home -> Unik -> 10 Tempat di Dunia untuk Menggantungkan Gembok Cin...
22 Agustus 2017 15:57

10 Tempat di Dunia untuk Menggantungkan Gembok Cinta

Oleh admin dalam Unik pada August 27, 2013

Di dunia ada berbagai cara untuk mengekspresikan cinta secara nyata, dimulai dari ukiran pada meja sekolah hingga dimunculkan dalam lagu atau puisi. Namun ada cara lain untuk menunjukkan cinta sepasang kekasih yang sering muncul dalam zaman modern sekarang ini, yaitu gembok cinta atau dikenal juga sebagai love padlock. Berikut 10 tempat terbaik di dunia untuk menggantungkan gembok cinta (love lock).

Love padlock atau gembok cinta adalah sebuah tradisi yang mengikutsertakan sepasang kekasih dan sebuah gembok (terkadang dua). Mereka mengunci gembok tersebut pada sebuah tempat romantis yang menunjukkan bahwa mereka telah mengunci cinta mereka bersama sampai akhir dan kemudian melempar kunci dari gembok tersebut bersama-sama. Orang-orang mempercaya love lock ini akan membuat cinta mereka abadi.

1. Huangshan, Cina

Huangshan Love Padlock

Di dunia ini ada puluhan tempat untuk menggantukan gembok cinta atau love padlock, tapi salah satu tempat terbaik adalah di Gunung Huang atau Huangshan, Anhui, Cina. Dikenal juga sebagai 'gunung paling romantis di Cina.' Dengan pemandangan yang indah dan lingkungan yang romantis maka tempat ini cocok disebut demikian, bahkan Anda akan melihat bahwa hampir pegangan jembatan dipenuhi oleh gembok cinta ini.

Suasana romantais in juga didukung dengan sebuah legenda lokal yang mengatakan bahwa alkisah ada seorang wanita cantik yang jatuh cinta dengan pria miskin. Ayahnya tidak menyetujui hal tersebut dan menjodohkan si wanita ke seorang pria kaya. Pada hari pernikahannya, wanita cantik itu kabur bersama pria miskin ke Huangshan dan bersama-sama mereka melompat dari gunung tersebut untuk dapat bersama selamanya.

2. Pécs, Hungaria

Hungaria Love Padlock

Kota yang dinyatakan UNESCO sebagai harta dunia ini merupakan salah satu kota di dunia yang penuh dengan gembok cinta. Bahkan karena gembok cinta ini sudah kelewat banyak, ada berbagai upaya yang dilakukan untuk menghentikan hal ini, namun orang-orang tetap menggantungkan gembok cinta mereka di berbagai tempat sekitar town square (alun kota). Hal ini membuat Pécs menjadi salah satu tujuan wisata romantis.

Pada awalnya di tahun 1980, gembok-gembok tersebut juga digunakan oleh murid-murid untuk menandakan kelulusan mereka. Namun sesudah pagar tersebut penuh dengan gembok, hanya kekasih-kekasih dari penjuru dunia yang menggunakan gembok tersebut sebagai penanda keabadian cinta mereka.

3. North Seoul Tower, Korea Selatan

Seoul Tower Love Lock

N Seoul Tower, yang lebih dikenal dengan nama Seoul Tower atau Namsan Tower adalah menara observasi dan komunikasi yang juga menandakan titik tertinggi Korea Selatan (Seoul). Di pagar pada dasar menara ini dipenuhi oleh gembok cinta yang menandakan sumpah para kekasih bahwa mereka tidak akan pernah berpisah. Para kekasih yang merasa bosan dengan susasana perkotaan dapat pergi ke tempat ini untuk menikmati suasana romantis yang mengagumkan.

Ribuan gembok cinta atau love lock ada di semua pagar menara ini dan saking popularnya, pada menara ini dibuat sebuah tanda yang bertuliskan: "Sebuah Janji untuk Cinta Tiada Akhir 'I Love You.'" Kebanyakan gembok cinta ini juga ditandatangani oleh pemiliknya yang berisikan janjinya tersendiri.

4. Pont des Arts, Paris

Lover Bridge Love Padlock

Pont des Arts, Passerelle des Arts, Pont de l'Archevêché, Lover Bridge, Kissing Bridge, adalah nama-nama yang merujuk ke jembatan romantis dengan pemandangan indah di Paris. Jembatan ini sering muncul di berbagai film, salah satunya adalah Now You See Me (2013), dimana pada film tersebut ditunjukkan bahwa jembatan tersebut dihiasi dengan banyak gembok cinta.

Sayangnya, pihak berwajib tidak menyetuji gembok cinta ini karena dipandang merusak tampilan kebudayaan dan kecantikan jembatan. Walaupun begitu jika Anda beruntung maka Anda dapat memasang gembok cinta dengan kekasih Anda di jembatan ini. Jika tidak, maka masih banyak yang dapat Anda lakukan di kota yang terkenal akan romansanya ini. Sekedar pengetahuan, gembok cinta dalam bahasa Perancis adalah cadenas de l'amour.

5. Hohenzollern Bridge, Cologne, Jerman

German Love Lock

Keunikan dari gembok cinta pada jembatan ini adalah gembok-gembok cinta di jembatan ini bukan gembok polos biasa, para kekasih lokal akan mencantumkan nama, hari jadi, atau hari pernikahan mereka pada gembok tersebut baik dengan mengukirnya bahkan sampai membuatnya secara khusus. Jembatan ini adalah salah satu jembatan paling popular di Eropa bagi para kekasih muda baik lokal maupun dari berbagai belahan dunia.

Kebiasaan yang sudah berlangsung dari tahun 2008 ini telah membuat pagar sepanjang 409 meter ini penuh dengan berbagai aneka love padlock dimulai dari jenis dan bentuknya.

6. Dermaga Hati, Jakarta, Indonesia

Indonesia Love Padlock

Di Indonesia juga ada kawasan bagi para romansa yang ingin menggantungkan gembok cinta mereka yaitu di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Pada dermaga Ancol didirikan simbol kayu yang dilengkapi dengan rantai sepanjang dermaga. Rantai inilah yang menjadi tempat bagi para kekasih untuk menggantungkan gembok mereka. Memang jumlahnya belum dapat dibandingkan dengan gembok cinta pada negara lain, namun Anda tidak perlu berpergian jauh untuk mengunci cinta Anda.

Ancol memang terkenal sebagai kawasan cinta, di samping dari gembok cinta Anda juga dapat menikmati hiburan lain pada Ancol seperti Seaworld, Dufan, Ecopark dan seterusnya. Cocok bagi Anda yang ingin menambah foto di album romantis Anda.

7. Luzhkov Bridge, Rusia

Moscow Love Padlock

Jika gembok cinta di tempat lain hanya digantungkan begitu saja pada sepanjang pagar jembatan atau rantai jembatan, maka Luzhkov Bridge yang terletak di Moscow, Rusia, ini memiliki keunikannya sendiri. Pada tempat ini pohon-pohon yang Anda lihat bukanlah pohon natural melainkan pohon besi yang menandakan cinta para kekasih di Rusia.

Karena kepopuleran gembok cinta di jembatan ini, para pihak berwajib menempatkan sebuah struktur menyerupai pohon yang menjadi tempat dari gembok cinta ini. Dengan banyaknya gembok cinta yang bermunculan, struktur pohon tersebut akhirnya benar-benar menjadi pohon besi yang terbuat dari gembok cinta. Biasanya gembok cinta tersebut digantungkan oleh pasangan yang baru menikah.

8. Enoshima, Jepang

Enoshima Love Padlock

Enoshima adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Jepang dan memang terkenal sebagai salah satu tempat romantis di Jepang. Di puncak bukit pulau Enoshima in ada sebuah menara observasi dan di dekat menara observasi ini ada sebuah laut yang disebut 'lover cove' atau 'teluk kekasih'. Hal ini dikarenakan pada tempat itu ada sebuah bel bagi para kekasih yang dapat dibunyikan sebagai tanda keabadian cinta mereka.

Di samping bel ini ada sekumpulan lover padlocks atau gembok cinta yang bertuliskan nama-nama pasangan terkait. Anda dapat membeli gembok ini di tempat tersebut atau membawa gembok Anda sendiri.

9. Ponte Milvio, Roma, Itali

Rome Love Padlock

Di Itali banyak sekali tempat untuk menggantungkan gembok cinta, namun semua itu berasal dan bermula dari satu tempat yaitu jembatan tertua Roma, Ponte Milvio. Saking banyaknya gembok cinta yang digantungkan pada jembatan ini, berat tambahan tersebut mengancam struktur dari jembatan ini.

Hal ini berasal dari sebuah film yang menceritakan sepasang kekasih muda menulis nama mereka di sebuah gembok, menggantungkannya di dasar tinga lampu jembatan Ponte Milvio dan melemparkannya ke Sungai Tiber. Hal ini kemudian diikuti oleh kekasih-kekasih muda lainnya.

10. Montevideo, Uruguay

Uruguay Love Padlock

Tren dari gembok cinta ini berkembang sangat cepat dan luas sampai mencapai Amerika Selatan. Yang menariknya adalah gembok di sini digantungkan pada sekitar air mancur.

Hal ini disebabkan karena sebuah tulisan yang tertulis dalam bahasa Spanyol dan Inggris yang jika diartikan: "Legenda dari air mancur ini memberitahukan bahwa jika sebuah gembok dengan inisial dua orang yang sedang jatuh cinta digantungkan di sini, maka mereka akan kembali lagi ke air mancur ini dan cinta mereka akan terkunci selamanya."

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas