home -> Lifestyle -> 10 Dampak Negatif Kurang Tidur
19 September 2021 23:48

10 Dampak Negatif Kurang Tidur

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 27, 2021

Istirahat atau tidur sangat penting untuk dicukupi. Untuk anak-anak, minimal jam tidur yang dibutuhkan adalah 9-10 jam. Untuk orang dewasa sekitar 7-8 jam. Apabila kebutuhan akan tidur ini tidak tercukupi, akan ada banyak dampak buruk yang bisa muncul pada tubuh. Mulai dari mood yang rusak sampai bisa kematian bisa terjadi pada seseorang yang mengalami kurang tidur atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan sleep deprivation. Setelah melihat beberapa dampak negatif dari tidur berikut ini, masih yakin mau begadang hingga pagi?

10. Penyakit Jantung

jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang harus dijaga. Jantung inilah yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung ini mengalami masalah, maka penyaluran darah akan terganggu dan semua sistem di tubuh akan ikut mengalami gangguan. Makanya perlu melakukan kebiasaan sehat untuk menjaga kesehatan jantung.

Sayangnya, ketimbang melakukan kebiasaan sehat, orang-orang malah melakukan kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada jantung. Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah begadang. Kurang tidur bisa mengakibatkan naiknnya tekanan darah dan inflamasi. Dua hal ini adalah 2 faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

9. Diabetes

diabetes

Jika sudah waktunya malam, sudah semestinya seseorang untuk tidur. Kurangnya tidur dengan berbagai macam alasan malah akan membuat tubuh mengalami perubahan. Mulai dari yang sederhana yaitu naiknya berat badan. Ditambah dengan kebiasaan yang malas olahraga, kondisi bisa bertambah parah dengan mengalami yang namanya diabetes.

Ketika seseorang memutuskan untuk tetap terjaga hingga pagi, maka tubuh membutuhkan ekstra tenaga. Ekstra tenaga ini diperoleh dengan makan. Dan biasanya kalau sudah malam, makanan yang dikonsumsi biasanya makanan yang manis ditambah dengan kafein. Ini bisa membuat berat badan melonjak naik. Semakin diteruskan, jangan heran apabila orang tersebut mengalami kenaikan gula di dalam darahnya.

8. Kemampuan Berpikir Turun

kemampuan berpikir turun

Kemampuan berpikir seseorang bisa dipengaruhi juga dari cukup atau tidaknya mereka mendapatkan istirahat. Apabila mereka mendapatkan istirahat yang cukup, mereka bisa berpikir dengan baik dan mengambil keputusan dengan tepat. Bagi mereka yang kurang istirahat, jangan berharap hal tersebut bisa terjadi.

Mereka yang kurang tidur pasti akan mengalami gangguan berpikir. Tidur itu berarti semua organ di tubuh kita istirahat. Jantung, hati, pencernaan, bahkan otak juga ikut istirahat. Kalau kebutuhan istirahat ini tidak tercukupi, otak akan mengalami gangguan yang membuat seseorang jadi sulit berpikir. Pengambilan keputusan juga akan terganggu karena otak kurang istirahat.

7. Mood Berubah

mood changed

Efek kurang tidur selanjutnya adalah perubahaan mood. Padahal mood yang berubah menjadi tak stabil ini adalah hal yang berbahaya, tapi tetap saja orang menganggap remeh dan tetap begadang. Alasan begadang juga beraneka macam, ada yang karena hal tidak penting seperti main game dan sosial media, ada juga yang karena faktor pekerjaan.

Perubahan mood jelas akan mengganggu hubungan sosialisasi seseorang. Orang yang tidak tahu apa-apa bisa menjadi sasaran karena mood kita jelek. Otomatis ini bisa membuat hubungan pertemanan atau asmara menjadi rusak. Ditambah lagi dengan bisa meningkatnya tingkat anxiety dan depresi seseorang karena kurang tidur.

6. Kematian

dead

Jangan pernah anggap remeh efek kurang tidur. Efek kurang tidur seperti pusing, capek, sulit fokus, mood berubah, mungkin itu semua masih dianggap sebagai efek yang ringan sehingga kurang tidur beberapa hari dianggap biasa. Tapi perlu kalian ketahui bahwa kurang tidur juga bisa berdampak pada umur pendek.

Di sebuah studi berjudul Whitehall II Study, sejumlah peneliti asal British mengamati efek negatif dari kurang tidur. Sebanyak 10.000 partisipan mengikuti percobaan ini selama lebih dari 2 dekade. Hasilnya dirilis di tahun 2007 dimana mereka yang kurang tidur memiliki kenaikan resiko mati karena masalah kardiovaskular.

5. Imun Tubuh Turun

imun turun

Imun tubuh sangat berpengaruh pada kemampuan seseorang bertahan dari serangan penyakit. Semakin kuat imun tubuh seseorang, maka akan semakin sulit orang tersebut terserang penyakit entah itu dari bakteri atau virus. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga imun tubuh atau daya tahan tubuh kita ini.

Semudah jangan begadang hingga larut malam bisa menjaga imun tubuh kita. Kalau seseorang kurang tidur, maka imun tubuh akan turun. Ini membuat seseorang jadi rentan diserang bakteri dan virus sumber penyakit. Penyakit seperti flu dan common cold akan mudah menyerang. Di masa seperti sekarang, lebih baik mulai jaga diri dan lakukan hal-hal yang bisa meningkatkan imun tubuh, bukan malah merusaknya.

4. Cepat Tua

tua

Kalian termasuk orang yang ingin terlihat awet muda atau tua? Jika pertanyaan ini diberikan, tentu banyak orang yang lebih memilih untuk terlihat awet muda karena terlihat tua bukanlah hal yang menarik. Jika tidak ingin terlihat lebih tua dari usianya, maka penting bagi kita untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Kurang tidur salah satu efeknya adalah membuat penampilan seseorang menjadi lebih tua dari usianya. Mata muncul lingkar hitam, kulit jadi kusam, dan terlihat lebih tua adalah akibat dari kurang tidur. Tidur membuat tubuh bisa melakukan regenerasi terhadap sel-sel yang telah rusak. Jika tidur kurang, maka tubuh tidak mendapatkan waktu untuk mengembalikan dan memulihkan sel-sel tubuh yang rusak tersebut.

3. Kesuburan Turun

fertility

Mereka yang sudah menikah tentunya ada keinginan untuk memiliki keturunan atau anak. Dengan kehadiran anak maka semakin lengkaplah sebuah keluarga, begitulah anggapan bagi beberapa pasangan. Bisa atau tidaknya punya anak itu ditentukan dari tingkat kesuburan dari kedua belah pihak. Jika salah satu memiliki masalah dengan fertilitasnya, tentu akan semakin sulit untuk punya anak.

Salah satu sebab seseorang bisa mengalami masalah dengan fertilitasnya adalah karena kurangnya jam tidur. Seseorang yang tidak cukup tidur maka tubuhnya akan mengalami masalah dengan hormon reproduksinya. Hormon reproduksi ini yang memiliki peran dalam menentukan nafsu seks seseorang dan tingkat kesuburannya.

2. Nafsu Seks Turun

nafsu seks turun

Seks menjadi salah satu kebutuhan yang juga dibutuhkan oleh manusia. Terlalu tinggi atau terlalu nafsu seks seseorang menjadi penanda bahwa ada masalah terhadap orang tersebut. Apabila kalian yang semula memiliki nafsu seks normal lalu tiba-tiba turun, mungkin ini bisa disebabkan dari kebiasaan kalian begadang.

Kurang tidur ini ternyata bisa berdampak pada tingkat nafsu seks seseorang. Mereka yang kurang tidur, tubuhnya akan mengalami penurunan performa karena energinya belum pulih sepenuhnya. Seks itu membutuhkan tenaga, apabila istirahat tidak tercukupi, maka energinya pasti akan kurang, dan lemas. Untuk beraktivitas biasa saja sudah tak bersemangat, seks pun juga tidak.

1. Kelelahan

kelelahan

Hal yang paling pasti akan dirasakan oleh mereka yang kurang tidur adalah kecapekan atau kelelahan. Tidur jika sudah lelah maka harus istirahat. Di masa istirahat inilah tubuh akan melakukan recharge kembali energi yang sudah habis terpakai untuk beraktivitas. Ketika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka energi tersebut tidak bisa kembali.

Inilah yang membuat kenapa banyak orang yang kurang tidur terlihat capek dan sering menguap. Mau mengganti jam tidur di siang hari juga percuma karena tubuh kita sudah dirancang untuk tidur dan melakukan regenerasi di saat malam. Makanya meski sudah tidur siang berjam-jam, tubuh masih merasakan capek akibat terjaga di malam hari. Kalau kalian kemana-mana mengemudikan kendaraan sendiri tanpa supir, berkendara dalam keadaan capek seperti ini meningkatkan resiko kecelakaan dan juga kematian.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas