home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Membuat Punggung...
20 September 2021 00:40

10 Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Membuat Punggung Sakit

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada June 15, 2021

Menjaga kesehatan itu sangat penting, terlebih lagi menjaga kesehatan tulang belakang. Tulang belakang yang sehat dapat mempengaruhi postur tubuh, punggung, dan juga pinggang. Jadi bisa dikatakan bahwa tulang belakang ini memiliki peran yang sangat vital. Sayangnya, ada sejumlah kebiasaan yang sering orang lakukan yang mampu mengganggu kesehatan tulang belakang ini. Kompensasinya terasa di pinggang, punggung, serta postur tubuh. Apa saja kebiasaan buruk yang dimaksud? Inilah daftarnya.

10. Cara Jalan Yang Salah

bad walking posture

Pasti setiap orang akan ada waktunya untuk berjalan kaki. Terkesan simpel, ternyata jalan kaki dapat mempengaruhi postur tubuh seseorang. Jika postur saat berjalan tidak tepat, maka konsekuensinya akan terasa pada leher, punggung, pinggang, dan tulang belakang. Seberapa yakin kalian sudah berjalan dengan postur yang benar?

Coba sesekali perhatikan cara orang berjalan. Pasti ada orang yang berjalan sembari menunduk melihat ke smartphone atau terlalu menghadap ke atas. Posisi tersebut bukanlah posisi yang baik saat berjalan. Posisi berjalan yang baik adalah dengan kepala tetap tegak, punggung lurus, dan bahu yang rileks. Kalau postur kalian saat berjalan tidak tepat, jangan heran apabila kalian merasa sakit di bagian belakang.

9. Menggendong Tas Terlalu Berat dan Lama

carry a backpack

Wajar jika pelajar pergi ke sekolah sembari membawa tas. Tas yang sudah berisi dengan buku pelajaran dan mungkin bekal makanan akan dibawa setiap hari di punggung. Terus menerus membawa tas yang memiliki beban berat dalam jangka waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab rasa sakit di punggung dan pinggang.

Menggunakan tas secara normal di punggung atau menaruhnya di sebelah bahu, kedua-duanya bisa menyebabkan bahu dan punggung menjadi sakit. Disarankan untuk tidak membawa beban yang terlalu berat di dalam tas. Usakan beratnya tidak melebihi 10% dari total berat badan jika ingin menjaga bahu, punggung, pinggang, dan tulang belakang agar tidak sakit.

8. Merokok

smoking

Sulit rasanya untuk menemukan orang yang tidak merokok. Kalaupun bukan perokok aktif, setidaknya ia pernah mencoba menghisap rokok satu atau dua kali. Bersyukurlah mereka yang bukan perokok, pernah coba-coba merokok lalu berhenti, dan mereka yang memang perokok aktif namun berhasil berhenti. Kemungkinan mereka mendapatkan masalah kesehatan yang lebih serius bisa diperkecil.

Sebenarnya masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok itu sudah dituliskan pada bungkus rokok. Mungkin ada satu yang terlewat yaitu masalah dengan tulang. Di rokok terkandung yang namanya nikotin. Nikotin ini bisa menghalangi oksigen dan nutrisi untuk mengalir ke tulang, termasuk itu tulang belakang. Ini yang bisa membuat tulang menjadi cepat tua dan rapuh.

7. Nutrisi Buruk

bad nutrient

Jika ada yang bertanya seberapa penting mengkonsumsi makanan sehat? Jawabannya adalah sangat penting. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, memperlancar pencernaan, membuat sulit sakit, berat badan ideal, dan tentunya menjaga kesehatan tulang. Tidak sedikit remaja masa kini sudah memiliki masalah dengan tulang karena makan sembarangan.

Semakin banyak restoran cepat saji dan jajanan pinggir jalan yang belum tentu sehat dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Tulang perlu nutrisi dari makanan yang tepat. Protein dan kalsium adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Jika tulang tidak diberi nutrisi yang cukup, tulang akan menjadi rapuh dan patah.

6. Malas Olahraga

malas olahraga

Siapa yang bilang kalau malah olahraga bisa membuat berat badan saja yang naik? Malas olahraga bukan cuma bisa membuat berat badan naik tapi juga mendatangkan banyak masalah kesehatan lainnya. Salah satu yang mungkin bisa muncul adalah masalah dengan tulang. Tulang menjadi tak sehat, rapuh, dan mudah patah.

Mereka yang rutin berolahraga pastinya jarang mengalami masalah dengan otot dan tulang karena olahraga memang dapat menguatkan kedua hal tersebut. Berbeda efek bagi mereka yang malas bergerak. Otot, tulang, serta ligamen bisa menjadi tak sehat dan lemah. Tulang punggung apalagi, mengingat tulang punggung adalah salah satu tulang yang sangat penting dalam menopang tubuh dan mempengaruhi postur.

5. Stres

stress

Yang namanya stres memang tidak bisa dihindari. Semua orang tidak perduli gender dan usia pasti akan mengalami yang namanya stres. Entah itu karena masalah keluarga, sekolah, dan juga pekerjaan. Dan dari stres ini juga yang bisa mendatangkan masalah kesehatan. Sakit pinggang kalian juga bisa saja disebabkan karena stres.

Stres dan tidak mampu mengontrol emosi bisa membuat sejumlah otot di tubuh menjadi tegang. Hal ini bisa berujung dengan munculnya rasa sakit di punggung. Agar punggung tidak sakit dan otot tidak tegang, perlu dicari tahu apa yang menjadi penyebab munculnya rasa stres. Atasi rasa stres tersebut dan belajar mengontrol emosi agar otot yang tegang bisa menjadi rileks.

4. Salah Menggunakan Bantal atau Kasur

wrong pillow

Banyak orang yang mengeluhkan muncul rasa sakit di leher, punggung, pinggang, dan sekitarnya setelah bangun tidur. Jika masalah kesehatan ini terjadi, kemungkinannya hanya satu yakni salah memilih ranjang dan bantal. Kedua hal ini pengaruhnya sangat besar dalam menentukan sehat atau tidaknya tubuh seseorang.

Ranjang yang terlalu kendur atau terlalu keras pastinya tidak akan nyaman untuk ditiduri. Jika terlalu memaksakan untuk tidur di ranjang yang tidak nyaman jelas akan membuat susah tidur. Kalaupun bisa tidur, saat bangun pasti akan terasa pegal. Sudah salah memilih ranjang, ditambah lagi dengan salah memilih bantal kepala. Leher tidak mendapatkan posisi yang enak saat tidur, punggung, serta pinggang juga jadi ikut terasa sakit saat bangun.

3. Memutar Tulang Belakang

twisting spine

Ada sejumlah orang yang merasa senang atau rileks setelah membunyikan tulang atau sendi. Bukan cuma jari tangan saja yang bisa dibuat bunyi, tapi pinggang juga bisa. Caranya adalah dengan memutar pinggang ke kiri atau ke kanan hingga mengeluarkan suara 'kretek'. Tindakan membunyikan sendi ini bukanlah tindakan yang baik.

Melakukannya di jari tangan saja sudah beresiko, apalagi melakukannya terhadap pinggang. Salah melakukannya justru bisa membuat pinggang menjadi sakit dan mungkin sudah berjalan. Mungkin rasa sakit tidak akan terasa sekarang karena kalian masih merasa muda dan kuat. Seiring berjalannya waktu atau kalian sudah tua, barulah efeknya akan terasa.

2. Sepatu Yang Tidak Tepat

shoe

Sepatu saat ini begitu populer karena menjadi salah satu alat fashion. Design yang keren serta brand yang ternama bisa membuat orang yang memakai sepatu tersebut menjadi naik pamornya. Memilih sepatu yang keren memang sah-sah saja, tapi jangan lupa tentang yang namanya nyaman. Jika salah memilih sepatu, akibatnya bisa ke pinggang.

Sepatu yang tidak tepat akan membuat kaki dan jalan menjadi tidak nyaman. Ini akan memberikan dampak tidak hanya pada pinggang tapi juga bisa sampai leher. Para wanita yang senang menggunakan heels juga bisa beresiko terkena masalah ini. Heels yang memiliki tinggi lebih dari 1 inci akan memberikan tekanan lebih pada pinggang.

1. Duduk Terlalu Lama

duduk

Pernahkah kalian merasa pinggang kalian sakit? Munculnya rasa sakit di pinggang itu bisa disebabkan oleh banyak. Dari sekian banyak penyebab sakit pinggang, salah satunya bisa saja dikarenakan terlalu lama duduk di kursi. Hal ini merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan namun luput dari pengamatan.

Mereka yang menghabiskan waktu lama dengan duduk di kursi biasanya adalah pekerja kantoran. Duduk sembari menulis catatan serta menghadap komputer akan sangat rentan mengalami masalah kesehatan ini. Sudah duduk terlalu lama, posisi duduk yang biasanya sembarangan juga akan memperparah sakit yang dialami.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas