home -> Lainnya -> 10 Makhluk Terbesar Yang Hidup Di Laut
23 Oktober 2021 23:52

10 Makhluk Terbesar Yang Hidup Di Laut

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 17, 2021

Laut kita itu memiliki ukuran yang luas, diisi dengan berbagai macam makhluk hidup. Ada yang memiliki ukuran kecil, ada yang memiliki ukuran raksasa. Berbicara soal ukuran yang besar, yang banyak orang tahu adalah Blue Whale atau paus biru yang dianggap sebagai makhluk terbesar yang hidup di laut. Besarnya bisa mencapai 33 meter. Sebenarnya ada makhluk hidup lain di laut yang memiliki ukuran lebih besar dari paus biru. Makhluk apakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

10. Giant Ocean Manta Ray - 7 Meter

giant ocean manta ray

Mengawali daftar makhluk terbesar yang hidup di laut dengan ikan pari. Ikan pari sendiri ada banyak jenisnya. Namun satu yang memiliki ukuran terbesar di antara jenis lainnya. Itu adalah jenis giant ocean manta ray. Giant ocean manta ray paling sering ditemukan di perairan tropis dan subtropis. Jangan tertukar antara manta ray dan stingray. Manta ray tidak memiliki duri di bagian bawah ekor seperti stingray.

Dari sejumlah manta ray yang pernah ditemukan, giant ocean manta ray terbesar yang berhasil dicatat memiliki ukuran 7 meter. Jenis giant ocean manta ray memang dikenal sebagai jenis ikan pari yang terbesar. Bukan cuma ukuran tubuhnya saja, manta ray juga memiliki otak terbesar dibandingkan ikan lain.

9. Great White Shark - 7 Meter

great white shark

Di setiap tempat pasti ada predator yang menempati posisi sebagai puncak rantai makanan. Kalau di darat ada singa, di langit ada elang, di laut penguasanya adalah hiu putih besar atau yang biasa disebut dengan great white shark. Tak ada satu pun makhluk laut yang bisa lolos bila diincar oleh hiu satu ini.

Great white shark terkenal ganas dan tak kenal ampun. Mereka memiliki penciuman yang tajam, jadi mereka bisa menemukan mangsa yang sedang terluka melalui darahnya. Mereka juga memiliki tingkat penasaran yang tinggi. Orang yang sedang berselancar akan dihampiri untuk dicek apakah mereka termasuk mangsanya atau bukan. Bukannya great white shark menargetkan manusia, tapi great white shark sering salah mengira bahwa manusia itu adalah anjing laut atau singa laut yang menjadi menu utama makanan mereka.

Namanya saja sudah hiu putih besar, tentu ukurannya juga besar. Hiu putih besar bisa tumbuh hingga ukuran 7 meter. Dengan ukuran sebesar itu, mereka dapat dengan mudah memangsa makhluk laut lain yang beratnya hingga beberapa ratus pounds.

8. Oarfish - 8 Meter

oarfish

Dengan bentuk tubuhnya yang unik dan mirip seperti naga, oarfish seringkali disebut sebagai sea serpent atau sea dragon. Oarfish sendiri sebenarnya termasuk dalam jenis ikan regalecidae. Tidak bisa ditemukan sembarangan, oarfish lebih menyukai berenang di perairan yang tropis atau hangat dan mereka jarang sekali menampakan diri.

Oarfish berenang di kedalaman 1000 meter di bawah permukaan air. Namun ada satu oarfish yang terdampar ke darat. Oarfish tersebut tidak memiliki sisik, memiliki mata yang besar, dan ukurannya saat itu mencapai 8 meter. Karena oarfish berenang di area laut yang dalam, masih ada kemungkinan bahwa ada oarfish yang memiliki ukuran lebih besar dari itu.

7. Giant Pacific Octopus - 9,8 Meter

giant pacific octopus

Kalian pernah mendengar cerita mengenai Kraken? Kraken merupakan monster laut gurita yang berasal dari Skandinavia. Kraken memiliki ukuran sangat besar yaitu 13-15 meter. Dengan ukuran sebesar itu, Kraken dapat dengan mudah menghancurkan sebuah kapal. Saat ini memang belum ditemukan adanya gurita yang memiliki ukuran sebesar itu, tapi gurita jenis giant pacific octopus diketahui bisa tumbuh hingga 9,8 meter.

Meski tidak sebesar Kraken, ukuran sebesar ini tetaplah mengerikan. Gurita termasuk dalam hewan laut dalam kelas chepalopoda bersama dengan cumi-cumi. Bedanya, gurita memiliki bentuk yang bulat dengan tentakelnya yang panjang dan banyak. Tentakel ini yang digunakan oleh gurita untuk menangkap mangsanya.

6. Giant Squid - 12 Meter

giant squid

Jika tadi sudah dibahas mengenai gurita, kini adalah giliran cumi-cumi. Keduanya masuk dalam kelas chepalopoda dan orang sering tertukar. Kalau gurita memiliki bentuk yang bulat, cumi-cumi ini memiliki bentuk tubuh yang panjang. Baik gurita dan cumi-cumi dilengkapi dengan tentakel yang panjang dan mengerikan.

Kalau cumi-cumi yang biasa kita konsumsi jelas tidak menakutkan, tapi jika kalian bertemu giant squid, ceritanya akan berbeda. Giant squid bisa tumbuh hingga ukuran 12 meter. Dengan ukuran sebesar ini, kita bisa dimangsa oleh mereka. Jika sampai kita tertangkap oleh tentakelnya yang panjang, maka selesai sudah.

5. Basking Shark - 12,27 Meter

basking shark

Masih termasuk dalam keluarga hiu, basking shark ini mirip dengan whale shark dimana menu utama mereka adalah plankton. Yang paling dikenal mengenai basking shark ini adalah mulutnya yang bisa membuka sangat lebar ketika sedang makan. Basking shark terbesar yang pernah ditemui memiliki besar hingga 12,27 meter.

Basking shark beratnya bisa mencapai 5200 kg. Bukan cuma menu makanannya yang sama dengan whale shark, basking shark juga memiliki sifat yang tenang. Jarang ada kasus dimana penyelam diserang oleh makhluk besar ini. Basking shark lebih sering ditemukan berenang di kedalaman 200 sampai 2000 mter. Hanya beberapa kasus ditemukan ia tersesat hingga area pantai.

4. Whale Shark - 18,8 Meter

whale shark

Kalian boleh takut dengan yang namanya hiu karena ikan tersebut tidak cuma besar tapi memiliki deretan gigi tajam yang siap merobek apapun yang digigitnya. Tapi ada satu makhluk laut yang memiliki nama mirip dengan hiu yaitu hiu paus. Hiu paus atau whale shark termasuk dalam mamalia berukuran besar yang ternyata cukup ramah dengan manusia.

Meski namanya ada unsur hiu dan tubuhnya besar, makanan utama dari hiu paus adalah plankton. Hiu paus bisa bertumbuh hingga 18,8 meter. Hiu paus termasuk hewan yang ramah, tak jarang hiu paus terlihat berenang bersama dengan manusia dan tidak melakukan penyerangan terhadap manusia. Yang amat disayangkan, populasi hiu paus ini sudah semakin berkurang karena ulah perburuan. Hewan ini sekarang masuk dalam kategori hewan yang terancam punah dan dilindungi.

3. Sperm Whale - 24 Meter

sperm whale

Lanjut ke penghuni terbesar di lautan urutan ketiga. Di posisi ini diduduki oleh paus dengan jenis paus sperma atau sperm whale. Sperm whale bisa tumbuh hingga ukuran 24 meter. Salah satu keunikan yang dimiliki hewan satu ini, sperm whale termasuk salah satu paus yang memiliki gigi. Padahal biasanya paus itu tidak bergigi.

Sperm whale memiliki suara yang sangat keras. Di dalam air, suaranya memiliki kekuatan hingga 230 desibel. Kalau dibandingkan di daratan, suaranya bisa setara dengan suara senapan laras panjang dengan kekuatan 170 desibel. Di abad 18, 19, hingga 20, paus sperma menjadi incaran untuk dimanfaatkan menjadi lilin, sabun, minyak, dan kosmetik. Sebelum menjadi target buruan, jumlahnya diketahui sebanyak 1,1 juta ekor. Sekarang hanya tinggal beberapa ratus ribu saja.

2. Blue Whale - 33 Meter

blue whale

Sebagai mamalia, memang benar bahwa blue whale adalah mamalia terbesar di dunia yang dapat ditemukan di laut. Ukurannya tidak main-main, blue whale bisa hidup hingga ukuran 33 meter. Ukuran sebesar ini bahkan melewati ukuran dinosaurus. Berbicara soal berat, blue whale bisa mencapai berat hingga 200 kg.

Jika kalian membedah paus biru dan melihat jantungnya, jantung dari paus biru itu seukuran dengan sebuah mobil. Jika berdetak, detak jantungnya bisa terdengar hingga 2 mil jaraknya. Populasi paus biru sempat terancam karena menjadi target perburuan. Karena jumlahnya yang semakin lama semakin berkurang, hewan ini dimasukan dalam kategori hewan hampir punah dan termasuk hewan yang  sangat dilindungi.

1. Lion’s Mane Jellyfish - 36,6 Meter

lion’s mane jellyfish

Blue whale boleh didapuk sebagai paus terbesar penghuni laut, tapi perlu diingat bahwa itu adalah paus. Masih ada banyak penghuni lain yang tinggal di laut dan memiliki ukuran yang lebih besar dari blue whale. Dan penghuni laut terbesar jatuh pada Lion's Mane Jellyfish. Bukan sembarang ubur-ubur, tapi ubur-ubur jenis ini memiliki ukuran terbesar dari semua jenis ubur-ubur.

Lion's Mane Jellyfish memiliki ukuran hingga 36,6 meter dan menjadi penguasa laut saat ini. Kakinya yang luar biasa panjang ini yang membuatnya unggul dari paus biru. Seperti yang kita tahu bahwa ubur-ubur mencari makanan dengan memanfaatkan kaki atau tentakelnya yang panjang untuk menjerat dan menyengat mangsanya. Dengan kaki yang sepanjang itu, mangsanya akan semakin sulit melepaskan diri dari jeratan Lion's Mane Jellyfish.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas