home -> Lifestyle -> 10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Olahrag...
28 November 2021 01:03

10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Olahraga

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 06, 2021

Tujuan orang berolahraga adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Namun bukan cuma olahraga saja yang penting tapi apa yang kita lakukan sebelum olahraga juga perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum olahraga. Apabila dilakukan, maka olahraga akan kurang maksimal dan manfaatnya tidak begitu terasa. Tapi pasti ada banyak di antara kalian yang melakukan kebiasaan buruk tersebut. Inilah dia beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum berolahraga.

10. Minum Pereda Rasa Sakit

pain killer

Pain killer atau obat penahan rasa sakit menjadi salah satu cara yang digunakan oleh beberapa orang untuk meredakan rasa sakit. Dengan meminum beberapa butir obat, rasa sakit yang dialami bisa berkurang atau bahkan menghilang. Tidak hilang permanen tapi hanya dalam beberapa waktu saja. Dan penggunaannya harus dengan arahan dokter.

Meski kalian sudah mendapat arahan dokter, sebaiknya jangan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit sebelum olahraga. Bisa dimengerti kalian sedang ada sakit atau tak ingin terjadi sakit saat berolahraga, tapi dengan mengkonsumsi obat penahan rasa sakit berarti ada yang salah dengan tubuh kalian. Utamakan untuk memulihkan tubuh sebelum olahraga ketimbang bergantung pada obat penahan rasa sakit.

9. Kardio Sebelum Mengangkat Beban

cardio

Ngegym, angkat beban, atau fitness, telah menjadi salah satu olahraga yang populer. Dengan angkat beban inilah seseorang bisa merubah bentuk tubuhnya. Dari yang gemuk menjadi kurus dan yang kurus menjadi kekar berotot. Dengan teknik yang tepat, latihan rutin, angkatan beban yang sesuai, maka tubuh ideal bukanlah tak mungkin untuk diperoleh.

Jika kalian memilih untuk melakukan olahraga angkat beban, maka sebaiknya tidak langsung menghabiskan waktu dan tenaga dengan berlari di treadmill atau sepeda statis. Cardio yang terlalu berat justru akan membuat tenaga akan habis duluan sebelum angkat beban. Lakukan cardio sewajarnya 2-3 menit hanya untuk membuat jantung terbiasa.

8. Minum Alkohol

drink alcohol

Berencana untuk minum minuman yang mengandung alkohol sebelum berolahraga? Lebih baik urungkan niat tersebut. Kalau mau minum minuman beralkohol ya silahkan, tapi jangan dilanjut dengan olahraga. Ini menjadi kebiasaan buruk kesekian yang dilakukan oleh banyak orang. Mungkin bagi mereka menganggap bisa menebus kesalahan minum alkohol dengan berolahraga.

Meski hanya minum segelas, alkohol bisa memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Apalagi jika kalian mau lanjut dengan olahraga. Alkohol bisa membuat kerja jantung jadi terganggu dan koordinasi tubuh jadi terganggu. Salah melakukan gerakan malah bisa membuat kalian mengalami cidera. Bukannya sehat yang didapat malah sakit.

7. Olahraga Dengan Perut Kosong

empty stomach

Dalam olahraga ada istilah yang namanya pre workout meal. Pre workout meal adalah makanan yang dimakan sebelum olahraga. Ya, tidak ada yang salah dengan makan sebelum berolahraga. Apalagi jika yang kalian makan itu adalah makanan yang tepat dan porsinya pas. Tapi jangan coba-coba tidak makan sebelum olahraga.

Makan sebelum olahraga itu bukannya tidak ada tujuan. Justru dengan makan sebelum olahraga kalian jadi memiliki tenaga untuk berolahraga. Olahraga butuh banyak tenaga dan tenaga bisa diperoleh dari makanan yang kalian makan sebelum olahraga. Jika yang kalian makan tepat, maka bisa membantu performa kalian dalam berolahraga.

6. Melakukan Peregangan Statis

static stretching

Stretching atau peregangan disarankan untuk dilakukan setiap sebelum olahraga. Ternyata peregangan juga tak boleh dilakukan secara sembarangan. Melakukan peregangan yang tidak tepat malah memperbesar kemungkinan terjadinya cidera saat berolahraga. Peregangan yang statis adalah peregangan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang dimana itu tidaklah efektif.

Peregangan yang sebaiknya dilakukan adalah peregangan dinamik. Maksudnya, peregangan yang dilakukan secara dinamik dengan melibatkan otot dan juga sendi. Olahraga bukanlah hanya untuk melatih otot saja, tapi sendi juga akan ikut bergerak. Jika sendi tidak disiapkan dengan baik, maka resiko cidera bisa saja terjadi.

5. Makan Terlalu Banyak

eat too much

Pre workout meal atau makan sebelum olahraga penting dilakukan. Kenapa? Karena apa yang kalian makan akan menjadi sumber tenaga bagi kalian untuk berolahraga. Olahraga itu aktivitas yang menguras tenaga, jadi untuk memperoleh tenaga tersebut adalah dengan makan makanan yang bergizi dan dengan porsi yang sesuai.

Makan terlalu banyak sebelum berolahraga adalah satu kesalahan fatal. Jelas perut akan terasa penuh dan bergerak dengan perut penuh pastinya akan sangat sulit, apalagi jika harus olahraga. Batasi porsi makanan yang akan dikonsumsi sebelum berolahraga agar kalian tidak begah, mual, dan muntah saat berolahraga.

4. Kurang Tidur

less sleep

Meski kerjaan sedang banyak-banyaknya, tidak disarankan untuk bekerja sampai larut malam atau begadang. Efek begadang itu buruk bagi tubuh. Mulai dari lemas, tak bertenaga, hingga mood juga bisa rusak jika kurang tidur. Jika bekerja sampai larut saja tidak boleh, apalagi kalian yang tiap malam kerjaannya hanya stalking sosial media mantan atau gebetan ya.

Kurang tidur ini juga menambah daftar beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebelum berolahraga. Perlu diingat bahwa olahraga adalah aktivitas yang sangat menguras tenaga. Dengan kalian begadang hingga pagi, maka tubuh kalian tidak akan bisa merecharge tenaga yang sudah dipakai setelah seharian beraktivitas. Jadinya, tubuh akan lemas dan jika lemas, maka olahraga jadi tidak semangat dan tentu tidak akan bermanfaat.

3. Olahraga Setelah Makan

olahraga setelah makan

Memang sebelum olahraga dianjurkan untuk mengisi perut terlebih dahulu alias makan. Tapi perlu diperhatikan pula jam makannya. Bukan berarti setelah kalian makan langsung pergi olahraga. Sangat tidak disarankan untuk langsung berolahraga tepat setelah makan. Efeknya tidak baik untuk perut dan kesehatan.

Mau makan ringan atau banyak, langsung olahraga setelah makan bisa membuat pencernaan menjadi terganggu. Perut bisa langsung mual karena dipaksa melakukan aktivitas yang berat. Memaksakan diri bisa memungkinkan terjadinya muntah. Tentu bukan hal yang menyenangkan jika muntah di tempat olahraga. Luangkan waktu sekitar satu jam setelah makan baru berolahraga.

2. Makan Makanan Pedas

spicy food

Olahraga dengan kondisi perut kosong, perut terisi penuh, dan olahraga tepat setelah makan adalah kesalahan. Akan menjadi lebih salah lagi jika kalian mengkonsumsi makanan yang pedas sebelum olahraga. Meski kalian sudah memberikan jeda antara jam makan dengan olahraga, bukan pilihan yang baik untuk mengkonsumsi makanan pedas sebelum olahraga.

Makanan pedas memang memiliki warna yang menggoda dan rasa yang menggiurkan. Tak heran ada orang yang tak bisa menahan keinginannya untuk makan makanan tersebut. Tapi jika kalian ada jadwal olahraga, bukan pilihan yang bijak untuk melakukannya. Cabai dan makanan pedas lainnya justru bisa membuat perut menjadi panas dan tidak enak saat olahraga.

1. Minum Air Terlalu Banyak

drink water

Memang benar bahwa kita harus menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan minum air putih. Tapi bukan berarti kalian bisa minum air putih dalam jumlah yang banyak. Kalian akan tahu sendiri apa akibatnya jika terlalu banyak minum air. Perut kembung, tak nyaman, dan bisa sering mondar-mandir ke WC.

Terlalu banyak minum juga tak boleh dilakukan jika kalian ingin berolahraga. Kondisi perut kembung jelas tak akan nyaman saat bergerak. Selain itu, minum terlalu banyak air sebelum olahraga juga bisa membuat kalian pusing dan kram. Kalau sudah kram, kalian tidak akan mungkin bisa melanjutkan olahraga dan harus merilekskan otot kalian.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas