home -> Lifestyle -> 10 Tips Menyingkirkan Kulit Kapalan
20 September 2021 09:45

10 Tips Menyingkirkan Kulit Kapalan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 16, 2021

Di antara kalian pasti ada di bagian entah itu di kaki atau tangan yang agak menebal dan mengeras. Bagian yang menebal dan mengeras ini disebut dengan kapalan. Kapalan ini terasa kering dan memiliki warna yang berbeda dengan kulit lainnya. Biasanya kapalan bisa terjadi karena di bagian tersebut mendapatkan tekanan atau gesekan yang berlebihan. Jadi, bagian tersebut akan memperkuat jaringan yang mengelami gesekan dan tekanan berlebih. Ini adalah reaksi normal dari tubuh. Namun jelas saja keberadaan kapalan tidaklah nyaman dan juga tidak enak untuk dilihat. Namun kalian tenang saja, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengusir kulit kapalan. Ini dia tipsnya.

10. Minyak Jarak

castor oil

Minyak ada begitu banyak jenis tergantung dari bahan pembuatnnya. Minyak jarak adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak. Nama lain dari minyak jarak adalah castrol oil. Minyak jarak ini bisa digunakan untuk mengobati sembelit, mengobati jerawat, membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat, dan mengatasi kapalan.

Di saat malam hari, oleskan minyak jarak di bagian kapalan yang mengganggu sebelum tidur. Setelah dioleskan minyak jarak, tutup dengan kaos kaki atau sarung tangan. Ulangi hal ini selama beberapa minggu. Minyak jarak efektif untuk membuat kulit kapalan menjadi lebih empuk dan menghaluskan kulit.

9. Gunakan Kaos Kaki atau Sarung Tangan Dengan Krim Khusus

socks

Beruntung sekarang zaman sudah maju, sudah banyak krim yang bisa digunakan untuk menyingkirkan masalah kapalan. Bagi kalian yang bingung krim seperti apa yang dimaksud, kalian bisa mencari krim yang mengandung salicylic acid, urea, atau ammonium lactate. Kombinasi bahan ini ampuh untuk menyingkirkan kapalan.

Yang kalian butuhkan hanyalah sepasang kaos kaki atau sarung tangan tergantung bagian mana yang terdapat kapalan. Sebelum tidur, oleskan krim khusus tersebut di bagian kulit yang kapalan. Setelah itu, gunakan kaos kaki atau sarung tangan. Di pagi hari, kulit kapalan akan lebih halus dan mudah untuk dicabut.

8. Lidah Buaya

aloe vera

Manfaat tanaman aloe vera atau lidah buaya untuk kesehatan rambut sudah tidak perlu dijelaskan lagi karena sudah terbukti. Jika lidah buaya tidak bagus, tidak mungkin banyak produk kesehatan rambut yang menggunakan lidah buaya dalam komposisinya. Tapi apakah lidah buaya hanya untuk menyehatkan rambut? Tentu tidak.

Lidah buaya masih memiliki manfaat lain yakni salah satunya adalah untuk menghilangkan kapalan. Untuk masalah kapalan, kalian bisa menggunakan tanaman lidah buaya atau gel lidah buaya. Caranya adalah dengan menempelkan bagian dalam lidah buaya ke bagian kapalan dan tutup dengan plester. Kalau tidak memiliki tanaman lidah buaya, kalian bisa gunakan gel lidah buaya. Ini bisa membuat kapalan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dibersihkan.

7. Cuka

vinegar

Kapalan memang menyebalkan karena berjalan atau memegang sesuatu menjadi tidak nyaman. Tidak perlu kesal dan pusing hanya karena kapalan, dengan menggunakan bahan sederhana sebenarnya bisa mengusir kapalan. Bahkan hal sederhana seperti cuka bisa kalian gunakan untuk mengusir kapalan.

Siapkan cuka, beberapa kapas, dan batu apung. Basahi kapas dengan cuka lalu tempelkan di kapalan yang mengganggu. Biarkan kapas ini menempel satu malam penuh. Di pagi hari barulah kalian lepas kapas tersebut. Setelah semalaman ditempel dengan kapas, kapalan akan lebih mudah mengelupas ketika digosok menggunakan batu apung.

6. Rendam Di Teh

tea

Teh sudah dikenal sejak lama karena khasiatnya untuk kesehatan. Dengan meminum teh maka bisa membantu untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu manfaat yang bisa didapat dari teh. Dengan teh kalian juga bisa membuat beberapa masalah kulit menjadi pergi. Salah satunya adalah kapalan.

Cara menghilangkan kapalan dengan teh sangatlah mudah. Kalian bisa gunakan chamomile tea atau tea tree oil lalu campur dengan air. Rendam kaki kalian yang memiliki kapalan di dalam rendaman teh. Teh dapat membantu membuat kulit menjadi kering. Tak perlu khawatir kaki menjadi kotor karena ampas teh. Kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan air dan sabun.

5. Baking Soda

baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan masakan yang merupakan campuran dari natrium dan hidrogen karbonat. Baking soda sering digunakan untuk membuat kue atau roti. Karena memiliki sifat basa, mencampurkan baking soda dengan asam seperti susu bisa menciptakan karbon dioksida. Kalau kalian memiliki baking soda di rumah, bisa digunakan untuk mengatasi kapalan.

Yang pertama, kalian bisa tuang baking soda ke dalam ember dan rendam kaki di dalamnya. Cara kedua yang sedikit lebih repot adalah membuat baking soda menjadi paste dengan mencampurkannya dengan air. Oleskan paste baking soda tersebut di bagian kapalan yang mengganggu. Lakukan secara rutin sampai kapalan benar-benar hilang.

4. Rendam Di Air Hangat

warm water

Menghilangkan kapalan yang menyebalkan sebenarnya tidak perlu yang ribet-ribet. Dengan alat sederhana saja bisa digunakan untuk menyingkirkan kapalan. Sebelum membeli krim atau bahan yang aneh-aneh, kalian bisa menggunakan bahan sederhana seperti air hangat. Yang kalian butuh hanya merendam kaki di dalam air hangat tersebut.

Sebelum tidur, rendam kapalan ke dalam air hangat. Biarkan kapalan tersebut direndam selama 5 sampai 10 menit. Air hangat ampuh untuk membuat kapalan menjadi lebih halus dan empuk. Dengan demikian, kapalan jadi lebih mudah untuk dicabut. Untuk menjaga kelembapan kulit, oleskan krim pelembap jika perlu.

3. Kulit Nanas

Pineapple Peel

Makan buah-buahan memang disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena vitamin yang terkandung di buah sangatlah tinggi dan sehat. Terkhusus untuk nanas, buah satu ini tidak hanya enak untuk dimakan dan menyehatkan tapi juga bisa berguna untuk menyingkirkan masalah kulit kapalan.

Potong kecil beberapa nanas yang nantinya kalian tempel di kulit yang terdapat kapalan. Agar tidak bergerak, ikat menggunakan kain. Lakukan hal ini seminggu sekali sebelum tidur. Enzim yang terdapat pada nanas bisa membantu untuk membuat kapalan menjadi lebih halus dan mudah untuk dibersihkan. Jus nanas juga bisa diaplikasikan ke area kapalan sebelum dan sesudahnya.

2. Krim Pelembap

mousturizing cream

Untuk menghilangkan masalah kulit kapalan bisa dengan mudah dengan menggunakan krim pelembap. Krim pelembap bisa kalian beli di supermarket, mini market, dan apotek. Jadi tidak perlu diambil pusing apabila mengalami masalah dengan kapalan. Apalagi merk krim pelembap juga ada banyak, jadi ada banyak pilihan untuk menjadi pertimbangan.

Karena kulit kapalan sangat sulit untuk dicabut karena kering dan keras, krim pelembap ini bisa membuat kapalan menjadi lebih empuk sehingga mudah untuk dicabut. Oleskan krim pelembap di bagian yang mengalami kapalan dengan rutin. Krim pelembap ini bisa membantu kulit untuk tetap terhidrasi dan meregenerasi kulit. Glycoluc acid dan vitamin E bisa dengan mudah mengelupas dan mengembalikan kulit yang rusak.

1. Gosok Menggunakan Aspirin, Lemon Juice, dan Air

aspirin

Orang yang memiliki masalah dengan jantung biasanya membutuhkan yang namanya aspirin. Aspirin dapat membantu untuk mengencerkan darah. Disarankan untuk mengkonsumsi aspirin sesuai dengan resep dokter agar tidak terjadi yang diinginkan. Selain bisa untuk mengencerkan darah, aspirin juga bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah kapalan.

Ambil beberapa butir aspirin lalu hancurkan sampai menjadi bubuk. Campur bubuk aspirin tersebut dengan lemon juice dan water. Campuran aspirin, lemon juice, dan air tersebut tempelkan di kapalan. Bungkus dengan handuk hangat dan tutup dengan plastik. Setelah 10 menit, sikat kapalan tersebut menggunakan batu apung.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas