home -> Lifestyle -> 10 Makanan Pendukung Untuk Ibu Menyusui
20 September 2021 08:34

10 Makanan Pendukung Untuk Ibu Menyusui

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada May 25, 2021

Bayi yang baru lahir tidak bisa langsung diberikan makanan yang berat. Satu-satunya makanan yang bisa dikonsumsi dan sangat sehat adalah air susu ibu atau ASI. Karena ASI ini begitu penting untuk tumbuh kembang bayi, sang ibu perlu mengkonsumsi sejumlah makanan yang bisa memaksimalkan atau meningkatkan produksi ASI. Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi oleh sang ibu, inilah makanan tersebut.

10. Daun Kemangi

holy basil

Apakah kalian pernah mendengar yang namanya daun kemangi? Daun kemangi atau basil adalah daun yang biasa dikonsumsi dalam kondisi mentah atau berfungsi sebagai lalapan. Daun kemangi memiliki aroma yang khas sehingga bisa membuat orang penasaran untuk mencobanya. Bumbu pepes biasanya menggunakan daun kemangi.

Bagi para suami yang istrinya sedang dalam masa menyusui anak, coba sisipkan daun kemangi ke dalam menu makanan. Daun kemangi memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi ASI. Produksi ASI lancar maka bayi juga akan tercukupi nutrisinya. Daun basil dapat ditambahkan dalam makanan atau disajikan bersama dengan susu hangat.

9. Pepaya

unripe papaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang cukup populer di Asia. Buahnya besar, manis, mengandung mineral, dan vitamin yang sangat tinggi. Bisa dikonsumsi langsung setelah mengupas kulitnya atau bisa dijuga buat menjadi jus. Jika kalian mau menggunakan pepaya sebagai salad atau dibuat jadi rujak juga bisa.

Untuk kalian ibu-ibu yang ingin produksi ASInya lancar, bisa dicoba untuk mengkonsumsi buah satu ini. Pepaya bisa merangsang untuk meningkatkan produksi ASI. Seharusnya tidak ada masalah mengonsumsi pepaya karena rasanya yang manis. Selain produksi ASI menjadi lancar, kulit, serta pencernaan juga bisa lebih sehat berkat pepaya.

8. Jahe

ginger

Bumbu masak seperti jahe juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang tengah menyusui. Jahe sudah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya ya meningkatkan produksi ASI ini. Ibu mana yang tidak ingin bayinya tumbuh sehat, jika produksi ASI lancar, maka efeknya juga akan dirasakan oleh si buah hati.

Jahe sendiri bisa diaplikasikan dengan sangat mudah. Biasanya jahe akan digunakan sebagai bumbu masak. Jika ingin mencari variasi yang lain, kalian bisa mencoba untuk dibuat menjadi jus. Jika tidak kuat dengan rasa jahe yang kuat, sekarang ini sudah banyak dijual suplemen yang mengandung ekstrak jahe. Konsultasikan denagn dokter apabila lebih memilih untuk mengkonsumsi suplemen.

7. Almond

almond

Tidak perlu bingung apabila mengalami masalah dengan produksi air susu ibu yang minim. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Salah satunya adalah mengonsumsi sejumlah makanan tertentu. Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkatkan produksi ASI. Untuk yang kali ini adalah almond.

Almond adalah salah satu jenis kacang yang sangat populer. Paling umum ditemukan dalam cokelat. Kacang almond apabila dikonsumsi bisa memberikan banyak manfaat mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, tulang, kulit, rambut, dan juga meningkatkan produksi air susu ibu. Kacang almond bisa dimakan pada saat siang hari bersama dengan makanan lain sebagai penambah rasa. Bisa juga dicampur dengan susu tinggi kalsium jika mau.

6. Salmon

salmon

Salah satu makanan yang kaya akan lemak omega-3 dan vitamin adalah ikan. Ikan jenis apapun pastinya memiliki nutrisi tersebut, namun yang paling familiar adalah ikan salmon. Ikan salmon sangat mudah ditemukan di pasar dan juga supermarket. Cuma karena manfaatnya yang begitu besar, mempengaruhi harganya.

Bagi para ibu yang memiliki masalah dengan produksi ASI yang sedikit, mungkin bisa dicoba dengan memasukan ikan salmon dalam menu makan. Ikan salmon mengandung protein, vitamin D, B12, dan lemak omega-3 yang bukan cuma bisa berguna untuk sang ibu tapi juga bayi. Apabila dikonsumsi secara reguler, salmon bisa meningkatkan produksi ASI dan komposisinya.

5. Sayuran Hijau

green vegetables

Kita semua tahu bahwa ada banyak orang yang tidak suka dengan yang namanya sayuran hijau. Kalau anak kecil sudah tidak perlu dijelaskan lagi kenapa mereka tidak suka sayuran. Tapi ada juga orang dewasa yang tidak begitu suka sayuran. Padahal sayuran ini sangat penting karena memiliki serat yang bagus untuk pencernaan.

Selain pencernaan, sayuran hijau juga bisa memberikan dampak positif bagi ibu yang menyusui. Setelah melahirkan pastinya energi dari ibu pasti akan sangat rendah. Mengkonsumsi sayuran hijau bisa membantu mempercepat pemulihan. Sayuran juga mengandung phytoestrogen yang bisa meningkatkan produksi ASI.

4. Bawang Putih

garlic

Ingin mencari makanan yang bisa memberikan support untuk ibu menyusui tidak perlu yang susah dan mahal. Ada satu bahan makanan yang sebenarnya bagus untuk dikonsumsi untuk ibu menyusui. Bahan makanan tersebut adalah bawang putih. Tidak mungkin tidak ada orang yang tidak memiliki bawang putih di rumahnya.

Bawang putih memang sudah dikenal sejak lama akan khasiatnya yang luar biasa. Dari begitu banyak manfaat, salah satu manfaat yang mungkin orang lupa adalah menambah produksi air susu ibu. Penggunaan bawang putih tentu tidak sulit karena bisa diolah menjadi apa saja. Hanya saja ada efek samping yang bisa diberikan oleh bawang putih ini. Bawang putih bisa mempengaruhi rasa dari susu. Perhatikan apakah ada perubahan pola menyusui dari bayi ketika mengkonsumsi bawang putih.

3. Fenugreek

fenugreek

Ibu yang sedang menyusui harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Semakin bergizi makanan yang dimakan bukan cuma membantu sang ibu pulih dari rasa lelah setelah melahirkan tapi juga bisa membantu sang ibu dalam hal produksi susu. Dimana air susu ibu adalah nutrisi penting yang menjadi menu makanan utama bagi bayi.

Agar produksi ASI bisa maksimal, ada beberapa makanan yang bisa dimakan. Salah satunya adalah fenugreek. Baik itu biji dan daun fenugreek bagus untuk meningkatkan produksi ASI. Fenugreek bisa dijadikan sup, semur, atau kari, tergantung apa pilihan sang ibu. Cuma ada satu hal yang perlu diwaspadai, tidak semua orang bisa mengkonsumsi fenugreek. Beberapa ada yang bisa kembung dan iritasi pencernaan bagi yang tak terbiasa dengan fenugreek.

2. Wortel

carrot

Siapa bilang dari film kartun kita tidak bisa mendapatkan pelajaran? Ambil salah satu contohnya karakter kartun Bugs Bunny. Bugs Bunny merupakan karakter kartun kelinci yang sangat suka dengan yang namanya wortel. Wortel sangat kaya akan vitamin, terutama vitamin A yang bisa menyehatkan mata.

Selain bagus untuk kesehatan mata, wortel juga bisa memberikan efek positif bila dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ibu menyusui harus memiliki ASI yang cukup untuk sang bayi. Untuk meningkatkan produksi air susu ibu, mengkonsumsi wortel bisa menjadi salah satu cara yang bagus. Zat phytoestrogens di wortel inilah yang bisa meningkatkan produksi ASI.

1. Oatmeal

oatmeal

Oatmeal bisa dibilang sebagai makanan super. Alasannya karena makanan satu ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi siapapun yang memakannya. Selain itu, memasaknya juga sangat mudah dan bisa dikombinasikan dengan bahan makanan yang lain. Jadi semakin sulit untuk memalingkan pandangan dari oatmeal.

Yang biasa dimakan oleh mereka yang sedang diet, oatmeal juga bisa dimakan oleh ibu yang sedang menyusui. Oatmeal bisa meningkatkan tingkat hormon oxytocin dimana efeknya bisa ke produksi ASI. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa oatmeal juga bisa dikombinasikan dengan makanan lain seperti pisang, wortel, sayuran, dan lain sebagainya. Jadi nutrisi yang didapat oleh ibu yang sedang menyusui jadi lebih maksimal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas