home -> Lainnya -> 10 Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat
19 September 2021 23:08

10 Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 23, 2021

Lupa adalah hal yang wajar terjadi pada siapa saja. Tentu saja lupa akan sesuatu akan menjadi sangat mengganggu apalagi jika lupa akan suatu hal yang penting. Untuk mengatasi masalah daya ingat ini, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Ada 10 cara mudah untuk meningkatkan daya ingat otak bagi kalian yang mudah sekali lupa. Penasaran bagaimana caranya? Inilah dia caranya.

10. Bermain Game Asah Otak

playing games

Anggapan bermain vidoe game hanya buang-buang waktu dan tidak berguna sekarang sudah tida relevan lagi. Ada banyak orang yang justru bisa menjadi sukses dengan bermain video game. Sebut saja salah satu contohnya yakni Felix Arvid Ulf Kjellberg atau PewDiePie. Dia adalah streamer game yang memanfaatkan platform YouTube untuk membagikan video bermain game.

Selain itu, video game juga bisa berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir seseorang. Video game terdiri dari berbagai macam kategori. Dengan memilih kategori yang tepat, maka kemampuan berpikir seseorang bisa bertambah dengan bermain video game tersebut. Game yang dapat mengasah otak seperti sudoku, catur, scrambler word, bisa dijadikan contoh.

9. Mencatat

mencatat

Lupa adalah masalah yang bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya orang tua, mereka yang masih muda juga bisa saja mengalami yang namanya lupa. Lupa secara terus menerus tentu akan sangat mengganggu aktivitas. Aktivitas yang seharusnya dilakukan tanpa gangguan malah harus terhambat karena ada hal yang terlupa.

Untuk mengatasi masalah lupa ini ada satu tips yang bisa dilakukan. Tips tersebut adalah mencatat. Mencatat adalah tips paling mudah yang bisa kalian lakukan. Tentu diperlukan buku catatan atau handphone untuk mencatat hal yang diperlukan. Apabila lupa, tinggal melihat buku catatan atau note yang sudah disiapkan di handphone.

8. Melawan Kebiasaan

melawan kebiasaan

Tentu bukan perkara yang mudah untuk keluar dari hal yang sudah menjadi kebiasaan. Tapi jika kalian memiliki masalah dengan daya ingat, cobalah sesekali untuk melakukan sesuatu yang bukan menjadi kebiasaan kalian. Cara ini sangat efektif untuk melatih daya ingat kalian. Jika berhasil, maka kemungkinan kalian akan mengalami lupa akan semakin kecil.

Mulai dari hal yang simpel seperti meletakan kunci. Jika biasanya kalian menyimpan kunci di kantong sebelah kanan, mulailah bergeser dengan menyimpannya di kantong sebelah kiri. Di awal memang hal ini akan terasa aneh. Tapi jika kalian sudah mulai terbiasa, maka hal tersebut akan berubah menjadi kebiasaan. Dan jika sudah terbiasa, lakukan hal yang diluar kebisaan untuk melatih otak.

7. Rutinitas

routines

Permasalah yang terjadi pada orang yang pelupa adalah karena dirinya tidak membuat hal yang biasa ia lakukan menjadi sebuah kebiasaan. Ketika melakukan sesuatu, orang tersebut cenderung cepat lupa. Untuk mengakali hal tersebut bisa dengan mengubah kebiasaan. Coba usahakan untuk melakukan sesuatu dan jadikan sebagai sebuah kebiasaan.

Apa yang sering kalian lupa? Misalnya kalian lupa meletakkan kacamata. Coba untuk menetapkan satu tempat sebagai tempat untuk menaruh kacamata kalian. Jika sudah menetapkan satu tempat, maka konsisten letakkan kacamata di tempat tersebut. Ini juga berlaku dengan hal lain. Letakkan hal penting lain di tempat yang mudah kalian lihat agar tidak kelupaan.

6. Olahraga

olahraga

Percaya atau tidak, olahraga yang cukup ternyata bisa berguna untuk menambah kemampuan berpikir seseorang. Dengan mengetahui fakta ini, tentu orang yang memiliki masalah dalam mengingat akan semakin rutin melakukan olahraga. Tidak hanya tubuh sehat, imun tubuh meningkat, otak pun semakin cemerlang.

Olahraga yang musti dilakukan juga tidak harus satu jenis olahraga saja. Ada banyak jenis olahraga, kalian bebas memilih olahraga apa yang dirasa mungkin untuk dilakukan. Mau marathon, sepeda, angkat beban, atau sepakbola, bebas dipilih. Pastikan saja olahraga yang dilakukan tidak berlebihan agar tidak mengalami cidera atau sakit.

5. Cukup Istirahat

sleep

Mesin atau komputer jika dipakai secara terus menerus pastinya akan mengalami yang namanya overheat atau overuse. Jika sudah memasuki tahap overheat, kinerja mesin atau komputer akan menurun, tidak bisa melakukan hal yang biasanya dilakukan. Tubuh manusia juga sama seperti mesin, bisa mengalami kelelahan.

Jika sudah kelelahan, bukan hanya tubuh yang terasa capek tapi pikiran juga. Tubuh manusia dan otak perlu yang namanya istirahat. Dengan istirahat, tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengisi kembali energi yang sudah terbuang. Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Kalau tidak ada alasan untuk bergadang, jangan lakukan hal tersebut.

4. Berikan Perhatian Lebih Pada Hal Yang Sulit Dimengerti

perhatian lebih

Otak setiap orang memiliki kemampuan berpikir dan menyimpan yang berbeda-beda. Ada yang mudah mengerti tentang suatu hal, ada juga yang perlu waktu lebih untuk belajar. Apa kalian termasuk orang yang sulit mengerti akan suatu hal dan mudah lupa? Coba untuk berikan perhatian lebih pada hal yang kalian anggap sulit.

Untuk hal-hal yang kalian anggap sulit, persiapkan waktu dan memori kalian untuk mempelajari hal tersebut. Dengan melakukan ini, kalian jadi punya waktu untuk mempelajari hal lain yang lebih mudah. Kalau hal yang mudah dikerjakan lebih dahulu, maka otak akan keburu lelah dan sulit untuk diajak berpikir hal yang sulit.

3. Menghubungkan Informasi Baru Dengan Hal Yang Sudah Diketahui

menghubungkan informasi

Bukan hal yang aneh apabila kita melupakan hal yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya. Hal tersebut bisa lupa karena kita sedang menerima informasi baru. Karena otak hanya akan menyimpan hal-hal yang dianggap penting, maka hal lain yang dianggap tidak penting dan tidak digunakan, akan dibuang atau dilupakan begitu saja.

Agar hal ini tidak terjadi, ada satu tips yang bisa dilakukan. Cobalah kalian mencari hubungan antara informasi dengan hal yang sudah pernah diketahui sebelumnya. Dengan melakukan hal ini, informasi yang baru didapat bisa disimpan di memori tanpa harus melupakan hal yang sudah dipelajari sebelumnya. Bisa dibantu dengan mencatat di kertas atau buku catatan kalau memang diperlukan.

2. Hindari Belajar Dalam Waktu Singkat

belajar

Memori jangka pendek memang sangat berguna kita sedang menjalani sebuah ujian di sekolah. Belajar beberapa materi pelajaran dalam waktu singkat lalu menuangkan semuanya saat ujian. Tapi kelemahannya ketika ujian selesai, semua materi tersebut cenderung dilupakan dalam waktu sekejap. Ini bukanlah metode yang baik mengingat bisa saja nanti ada ujian berikutnya yang menggunakan materi yang sama.

Agar melatih daya ingat, jangan belajar banyak hal dalam waktu yang singkat. Belajar sedikit-sedikit dalam waktu yang reguler. Meski hanya sedikit, namun karena dilakukan secara rutin, materi yang banyak tersebut bisa tersimpan di otak dengan lebih baik dan dalam durasi yang lebih panjang. Belajar sekaligus banyak dalam waktu singkat juga meperbesar kemungkinan stres.

1. Fokus Dengan Yang Jadi Perhatian

fokus

Untuk melatih daya ingat otak bisa dengan cara fokus. Fokus yang dimaksud disini adalah fokus dengan apa yang menjadi perhatian. Hal ini sangat berguna apabila sedang menghadapi hal yang penting. Contohnya ujian semester atau hendak meeting dengan client. Usahakan fokus pada apa yang ingin dikerjakan.

Hal-hal yang sekirangnya tidak penting, lebih baik disingkirkan. Fokus dengan hal yang berkaitan atau hal yang penting saja. Ini bisa membantu otak untuk mencari dan mencerna informasi lebih fokus. Kalau tidak bisa multitasking dengan mendengarkan musik, cari tempat yang sunyi dan tanpa gangguan agar bisa membantu lebih fokus.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas