhatikan bahwa ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut.

Makanan yang memiliki aroma kuat seperti bawang putih, bawang bombay, makanan berlemak, durian, serta kopi, bisa membuat mulut mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Jika kalian tidak mau mengalami masalah bau mulut, perlu membatasi mengkonsumsi makanan yang memiliki aroma tak sedap. Pastikan kalian rajin membersihkan gigi dan seluruh bagian mulut untuk mencegah bau mulut.

4. Lepas Gigi Palsu Sebelum Tidur Dan Bersihkan

dentures

Semua orang memiliki masalah sendiri dengan gigi. Semakin tua seseorang, biasanya giginya sudah tidak sekuat dulu dan sudah banyak yang lepas. Semakin banyak gigi yang lepas, maka akan sulit untuk mengunyah makanan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan pergi ke dokter gigi dan dibuatkan gigi palsu.

Meski hanya gigi palsu, benda satu ini juga perlu dirawat dengan baik. Layaknya gigi biasa, gigi palsu perlu dibersihkan agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal. Kalau tidak dibersihkan, sisa makanan ini akan menjadi makanan bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Setiap tidur, lepas gigi palsu dan bersihkan layaknya gigi biasa untuk mencegah munculnya bau mulut.

3. Stop Rokok

tobacco

Banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan menghisap rokok. Padahal rokok jelas-jelas membawa banyak masalah kesehatan tapi tetap saja orang membeli dan menghisapnya. Alasan yang umum digunakan seperti mulut terasa pahit, sudah kebiasaan, pengaruh teman, dan penasaran. Tahukah kalian bahwa rokok bisa menyebabkan masalah bau mulut?

Rokok dan produk lain yang mengandung tembakau bisa membuat mulut dan seisinya menjadi bermasalah. Akibat dari merokok bisa membuat gigi jadi rusak, membuat warnanya menjadi kusam, dan menimbulkan bau tak sedap. Jika tak ingin memiliki bau mulut dan ingin menghentikan kebiasaan merokok, ada banyak cara untuk bisa stop merokok.

2. Sikat Gigi Rutin

sikat gigi rutin

Tak ada asap jika tak ada api, tidak mungkin mulut kalian tiba-tiba mengeluarkan bau tak sedap jika tak ada penyebabnya. Salah satu penyebab mulut bau bisa jadi karena terlalu malas menggosok gigi. Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang paling kotor karena menjadi tempat untuk mengunyah banyak makanan. Bayangkan jika tidak dibersihkan, betapa kotornya kondisi mulut.

Untuk itulah penting yang namanya menyikat gigi. Seberapa sering kalian menyikat gigi? Setidaknya lakukan kebiasaan menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Waktunya adalah pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Sikat gigi malam hari sebelum tidur untuk memastikan mulut bersih dari sisa makanan. Bangun tidur juga tetap harus menyikat gigi karena pada malam hari, kondisi mulut pasti dalam keadaan kering dan kondisi kering ini juga bisa mengakibatkan bau mulut.

1. Sikat Gigi dan Bersihkan Sela-Selanya

sikat-gigi

Yakin sudah rutih membersihkan gigi 2 kali sehari? Seberapa yakin kalian sudah membersihkan gigi sampai benar-benar bersih? Menyikat gigi dengan sikat gigi saja ternyata masih belum cukup untuk membuat gigi bersih. Sikat gigi hanya bisa membersihkan bagi gigi yang bisa disentuh oleh sikat gigi. Tapi bagian sela-sela gigi, sikat gigi tidak akan mampu menyentuhnya.

Padahal sela-sela gigi menjadi area yang paling sering sisa-sisa makanan tertinggal. Bagian ini sanagt sulit dibersihkan oleh sikat gigi, maka dari itu perlu dibutuhkan alat khusus yakni benang untuk membersihkan gigi. Dengan bantuan benang halus ini, bagian tersempit seperti sela gigi bisa dibersihkan dari sisa makanan yang menempel. Jika sisa makanan hilang, maka kecil kemungkinan bagi bakteri untuk tinggal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas