home -> Lainnya -> 10 Tanda Umum Orang Egois
20 April 2021 02:27

10 Tanda Umum Orang Egois

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 06, 2021

Individualis memang diperlukan, tapi ketika bersosialisasi harus dipikirkan ulang apakah yang kita inginkan atau lakukan bisa membuat rugi orang lain atau tidak. Jika kita lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri atas orang lain bahkan sampai merugikan orang, itu yang dinamakan egois. Jika sudah sampai demikian maka kita bisa jadi orang yang dibenci. Tidak akan ada orang yang mau dekat atau bekerja sama dengan kita. Agar lebih jelas mengenai orang egois, berikut ciri-ciri umum dari orang egois yang perlu diketahui.

10. Merasa Berhak Atas Penghargaan

award

Semua orang pasti senang jika mendapatkan penghargaan. Penghargaan didapat tentu bukan tanpa sebab, ada suatu hal yang dikerjakan terlebih dahulu kemudian berhasil baru setelahnya diberikan penghargaan. Hal normal seperti ini tidak dimengerti oleh orang yang memiliki sifat egois. Mereka hanya mau mendapatkan penghargaannya saja.

Orang egois merasa bahwa dirinya yang berhak atas penghargaan. Entah dia yang melakukan pekerjaan atau tidak, dia hanya mau penghargaan tersebut menjadi miliknya. Dengan demikian, dia merasa bahwa dirinya lebih hebat dari orang lain. Bahkan mereka juga bisa saja merasa iri apabila ada orang lain yang mendapatkan penghargaan, bukan dirinya.

9. Anti Kritik

anti critic

Apa yang akan kamu lakukan ketika mendapatkan kritik dari orang lain? Apakah kalian akan menerima lalu introspeksi diri? Atau jangan-jangan kalian tidak mau mendengarkan dan bersikap masa bodoh dengan kritik tersebut? Jika kalian memilih untuk masa bodoh dengan kritik, maka kalian termasuk orang yang egois.

Orang egois itu paling tidak mau dikritik atau anti kritik. Padahal kritik bila dipikirkan secara baik, bisa jadi memang ada yang kurang atau salah dari diri kita dan bisa menjadi pelajaran untuk menjadi orang yang lebih baik. Kalau orang egois menganggap kritik hanyalah hal yang tak penting, mereka menganggap diri mereka sudah benar jadi buat apa untuk dikritik.

8. Mengorbankan Orang Lain Demi Tujuan Diri Sendiri

sacrificing others

Salah satu tanda umum seseorang itu memiliki sifat egois atau tidak adalah mengorbankan orang lain demi tujuan diri sendiri. Kalau kalian melihat ada orang lain seperti itu lebih baik hindari saja. Kalau ternyata kalian sendiri yang memiliki tanda ini, sudah seharusnya kalian merubah sifat tersebut karena itu akan membuat kalian dijauhi orang.

Pengorbanan memang pasti akan terjadi, tapi alangkah baiknya pengorbanan tidak melibatkan banyak orang. Kalau memang terpaksa, pastikan ada manfaat positif besar yang bisa diperoleh. Tapi orang egois tidak akan berpikir seperti itu karena mereka hanya akan memikirkan diri mereka sendiri. Kalau ada orang lain yang bisa melakukan, kenapa harus dia yang bekerja. Kira-kira seperti itu pikiran orang egois.

7. Tidak Mau Berbagi

not sharing

Seringkali kita melontarkan ucapan pelit pada seseorang yang tidak mau berbagi dengan kita. Kita langsung menilai mereka pelit dan egois hanya karena tidak mau membantu. Sebelum menilai orang pelit dan egois, kita musti melihat dulu kondisi orang tersebut dan mendengarkan alasan mereka terkait tindakan yang dilakuka.

Kalau kita meminta sesuatu pada orang yang tidak memiliki apa-apa dan orang tersebut tidak memberikannya, orang tersebut tidak bisa dikatakan pelit dan egois karena memang mereka tidak memiliki kemampuan untuk memberi. Tapi jika kalian meminta sesuatu pada orang yang memiliki suatu hal yang diminta tapi tidak mau memberikan, barulah orang tersebut dianggap pelit dan egois.

6. Selalu Merasa Superior

superior

Setiap orang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau mau membanggakan kelebihan yang dimiliki adalah hal yang wajar apabila tidak dilakukan secara berlebihan dan tentunya tidak merendahkan orang lain. Ketika ada orang yang merasa dirinya lebih dari orang lain sehingga melakukan tindakan yang menghina atau merendahkan orang lain, ini bukanlah tindakan yang bagus dan termasuk orang yang egois.

Orang egois sangat suka membanggakan dirinya sendiri. Ketika mereka sudah berada di puncak dan merasa superior, mereka akan memandang orang lain itu lebih rendah dari mereka. Efek lebih lanjutnya, orang yang merasa superior ini akan bertindak seenaknya pada mereka yang kalah. Mereka tidak berpikir bahwa tidak selamanya orang akan unggul di satu bidang, akan ada bidang lain yang pastinya lemah dan nantinya posisi akan berbalik.

5. Pandai Memanipulasi Orang

control freak

Jangan pernah berharap bahwa orang egois mau mengotori tangan mereka atau mengeluarkan tenaga mereka demi suatu hal. Mereka lebih memilih untuk bersantai-santai namun mendapatkan penghargaan atau hadiah meski yang melakukan pekerjaan adalah orang lain. Jadi, mereka ini sangat jago dalam hal memanfaatkan orang lain.

Orang egois tidak pernah mau mengerti perasaan dan capeknya orang bekerja. Mereka memiliki seribu cara untuk memanipulasi orang agar mau mengerjakan pekerjaan dirinya. Ketika pekerjaan tersebut selesai, orang egois akan mengklaim itu adalah hasil kerja mereka dan tidak akan memberikan kredit sedikit pun kepada orang yang sudah membantunya.

4. Cuek

cuek

Memiliki sifat cuek memang penting karena tidak semua hal perlu diberikan perhatian. Apalagi kalau memang hal tersebut tidak penting dan tidak memiliki hubungan langsung dengan kita, buat apa diperdulikan. Namun apa yang terjadi pada orang egois itu berbeda, mereka benar-benar cuek pada semua hal termasuk orang di dekatnya.

Orang egois ini hanya mementingkan diri mereka sendiri di atas orang lain. Orang lain ada masalah apa, belum tentu mereka mau membantu. Mendengarkan sudah pasti, tapi masalah mau memberikan bantuan atau tidak, itu masalah lain. Mereka maunya kepentingan mereka yang didahulukan, orang lain mau setuju atau tidak, bukan menjadi masalah mereka.

3. Mudah Menghakimi Orang

using people

Menghakimi orang itu memang mudah dilakukan oleh semua orang. Yang sudah adalah memposisikan diri di tempat orang tersebut dan mencari tahu alasan serta pilihan yang tersedia untuk orang tersebut. Orang egois tidak akan pernah mengerti hal ini, mereka hanya mau menghakimi orang.

Orang egois tidak akan perduli dengan perasaan orang yang mereka hakimi serta dampak di masa depan seperti apa. Kalau mereka berani menghakimi di depan orang, maka jangan heran kalau di belakang juga mereka akan melakukan hal yang sama. Mereka melakukan ini karena mereka merasa diri mereka lebih baik makanya berhak menilai orang sesukanya.

2. Tak Mau Mengakui Kesalahan

avoid mistake

Setiap orang pasti akan melakukan kesalahan. Jika ada yang menegur karena kesalahan yang kita perbuat, terima nasib saja. Bahkan kalau sampai mendapatkan sanksi atas kesalahan yang dilakukan juga diterima asalkan masih masuk akal. Tapi ada orang yang tidak mau melakukan kesalahan yang mereka perbuat dan biasanya orang yang egois memiliki ciri ini.

Jangan berharap orang egois mau mengakui kesalahan. Meski itu adalah kesalahan yang jelas-jelas mereka perbuat, mereka tidak akan mau mengakuinya. Kemungkinan terbesarnya adalah mereka akan melempar kesalahan tersebut ke orang lain. Pokoknya apapun akan dilakukan agar mereka tidak kena konsekuensi.

1. Tidak Terlihat Punya Kelemahan

weak

Karena semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, wajar jika ada hal yang tidak bisa dilakukan dan ketika melakukannya akan terjadi kesalahan. Tapi ketika melakukan hal yang mereka unggul, tidak akan ada masalah. Ada beberapa orang yang mau mengakui bahwa mereka memiliki kelemahan, ada juga yang malah menutupinya.

Orang dewasa pasti akan dengan terbuka mengakui apa yang menjadi kekurangan. Berbeda dengan orang egois, mereka tidak mau mengakui kelemahan. Sebagai gantinya, mereka malah mengatakan apa yang menjadi kelebihan mereka, tentu dengan bumbu lebih agar mereka terlihat hebat. Orang egois benci terlihat lemak di mata orang karena itu bisa menjatuhkan harga diri mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas