home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Mengandung Vitamin D
20 September 2021 00:40

10 Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 28, 2021

Semua orang butuh yang namanya vitamin D. Vitamin D berfungsi bukan cuma menjaga kesehatan tulang tapi juga mengatur kadar kalsium, mengatasi sejumlah penyakit serius, menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot. Yang banyak orang tahu adalah sumber vitamin D alami yang bagus adalah dari sinar matahari. Selain dari sinar matahari, kita masih bisa mendapatkan vitamin D dari sejumlah makanan. Daripada langsung meminum suplemen, lebih baik mencari cara yang lebih alami dan sehat yakni dengan mengkonsumsi makanan berikut ini.

10. Cereal dan Oatmeal

Cereal and Oatmeal

Banyak orang lupa dengan sarapan karena terlalu sibuk. Sibuk untuk segera beraktivitas ke kantor atau juga sekolah. Apalagi kalau sudah kesiangan, harus membuat makanan untuk sarapan jelas akan semakin membuat semakin telat jalan. Beruntungnya sekarang sudah ada makanan yang bisa disajikan dengan cepat untuk sarapan. Makanan itu adalah cereal dan oatmeal.

Kedua makanan ini sangat perlu kalian konsumsi untuk mengisi energi yang nantinya dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Perut terisi, kebutuhan vitamin D juga bisa kalian dapat. Sekitar setengah cup (78 gram) dari cereal dan oatmeal sudah mencukupi kebutuhan vitamin D per hari sebesar 17%. Kalian bisa menambahkan beberapa makanan lain seperti telur, susu, dan buah agar nutrisi yang didapat semakin banyak.

9. Yogurt

yogurt

Susu adalah sumber vitamin D dan kalsium yang sangat bagus untuk tubuh. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi susu karena masalah laktosa. Mereka yang memiliki masalah laktosa jelas tidak bisa mengkonsumsi susu secara langsung, mereka ini bisa memilih untuk mendapatkan vitamin D dari makanan yang merupakan olahan dari susu seperti yogurt.

Yogurt sangat populer karena rasanya yang enak, bernutrisi tinggi, dan tentunya sehat. Mencari yogurt juga tidaklah sesulit yang dibayangkan. Selain bisa ditemukan di pasar dan supermarket besar, sekarang ini sudah banyak kafe dan restoran yang menyajikan yogurt dalam menu mereka. Disarankan berhati-hati dalam mengkonsumsi yogurt terutama yang olahan pabrik karena biasanya yogurt ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

8. Jeruk

orange

Buah-buahan juga mengandung banyak vitamin. Berbeda buah, berbeda juga kandungan vitaminnya. Seperti wortel yang tinggi vitamin A yang bagus untuk mata. Kalau kalian mencari buah-buahan yang tinggi akan vitamin D bisa menemukannya pada buah jeruk. Jika tidak bisa menemukan buah jeruk mungkin bisa mencari jus jeruk.

Satu cup jeruk (237 ml) bisa memenuhi kebutuhan vitamin D per hari sebanyak 12%. Karena ini buah, kalian bisa mengkonsumsi jeruk kapan saja yang kalian bisa. Mau konsumsi pagi, siang, malam, dan menjadikannya sebagai snack, pilihlah mana yang sekiranya sesuai dengan selera. Selain vitamin D, kalian juga bisa memperoleh kalsium dari jeruk.

7. Susu Kacang Kedelai

soy milk

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat susu. Jika kalian mencari yang tinggi akan vitamin D, coba alihkan pandangan ke yang namanya susu kacang kedelai. Memang benar bahwa susu yang paling umum adalah susu sapi, tapi susu kacang kedelai jika tak kalah bagus dengan susu sapi perihal kandungan gizinya.

Perlu diingat bahwa vitamin D bisa didapat dari hewan dan juga tumbuhan. Mereka yang memiliki masalah laktosa dan orang yang vegetarian, bisa mencari sumber vitamin D dari bahan tumbuhan seperti kacang kedelai ini. Dalam 237 ml susu kacang kedelai bisa memenuhi kebutuhan vitamin D per hari sekitar 13-15%.

6. Susu Sapi

cow milk

Sumber vitamin D lain yang juga bisa kalian konsumsi adalah susu, terutama susu sapi. Tentu tidak sulit untuk mencari susu sapi karena tersedia di pasar juga supermarket. Susu yang diambil dari sapi ini ada banyak jenis dan rasa. Kalian jadi lebih dimudahkan untuk memilih susu sapi yang mana tergantung rasa yang disuka.

Selain vitamin D, susu sapi juga memiliki kandungan nutrisi yang lain seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin. Untuk yang penasaran dengan nilai gizinya, sekitar 237 ml susu sapi bisa mencukupi 15-22% kebutuhan vitamin D per hari. Bagi mereka yang memiliki masalah laktosa mungkin bisa mengalihkan pilihan dari susu sapi ke makanan lain yang lebih aman.

5. Jamur

mushrooms

Siapa disini yang tidak suka dengan yang namanya jamur? Jika kalian tidak suka dengan jamur, sangat disayangkan sekali bagi kalian karena kalian telah menghilangkan salah satu makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi. Mayoritas jamur yang aman untuk dikonsumsi, memiliki kandungan vitamin D yang tinggi.

Kalian sebut saja jenis jamur yang diketahui, sebutlah jamur shiitake, tiram, kancing, merang, kuping, dan yang terkenal akan harganya yang mahal adalah truffle. Kalian bisa memilih jenis jamur mana yang mau kalian makan. Jamur memiliki vitamin D2 yang tinggi sedangkan hewan vitamin D3. Dilihat dari manfaatnya, keduanya sama-sama dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

4. Telur

eggs

Karena di zaman sekarang vitamin D itu sangat penting untuk membuat daya tahan tubuh lebih kuat, maka penting sekali untuk mencari cara agar bisa mendapatkan supply vitamin D. Salah satu caranya adalah dengan memilih makanan yang tepat. Untuk makanan yang mengandung vitamin D tinggi, jawabannya adalah telur.

Telur meskipun kecil, makanan satu ini memiliki nutrisi yang tinggi dan efeknya bagus untuk kesehatan. Konsumsi telur secara keseluruhan baik putih dan kuningnya. Putih telur mengandung lemak sehat dan vitamin. Sedangkan kuning telur mengandung mineral yang tinggi. Untuk cara pengolahannya seharusnya semua orang sudah tahu mengingat telur bukanlah makanan yang asing.

3. Herring dan Sardin

Herring and sardines

Jika mencari sumber vitamin D yang tinggi, kalian bisa menemukannya pada ikan. Tapi jenis ikan apa yang direkomendasi untuk dikonsumsi? Apalagi mengingat jenis ikan ada banyak. Dari sekian banyak jenis ikan, kalian bisa memilih baik itu ikan herring dan juga sardin. Kedua ikan ini sangat tinggi kandungan vitamin D nya.

Herring merupakan ikan yang ada di hampir seluruh negara di dunia. Ikan ini sangat direkomendasi mengingat bisa disajikan secara mentah, kaleng, smoke, dan pickle. Bahkan ikan herring ukuran kecil memiiki kandungan vitamin D sekitar 100 gram serving per 3,5 ounce. Sardin pun juga tak kalah bila dibandingkan dengan herring. Jadi jika kalian tidak bisa menemukan herring, bisa mengalihkan pilihan pada sardin.

2. Tuna

tuna

Ikan selanjut yang juga kaya akan vitamin D adalah ikan tuna. Ikan ini seharusnya sudah bukan ikan yang asing lagi di telinga. Apalagi mengingat ikan ini sangat sering disajikan sebagai sushi. Setiap kali kalian makan sushi pasti ada menemukan pilihan ikan tuna. Selain bermanfaat, rasanya juga sangat enak.

Tuna sangat direkomendasi karena rasanya enak, mudah diolah, dan penyimpanannya yang tidak sulit. Kalian bisa menggunakan ikan tuna yang segar atau juga membeli yang kaleng. Untuk berat sekitar 3,5 ounce atau sekitar 100 gram, kalian sudah mencukupi kebutuhan vitamin D dalam sehari sekitar 34%.

1. Salmon

salmon

Sudah disebutkan di atas bahwa sumber vitamin D yang sangat bagus adalah ikan. Karena jenis ikan yang ada banyak membuat orang bingung mau memilih ikan jenis apa. Jika sudah disebutkan ikan jenis herring, sardin, dan tuna, sekarang adalah giliran salmon. Tentu kalian semua sudah sangat familiar dengan ikan salmon bukan.

Salmon sangat mudah ditemukan dimana saja dan memiliki rasa yang lezat. Ikan salmon sangat bisa untuk kalian konsumsi apabila menginginkan vitamin D. Cara pengolahannya juga bisa kalian temukan dimana saja. Kalau tidak mau repot, kalian bisa makan di restoran bertemakan Japanese cuisine karena makanan Jepang sangat sering menggunakan ikan salmon. Yang paling umum adalah sushi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas