home -> Lainnya -> 10 Karakter Anime Androgini
20 April 2021 02:32

10 Karakter Anime Androgini

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 01, 2021

Anime menjadi salah satu hal yang menarik dari negeri Sakura, Jepang. Ada banyak anime dengan genre berbeda yang bisa kalian pilih untuk ditonton. Bukan cuma jalan ceritanya yang menarik, penggambaran karakter anime juga sangat unik. Tak sedikit orang jadi mengidolakan karakter anime dan menjadi ide untuk cosplay di acara berbau Jepang. Membahas soal karakter di anime, ada banyak karakter yang gender atau kelaminnya dibuat ambigu alias tidak jelas. Fisik terlihat seperti wanita, tapi karakter serta suara seperti pria. Membuat orang bingung apakah karakter kesukaannya ini pria atau wanita. Istilah yang digunakan untuk menggambarkan keambiguan jenis kelamin ini adalah androgini. Berikut TahuPedia akan membahas sejumlah karakter androgini yang cukup populer dan sering membuat orang bingung.

10. Envy - Fullmetal Alchemist

envy

Untuk yang baru mendengar anime Fullmetal Alchemist, anime satu ini merupakan anime yang dibuat dari manga ciptaan Hiromu Arakawa. Ceritanya tentang petualangan kakak dan adik bernama Edward Elric dan Alphonse. Mereka berdua berpetualang mencari cara untuk mengembalikan dan memulihkan tubuh mereka yang hancur dan hilang akibat usaha untuk menghidupkan ibunya yang telah meninggal dunia.

Di dalam petualangannya, Edward dan Alphonse berjumpa dengan banyak karakter. Salah satunya adalah Envy yang termasuk dalam 7 Deadly Sins. Karakter Envy ini memiliki gender yang tidak jelas. Di animenya sendiri, karakter Envy cukup sering muncul sebagai seorang remaja bertubuh kekar, memiliki rambut hitam panjang, mata violet, dan mengenakan pakaian hitam. Envy memiliki kemampuan sebagai shapeshifter, membuatnya semakin sulit ditebak apakah ia pria atau wanita. 

9. Honjo Kamatari - Rurouni Kenshin

Honjo Kamatari

Termasuk dalam anime lawas, Rurouni Kenshin menjadi salah satu anime populer di era 90an. Anime mengisahkan perjalanan Kenshin Himura dalam memberantas kejahatan dengan samurai yang selalu ia bawa. Ia melakukannya sebagai salah satu bentuk tanggung jawab atas tindakannya dulu yang membunuh banyak orang sehingga dijuluki sebagai Battousai.

Sejumlah lawan sulit ditemui Kenshin Himura, termasuk Honjo Kamatari ini. Honjo Kamatari adalah salah satu dari anak bawah Shishio Makoto yang diperintah untuk menyerang Kyoto. Kalau dilihat dari penggambarannya, Kamatari dikira perempuan oleh lawan-lawannya. Teman Kenshin yang mendapatkan tugas untuk melawan Kamatari yaitu Kaoru Kamiya, Yahiko Myojin, dan Misao Makimachi salah mengira Kamatari sebagai perempuan karena wajahnya yang cantik.

8. Ruka Urushibara - Steins;Gate

ruka urushibara

Singkat cerita, Steins;Gate berkisah tentang sekelompok orang yang saling bersahat, mereka menciptakan sebuah mesin yang bisa melintasi ruang dan waktu. Mesin waktu ini digunakan untuk mengirimkan pesan baik itu ke masa lalu, sekarang, dan masa depan. Anime ini berisikan banyak karakter menarik dan salah satunya adalah Ruka Urushibara.

Orang yang baru mengikuti anime ini mungkin akan mengira bahwa Ruka Urushibara adalah seorang wanita. Wajahnya yang manis, bertubuh kecil, dan selalu memakai pakaian perempuan. Rasa-rasanya tidak mungkin dia adalah pria bukan. Tapi ternyata Ruka Urushibawa memiliki jenis kelamin pria. Hanya penggambarannya saja yang dimiripkan dengan perempuan. Bahkan sifatnya pun sensitif seperti perempuan.

7. Inosuke Hashibira - Kimetsu no Yaiba

Inosuke Hashibira

Manga Kimetsu no Yaiba dibuat oleh Koyoharu Gotouge dan mulai rilis pada tahun 2016. Seperti kebanyakan manga, Kimetsu no Yaiba dibuatlah ke anime pada tahun 2019. Sekarang anime ini menjadi salah satu anime yang sangat populer. Apalagi ditambah dengan movienya yaitu Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train yang tayang di tahun 2020, semakin menjaring banyak penggemar.

Mengisahkan perjalan Kamadou Tanjirou, Zenitsu Agatsuma, Nezuko Kamado, dan Inosuke Hashibira untuk mencari dan membasmi siluman. Terlebih Tanjirou, ia ingin mencari cara untuk mengembalikan adik perempuannya yaitu Nezuko dari siluman ke manusia. Karakter yang cukup menarik disini adalah Inosuke Hashibira. Ia sering menggunakan topeng babi, celana bulu, dan tanpa baju. Inosuke memiliki tubuh kekar berotot, membuat orang membayangkan bahwa mungkin wajahnya adalah pria tampan yang berkharisma dan kuat.

Tapi begitu topeng babinya terlepas ketika bertarung dengan Tanjirou, Inosuke justru memiliki wajah yang sangat cantik seperti perempuan. Zenitsu yang melihat wajahnya sangat terkejut. Bagaimana mungkin dengan tubuh kekar seperti itu memiliki wajah yang sangat manis.

6. Kurapika - Hunter x Hunter

kurapika

Hunter x Hunter menjadi salah satu anime yang paling dinanti kelanjutannya. Jangankan anime, manganya pun juga sangat dinanti mengingat sang kreator yaitu Yoshihiro Togashi kadang hiatus, kadang melanjutkan cerita manganya. Untuk manganya, Hunter x Hunter sudah dimulai pada tahun 1998 dan saat ini tengah hiatus sejak tahun 2006.

Cerita utamanya adalah Gon Freecss yang ingin mencari keberadaan ayahnya yaitu Ging Freecss. Selama perjalanan, ia ditemani dengan 3 orang temannya yaitu Kilua Zoldyck, Kurapica, dan Leorio. Mereka semua memiliki jenis kelamin yang jelas kecuali Kurapica. Kurapica termasuk karakter androgini dimana ia sama sekali tidak kelihatan apakah pria atau wanita. Kurapica memiliki wajah dan bentuk tubuh layaknya perempuan. Perlu waktu dan usaha untuk mencari tahu gender dari Kurapika yang ternyata adalah seorang pria.

5. Haruka Tenoh - Sailor Moon

haruka tenoh

Anime itu memiliki cerita bermacam-macam untuk menghibur segala macam orang. Bukan cuma anak laki-laki saja, tapi anak perempuan juga bisa terhibur dengan anime. Di tahun 1991 dibuatlah serial anime berjudul Sailor Moon. Sailor Moon ini diangkat dari manga yang dibuat oleh Naoko Takeuchi. Tujuannya jelas untuk anak perempuan, tapi ada juga anak laki-laki yang suka dengan anime satu ini.

Konsepnya sederhana yaitu kebaikan melawan kejahatan. Hanya saja yang melawan kejahatan ini adalah sejumlah remaja perempuan yang dapat berubah menjadi Sailor Moon. Para sailor ini semuanya adalah wanita, namun ada satu karakter bernama Haruka Tenoh yang sangat unik. Kalau dia tidak berubah menjadi Sailor Uranus, dia disangka sebagai pria karena gaya rambut pendek dan selalu menggunakan pakaian layaknya pria.

4. Haku - Naruto

Haku

Masashi Kishimoto bisa dikatakan mangaka yang jenius. Ia bisa mengembangkan cerita Naruto sampai beratus-ratus episode. Dari manga yang ia buat itulah mengajarkan banyak orang untuk tidak mudah menyerah pada situasi meski seburuk apapun itu. Naruto sendiri memiliki karakter utama Uzumaki Naruto, seorang anak laki-laki tanpa orang tua yang menjadi host dari monster ekor 9, Kyuubi. Naruto memiliki ambisi untuk menjadi Hokage meski itu sangat sulit.

Selama usahanya menjadi ninja, Naruto dihadapkan dengan banyak misi sulit. Salah satu misi sulitnya adalah menghadapi ninja bernama Zabusa Momochi. Zabusa ditemani dengan rekannya yang bernama Haku. Awal pertemuan Naruto dengan Haku, ia tidak sadar bahwa Haku adalah sosok yang jahat. Naruto mengira Haku adalah seorang perempuan yang sangat manis. Sampai akhirnya ia kaget begitu tahu bahwa Haku sebenarnya adalah laki-laku.

3. Jakotsu - Inuyasha

Jakotsu

Jakotsu menjadi karakter anime kesekian yang juga sering membuat bingung para penontonnya. Apakah dia laki-laki atau perempuan, hanya mereka yang pernah menonton serial Inuyasha yang tahu gender asli dari karakter satu ini. Dengan mengenakan kimono, tidak ada yang mengira bahwa ia ternyata adalah seorang laki-laki.

Jakotsu merupakan bagian dari kelompok penjahat yang melawan Inuyasha dan kawan-kawan. Meski Jakotsu adalah laki-laki, ia memiliki kesukaan yang sangat tinggi pada sosok Inuyasha. Serial anime Inuyasha adalah serial yang menceritakan perjalanan Inuyasha dan kawan-kawannya dalam mengumpulkan bola Shikon no Tama dan melawan musuh terbesarnya yang bernama Naraku.

2. Andromeda Shun - Saint Seiya

Andromeda Shun

Berbicara soal karakter yang androgini, tak lengkap jika tak memasukan nama Shun atau yang biasa dikenal dengan Saint Andromeda. Entah sudah berapa banyak orang yang salah mengira bahwa karakter satu ini berjenis kelamin perempuan. Bahkan yang sudah mengikuti serial Saint Seiya sejak lama masih ada yang mempertanyakan jenis kelamin dari Shun.

Bagaimana tidak bingung, Shun memiliki fisik yang cukup kecil, armor yang bergaya seperti perempuan, dan ditambah wajahnya yang didesain seperti itu. Meyakinkan banyak orang bahwa Shun adalah perempuan. Padahal, di serial Saint Seiya, saint yang berjenis kelamin perempuan itu pasti mengenakan topeng. Andromeda Shun tidak menggunakan topeng sama sekali. Dimana ini semakin memperkuat jati diri dari Shun yang merupakan laki-laki.

1. Hange Zoe - Shingeki no Kyojin

hange zoe

Tidak mungkin anak zaman sekarang tidak tahu anime Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan. Anime ini begitu populer dan sangat dinanti-nanti kelanjutannya. Sempat vakum lama, akhirnya season terbaru Shingeki no Kyojin yakni season 4 tayang pada Desember 2020. Di anime tersebut ada satu karakter yang sebenarnya jenis kelaminnya masih belum diketahui. Karakter tersebut adalah Hange Zoe.

Hange Zoe adalah pemimpin dari Survey Corps setelah Erwin Smith. Erwin memilih Hange sebagai pemimpin setelah ia meninggal dalam melawan beast titan. Jika dilihat dari visual, orang banyak menebak bahwa Hange Zoe adalah seorang perempuan. Memiliki rambut panjang dan memiliki tingkah seperti perempuan pada umumnya. Sebenarnya gender dari Hange Zoe masih belum terkuak. Bahkan sang kreator Shingeki no Kyojin yaitu Hajime Isayama juga belum memberikan klarifikasi mengenai jenis kelamin dari Hange.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas