home -> Lainnya -> 10 Alasan Yang Tak Sebaiknya Digunakan Untuk Menik...
20 September 2021 08:59

10 Alasan Yang Tak Sebaiknya Digunakan Untuk Menikah

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 30, 2021

Keputusan menikah itu seharusnya diambil karena memang diri sendiri yang memutuskan untuk menikah, bukan karena alasan yang disebabkan oleh orang lain. Menikah kalau memang mau dan siap, begitulah ungkapan yang sering dilontarkan oleh banyak orang. Melangsungkan pernikahan itu tidaklah mudah, ada banyak hal yang musti disiapkan. Kalau memang tidak siap, tak ada salahnya untuk menunggu lebih lama lagi. Yang pasti, jangan biarkan orang lain mengganggu keputusan kalian untuk menikah atau tidak menikah. Inilah beberapa alasan yang sebaiknya tidak menjadi patokan kalian untuk terburu-buru menikah.

10. Merasa Tidak Enak Menolak Ajakan Menikah

ajakan menikah

Sebelum menikah pastinya akan melalui tahap yang namanya pacaran. Setelah pacaran dalam beberapa waktu, barulah muncul ajakan untuk melangkah ke hubungan yang lebih serius yakni menikah. Ajakan menikah bisa dilontarkan dari pria atau juga wanita. Jika kedua pihak setuju, barulah memikirkan apa saja yang harus disiapkan untuk menikah.

Ketika sudah ada salah satu pihak yang melontarkan ajakan untuk menikah, disini masih ada pilihan untuk menerima atau menolak. Jangan menerima ajakan menikah hanya karena pacaran sudah lama dan tak enak untuk menolak pacar. Jika memang belum siap maka lebih baik katakan belum siap. Jangan memaksakan diri dan juga menjadi people pleaser.

9. Uang

money

Tak bisa dipungkiri bahwa uang adalah salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan seseorang untuk menikah. Semakin kesini, biaya hidup semakin naik, jika keuangan tidak stabil maka akan gawat untuk diri sendiri dan juga kehidupan rumah tangga. Makanya tak sedikit orang yang mencari pasangan berdasarkan seberapa banyak uang yang dimiliki.

Menjadikan uang sebagai alasan untuk menikah cepat-cepat bukanlah pilihan yang baik. Tetap harus ada pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk menikah. Kalau banyak uang tapi pasangan pelit, percuma saja kalian menikah. Atau, pasangan kaya tapi memiliki sifat yang buruk seperti memandang rendah orang yang ekonominya berada di bawah dan memperlakukan orang seenaknya juga bukanlah sifat yang baik.

8. Kesepian

kesepian

Tak sedikit orang yang menikah karena alasan kesepian. Mereka merasa bahwa dengan adanya pasangan seumur hidup maka masalah kesepian ini akan hilang. Menjadikan masalah kesepian sebagai alasan untuk menikah juga bukanlah pilihan yang tepat. Kalian tidak bisa sepenuhnya menaruh harapan pada pasangan.

Untuk mengatasi kesepian janganlah bergantung pada orang lain. Kalian sendirilah yang harus mencoba mencari solusi untuk mengatasi kesepian tersebut. Bahagiakan diri sendiri sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Tidak semua masalah bisa kalian lempar pada pasangan untuk mencarikan solusi.

7. Kakak atau Adik Yang Sudah Menikah

saudara menikah

Bagi beberapa keluarga, pantang bagi kakak bila dilangkahi adiknya untuk menikah lebih dahulu. Mungkin ini dianggap tidak sopan atau bisa membawa sial, siapa yang tahu. Masalah tak berhenti sampai disana, bila kakak atau adik menikah lebih dahulu maka tekanan berikutnya akan dirasakan oleh saudaranya. Mau tidak mau saudaranya harus segera menikah juga,

Menikah karena alasan kakak atau adik sudah menikah lebih dahulu jelas bukanlah pilihan yang bijak. Biasanya tekanan ini akan semakin terasa apabila kakak atau adik tersebut menikah dan langsung dikaruniai oleh anak. Orang tua biasanya akan mendesak kita untuk juga segera menikah. Orang tua mengatakan bahwa jangan mau kalah dengan saudara kamu. Memangnya ini perlombaan cepat-cepat menikah atau apa?

6. Seks

sex

Untuk menikah itu diperlukan alasan. Ada sekian banyak alasan yang mendorong seseorang untuk menikah, salah satunya adalah karena seks. Seks ini juga bisa dijabarkan lebih banyak lagi, contohnya seperti karena memiliki nafsu tinggi yang tidak bisa ditahan jadinya lebih baik menikah agar tidak sembarangan berhubungan seks dengan orang lain.

Jika kalian ingin menikah karena alasan ini, sebaiknya tunda keingingan kalian tersebut. Seks itu bukanlah kegiatan yang semudah itu untuk dilakukan. Hubungan seks tidak hanya melibatkan tubuh tapi juga emosi. Jika emosi salah satu pihak belum stabil, lebih baik disingkirkan dulu keingingan untuk menikah. Di beberapa kepercayaan, seks dan pernikahan adalah hal yang harus dihormati. Jangan sampai nanti setelah menikah, hubungan seks tidak sesuai keingingan lalu berbcerai.

5. Ingin Punya Anak

baby

Ada juga orang yang menikah karena alasan ingin punya anak. Memang kalau ditanya ada yang ingin memiliki anak dan ada yang tidak. Mari kita singkirkan pasangan yang menikah tapi tidak mau atau belum ingin memiliki anak. Pasangan yang menikah karena ingin memiliki anak bisa dimaklumi karena dengan kehadiran anak biasanya diakui bahwa keluarga sudah lengkap.

Tidak hanya itu, orang tua juga berharap agar anaknya cepat punya anak supaya bisa menggendong cucu. Menikah itu harus karena keinginan dari diri sendiri dan bukan karena alasan ingin cepat memiliki anak. Karena terlalu ingin memiliki anak akhirnya membuat kalian terburu-buru mengambil keputusan menikah sehingga tidak menggali lebih dalam seperti apa sifat pasangan bisa berakibat buruk bukan cuma pada diri kalian tapi juga anak.

4. Usia

age

Satu lagi alasan buruk yang digunakan untuk segera menikah yakni usia. Ketika mencapai usia tertentu, biasanya di usia 30 tahun ke atas, maka akan muncul rasa di dalam diri bahwa sudah tua dan saatnya menikah. Atau kalau tidak muncul perasaan tersebut dari diri sendiri, biasanya orang tua, saudara, dan teman yang mengatakan bahwa kita sudah tua dan harus segera menikah.

Menikah itu tidak harus melihat usia seseorang. Di usia berapa saja orang bebas untuk menikah. Tapi memang jika menikah di usia yang tua, maka efeknya akan semakin kecil kemungkinan punya anak karena faktor usia yang membuat tubuh semakin menurun fungsinya dan di wanita akan ada yang namanya menopause. Tapi menikah cepat-cepat juga bukan berarti pilihan yang tepat dan membuat kalian cepat punya anak.

3. Ingin mendapatkan Pernikahan Yang Diimpikan

wedding dream

Setiap orang memiliki impian tentang pernikahan yang ideal dan sempurna. Ada yang ingin menikah outdoor di sebuah taman, ada yang ingin menikah di luar negeri, ada yang ingin menikah di bawah laut, dan lain sebagainya. Semua mimpi itu boleh saja dimiliki, tapi jangan sampai kalian memutuskan untuk segera menikah agar mimpi tersebut bisa tercapai. Atau bahkan memaksa pasangan untuk membuat mimpi pernikahan sempurna itu menjadi nyata.

Mimpi memiliki pernikahan yang sempurna tidak bisa diciptakan begitu saja. Perlu persiapan yang banyak dan sulit tergantung seperti apa pernikahan yang diinginkan. Apakah kamu yakin pasangan kalian mampu dan mau melakukan pernikahan seperti itu. Daripada memaksakan segera menikah untuk menciptakan pernikahan yang diimpikan dan nantinya bisa berakibat buruk, lebih baik menunggu persiapan yang lebih matang lagi baru memutuskan untuk merealisasikan mimpi pernikahan kalian.

2. Teman Banyak Yang Menikah

friend wedding

Seringkali karena melihat banyak undangan pernikahan yang dikirim dari teman bisa membuat seseorang juga ingin cepat-cepat menikah. Apalagi jika melihat pesta pernikahan yang meriah dari teman tersebut, semakin mendorong perasaan tersebut untuk menikah. Mau itu teman dekat sekalipun, lebih baik jauhi pikiran yang mendorong kalian untuk segera menikah.

Teman menikah mungkin karena memang mereka sudah siap dan mempersiapkan segala hal dengan matang. Apapun yang dilakukan dengan terburu-buru tanpa pikir panjang biasanya akan memunculkan kejadian yang tidak diingingkan. Apalagi ini berbicara soal menikah, ada banyak orang yang akan terlibat dalam acara penting ini. Pastikan tidak hanya kalian saja yang siap tapi juga orang yang terkait juga siap.

1. Desakan Orang Tua

parents

Tantangan terbesar untuk segera menikah yang paling besar akan muncul dari orang tua. Akan sulit rasanya bagi anak untuk bisa menolak orang tua jika sudah meminta untuk segera menikah. Kalau menolak, biasanya orang tua memiliki berbagai macam cara untuk membuat anaknya menuruti permintaan mereka. Mulai dari orang tua ingin menggendong cucu, alasan berbakti pada orang tua, alasan usia kamu yang sudah pas untuk menikah, dan juga melawan orang tua adalah dosa.

Jika memang kalian tidak mau atau belum siap menikah, beranikan diri untuk bilang tidak meski itu pada orang tua sendiri. Kalau sampai terburu-buru menikah dan ternyata salah pilih pasangan, akan ada yang namanya sidang perceraian yang akan memakan waktu dan uang. Belum lagi ditambah yang namanya pembagian harta gono-gini. Hal itu semua akan kita juga yang menjalaninya. Hanya saja, berani untuk mengatakan tidak pada orang tua jelas akan membawa resiko tersendiri. Pilihan ada di tangan kalian. Apa kalian mau mengorbankan kebahagiaan diri sendiri untuk orang tua dengan mengabulkan permintaannya untuk segera menikah?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas