home -> Lainnya -> Sudahkah Anda Menyikat Gigi Dengan Benar?
19 Januari 2018 06:55

Sudahkah Anda Menyikat Gigi Dengan Benar?

Oleh admin dalam Lainnya pada August 31, 2013

Kata-kata ini sudah sangat sering didengar, bahkan terkesan membosankan dan kekanakan. Namun artikel ini tidak akan hanya mengajarkan Anda cara menggosok gigi, melainkan membahas mengenai keseluruhan hal yang menyangkut kesehatan nafas dan gigi. Baik dalam menggunakan benang gigi, sikat gigi dan obat kumur. Apakah Anda yakin sudah menyikat gigi dengan benar?

Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi?

Best Time to Brush Your Teeth

Mungkin hal ini terdengar sangat sederhana, Anda menggosok gigi di pagi hari dan malam hari. Walaupun menggosok gigi 2 kali dalam 1 hari dikatakan adalah yang paling umum, namun ternyata hal itu tidak sesederhana yang dibayangkan.

Waktu terbaik untuk menggosok atau menyikat gigi adalah sesudah Anda selesai makan. Namun Anda harus memperhatikan apa yang Anda makan, apakah makanan itu bersifat asam (acidic) seperti jus lemon, apel dan seterusnya. Makanan yang bersifat asam biasa ditandai dengan rasanya yang asam dan kebanyakan terkait dengan buah-buahan.

Jika makanan tersebut memang bersifat asam maka berikan waktu 30 menit sebelum Anda menggosok gigi. Makanan yang bersifat asam dapat melemahkan lapisan gigi (email gigi) dan jika Anda langsung menggosok gigi sesudah Anda makan makanan asam tersebut, maka ada kemungkinan Anda akan merusak lapisan gigi dan gigi Anda ini. 

Cara menggosok gigi yang benar

Correct Way to Brush your Teeth

Hal berikutnya yang mempengaruhi kesehatan gigi Anda adalah cara dari Anda menyikat gigi Anda dan kebanyakan dari Anda menyikat gigi Anda dalam cara yang salah.

Cara terbaik untuk menyikat gigi Anda adalah melakukannya dalam gerakan melingkar, bukan hanya maju mundur saja. Sesudah Anda menyikat bagian depan gigi Anda, jangan lupa menyikat bagian dalam gigi Anda juga. Setelah gigi Anda sudah disikat semua maka secara lembut sikat lidah Anda untuk membersihkan bakteri dan membuat nafas lebih segar. Ketahuilah bahwa menyikat gigi tidak perlu dilakukan dengan kasar, lakukan secara perlahan.

Berkumur atau tidak?

Rinse your Mouth

Tahap terakhir dari menyikat gigi Anda adalah berkumur. Mungkin sejak kecil kita diajarkan untuk selalu berkumur, tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada perdebatan apakah berkumur dapat menyebabkan berkurangnya keefektifan fluoride dari pasta gigi Anda. 

Untuk berkumur ataupun tidak, itu semua bergantung kepada Anda. Jika Anda tidak menyukai rasa pasta gigi di mulut Anda maka berkumurlah, jika Anda takut menelan pasta gigi Anda itu maka berkumurlah. Cara terbaik adalah berkumur dengan sedikit air, hal ini membuat gigi Anda masih akan merasakan keefektifan dari fluoride tanpa membuat mulut Anda penuh dengan rasa fluoride itu sendiri.

Benang Gigi (Flosser)

Menggunakan Benang Gigi

Kebanyakan orang tidak pernah menggunakan benang gigi, hal ini dikarenakan mereka tidak diajarkan dari dini bahwa menggunkana benang gigi sebenarnya adalah praktek yang sangat baik. Jika Anda rutin pergi ke dokter gigi, Anda akan sering mendengar akan pentingnya menggunakan flosser (benang gigi) ini.

Menggunakan benang gigi juga bukanlah hal yang mudah. Jika Anda melakukannya dengan salah maka benang gigi ini malah akan mengikis lapisan gigi Anda dan membuat gigi Anda tidak sehat, cara melakukan yang benar adalah menggunakan benang gigi yang baru dan lakukan dengan lembut. Letakkan benang gigi di atas gigi Anda kemudian turunkan perlahan, dan naikkan lagi. Lakukan seterusnya ke gigi yang lain.

Waktu terbaik menggunakan benang gigi adalah sebelum Anda menyikat gigi. Hal ini akan membuat fluoride di pasta gigi Anda dapat masuk sampai sela-sela gigi Anda. Tapi jika Anda melakukannya sesudah menyikat gigi itu juga tidak masalah. Yang penting lakukan setidaknya 1 kali dalam 1 hari.

Kapan harus mengunakan obat kumur

Using Mouthwash

Bagi kebanyakan orang menggunakanobat kumur bukanlah sesuatu yang diharuskan dan tentunya obat kumur memang tidak bisa menggantikan keefektifan dari menggosok gigi. Tapi dengan menggunakan obat kumur maka itu akan membantu Anda membersihkan bakteri di mulut Anda dan membuat nafas Anda jauh lebih segar.

Jika Anda ingin menggunakan obat kumur, carilah obat kumur yang memiliki fluoride di dalamnya. Obat kumur seperti ini akan mencegah menurunnya kualitas gigi dan menguatkan lapisan gigi Anda. Jika Anda menggunakan obat kumur yang berfluoride maka gunakan obat kumur itu sehabis Anda menggosok gigi dan jangan makan atau minum sesudahnya selama 30 menit. Di sisi lain jika obat kumur Anda tidak berfluoride maka jangan gunakan obat kumur tersebut sehabis Anda gosok gigi, gunakanlah sesudah Anda makan atau sehabis 30 menit sehabis Anda menggosok gigi.

--

Menyikat atau menggosok gigi Anda mungkin terdengar sangatlah mudah, tetapi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan memiliki gigi yang sehat di usia lanjut, pastikan Anda melakukannya dengan benar.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas