home -> Lainnya -> 10 Tips Untuk Menjadi Orang Sukses
20 September 2021 00:26

10 Tips Untuk Menjadi Orang Sukses

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 30, 2021

Melihat banyak orang sukses tentu mendorong kita untuk bisa mengikuti jejak sukses mereka. Kalau tidak sukses di bidang yang sama, setidaknya kita sukses di bidang lain yang kita pilih. Tapi ternyata mencapai sukses itu tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan, tak jarang kita harus jatuh bangun terlebih dahulu sebelum bisa mencapai sukses. Karena sulit inilah tak sedikit orang yang menyerah dalam perjalanannya menuju kesuksesan. Jika kalian mau menjadi orang yang sukses, berikut sejumlah tips berguna yang bisa kalian ikuti.

10. Percaya

believe

Satu hal yang perlu kalian lakukan ketika ingin mencapai sukses adalah percaya. Percaya bahwa diri kalian bisa melakukannya adalah kunci penting pertama yang perlu kalian miliki. Kalau kalian saja tidak memiliki kepercayaan diri, jangan harap ada orang yang bisa membantu kalian. Kalian sendirilah yang harus menjadi penyelamat bagi diri sendiri.

Kalau ada orang lain yang bisa sukses, tidak menutup kemungkinan kita juga bisa sukses. Kita sama-sama manusia, makan makanan yang sama, yang membedakan adalah bagaimana cara mereka bisa mengejar mimpi. Pada awalnya mereka para orang sukses juga pastinya dianggap remeh oleh orang sekitar. Tapi karena mereka percaya bahwa mereka bisa, maka kesuksesan itu pasti akan datang suatu hari nanti.

9. Kreatif

creativity

Sulit mencapai sukses apabila kalian tidak kreatif. Perjalanan menuju sukses itu sulit dan akan ada banyak masalah yang harus dihadapi. Jika kalian lari atau menghindar, maka sukses itu hanya menjadi mimpi. Tapi jika kalian berani menghadapinya, maka kalian selangkah lebih dekat mencapai target yang ingin dicapai.

Kreativitas ini akan membantu kalian mencapai target. Tidak mungkin masalah yang datang bisa selesai dengan sendirinya. Kita yang harus berpikir bagaimana caranya untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Kemampuan untuk berpikir dan mencari kesempatan di celah kecil ini yang bisa menentukan kalian bisa sukses atau tidak.

8. Rasa Syukur

gratitude

Kerja keras memang tidak akan mengkhianati hasil. Jika kalian sudah bekerja keras dan berhasil mencapai sukses bukan berarti perjalanan kalian terhenti. Jangan lupa untuk bersyukur dengan apa yang sudah dicapai. Tidak ada salahnya berhenti sejenak dan merefleksikan diri atas apa saja yang sudah kalian lakukan selama ini.

Jika kalian punya keluarga atau teman yang selalu mendukung dan membantu kalian selama perjalanan menuju sukses, rasa syukur bisa ditunjukan dengan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau teman kalian. Meski belum mencapai tujuan akhir tapi sudah ada perkembangan, tidak ada salahnya untuk bersyukur.

7. Pengorbanan

sacrifice

Dalam hidup pasti ada yang namanya pengorbanan. Ingin mendapatkan nilai ujian bagus harus belajar, ingin menjadi pro gamer harus latihan selama berjam-jam dan mungkin mengorbankan sekolah. Menjadi sukses juga sama, pastinya ada hal yang harus dikorbankan. Bisa jadi hal yang harus dikorbankan itu adalah hal yang kita sukai.

Pengorbanan menuju sukses ini pastinya dilakukan oleh mereka orang-orang yang namanya selalu masuk daftar orang terkaya dunia. Kerja keras sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika ingin bersenang-senang, bisa dilakukan nanti setelah sukses atau istirahat sebentar untuk menikmati "me time" lalu kembali bekerja lagi.

6. Karakter

character

Karakter juga menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk menjadi orang sukses. Sukses tapi memakai karakter orang lain untuk apa? Pastinya tidak nyaman dan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Lebih baik menjadi diri sendiri saja itu lebih baik daripada harus hidup menggunakan topeng.

Nah, karena penting untuk menggunakan karakter sendiri, penting untuk membentuk karakter yang diperlukan untuk menjadi orang sukses. Jadilah orang yang selalu positif dan bisa diandalkan. Jangan seperti orang yang bermuka dua. Di depan baik, tapi di belakang selalu membicarakan keburukan orang. Dengan karakter yang baik, reputasi kalian pun juga akan ikut menjadi baik. Semakin banyak orang yang ingin berpartner bisnis dengan orang yang berkarakter.

5. Selalu Belajar

always learning

Orang pintar saja masih tetap mau belajar, jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak belajar. Waktu semakin berjalan, teknologi semakin berkembang, masalah juga semakin bervariasi, kita sebagai manusia juga harus berkembang untuk menghadapi itu semua. Mereka yang tidak bisa berkembang akan ketinggalan zaman dan hanya bisa diam di tempat.

Salah satu cara untuk bisa maju ke depan adalah dengan belajar. Akan selalu ada pengetahuan baru yang harus dipelajari. Jangan menjadi orang yang merasa sudah pintar atau tidak perduli dengan yang namanya belajar. Orang yang mau belajar pasti akan terus berkembang. Mau kalian sudah tua sekalipun, belajar adalah suatu keharusan.

4. Fokus

focus

Apapun yang dilakukan harus disertai dengan yang namanya fokus. Target sudah ada tapi kalau kalian mudah didistraksi dengan hal lain, maka akan semakin lama waktu kalian mencapai tujuan. Menjadi sukses itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh kerja keras waktu yang entah berapa lama.

Mungkin ada yang bisa meraih sukses dengan cepat, ada juga yang lama. Kita tidak bisa menganggap mudah hal apapun itu. Kalau ternyata kalian membutuhkan waktu yang lama, maka sudah seharusnya kalian fokus dengan apa yang sudah direncanakan di awal. Hal yang tidak penting yang cenderung bisa memperlambat, singkirkan saja.

3. Aksi

action

Kalau kalian ingin pergi ke suatu tempat pastinya harus ada usaha atau aksi yang dilakukan. Kalau malas-malasan, tidak akan bisa sampai ke tempat tujuan. Kesuksesan juga sama, sukses adalah target dan kita yang harus melakukan sesuatu untuk mencapai target tersebut. Tinggal bagaimana cara memilih aksi yang tepat.

Jika target yang ingin dicapai sudah jelas, buat rencana terkait hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut. Pastikan aksi yang dilakukan adalah aksi yang tepat dan juga efisien. Istilah kerja keras saja masih kurang, harus ditambah dengan kerja pintar. Kalau ada cara yang lebih singkat dan efektif, pilihlah cara tersebut asal tetap mengikuti regulasi yang berlaku.

2. Pantang Menyerah

never give up

Orang-orang hanya melihat sosok seperti Bill Gates, Elon Musk, mark zuckerberg, dan orang sukses lain hanya dari luarnya saja. Maksudnya, mereka hanya tahu mereka saat ini sukses, kaya, usaha berjalan dengan mulus. dan lain sebagainya. Mereka tidak tahu bahwa perjalanan menuju sukses itu tidak semulus yang dikira.

Pasti ada pasang surut yang mereka alami ketika ingin mencapai sukses. Tapi kenapa mereka bisa seperti sekarang? Itu karena mereka tidak mudah menyerah. Coba bayangkan jika Bill Gates tidak ada, belum tentu dunia teknologi bisa seperti sekarang. Kegagalan itu pasti akan terjadi, kita tidak perlu takut akan hal itu. Pertama kita musti menghindari kegagalan sebisa mungkin. Tapi jangan lupa untuk membuat backup plan apabila kita gagal. Jangan menyerah sampai disitu saja.

1. Disiplin

discipline

Semua hal sudah disiapkan serta dilakukan, jangan lupa dengan yang namanya disiplin. Kesuksesan tidak bisa diraih dengan begitu saja. Ada banyak orang yang gagal dalam perjalanan menuju sukses karena lupa dengan yang namanya kedisiplinan. Sebuah rumah tidak akan bisa langsung jadi dalam waktu satu malam.

Kalian harus memiliki kontrol penuh terhadap pikiran dan juga tindakan yang diperlukan untuk mencapai target. Lakukan semua hal yang sudah dibuat dalam rencana, jangan biarkan hal lain yang tidak penting mempengaruhi kalian. Jika kalian sudah membuat rencana dengan baik, pantang menyerah, dan disiplin, sukses pasti akan datang. Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas