home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Buruk Yang Dilakukan Sebelum Tidur
21 September 2021 00:36

10 Kebiasaan Buruk Yang Dilakukan Sebelum Tidur

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 29, 2021

Kalau sudah malam waktunya tidur ya tidur. Jangan lakukan kegiatan lain yang bisa membuat jam tidur terganggu dan sulit tidur. Kenyataannya, banyak orang yang melakukan banyak hal sebelum tidur. Jelas saja waktu tidur akan terpengaruh karena adanya kegiatan yang harus dilakukan. Jika hanya sekali atau dua kali dilakukan, tak masalah, tapi ini dilakukan berkali-kali hingga menjadi kebiasaan. Dan kalau sudah demikian dampaknya akan buruk untuk kesehatan. Inilah dia serangkaian kebiasaan yang sering orang lakukan sebelum tidur sehingga membuat jam tidur berkurang dan tidur tak berkualitas.

10. Menonton Film atau Mendengarkan Lagu

watching movie

Paling enak menonton film atau mendengarkan lagu itu di malam hari. Di saat setelah seharian lelah bekerja atau sekolah, malam menjadi salah satu momen dimana kita bisa menikmati "me time" dengan menonton film atau mendengarkan lagu yang diinginkan. Mendengarkan lagu atau menonton film memang seru bahkan bisa membuat orang jadi lupa waktu.

Awalnya yang hanya ingin menonton satu atau dua, secara tak sadar malah sudah banyak film yang ditonton hingga lewat waktu istirahat. Pastinya di antara kalian ada yang pernah melakukan hal ini. Perlu diingatkan bahwa jangan sampai kalian menyia-nyiakan waktu tidur kalian untuk kesenangan yang hanya sesaat. Ingat bahwa masih ada hari esok dimana kalian harus kembali beraktivitas seperti normal.

9. Tidur Siang Terlalu Lama

sleeping

Banyak pakar kesehatan menjelaskan tentang betapa pentingnya tidur siang. Tidur yang dilakukan saat siang hari dengan waktu yang singkat cukup untuk sedikit membuat tubuh dan pikiran rileks. Barulah setelah itu melanjutkan kembali aktivitas yang tertunda karena tidur. Ingat bahwa tidur siang yang dilakukan hanya hitungan sebentar, sekitar 30-60 menit.

Kalau sampai kalian melampaui waktu maksimal tidur siang, kalian justru bisa membuat malam menjadi segar. Itu karena kalian sudah menghabiskan waktu siang kalian untuk tidur. Jadi, tubuh melakukan recovery tenaga di siang hari sehingga malam membuat kita jadi segar dan susah tidur. Atur waktu dan durasi tidur siang kalian agar malam tetap bisa tidur tepat waktu.

8. Overthinking

overthinking

Kunci untuk bisa tidur cepat adalah dengan membuat tubuh serta pikiran rileks. Tubuh sudah rileks tapi kalau pikiran masih belum, maka sulit untuk bisa tidur dengan cepat. Mungkin kalian yang mengalami masalah tidur atau insomnia dikarenakan sebelum tidur kalian terlalu banyak berpikir atau overthinking entah apa yang dipikirkan.

Supaya tubuh cepat tidur dan bisa melakukan recovery, buang semua pikiran tak penting yang bisa menganggu waktu tidur. Kosongkan pikiran dan mulai istirahat. Kalau memang ada yang musti dipikirkan, pikirkan dari jauh sebelum waktu tidur. Kalau sudah waktunya tidur, jangan penuhi pikiran yang bisa membuat susah tidur.

7. Olahraga Terlalu Berat

workout

Memang disarankan bagi kita semua untuk berolahraga. Mau sesibuk apapun itu, sebisa mungkin luangkan waktu sebanyak 30-60 menit untuk olahraga. Jangan sampai kita bekerja terlalu keras demi mencari uang yang banyak namun lupa olahraga sehingga mudah sakit. Tidak lupa untuk memperhatikan kapan dan seberapa lama waktu untuk olahraga.

Mau olahraga pagi atau malam, keduanya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Yang perlu menjadi perhatian adalah ketika memilih untuk melakukan olahraga di malam hari. Jangan lakukan olahraga terlalu berat yang membuat tubuh menjadi sangat lelah. Terlalu lelah kadang malah membuat tubuh susah untuk diajak istirahat.

6. Bermain Mobile Games

playing games

Siapa sih yang tidak suka bermain video games? Video games tidak hanya bisa dimainkan di console atau PC saja, sekarang sudah bisa dimainkan juga di smartphone. Bermain video games mau dimana platformnya, bisa membuat pikiran menjadi santai dan meringankan beban. Tapi seringkali momen ini membuat orang jadi lupa waktu.

Saking serunya bermain games, tak terasa jam sudah melewati jam 12 malam. Dimana jelas ini sudah waktunya untuk tidur. Tubuh butuh istirahat setelah seharian beraktivitas. Terkadang orang menjadikan hal ini sebagai kebiasaan sebelum tidur. Kalau tidak main di console atau PC, setidaknya bisa main di hp sembari tiduran.

5. Membuka Sosial Media

social media

Membawa smartphone atau gadget lainnya ke tempat tidur bukanlah pilihan yang bijak. Kenapa? Karena dengan adanya gadget, fokus kita bisa jadi terpecah. Yang mustinya kita istirahat malah menjadi asyik membuka gadget. Apalagi jika sudah mendengar ada notifikasi masuk dari sosial media. Makin terbuka lebar mata untuk melihat apa yang terjadi.

Membuka smartphone dan juga sosial media bisa sangat menjadi adiksi. Membuat orang yang ngantuk menjadi segar. Sembari menggeser layar ke bawah melihat postingan teman, gebetan, pacar, atau artis idola kita. Jika ingin cepat tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas, kalian harus menyingkirkan smartphone dan gadget jauh-jauh dari tempat tidur.

social media

social media

4. Makan Makanan Pedas

spicy food

Makanan pedas memang bisa menggugah selera seseorang. Kecuali kalau mereka yang memang tidak suka pedas pastinya tidak akan mau makan. Makanan pedas ini bisa membuat seseorang menjadi terjaga dalam waktu yang lama. Sensai pedas dan panas bukan hanya bisa muncul di mulut tapi juga di perut.

Sensasi menarik yang tidak bisa dilupakan mereka yang pecinta pedas. Kalau dimakan di saat pagi atau siang hari sih itu tidak menjadi masalah. Tapi jika kalian mengkonsumsi makanan pedas di saat malam apalagi menjelang tidur, kalian malah bisa menjadi tidak tidur. Perut kalian bermasalah baik di malam sebelum tidur atau di pagi hari.

3. Makan Terlalu Banyak

eat to much

Semua orang pasti butuh yang namanya makan. Makan biasa dilakukan 3 kali dalam sehari yakni makan pagi, siang, dan malam. Disarankan untuk makan makanan yang bergizi dan dalam porsi yang pas. Tujuannya agar tubuh mendapatkan nutrisi dan tenaga. Porsi disesuaikan agar tidak membuat berat badan tubuh meningkat drastis sehingga menyebabkan obesitas.

Jika sebelumnya sudah dijelaskan bahwa makan makanan pedas bisa menyebabkan susah tidur, makan makanan biasa namun dalam porsi yang besar juga bisa membuat gangguan tidur. Makan dalam porsi besar sehingga membuat terlalu kenyang bisa membuat orang enggan tidur karena perut merasa tak nyaman, Makanlah dengan porsi yang tepat sekitar 2-3 jam sebelum tidur supaya jam tidur tidak terganggu.

2. Minum Kopi

coffee

Salah satu kebiasaan yang sering orang lakukan sehingga membuat tidur menjadi terganggu yaitu minum kopi. Kopi sekarang ini memang menjadi minuman yang sangat populer. Mayoritas orang minum kopi, bukan cuma satu gelas tapi bisa beberapa gelas dalam waktu sehari. Tak tertutup juga minum kopi di malam hari.

Di dalam kopi terkandung zat yang namanya kafein. Kafein ini bisa membuat seseorang menjadi sulit tidur. Kafein bisa membuat tubuh menjadi segar dan detak jantung berdetak lebih cepat. Jika detak jantung berdetak lebih cepat dan tubuh segar, kecil kemungkinan seseorang akan tidur. Lebih baik minum air putih secukupnya untuk menjaga cairan di dalam tubuh agar tidak kurang.

1. Begadang

stay awake

Kebiasaan terakhir namun paling banyak dilakukan orang sebelum tidur tidak lain adalah begadang. Ada banyak saja alasan orang melakukan begadang, salah satunya bisa dikarenakan pekerjaan. Pekerjaan yang menumpuk di kantor dijadikan alasan untuk membenarkan begadang. Memang benar pekerjaan kantor harus diselesaikan, tapi tidak juga harus sampai begadang setiap hari.

Tubuh layaknya mesin yang perlu istirahat. Mesin rusak bisa dibetulkan di bengkel atau diganti baru, tapi kesehatan tubuh sulit untuk digantikan. Pekerjaan belum tentu selesai tapi kesehatan tubuh terganggu dan harus mengeluarkan uang untuk mengembalikan kesehatan tubuh seperti semula. Sebisa mungkin hindari yang namanya begadang jika bukan karena terpaksa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas