home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Cepat Tua
20 September 2021 00:03

10 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Cepat Tua

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 30, 2021

Baik atau buruknya kebiasaan yang kita lakukan bisa mempengaruhi penampilan. Pasti kalian sering melihat ada orang yang usianya masih muda tapi penampilannya jauh lebih tua dari yang semestinya. Ini dikarenakan orang yang usia muda tapi terlihat tua ini melakukan kebiasaan yang tidak sehat. Kebiasaan buruk ini membuat kulit jadi berkeriput, tidak cerah, dan membuat seseorang jadi terlihat lebih tua dari yang seharusnya. Jika kalian tidak mau jadi tua sebelum waktunya, berikut ini adalah 10 kebiasaan buruk yang membuat kalian cepat tua dan harus kalian stop.

10. Pendendam

grudges

Tidak ada satupun hal positif yang didapat dari menyimpan dendam. Ya, memang mengesalkan apabila kita diperlakukan tidak semestinya oleh orang lain. Apalagi jika yang melakukan keluarga sendiri pastinya akan ada dendam yang tersimpan di dalam pikiran dan hati. Tapi, pikir ulang apakah kalian mau tenggelam dengan dendam tersebut atau tidak.

Menyimpan dendam hanya mendatangkan masalah bagi kesehatan. Hidup itu seharusnya dijalani dengan rileks, semua dendam lupakan saja. Masih ada banyak orang yang bisa menghargai kalian dan hal yang menyenangkan. Menyimpan dendam hingga bertahun-tahun hanya akan membuat beban pikiran bertambah dan mengganggu psikologi. Dengan melupakan dendam maka tekanan darah akan kembali normal, depresi berkurang, tidak stres, dan anxiety menghilang. Hal itu yang membuat seseorang bisa terlihat lebih tua dari umurnya.

9. Stres

stress

Pekerjaan yang banyak, sekolah yang tidak kunjung normal, dan kondisi pandemi seperti sekarang jelas membuat seseorang menjadi stres. Yang semula hidupnya normal tanpa masalah pun juga bisa menjadi stres melihat kondisi yang seperti sekarang. Jika orang tersebut tidak mampu mengatur dan menghilangkan stres tersebut, dampaknya bisa terlihat dari wajahnya.

Lama-kelamaan, orang yang tidak mampu mengatasi stres bisa terlihat lebih tua dari umurnya yang sekarang. Orang yang stres juga pastinya akan mengalami gangguan tidur yang berujung bisa membuat kolagen berhenti diproduksi dan membuat kulit menjadi kehilangan kekencangannya. Pastikan kalian menemukan cara untuk mengatasi stres agar tetap terlihat awet muda.

8. Malas Bergerak

lazy

WFH atau work from home memang membuat seseorang harus berada di dalam rumah dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini bisa membuat seseorang jadi malas bergerak. Mau olahraga tidak jadi dengan alasan tidak boleh keluar rumah. Padahal olahraga bisa dilakukan meski hanya di rumah dan alat sederhana.

Efek malas olahraga bukan cuma berdampak pada berat badan saja tapi juga kesehatan kulit. Rutin berolahraga bisa meningkatkan peredaran darah di tubuh termasuk kulit. Ketika peredaran lancar, maka darah bisa mengantarkan oksigen dengan baik ke seluruh bagian tubuh. Apa kalian mau terlihat lebih tua dari usia kalian atau awet muda dengan rajin olahraga?

7. Kurang Mengkonsumsi Lemak

good fat

Banyak orang beranggapan bahwa naiknya berat badan dikarenakan terlalu banyak makan makanan yang berlemak. Perlu diketahui disini bahwa tidak semua lemak itu jahat. Jika mempercayai makanan yang mengandung lemak jahat dan tidak mau memakannya, kalian malah akan membuat tubuh kalian terganggu dan bisa saja kalian tidak terlihat muda lagi.

Lemak itu terdiri dari lemak jahat dan lemak baik. Lemak jahat atau jenuh ini yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Yang lemak baik atau tak jenuh boleh untuk dikonsumsi. Beberapa makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat, telur, salmon, kacang-kacangan, dark chocolate, dan tahu. Sedangkan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, susu dan produk olahannya, daging merah, dan mayones.

6. Kopi

coffee

Melihat betapa banyaknya cafe yang menyajikan kopi menandakan betapa pentingnya minuman berkafein satu ini bagi orang banyak. Ada banyak orang bergantung pada kopi karena efek kafeinnya yang bisa membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dan bertenaga untuk bekerja. Bahkan jika sudah malam dan mengantuk, minum secangkir kopi bisa membuat seseorang kuat untuk begadang.

Memang manfaat kopi adalah sebagai energy booster, tapi tidaklah bijak untuk meminum kopi secara terus menerus. Kafein memiliki sifat diuretic yang berarti bisa membuat tubuh untuk mengeluarkan cairan lebih banyak dari biasanya. Jika cairan tubuh berkurang, ini bisa membuat tubuh hilang kelembapannya, dehidrasi, dan membuat kulit menjadi tidak segar dan tua.

5. Kurang Minum Air Putih

drink water

Pada saat interview ajang UEFA Euro 2020, mega bintang Juventus asal Portugal yakni Cristiano Ronaldo secara mengejutkan menggeser sponsor Euro 2020 yang adalah minuman soda. Setelah menggeser minuman soda tersebut, ia mengatakan untuk tidak minum soda melainkan air putih. Ini menjadi tanda bahwa minum soda tidak baik dan pilihlah air putih.

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, maka dari kebutuhan cairan di dalam tubuh haruslah terpenuhi. Salah satunya adalah dengan rajin minum air putih. Kurang minum air selain bisa membuat orang dehidrasi, lemas, bisa juga membuat seseorang jadi tua. Kulit juga membutuhkan air untuk membuatnya tetap sehat dan segar.

4. Fast Food

fast food

Makanan cepat saji memang enak kalau dikonsumsi. Kalau kalian yang tipe orang sangat sibuk dan selalu dikejar waktu, jelas saja makana di restoran cepat saji bisa menjadi pilihan. Makanannya enak dan penyajiannya cepat. Apalagi sekarang banyak restoran cepat saji yang buka 24 jam, semakin banyak juga orang yang memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji.

Tapi jika berbicara kesehatan, makanan cepat saji sebenarnya bukanlah makanan yang sehat. Kalau hanya sesekali makan sih silahkan, tapi kalau terlalu sering ini yang bisa berbahaya. Bertambahnya berat badan dan kolesterol mungkin kalian sudah sering dengar. Tapi makan makanan cepat saji secara rutin juga bisa membuat seseorang menjadi lebih tua dari usianya.

3. Kurang Tidur

lack sleep

Meski sudah sering mendengar quote yang mengatakan bahwa jangan korbankan kesehatan dengan melakukan begadang, faktanya masih banyak orang yang tetap terjaga bukan cuma sampai larut malam tapi juga sampai pagi. Akibatnya, kurang tidur membuat seseorang menjadi lelah, tak bertenaga, dan mood pun jadi rusak.

Apabila kebiasaan buruk ini terus dilanjutkan, efek jangka panjangnya bisa membuat kulit seseorang menjadi bermasalah. Ketika tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel yang rusak dengan yang baru. Jika seseorang begadang, maka tubuh tidak bisa melakukan regenerasi. Perlu diingat bahwa kolagen yang membuat kulit halus, kencang, dan awet muda hanya bisa diproduksi ketika seseorang tidur atau istirahat.

2. Soda

soda

Meski menyegarkan, minuman soda tidak bisa menggantikan yang namanya air putih. Minuman yang mengandung soda hanya bisa menyenangkan lidah namun tidak bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Belum lagi ditambah dengan kandungan gulanya yang tinggi. Meski sudah diberi label zero sugar, tidak menjamin minuman soda tersebut benar-benar tidak mengandung gula.

Karena minuman soda tidak memiliki nutrisi apapun dan hanya mengandung gula, minuman ini tidak direkomendasi untuk sering diminum. Beberapa efek terlalu banyak minum soda seperti menambah berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan juga efek tua. Produk diet soda? Produk tersebut juga tak jauh berbeda buruknya untuk kesehatan sama seperti zero sugar.

1. Merokok

smoking

Meski di setiap bungkus rokok sudah ditulis dampak buruk merokok dan ditambah dengan foto mengerikan dari mereka yang kesehatannya terganggu akibat merokok, tetap saja ada banyak orang yang tetap melanjutkan merokok. Kalau saja efek rokok langsung terasa dalam waktu cepat mungkin saja para perokok ini bisa bertobat.

Dari sekian banyak masalah kesehatan yang bisa diberikan oleh rokok, salah satunya adalah masalah dengan kulit. Para perokok memiliki kulit yang lebih hitam dan kusam. Ini dikarenakan rokok mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit tidak hanya berubah menjadi kusam dan juga merusak elastisitasnya. Mau perokok aktif dan pasif akan merasakan dampak kesehatannya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas