home -> Lainnya -> 10 Negara Dengan Angka Scam Tertinggi Di Dunia
20 September 2021 00:17

10 Negara Dengan Angka Scam Tertinggi Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 18, 2021

Negara dimana pun pastinya memiliki masalah dengan yang namanya scam atau penipuan. Apalagi semenjak kemunculan internet, angka kejahatan mengenai scamming semakin bertambah. Ini membuat kita sebagai orang awam harus berhati-hati. Berhati-hati bukan saat menggunakan internet saja, tapi jua ketika bepergian ke luar negeri. Ada 10 negara di dunia ini yang terkenal akan kasus scamnya. Negara-negara dengan kasus scam tertinggi tersebut akan TahuPedia bahas di bawah ini.

10. Indonesia

indonesia

Dari sekian banyak permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia, scam adalah salah satunya. Permasalahan ini bisa dikatakan cukup serius karena jumlah kasus scam yang terjadi sangat banyak. Ditambah lagi dengan para korbannya yang tidak sadar bahwa diri mereka telah menjadi korban scamming. Mereka baru sadar setelah informasi atau uangnya hilang.

Kasus scam di Indonesia sudah ada sejak lama dan terus bertambah sejak tahun 2000. Pelaku scam ini memiliki trik yang sangat beragam untuk menipu orang. Salah satunya adalah mereka menggunakan device khusus yang diinstal ke dalam ATM. Nantinya ketika nasabah menginput pin mereka, secara otomatis pin mereka akan terekam oleh device tersebut.

9. Pakistan

pakistan

Pakistan menjadi negara kesekian di dunia yang dibuat pusing oleh para scammer. Yang pusing bukan hanya warganya tapi juga pemerintah. Apabila warga lokal saja bisa menjadi korban scam, bagaimana dengan turis? Hal ini jelas akan membuat mereka turis yang berlibur ke Pakistan berpikir ulang untuk pergi ke negara tersebut.

Para scammer ini terbilang cukup berani. Mereka berani menipu orang dengan mencatut institusi kepolisian Pakistan. Scammer ini menggunakan informasi dari petugas dengan posisi tinggi dalam aksinya. Dengan menyamar sebagai petugas berpangkat, warga biasa kemungkinan besar akan tertipu dan akan menurut pada mereka.

8. Malaysia

malaysia

Tetangga terdekat Indonesia yaitu Malaysia juga tak lepas dari masalah scamming. Masalah scam di Malaysia sudah terlalu banyak dan sering terjadi. Ini seperti makanan sehari-hari disana. Bagi mereka yang masih baru atau turis dan mereka lengah, mereka bisa menjadi mangsa empuk bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini.

Scam yang paling sering terjadi menggunakan kartu kredit dan ATM. Penipuan menggunakan kartu kredit bisa terjadi di berbagai macam transaksi mau besar atau kecil. Disarankan untuk tidak terlalu bergantung pada kartu kredit. Siapkan uang cash untuk transaksi kecil. Untuk ATM, sebaiknya gunakan mesin ATM yang tersedia di bank atau hotel. Jangan gunakan mesin ATM yang ada di jalan dan hindari menggunakannya saat malam.

7. Brazil

brazil

Bukan cuma sepakbola dan model terkenal dunia yang diidentik dengan Brazil. Brazil juga diidentik sebagai salah satu negara di dunia yang tidak aman. Berbagai macam tindak kriminal bisa terjadi disana. Tidak tanggung-tanggung, para kriminal ini bisa menggunakan senjata tajam sampai senjata api. Kalau ada orang yang terlihat baik pun kita harus berhati-hati. Bisa saja dia adalah seorang penipu.

Penipuan di Brazil bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Para kriminal ini tahu cara menarik orang adalah dengan wanita cantik. Pada ajang Olympic 2016 saja terjadi banyak kasus penipuan dan pencurian. Bahkan mereka yang baru saja melakukan transaksi di bank bisa langsung menjadi korban penculikan begitu keluar dari bank.

6. Hungaria

hungary

Berpikir untuk pergi ke Hungaria memang bagus, tapi kalian harus ekstra hati-hati bila ingin kesana. Kejahatan bisa dilakukan siapa saja, terjadi dimana saja, dan menimpa siapa saja. Hungaria sangat terkenal akan kasus scam. Para pelaku scammer biasa melancarkan aksinya pada turis asing. Yang namanya turis pastinya tidak tahu seluk beluk negara yang dikunjungi.

Khususnya para pria harus berhati-hati karena para scam ini biasanya melibatkan wanita cantik. Sejumlah wanita cantik dan menarik akan berpura-pura baik dan mengajak untuk menemani mereka ke bar. Setelah tagihan diberikan, ternyata biaya yang harus dibayar sangat besar. Mau tidak mau harus mengambil uang di mesin ATM. Tidak akan dibiarkan sendiri, kalian akan ditemani oleh bouncer pria yang bertubuh besar dan menaiki taksi. Disini, supir taksi juga bisa terlibat dalam proses scam dimana kalian akan dibawa ke ATM yang sepi dan diperas disana.

5. Cina

china

Tahu apa yang lebih mengerikan dari orang jahat? Orang jahat yang memiliki kepintaran. Mereka bisa menggunakan otaknya untuk melakukan kejahatan yang terencana. Begitu terencana sehingga orang tidak tahu apakah mereka bertemu dengan orang yang baik atau jahat. Mereka baru sadar ketika uang mereka berkurang.

Para scammer Cina ini adalah scammer yang pintar. Mereka paham bagaimana memanfaatkan teknologi untuk melakukan tindakan scamming. Di segala sisi kehidupan, scammer ini bersembunyi dan menanti orang yang lengah untuk menjadi korbannya. Ada yang berpura-pura sebagai orang dalam universitas dan meminta uang dalam jumlah besar supaya bisa meluluskan seorang anak. Ada juga penipuan dimana orang dbujuk untuk menjalani perawatan di sebuah rumah sakit lalu diminta mengtransfer uang.

4. Ukraina

ukraine

Memanfaatkan wanita cantik, scammer Ukraina biasa menargetkan mereka para pria yang sudah lama lajang. Pria yang sudah lama melajang cenderung memiliki sifat tidak sabar dan pikirannya sudah buntu. Begitu melihat wanita cantik, bisa diajak berkomunikasi, jadian, para pria ini akan menurunkan tingkat kewaspadaannya dan bisa dimanfaatkan.

Ketika mau meneruskan ke level yang lebih serius yaitu menikah, para scammer wanita ini akan meminta uang dalam jumlah yang besar untuk ditransfer ke sebuah rekening. Alasannya adalah untuk mengurus semua surat-surat penting yang diperlukan untuk menikah. Pria yang sudah tidak bisa berpikir jernih akan langsung mentransfer uang tersebut.

3. India

india

Sebelum muncul kasus pandemi, India telah dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus scam tertinggi di dunia. Kemunculan pandemi jelas membuat ekonomi semakin terpuruk. Dan kalau sudah demikian, orang-orang akan berjuang ekstra keras untuk bertahan hidup. Kemungkinan besar angka scam di India juga akan semakin meningkat.

Scam paling sederhana adalah berpura-pura tidak tahu. Biasa yang melakukan metode ini adalah supir taksi. Supir taksi pura-pura tidak tahu jalan menuju hotel. Lalu penumpangnya akan dibawa berputar jauh yang membuat biaya taksi akan membengkak. Ada pula penipuan dimana orang akan ditawari untuk membeli batu dengan mahal. Dijelaskan bahwa batu tersebut memiliki harga jual yang lebih tinggi di ke depannya. Padahal batu itu hanyalah batu biasa yang tak ada harganya.

2. Meksiko

mexico

Bepergian ke Meksiko kalian harus sangat berhati-hati. Ada banyak kasus scam yang terjadi di negara tersebut. Kasus scam yang terjadi bisa terjadi dimana-mana. Mulai dari supir taksi hingga melakukan transaksi di hotel juga ada scam. Warga lokal saja sudah kewalahan menghadapi kasus scam ini, apalagi mereka yang hanya turis.

Lebih baik gunakan taksi dari perusahaan resmi yang jauh lebih aman. Berhati-hati juga pada saat membeli souvenir. Para penjual souvenir ini akan mengaku bahwa souvenir yang mereka jual asli buatan dari seniman terkenal. Para scammer di Meksiko bahkan ada yang berani menyamar sebagai polisi untuk melakukan penipuan.

1. Nigeria

nigeria

Negara Afrika memiliki masalah utama kemiskinan. Kemiskinan ini membuat orang tidak memiliki uang untuk mencari makan dan bertahan hidup. Segala macam usaha dilakukan untuk bisa bertahan hidup. Termasuk tindakan kriminal akan dilakukan. Perampokan, pencurian, dan scam juga bisa terjadi di Nigeria.

Kasus scam yang paling sering terjadi adalah cerita bagaimana mereka memiliki uang yang sangat besar di bank tapi kesulitan untuk mencairkannya. Mereka akan meminta bantuan pada orang asing untuk mentransfer sejumlah uang padanya. Dalam proses tersebut, mereka akan mencuri semua informasi penting dari orang tersebut dan mencuri uangnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas