home -> Lainnya -> 10 Cara Sederhana Untuk Melupakan Mantan
05 Desember 2021 11:41

10 Cara Sederhana Untuk Melupakan Mantan

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 08, 2021

Putus cinta itu adalah hal yang biasa terjadi. Namanya juga masa pacaran untuk mencari mana yang sekiranya bisa dijadikan pasangan seumur hidup. Bisa saja mendapatkan yang sesuai, bisa saja tidak. Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang putus dengan kekasihnya. Apalagi jika itu adalah kekasih pertama atau yang paling berkesan, biasanya kenangan manis akan sulit dilupakan sehingga perasaan sedih akan terus terbayang dalam jangka waktu yang cukup lama. Ada beberapa cara sederhana yang mungkin bisa membantu kalian untuk melupakan mantan dengan cepat. Berikut caranya.

10. Cari Kesibukan atau Hobi Baru

new hobbies

Tidak mungkin ada orang yang tidak memiliki kegiatan yang disuka atau hobi. Pasti setidaknya punya meski itu hanya satu. Mungkin bagi kalian yang selama pacaran tidak bisa melakukan hobi karena memang lebih merelakan diri menghabiskan waktu dengan pasangan atau yang memang dilarang melakukan hobi karena pasangan, inilah saat yang tepat untuk melakukan hobi kalian kembali.

Melakukan hobi bisa menjadi salah satu cara paling mudah untuk bisa mengembalikan mood kalian. Kalian tak perlu sedih bila diputus pacar karena tinggal melakukan kembali kegiatan yang kalian suka seperti saat sebelum pacaran. Atau bisa juga untuk mencari kegiatan baru untuk menghilangkan rasa galau sembari mencari teman atau mungkin bisa pasangan baru melalui hobi tersebut.

9. Hindari Kegiatan Yang Bisa Mengingatkan Kembali Tentang Dia

kegiatan mantan

Kalau pacaran hanya diam-diam saja rasanya itu tidak mungkin. Pastinya akan bosan menjalani hubungan yang seperti itu. Makanya setiap pasangan pasti ada melakukan suatu kegiatan bersama-sama untuk semakin membuat dekat dengan pasangan. Memori indah melakukan kegiatan bersama pasangan inilah yang sering teringat di kepala.

Untuk bisa benar-benar menghapuskan kenangan tentang mantan, ada baiknya untuk mengingat kembali sejumlah kegiatan yang biasa dilakukan bersama mantan. Jika sudah berhasil mengingat, jangan lakukan hal tersebut karena ada kemungkinan kenangan bahagia bersama mantan malah bisa membuat kalian menjadi gagal move on.

8. Jangan Stalking Mantan

stalking ex

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh orang yang habis putus adalah dengan mengestalk mantan. Entah itu stalking di kehidupan nyata atau stalking akun sosial medianya. Ini dilakukan karena masih ada rasa yang tertinggal di pikiran dan juga hati. Inilah yang membuat kenapa banyak orang gagal melupakan mantan.

Apabila hubungan sudah berakhir ya sudah biarkan saja berakhir. Tidak perlu itu namanya stalking mantan. Bukan cuma membuat repot tapi juga malah bisa membuat rasa sedih jadi muncul kembali. Biarkan saja yang sudah menjadi mantan, menjadi mantan. Jalani hidup masing-masing dengan tenang tanpa harus mencari tahu informasi mengenai mantan dari siapa pun.

7. Berikan Waktu

time

Melupakan orang yang sudah mengisi hidup kita memang bukanlah hal yang mudah. Akan ada banyak hal yang bisa mengingatkan kita dengan orang yang pernah kita sayangi. Tidak banyak orang yang bisa move on dari mantannya karena mereka lupa dengan satu hal yakni bersabar dan biarkan waktu berjalan.

Untuk menyembuhkan luka hati dan melupakan mantan itu memerlukan waktu yang lebih. Setiap orang memiliki standar waktu yang berbeda untuk bisa benar-benar melupakan mantan. Ada yang bisa melakukannya dengan cepat dan ada yang membutuhkan waktu lebih lama. Yang terpenting adalah untuk bersabar dan biarkan waktu yang membantu melupakan kenangan tentang mantan.

6. Buka Hati Terhadap Orang Lain

open your heart

Bisa dimaklumi apabila hati kalian terluka karena menjalani hubungan asmara buruk yang mengakibatkan hubungan tersebut putus di tengah jalan. Yang tidak boleh dilakukan adalah terus menerus menyimpan rasa takut yang membuat kalian membenci setiap lawan jenis dan tidak mau membuka hati untuk orang lain.

Kalian tidak akan pernah tahu akan orang yang datang di kehidupan kalian. Kalau kalian menutup hati rapat-rapat, siapa tahu kalian malah melewatkan orang yang justru bisa menyembuhkan luka di hati kalian. Karena itulah disarankan untuk tetap membuka hati akan peluang bertemu dengan orang yang tepat. Jangan biarkan trauma masa lalu menghantui.

5. Tingkatkan Kualitas Diri

improve yourself

Ketika suatu hubungan berakhir pastinya disebabkan karena adanya masalah. Masalah yang muncul bisa jadi di salah satu pihak atau kedua belah pihak. Setelah putus, jangan langsung merasa galau dan uring-uringan karena itu tidak akan menyelesaikan masalah. Justru yang harus dilakukan adalah introspeksi diri.

Mungkin ada yang suatu hal yang kurang dari diri kalian sehingga hubungan cinta tak bisa dilanjutkan. Momen putus dari pasangan ini justru dijadikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri. Dengan meningkatkan kualitas diri, maka kemungkinan mendapatkan pasangan yang berkualitas juga akan semakin tinggi.

4. Jalan Dengan Teman

friends

Mengurung diri di rumah dan tidak berinteraksi dengan orang lain menjadi salah satu ciri orang yang sedang ingin menyendiri karena ditinggal pacar. Apakah cara ini efektif? Mungkin bagi sejumlah orang cara ini bisa efektif. Bagi yang tidak, mungkin bisa mencari cara lain yang lebih menyenangkan seperti menghabiskan waktu bersama dengan teman.

Menjalani hubungan dengan pacar terkadang membuat waktu untuk teman menjadi berkurang. Ketika putus, bukan menjadi sesuatu yang salah apabila dimanfaatkan untuk kembali lagi ke teman-teman lama. Bisa jadi justru teman-teman terdekat kalian ini yang bisa membantu kalian untuk menyembuhkan luka hati.

3. Liburan

holiday

Siapa yang tak suka liburan? Semua orang pasti suka. Apalagi dilakukan saat lagi mood sedang tidak enak. Dengan melakukan liburan ini, mood yang jelek bisa berubah menjadi baik. Sama seperti saat kalian putus dari pacar. Perasaan pasti sedang buruk-buruknya saat itu, untuk mencairkan suasana hati, melakukan liburan adalah hal yang musti kalian lakukan.

Kalian bisa menentukan dengan siapa kalian mau melakukan liburan dan kemana tujuan yang diinginkan. Kalau ingin melakukan solo traveling pun itu tidak masalah. Ada banyak destinasi liburan yang sangat cocok untuk dilakukan sendiri. Selain bisa melepas rasa suntuk, bisa jadi kalian malah menemukan teman baru selama dalam liburan.

2. Hapus Segala Hal Yang Berhubungan Dengan Mantan

hapus

Banyak orang yang mengatakan bahwa menghapus dan membuang segala hal  yang berhubungan dengan mantan adalah suatu hal yang tidak perlu. Dikatakan bahwa ini adalah cara yang terlalu berlebihan. Tidak perlu mendengarkan ucapan orang lain. Kalau memang ini adalah cara yang memang bisa membuat kalian melupakan mantan, lakukan saja.

Menghapus dan membuang segala memori serta barang yang berhubungan dengan mantan bisa menjadi salah satu opsi untuk cepat move on. Menghapus nomor, sosial media, foto, bahkan membuang barang pemberian mantan perlu dilakukan. Karena dengan menyimpan barang tersebut, bisa jadi itu akan menjadi pengingat hubungan kalian yang sudah kandas.

1. Terima Dengan Ikhlas

acceptance

Salah satu cara untuk melupakan mantan selamanya adalah dengan menerima dengan ikhlas. Kalau memang hubungan sudah tak bisa dilanjutkan, lebih baik diakhiri daripada terus menerus memaksakan diri bertahan pada hal yang bisa membuat sedih dan kesal. Nasi yang sudah menjadi bubur tak akan bisa menjadi nasi lagi. Nikmati saja buburnya.

Tak ada gunanya menyesali apa yang sudah terjadi. Biarkan semua hal yang sudah lewat tetap di belakang. Terima semua hal dengan ikhlas dan ambil segi positifnya. Bisa jadi kalian akan dipertemukan dengan orang yang lebih baik atau saatnya memperbaiki diri agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa mendatang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas