home -> Top -> 10 Fakta Salah yang Dipercaya Benar oleh Banyak Or...
20 April 2014 00:03

10 Fakta Salah yang Dipercaya Benar oleh Banyak Orang

Oleh admin dalam Top pada January 31, 2013

fakta salah yang masih dipercaya benar sampai sekarangPada zaman dahulu, ada berbagai fakta salah yang dipercaya benar oleh banyak orang. Sebagai contoh, dulu orang-orang mempercayai bahwa bumi itu tidak bulat, orang percaya bahwa bumi adalah pusat tata surya, dll. Walaupun kepercayaan mengenai hal-hal seperti ini sudah tidak ada sekarang, tetapi ada beberapa fakta salah atau konsepsi salah yang masih dipercaya benar oleh kebanyakan orang sampai saat ini. 

1. Keluar pada cuaca yang dingin dengan rambut basah tidak akan membuat Anda sakit

"gunakan topi atau keringkan rambut Anda sebelum Anda keluar," perkataan ini sering sekali kita dengan dari orang-orang di sekitar, khususnya orang tua kita jika kita keluar begitu saja tanpa mengeringkan rambut.

Walaupun begitu, ada beberapa studi yang merujuk ke topik ini yang membuktikan bahwa adanya kemungkinan sama antara orang-orang yang mengeringkan rambutnya dengan orang-orang yang tidak mengeringkan rambutnya. Rambut yang kering atau rambut yang basah, tidak akan membuat banyak perbedaan.

2. Kaum Viking tidak menggunakan helm yang bertanduk

kaum viking dan helmnyaMungkin kita sering sekali melihat para pejuang kaum Viking menggunakan tanduk di helmnya, hal ini sering sekali terlihat di kartun-kartun dan juga di beberapa film. Hal ini tidaklah secara absolut benar, dibuktikan dengan adanya sebuah foto mengenai kaum ini tanpa helm bertanduk mereka.

Walaupun ada beberapa yang menggunakan model helm ini, mereka hanya digunakan untuk kepentingan awal upacara dan seiring waktu telah menghilang.

3. Gula membuat anak kecil memiliki kelainan perilaku

jurnal Americal Medical Association merilis sebuah ringkasan dari 23 studi mengenai anak kecil dan gula. Kesumpulannya: Gula tidak mempengaruhi perilaku. Kepercayaan ini mungkin disebabkan karena perkataan-perkataan yang tertanam dalam pikiran kita.

Contoh kasusnya, pada sebuah studi orang tua mengatakan bahwa anak mereka meminum sebuah minuman dengan tingkat gula yang tinggi. Walaupun sebenarnya anak mereka ini meminum minuman yang bebas gila, orang tua tersebut melaporkan bahwa adanya perilaku yang berlebih. Oleh karena ini, peneliti menyimpulkan gula dapat membuat Anda bodoh. Hal ini adalah salah.

4. Kebanyakan panas tubuh Anda hilang melalui kepala

Banyak orang mengetahui bahwa manusia kehilangan 98% (persen) panas tubuh melalui kepala, oleh karena itu gunakan topi atau pelindung kepala jika keluar ke tempat yang dingin. Hal ini tidaklah benar. Sebagaimana dilaporkan oleh New York Times, jumlah panas yang dikeluarkan oleh bagian-bagian tubuh bergantung kepada permukaan dari bagian tubuh tersebut - pada cuaca yang dingin, manusia akan kehilangan panas tubuh melalui tangan atau kaki lebih dari kepala.

5. Anda akan terkena arthritis (infeksi persendian) jika Anda membunyikan jari-jari Anda

membunyikan jari tidak terkena arthritis

Walaupun ini terkesan masuk akal, tetapi ini tidaklah benar. Anda tidak akan terkan arthritis dari membunyikan jari-jari Anda. Tidak ada bukti nyata mengenai hal ini, dan melalui studi ada bukti yang mengatakan bahwa peluang arthritis tidak akan berbeda antara orang yang membunyikan jarinya dengan yang tidak. Ada beberapa kasus dalam penulisan medis yang menghubungkan membunyikan jar dengan luka terkait sendi atau pergesarannya, tetapi bukan arthritis.

Walaupun begitu, jangan membunyikan jari Anda. Hal ini dapat menyebabkan iritasi persendian tapi bukan arthritis.

6. Napoleon itu pendek

Tinggi Napoleon sering diberitakan adalah sekitar 5 kaki 2 inci (157,4 cm), tetapi ahli-ahli sejarah sekarang memberikan ia tinggi lebih, yakni sekitar 5 kaki 7 inci (170 cm). Hal ini disebabkan adanya perbedaan unit panjang antara Perancis dan Inggris. Tinggi 170 cm merupakan tinggi yang sedikit lebih tinggi daripada tinggi rata-rata pria di Perancis.

7. Anda harus melakukan pemanasan sebelum berolahraga

Melakukan pemanasan sebelum olahraga merupakan cara utama untuk meningkatkan peforma dan menghindari adanya cedera. Tapi para peneliti menemukan bahwa ini sebenarnya memperlambat Anda. Mereka menunjukkan bahwa pemanasan sebelum lari dapat menghasilkan 5% pengurangan dalam efisiensi.

Peneliti Itali yang melakukan riset mengenai hal ini membuktikan bahwa pemanasan menyebabkan hasil yang justru berlawanan, dan belum ada bukti yang secara nyata mendukung bahwa pemanasan akan mengurangi resiko cedera.

8. Kolesterol dalam telur sangatlah buruk untuk jantung

asosiasi yang dirasakan antara kolesterol dietary (kolesterol yang ditemukan pada makanan) dan resiko terkena serangan jantung berasal dari dietary yang yang direkomendasikan pada 1960an yang mempunyai sedikit bukti, dikenal juga dengan hubungan lemak jenuh dan kolesterol dan studi binatang dimana kolesterol dimakan melebihi jumlah standard.

Sejak saat itu, studi demi studi dilakukan untuk membuktikan hal itu dan terbukti bahwa dietary cholesterol tidak secara negatif meningkatkan kolesterol dalam tubuh Anda. Konsumsi dari lemak jenuh merupakan penyebabnya, jadi makanlah telor bukan stik.

9. Umur 7 tahun anjing adalah 1 tahunn umur manusia

Anjing berumur 3 tahun sama dengan 21 thaun umur manusia? Hal ini tidaklah benar berdasar kepada para ahli. Konsensus umum adalah anjing lebih cepat dewasa daripada manusia, dimana umur 21 pada manusia adalah 2 pada najing, lalu penuaan akan melambat sampai sekitar 4 tahun umur manusia per tahun. "Dog Whisperer " Cesar Millan menyarankan cara berikut untuk menghitung umur anjing Anda: Kurangi 2 dari umurnya, kali dengan 4 dan tambahkan 21.

10. George Washington mempunyai gigi kayu

Presiden pertama Amerika kehilangan giginya pada umur 20 tahun, tetapi giginya bukanlah terbuat dari kayu. Pada kenyataannya, Washington mempunyai 4 set gigi palsu yang terbuat dari emas, ivori, timah, dan gigi manusia dan hewan. Para pembuat gigi palsu ini menggunakan baut untuk menyatukan mereka hanya untuk membantu memakan makanan favorit George Washington, roti jahe.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas