home -> Lainnya -> 10 Tips Saat Melakukan Kencan Pertama
20 September 2021 09:57

10 Tips Saat Melakukan Kencan Pertama

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 23, 2021

Momen kencan pertama menjadi momen yang sangat penting dalam memulai hubungan. Kenapa? Karena apabila kalian melakukan kesalahan di momen ini, bisa mempengaruhi hubungan kalian. Apakah bisa berlanjut atau malah putus begitu saja, kira-kira seperti itu. Makanya banyak orang yang bingung ketika harus melakukan kencan pertama ini. Mereka takut akan melakukan kesalahan yang bisa membuat kencan pertama mendapatkan impresi yang buruk dan pasangan minta putus begitu selesai kencan. Agar tidak stres dan bingung, berikut ada sejumlah tips pada saat hendak melakukan kencan pertama.

10. Humor

humor

Tidak ada orang yang suka dengan pasangan yang kaku. Kaku disini maksudnya adalah orang yang selalu serius dan tidak ada rasa humor. Hidup penuh dengan masalah, melakukan kencan pertama dengan orang yang ditaksir adalah salah satu cara untuk sedikit meringankan masalah dan stres. Bukannya malah menambah stres.

Agar kencan pertama meninggalkan kesan yang baik, maka diperlukan yang namanya humor. Sedikit rasa humor lebih dari cukup untuk mencairkan hati yang sedang buruk. Bahkan bisa mencairkan suasana yang sedang panas. Kalau kalian termasuk orang yang kaku, belajarlah untuk bisa melempar satu-dua humor. Ini bukan cuma demi pasangan tapi juga diri sendiri.

9. Lakukan Follow Up

follow up

Sudah menyiapkan segala macam hal untuk kencan pertama dan kencan pertama berhasil dengan baik? Bagus. Tapi itu tidak cukup bila tidak diikuti dengan yang namanya follow up. Banyak orang yang gagal dalam menjalankan relationship karena mengira kencan pertamanya sukses tapi lupa melakukan follow up.

Sukes melakukan kencan pertama hanyalah tes pertama yang musti kalian lalui. Masih ada tes lagi yang juga perlu kalian lakukan. Follow up dengan merencanakan kencan berikutnya dengan orang tersebut. Mungkin bisa kalian lakukan dalam waktu yang cepat atau lambat, tergantung waktu dari masing-masing pihak. Selain menyiapkan rencana untuk kencan berikutnya, berikan tanggapan juga melalui chat mengenai kesan kencan pertama yang dilakukan.

8. Pilih Lokasi Yang Tepat

lokasi

Melakukan kencan pertama tidak bisa sembarangan. Karena pada momen inilah pasangan akan menilai apakah hubungan ini bisa terus dilanjutkan atau tidak. Kalau dirasa bahwa kencan pertama sudah buruk, orang zaman sekarang tidak ragu untuk langsung mengakhiri hubungan dan menghilang begitu saja.

Salah satu tips untuk membuat kencan pertama berjalan lancar adalah dengan menentukan lokasi kencan. Lokasi kencan yang tepat bisa membuat kencan terasa menyenangkan. Cari lokasi kencan yang sesuai dengan tempat kesukaan dari pasangan. Kafe, mall, restoran, pilih yang mana sekirannya kalian berdua bisa menikmati waktu berdua dengan tenang dan tanpa gangguan.

7. Pelajari Body Language

body language

Kalian pikir hanya di dunia kerja saja perlu diperhatikan yang namanya body language? Ternyata tidak. Body language itu diperlukan di setiap saat. Tujuannya jelas agar orang yang melihat kita, tidak memberikan kesan yang buruk atau negatif. Apalagi pada saat penting seperti kencan pertama dimana kalau momen ini sampai rusak, tidak bisa kembali lagi seperti semula.

Cari tahu seperti apa body language atau bahasa tubuh yang baik ketika harus berhadapan dengan lawan jenis. Jelas berhadapan dengan lawan jenis akan berbeda ketika berhadapan dengan HRD saat wawancara kerja. Gerakan tubuh serta ekspresi wajah perlu diperhatikan karena bukan cuma kita saja yang dapat menilai pasangan, tapi pasangan juga bisa menilai sikap kita.

6. Jujur

jujur

Jujur menjadi salah satu kunci penting dalam menjalani hidup. Di dunia kerja, sekolah, serta dalam berhubungan juga diperlukan kejujuran. Tidak ada orang yang mau dibohongi oleh pasangannya bukan? Untuk itu, pada saat hendak melakukan kencan pertama usahakan untuk mengedepankan kejujuran ketika sedang menceritakan diri sendiri.

Tidak perlu mengarang atau melebih-lebihkan cerita agar pasangan kagum. Ceritakan apa adanya sesuai kenyataan. Kalau memang benar ingin menjalani hubungan dengan serius, doi pasti akan menerima kita. Kalau pun ada hal yang tidak ingin diceritakan, tinggal jelaskan saja padanya bahwa hal tersebut belum siap untuk diceritakan.

5. Pakaian

pakaian

Tidak mungkin melakukan kencan pertama dengan menggunakan pakaian seadanya. Perlu diingat bahwa kencan pertama menjadi penentu untuk kencan berikutnya. Di saat kencan pertama ini masing-masing pihak akan menilai apakah pasangan ini cocok dengannya atau tidak. Apakah hubungan asmara layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Menentukan pakaian musti kalian pikirkan dengan baik. Usahakan pakaian yang digunakan sudah disesuaikan dengan lokasi kalian kencan serta cuaca. Pastikan pakaian yang kalian pakai tidak terlalu norak sehingga bisa menarik perhatian orang. Jangan lupa juga untuk memilih bahan yang nyaman agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

4. Biarkan Dia Yang Bercerita

cerita

Sangat dimengerti bahwa momen kencan pertama adalah momen yang sangat penting. Ada keingingan bagi kita untuk bercerita banyak pada pasangan. Tapi, kencan itu dilakukan oleh dua orang, kalau hanya satu orang saja yang terus menerus bercerita, bisa-bisa kalian dianggap sebagai orang yang egois dan ingin menjadi orang yang didengar tanpa mau mendengar orang lain.

Jangan menjadi kita terus yang berbicara, yang punya cerita bukan cuma kita tapi dia juga punya. Berikan kesempatan bagi pasangan untuk menceritakan apa yang sudah dialami dan juga bercerita tentang diri mereka. Intinya pastikan bahwa komunikasi lancar antara kalian berdua, masing-masing memiliki kesempatan yang sama untuk menceritakan apa yang mau diceritakan.

3. Jangan Membuat Hal Menjadi Rumit

hal rumit

Kalau ada yang mudah, kenapa harus mempersulitnya? Kira-kira begitulah yang banyak orang katakan. Kencan itu sudah termasuk dalam masalah karena ada banyak hal yang musti dipersiapkan sebelum pergi menemui kekasih. Apalagi kencan pertama yang menjadi kunci utama untuk menentukan keberlangsungan hubungan.

Jangan membuat kencan pertama menjadi rumit dengan memikirkan harus melakukan apa dengan sempurna. Cari ide tentang kencan yang simpel namun bermakna pasti bisa kalian lakukan. Jika kreativitas dan spontanitas kurang, bisa cari tahu di internet atau bertanya pada teman dekat. Semudah kencan di kafe atau mall adalah salah satu cara simpel untuk melakukan kencan pertama.

2. Siapkan Topik

topik

Kencan tidak mungkin kalian akan saling tatap mata dan diam sepanjang hari bukan? Pasti akan terjadi perbincangan antara kalian berdua. Pertukaran informasi yang bisa berguna atau tidak untuk mengisi waktu kencan. Yang akan menjadi masalah adalah satu atau bahkan dua orang ternyata adalah orang yang pendiam.

Kencan dengan orang yang pendiam adalah tugas berat yang harus dipecahkan. Karena tidak mungkin kencan akan saling diam, maka salah satu harus ada yang berinisiatif untuk membuka percakapan. Kalau kalian termasuk orang yang pendiam, maka persiapkan topik pembicaraan yang sekiranya menarik untuk dibahas. Usahakan cari topik yang bisa dikembangkan ke arah mana saja agar percakapan tidak putus dan kencan tetap seru.

1. Stop Bertukar Pesan, Simpan Untuk Bertemu Langsung

stop texting

Ada yang bingung ketika ingin melakukan kencan pertama, ada pula yang justru sangat bersemangat. Saking bersemangatnya, orang ini sampai terus menerus chat dengan kekasihnya sampai lupa waktu. Sekali sudah menentukan tanggal untuk kencan pertama, jangan bertukar pesan sampai lupa waktu. Simpan untuk bertemu langsung.

Tidak semua hal itu harus dibahas melalui chat. Mungkin di chat kalian terlihat seru karena topik pembicaraan tidak akan ada habis-habisnya karena ada waktu untuk berpikir dan mencari topik baru. Lebih baik simpan topik pembicaraan tersebut pada saat sudah bertemu langsung. Terkadang orang yang asyik di chat tapi bisa membosankan pada saat berhadapan langsung. Hindari hal seperti ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas