home -> Unik -> 10 Makanan Yang Ilegal Dari Beberapa Negara Di Dun...
20 September 2021 08:47

10 Makanan Yang Ilegal Dari Beberapa Negara Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada June 25, 2021

Setiap negara di dunia pastinya memiiki aturan sendiri mengenai suatu makanan. Ada beberapa makanan yang legal dan aman untuk dikonsumsi, ada juga yang sebaliknya. Makanan yang dianggap mengandung zat berbahaya akan dilarang untuk dijual dan juga dikonsumsi. Setiap negara ini berbeda satu dengan yang lain perihal larangan makanan tertentu untuk dijual dan juga dimakan. Jika kalian berada di negara tersebut, ada baiknya kalian mematuhi larangan tersebut demi kebaikan kalian sendiri. Berikut penjelasan mengenai makanan yang dianggap ilegal dari setiap negara di dunia.

10. Instant Mashed Potatoes - Jepang

Instant Mashed Potatoes

Potatoe atau kentang bisa menjadi salah satu solusi pengganti nasi putih karena sama-sama mengandung karbohidrat. Bisa dikonsumsi secara utuh atau dibuat menjadi mashed atau dihaluskan. Karena membuat mashed potatoe dianggap terlalu lama, maka dibuatlah yang namanya instant mashed potatoe.

Tidak semua negara memperbolehkan menjual instant mashed potatoe dan Jepang menjadi salah satu negara yang melarang keberadaan makanan tersebut. Untuk membuat instant mashed potatoe dibutuhkan yang namanya butylhydroxyanisole. Oleh National Institutes of Health, zat ini dianggap sebagai zat yang berbahaya bagi manusia. Makanan olahan yang diketahui mengandung zat tersebut akan dilarang edar oleh pemerintah Jepang.

9. Margarine - Kanada, Denmark, Swiss

margarine

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh diketahui tidak baik karena bisa mempengaruhi kesehatan. Ada banyak makanan yang diketahui mengandung lemak jenuh, salah satunya adalah margarine. Jika mengkonsumsi margarine dalam jumlah banyak maka efeknya bisa ke metabolisme, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

Persentase lemak trans tertinggi yang pernah ditemukan pada margarine yakni 15% dari total berat produk. Karena dianggap terlalu tinggi, beberapa negara seperti Kanada, Denmark, dan Swiss melarang dijualnya margarine. Beberapa negara lain memberikan keringanan dimana ada batasan jumlah lemak yang boleh terkandung dalam margarine.

8. Beluga Caviar - Amerika

Beluga Caviar

Dari sekian banyak makanan, ada beberapa makanan yang dianggap sebagai makanan mahal. Harga mahal ini bisa disebabkan karena cara mendapatkannya yang susah dan proses pembuatannya yang tidak sembarangan. Kalian pernah dengar yang namanya caviar? Caviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan. Ada beberapa ikan yang telurnya dianggap enak dan dijadikan caviar. Salah satunya adalah beluga.

Beluga whale adalah jenis lumba-lumba yang ditemukan di Arctic. Telurnya dianggap sangat enak sehingga dijadikan makanan. Karena mencarinya yang sudah dan jumlahnya tidak begitu banyak membuat harga caviar menjadi sangat mahal. Perburuan telur dari beluga mengakibatkan populasi beluga whale jadi terancam. Inilah yang membuat beberapa negara melarang perdagangan caviar yang terbuat dari beluga whale. Salah satu negara yang melarangnya adalah Amerika.

7. Casu Marzu - Amerika

casu marzu

Tahukah kalian bahwa di dunia ini ada banyak macam jenis keju? Bahan dan cara pembuatannya yang berbeda masing-masing keju inilah yang membuat keju memiliki bentuk, rasa, dan nama yang berbeda. Seperti yang akan dibahas satu ini, ada satu keju yang dinamakan casu marzu, berasal dari Perancis. Mendengar namanya sepertinya keju ini menarik untuk dicoba bukan?

Keju casu marzu adalah keju yang dibuat dari bahan dasar susu domba. Agar bisa menjadi keju yang enak, susu domba tersebut dimasukan dengan larva serangga. Larva yang sering digunakan biasanya lalat. Larva ini nantinya akan membantu proses fermentasi dengan memakan keju dari dalam sampai mati. Karena proses pembuatannya melibatkan larva lalat inilah yang menjadi alasan keju casu marzu dilarang di Amerika.

6. Fugu - Amerika

fugu

Jika pergi ke Jepang, tidak mungkin untuk tidak makan makanan khas di Jepang. Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan kuliner yang menarik. Selain itu, ada satu makanan dari Jepang yang dianggap enak sekaligus ekstrim. Makanan tersebut adalah fugu. Fugu adalah sebutan bagi ikan kembung di Jepang.

Ikan fugu dikenal sebagai ikan yang beracun. Racun ini sangat berbahaya sehingga bisa membunuh manusia. Di Jepang, perlu koki dengan izin khusus yang boleh mengolah ikan fugu. Kalian bisa mengkonsumsi fugu selama di Jepang, tapi tidak di Amerika. Amerika melarang restoran manapun untuk mengolah ikan fugu karena tidak mau mengambil resiko berbahaya tersebut.

5. Salmon Peternakan - Australia

farm raised salmon

Siapa yang tidak suka dengan daging salmon? Daging salmon begitu sehat sehingga disarankan untuk rajin mengkonsumsi daging salmon. Karena jumlah orang yang menyukai salmon sangat tinggi, maka dibuatkanlah peternakan khusus untuk memelihara salmon yang nantinya akan dijual untuk dikonsumsi.

Sebenarnya bagus apabila mengkonsumsi salmon hasil peternakan karena salmon yang ada di alam liar tetap terjaga populasinya. Namun Australia dan New Zealand melarang warga negaranya untuk mengkonsumsi ikan salmon hasil peternakan. Menurut mereka, salmon hasil peternakan dibesarkan menggunakan antibiotik yang berguna untuk membuat salmon cepat dewasa. Antibiotik ini mengandung zat yang berbahaya bagi manusia. Selama itu salmon yang besar di alam liar, salmon tersebut boleh dikonsumsi.

4. Daging Kuda - United Kindom dan Amerika

horse meat

Mungkin bagi kita orang Indonesia, makan daging kuda masih merupakan hal yang asing. Mungkin ada yang sudah pernah mencoba, tapi sebagian besar pastinya masih belum pernah mencoba makan daging kuda. Di luar Indonesia terutama di Inggris dan Amerika, memakan daging kuda dianggap sebagai hal yang ilegal.

Mengkonsumsi daging kuda sempat tidak dipermasalahkan di beberapa negara seperti United Kingdom dan Amerika. Ada yang melarangnya karena alasan budaya dan ada juga yang karena alasan terlalu kejam. Ada satu organisasi yang paling depan dalam pelarangan mengkonsumsi daging kuda. Organisasi tersebut adalah Humane Society and Equine Advocates.

3. Haggis - Amerika

haggis

Amerika sangat fokus terhadap makanan. Ada banyak negara yang memiliki makanan khas namun di Amerika dilarang. Contohnya seperti Skotlandia, negara yang terkenal akan scotchnya ini memiliki satu makanan khas yang dinamakan haggis. Makanan ini dapat ditemukan dengan mudah di Skotlandia. Kalau ada orang Amerika yang ingin mencoba haggis, mereka bisa mencobanya dengan pergi ke Skotlandia.

Haggis adalah makanan khas Skotlandia yang dibuat dari jantung, hati, dan paru domba. Semua organ domba tersebut dimasak dengan bumbu khusus dan rempah-rempah. Orang Skotlandia sangat menyukai makanan ini. Amerika sudah menyatakan haggis ilegal untuk dikonsumsi di Amerika selama lebih dari 40 tahun.

2. Foie Grass - United Kingdom

foie grass

Foie grass termasuk dalam salah satu makanan mahal selain caviar. Jika dihitung menggunakan Rupiah, harga satu porsi foie grass berkisar antara 400 sampai 700 ribu Rupiah. Makanan ini begitu terkenal dan populer di Perancis. Beberapa negara memang ada yang memperbolehkan mengkonsumsi foie grass, tapi tidak di United Kindom, Amerika, dan India.

Foie grass merupakan makanan yang terbuat dari hati angsa. Semakin banyak lemak yang berada di hati, maka rasanya akan semakin enak. Foie grass dianggap ilegal oleh beberapa negara karena proses untuk mendapatkannya dianggap terlalu kejam. Bebek atau angsa akan dipaksa makan sebanyak-banyaknya agar terjadi penumpukan lemak di bagian hati. Tak sedikit angsa atau bebek yang mati karena cara memberi makan secara paksa ini.

1. Daging Sapi - India

cow meat

Salah satu daging hewan yang enak dan banyak dikonsumsi oleh orang tentu saja daging sapi. Selain enak, daging sapi juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Cocok sekali bagi mereka yang senang ngegym dan juga sedang dalam program penurunan berat badan. Mungkin kita bisa bebas mengkonsumsi daging sapi, orang India tidak.

Ada beberapa kepercayaan dan budaya yang menganggap bahwa sapi adalah hewan yang suci. Nah, orang India termasuk dalam negara yang menyucikan hewan tersebut. Karena sapi dianggap sebagai hewan suci, maka sapi tidak tidak boleh diperlakukan sembarangan apalagi dimakan. Mengkonsumsi daging sapi di India bisa dihukum berat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas