home -> Unik -> 10 Fakta Unik Tentang Hewan Tardigrade
16 Oktober 2021 19:59

10 Fakta Unik Tentang Hewan Tardigrade

Oleh serba_tahu dalam Unik pada July 26, 2021

Ukurannya boleh sangat kecil, tapi hewan yang bernama tardigrade atau beruang air ini sangat sulit untuk mati. Hewan berukuran mikroskopik ini hampir bisa selamat di dalam kondisi apa saja. Bahkan dibiarkan di luar angkasa yang tidak ada oksigen, tardigrade masih bisa bertahan hidup. Tardigrade juga bisa ditemukan hampir di semua perairan di Bumi. Penasaran tentang hewan abadi satu ini? Berikut sejumlah fakta unik yang TahuPedia rangkum untuk kalian.

10. Berukuran Sangat Kecil

ukuran

Tardigrade bukanlah hewan yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Ukuran mereka sangat kecil sehingga membutuhkan alat bantu seperti mikroskok untuk bisa melihat mereka. Kalau bisa dilihat dengan mata telanjang, orang-orang pastinya akan enggan untuk masuk ke dalam area yang berair mengingat tardigrade bisa ditemukan di hampir seluruh area perairan.

Ukuran tardigrade hanya sekitar 0,5 mm. Bukanlah ukuran yang bisa dilihat oleh manusia normal. Memang ada beberapa tardigrade yang berukuran agak besar tapi tetap tidak mencapai 2 mm. Mungkin dengan ukuran sebesar itu, ada beberapa orang yang bisa melihatnya. Tapi tetap saja sulit untuk melihat hewan kecil transparan di dalam air.

9. Dapat Hidup Dimana Saja

hidup dimana saja

Fakta menarik tentang tardigrade adalah kemampuannya dalam hal bertahan hidup. Inilah yang membuat banyak orang termasuk peneliti kagum dengan tardigrade. Tardigrade benar-benar hewan yang susah mati. Segala macam usaha untuk membuatnya mati, semua berakhir dengan kegagalan. Mau ditempatkan dimana saja, tardigrade tetap hidup.

Habitat asli tardigrade adalah di air. Dengan informasi tersebut, beberapa percobaan dilakukan untuk mengetes seberapa tahan tardigrade bertahan hidup. Ditempatkan di tempat seperti apapun, tardigrade nyatanya bisa bertahan hidup. Tidak cuma di tempat yang ekstrim, tempat yang tidak memiliki air dan udara seperti di luar angkasa juga tak bisa membunuhnya.

8. Makanan Yang Dimakan

makanan

Yang namanya makhluk hidup pastinya membutuhkan makanan. Dengan makanan inilah mereka bisa mendapatkan energi dan bertahan hidup. Bahkan hewan sekecil tardigrade butuh makanan untuk menjaga kelangsungan hidup mereka. Tapi apa yang kira-kira menjadi makanan tardigrade? Apalagi mengingat ukuran tubuhnya yang kecil.

Karena tardigrade memiliki ukuran yang kecil, maka yang ia makan adalah hal-hal yang memiliki ukuran sama atau lebih kecil dari ukuran tubuhnya. Makanan utama dari tardigrade berupa bakteri dan tanaman air. Tidak menutup kemungkinan tardigrade akan memakan sesama tardigrade. Membuatnya menjadi hewan kanibal. Tardigrade akan memakan sel dari korbannya dan menghisap nutrisinya sampai habis.

7. Dapat Bertahan Hidup Tanpa Air

hidup tanpa air

Jika manusia kehilangan cairan tubuhnya, maka manusia akan memasuki tahap dehidrasi. Bila diteruskan, manusia bisa saja meninggal dunia. Tardigrade diketahui memiliki tubuh yang sebagian besar terdiri dari cairan. Berbeda dengan manusia yang bisa mati karena kekurangan cairan, tardigrade tidak bisa mati.

Apabila tardigrade mengalami dehidrasi dan cairan di dalam tubuhnya berkurang hingga 99%, mereka tetap bisa bertahan hidup. Bukannya mati, tardigrade malah memasuki masa dimana mereka akan menurunkan metabolisme tubuh mereka hingga 0,01. Cukup untuk membuat mereka memasuki masa seperti hibernasi. Jika cairan di tubuhnya sudah kembali, barulah tardigrade aktif seperti normal.

6. Dapat Bertahan Dalam Tekanan Tinggi

tekanan tinggi

Kemampuan bertahan hidup dari tardigrade sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Meski hewan ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, mereka sangatlah adaptif. Tardigrade dapat bertahan hidup hampir di semua tempat. Mau dilakukan percobaan seperti apapun untuk membuatnya mati, hewan ini tetap bisa bertahan hidup.

Salah satu kemampuan hebat dari tardigrade adalah mereka bisa bertahan meski mendapatkan tekanan yang luar biasa kuat. Laut memiliki tekanan yang sangat kuat bukan? Bahkan manusia memerlukan alat khusus untuk bisa menjelajahi dasar laut yang dalam. Tardigrade bisa bertahan hingga 6 kali tekanan laut tanpa bantuan apapun.

5. Hewan Pertama Yang Dapat Bertahan Hidup Di Luar Angkasa

hewan pertama di luar angkasa

Memang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tardigrade bisa hidup dimana saja. Inilah yang membuat orang kagum dengan kemampuan tardigrade dalam bertahan hidup. Tapi sejauh mana tardigrade bisa bertahan hidup. Memang benar di Bumi hampir tidak ada yang bisa membuat tardigrade mati, tapi bagaimana jika di luar angkasa?

Jika kalian berharap tardigrade bisa mati bila dibuang ke luar angkasa, maka kalian salah. Di tahun 2007 sudah pernah dilakukan percobaan dengan membuang tardigrade ke luar angkasa. Sebelum itu, tardigrade sudah lebih dahulu memasuki masa dehidrasi. Tekanan yang luar biasa kuat dan tidak adanya udara di luar angkasa tetap tak bisa membuat tardigrade benar-benar mati.

4. Bisa Bertahan Dari Radiasi

radiation

Kemampuan bertahan hidup tardigrade memang sangat luar biasa. Inilah yang membuatnya menjadi hewan yang berumur panjang atau bahkan abadi. Segala upaya untuk membunuhnya, semua gagal. Suhu ekstrim, dibuang di luar angkasa, diberi tekanan kuat, itu semua tidak memiliki efek apa-apa terhadap tardigrade.

Ada percobaan dimana tardigrade diberi paparan radiasi yang kuat. Bila radiasi ini diberikan ke makhluk hidup lain, sudah dipastikan makhluk hidup tersebut kalau tidak mengalami gangguan kesehatan atau mati. Tardigrade diketahui mampu bertahan hidup dari 1.000 kali kekuatan  radiasi yang dapat membunuh manusia.

3. Tahan Terhadap Perubahan Suhu Ekstrim

extreme temperature

Satu lagi fakta menarik mengenai tardigrade, kali ini faktanya berkaitan dengan kemampuan tardigrade dalam hal bertahan hidup. Memang tardigrade merupakan hewan yang sulit untuk dimatikan. Mau ditaruh di luar angkasa, diberi tekanan luar biasa, hingga diberi radiasi tinggi, ia masih bisa bertahan hidup.

Jika ada yang masih penasaran seberapa kuat tardigrade, hewan kecil ini bisa bertahan dalam perubahan suhu yang sangat ekstrim. Mau dipanaskan atau didinginkan, tardigrade tetap akan hidup. Tardigrade pernah didinginkan hingga suhu -2720 Celcius dan dipanaskan hingga 1500 Celcius, masih tetap hidup. Padahal makhluk hidup lain tak ada yang bisa bertahan hidup di suhu yang sedingin dan sepanas itu.

2. Sangat Tua

usia

Dengan kemampuan bertahan hidupnya yang luar biasa, yang menjadi pertanyaan berikutnya tentu saja adalah usia. Kira-kira berapa usia dari tardigrade ini? Ternyata setelah dilakukan penelitian, tardigrade memiliki usia yang sangat tua. Saking tuanya, tardigrade bahkan diperkirakan memiliki usia yang lebih tua dari dinosaurus.

Tardigrade diperkirakan sudah berumur setidaknya setengah miliar tahun. Dengan usia selama itu, mereka diketahui sudah selamat setidaknya 5 momen kepunahan massal. Apabila mengingat kemampuan bertahan hidup tardigrade, sepertinya memang benar bahwa hewan satu ini memang sudah berada di Bumi ini dalam jangka waktu yang sangat lama.

1. Reproduksi

reproduction

Hewan seunik tardigrade tentunya memiliki kemampuan reproduksi yang unik juga. Tardigrade diketahui bisa berkembang biak dengan cara seksual dan aseksual. Dengan cara seksual, tardigrade jantan akan mencari tardigrade betina untuk berkembang biak. Si jantan nantinya akan meletakkan sperma di dalam kutikula betina yang sedang berganti kulit dan membawa telur selama proses kawin selama satu jam. Beberapa betina akan melepaskan kutikula dan kemudian bertelur di dalamnya yang nantinya akan dibuahi kemudian oleh jantan.

Dengan cara aseksual, beberapa tardigrade ada yang berkelamin dua atau yang biasa disebut dengan hermaprodit. Jadi, tardigrade yang hermaprodit ini dapat membuahi diri mereka sendiri dan bertelur. Telur tardigrade membutuhkan waktu hingga 40 hari untuk menetas. Paling lama 90 hari apabila mereka berada dalam kondisi kering.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas