home -> Lainnya -> 10 Burung Yang Tidak Bisa Terbang
09 Desember 2021 08:20

10 Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 22, 2021

Jika ditanya hewan apa yang bisa terbang, dengan kompak pasti akan menjawab burung. Burung memang dikenal sebagai salah satu hewan yang bisa terbang di angkasa. Namun tidak semua jenis burung memiliki kemampuan terbang. Ada banyak yang ternyata tidak bisa terbang dan menghabiskan waktunya kalau tidak di darat ya di air. Ada 10 jenis burung yang diketahui tidak memiliki kemampuan terbang dan TahuPedia akan menjelaskannya di bawah ini.

10. Flightless Cormorant

Flightless Cormorant

Flightless cormorant memiliki nama lain galapagos cormorant. Sesuai dengan pulau tempat mereka ditemukan. Cukup jarang bisa ditemukan hewan di Galapagos termasuk burung satu ini. Bahkan flightless cormorant menjadi satu-satunya cormorant yang ditemukan di Galapagos dan tentunya tak memiliki kemampuan terbang.

Flightless cormorant tetap memiliki sayap layaknya burung. Namun sayap mereka hanya berukuran sepertiga dari ukuran tubuhnya. Membuat mereka sangat tidak proporsional untuk bisa mengangkat tubuh mereka yang besar. Otot yang mendukung untuk burung bisa terbang juga sangat sedikit dimiliki oleh flightless cormorant. Termasuk hewan yang terancam punah karena populasi mereka yang sekarang hanya berjumlah sekitar 1500 ekor.

9. Inaccessible Island Rail

Inaccessible Island Rail

Dengan ukuran tubuh yang berkisar 13 sampai 15 cm, menjadikan Inaccessible Island Rail termasuk dalam burung terkecil yang tak bisa terbang. Diberi nama demikian karena burung ini endemik di Inaccessible Island yang ada ti Tristan archipelago di wilayah isolasi Atlantik Selatan. Memiliki nama lain Atlantisia rogersi.

Orang yang pertama kali menemukan spesies burung ini adalah Henry Martyn Rogers. Tak ditemukan predator alami dari burung ini. Meski begitu, jumlah mereka diketahui hanya sekitar 8400 ekor. Pulau tempat tinggal mereka yang kecil dan terisolasi menjadi alasan kenapa jumlah mereka yang sedikit.

8. Takahe

takahe

Takahe memiliki nama lain South Island Takahe atau notornis. Termasuk dalam burung dengan berukurang sedang yang bisa ditemukan di New Zealand. Definisi bisa ditemukan bukan berarti kalian bisa dengan mudah menemukan takahe. Takahe jumlahnya sangat sedikit dan sangat jago dalam hal bersembunyi.

Sebenarnya takahe sudah dikatakan punah pada akhir tahun 1800an. Namun secara mengejutkan, takahe berhasil tampak pada tahun 1948. Takahe memiliki warna biru-hijau-merah. Dibandingkan burung lain, takahe tergolong burung yang memiliki umur panjang. Takahe diketahui bisa hidup hingga 20 tahun lamanya.

7. Kakapo

kakapo

Burung satu ini termasuk burung endemik yang ada di New Zealand. Kakapo atau owl parrot memiliki karakteristik tubuh berwarna kuning-hijau, paruh besar berwarna abu-abu, kaki pendek namun besar, sayap, dan ekor yang pendek. Tak heran kenapa kakapo bisa disebut sebagai owl parrot karena warna dan bentuknya yang mirip dengan parrot dan juga burung hantu.

Termasuk dalam keluarga parrot, hanya kakapo yang tidak bisa terbang. Kekurangan kakapo yang tak bisa terbang tertutup dengan kemampuannya tinggal di darat. Kakapo memiliki kaki yang sangat kuat. Kaki kuat ini digunakan oleh kakapo untuk memanjat pohon yang tinggi. Sayapnya lebih berfungsi sebagai parasut ketika mereka melompat dari atas pohon. Kakapo memiliki suara yang khas dimana bisa terdengar dari jarak setengah mil.

6. Weka

Weka

New Zealand menjadi tempat tinggal bagi sejumlah burung unik dan langka. Salah satu burung tersebut bernama weka. Terkhusus weka, burung ini merupakan burung asli dari New Zealand. Bentuknya kecil, kira-kira seukuran dengan ayam. Tak ada batasan makanan untuk burung weka karena mereka adalah hewan omnivora atau pemakan segalanya.

Sebanyak 4 subspesies burung weka yang berhasil diidentifikasi dan semuanya memiliki satu kesamaan yakni tak bisa terbang. Burung weka menghabiskan waktunya di darat dan juga air. Jangan meremehkan kemampuan burung weka, meski mereka tidak bisa terbang, kemampuan berenang yang mereka miliki tidak bisa dianggap remeh. Mereka handal dalam berburu ikan di air.

5. Kiwi

Kiwi

Jika ingin mencari hewan yang unik, bisa mencoba untuk pergi ke New Zealand. Kalian bisa melihat ada banyak hewan unik yang hanya bisa ditemukan disana. Seperti hewan berikut ini, disebut sebagai burung kiwi. Burung kiwi merupakan hewan endemik di New Zealand, memiliki ukuran sebesar ayam domestik bahkan lebih kecil lagi.

Burung kiwi memiliki sayap yang tersembunyi. Sayap mereka terlalu kecil dan lembut apabila dibandingkan dengan tubuhnya. Sayap yang terlalu kecil ini membuat burung kiwi tidak bisa terbang. Jika dilihat, burung kiwi seperti burung kecil yang sepertinya cocok untuk dijadikan peliharaan. Tubuh kiwi boleh saja kecil, tapi mereka termasuk hewan yang agresif dan sangat teritorial. Tidak direkomendasi untuk memelihara kiwi. Apalagi mereka termasuk hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang sudah sedikit.

4. Kasuari

cassowary

Burung yang juga memiliki ukuran tubuh besar selain burung unta, kasuari merupakan burung yang sangat cantik dan juga langka. Beberapa tempat yang memungkinkan untuk melihat burung satu ini adalah Papua Nugini, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Timur Laut Australia. Kasuari bisa tumbuh hingga 1,7 meter dengan berat 47 kg.

Kasuari termasuk hewan yang berbahaya. Mereka agresif dan teritorial. Kasuari dipersanjatai dengan tulang kepala yang keras dan juga cakar panjang seperti pisau dengan panjang 4 inci. Sangat memungkinkan bagi kasuari untuk membunuh manusia apabila mereka terancam. Kasuari dianggap sebagai salah satu hewan purba yang berhasil bertahan hidup dari kepunahan massal jutaan tahun yang lalu.

3. Burung Unta

ostrich

Tidak mungkin membahas burung yang tidak bisa terbang tanpa menyebut burung unta. Burung unta dianggap sebagai burung terbesar yang masih hidup. Mereka bisa memiliki tinggi hingga 2,5 meter. Ukuran mereka yang cukup besar ini memungkinkan burung unta untuk ditunggangi oleh manusia. Di Afrika dan Arab, burung unta sering dijadikan tunggangan untuk lomba.

Karena ukuran mereka yang besar, telur yang dihasilkan oleh burung unta juga besar, terbesar di antara burung lainnya. Bisa berukuran 5 inci dengan berat 3 pounds. Termasuk hewan liar, sebaiknya kita berhati-hati apabila berada di dekat burung unta. Burung unta memiliki tendangan yang sangat kuat. Apabila mereka meresa terancam, burung unta akan membalikan badan dan menendang apapun itu yang dianggap berbahaya.

2. Steamer duck

Steamer duck

Steamer duck merupakan genus bebek yang masih termasuk dalam keluarga Anatidade. Ada 4 spesies steamer duck yang berhasil diketahui. Dari keempat spesies tersebut, hanya satu satu spesies yang bisa terbang, sisanya hanya tinggal di darat. Yang bisa terbang adalah spesies flying steamer duck. Dan yang tidak terbang antara lain fuegian steamer duck, chubut steamer duck, dan falkland steamer duck.

Satu kesamaan yang steamer duck miliki adalah sifat mereka yang agresif. Steamer duck terkenal sebagai bebek yang sangat agresif. Tak jarang mereka terlibat perkelahian hebat dengan sesama steamer duck. Apabila ada bebek lain yang masuk dalam wilayah mereka, steamer duck akan mengusir hewan tersebut. Steamer duck juga tak segan menyerang burung lain yang memiliki ukuran sama dengan mereka.

1. Penguin

penguin

Siapa yang tak kenal dengan penguin? Burung kecil yang terkenal lucu ini adalah burung yang biasa tinggal di daerah dingin. Mereka bisa bertahan di daerah yang dingin dikarenakan tubuh mereka terlindung oleh bulu yang sangat tebal. Penguin juga dikenal sebagai burung yang memiliki kemampuan berenang yang handal. Kemampuan berenang ini yang mereka gunakan untuk berburu makanan di dalam air.

Meski mereka dianggap sebagai burung, penguin tidak bisa terbang layaknya burung lain. Salah satu hal yang bisa dilihat kenapa mereka tidak bisa terbang adalah bentuk sayapnya. Jika burung pada umumnya memiliki bentuk sayap yang merentang lebar, penguin justru memiliki sayap yang seperti dayung. Sayap yang seperti dayung ini yang membuat mereka handal dalam berenang dan juga menyelam.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas