home -> Lainnya -> 10 Tips Melawan Rasa Takut atau Phobia
01 Maret 2021 22:51

10 Tips Melawan Rasa Takut atau Phobia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada February 19, 2021

Semua orang pasti punya rasa takut akan sesuatu. Ada pula yang rasa takut tersebut berubah menjadi phobia karena lama tak diatasi. Jelas ini menjadi suatu permasalahan, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Apa yang mau dilakukan ketika rasa takut dan phobia tersebut datang di hadapan dan kita tidak bisa menghindarinya. Maka dari itu, kita harus bisa menghadapi, melawan, dan kalau bisa melupakan rasa takut tersebut. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi rasa takut dan phobia tersebut.

10. Optimis

optimis

Semua orang memiliki pasti ada memiliki rasa takut. Minimal ada satu hal yang ditakuti, tidak mungkin tidak ada sama sekali. Rasa takut muncul bisa karena kita tidak pernah menghadapi hal tersebut atau bisa juga karena pernah gagal melakukan suatu hal yang mengakibatkan kita takut untuk melakukannya lagi.

Perlu disadari bahwa ketakutan itu hanyalah ada di dalam pikiran. Dengan berpikir positif bahwa kalian bisa menghadapi rasa takut tersebut, kalian pasti bisa mengalahkan rasa takut kalian. Mungkin tidak bisa terjadi dalam waktu singkat, tapi terus menerus berpikir optimis dan tak pernah menyerah mencoba, rasa takut tersebut akan hilang secara perlahan-lahan.

9. Pikirkan Apa Yang Akan Terjadi Bila Sukses

sukses

Menghadapi rasa takut dan phobia memang tidaklah mudah. Momen mengerikan tentang hal tersebut akan terus bersarang dalam pikiran. Ini yang membuat seseorang selalu gagal untuk menaklukan ketakutan mereka. Kalau pikiran buruk tersebut selalu muncul, kenapa tidak kalian kontrol pikiran kalian dengan memikirkan apa yang akan terjadi apabila kalian berhasil mengatasi rasa takut tersebut.

Karena rasa takut berasal dari pikiran dan hanya kita sendiri yang bisa mengontrol pikiran kita, maka ada kesempatan bagi kita untuk bisa mengalahkan rasa takut tersebut. Jangan pernah membayangkan rasa takut tersebut, coba bayangkan apabila kalian berhasil mengalahkan ketakutan tersebut. Pastinya akan sangat senang dan bangga apabila berhasil. Perlu diingat bahwa pelangi tidak muncul saat cerah, tapi ketika setelah hujan turun.

8. Minta Bantuan Pada Teman/Keluarga

bantuan teman

Tidak ada orang yang hidup tidak memiliki teman atau keluarga. Kalau keluarga tidak perduli, masih ada teman. Begitu juga sebaliknya, kalau tidak ada teman masih ada keluarga. Salah satu dari teman atau keluarga inilah yang nantinya bisa membantu kita ketika mengalami kesulitan. Misalnya pada saat menghadapi rasa takut atau phobia.

Ketika mengalami rasa takut yang parah, sebelum berkonsultasi pada yang ahli, pastinya kita akan mencari keluarga atau teman. Mintalah solusi dan bantuan pada mereka. Mungkin di antara mereka memang solusi yang bagus untuk mengatasi ketakutan. Atau bisa jadi mereka memiliki ketakutan yang sama dengan kita namun berhasil mengatasinya.

7. Siapkan Hadiah

reward yourself

Semua kerja keras pasti akan ada hasilnya. Ketika seseorang bekerja di kantor dan berhasil menyelesaikan suatu proyek, pasti akan ada hadiah dari bos. Kalian pun juga bisa kok memberikan hadiah pada diri sendiri. Apalagi pada saat kalian berhasil mengalahkan rasa takut yang sudah kalian simpan dalam waktu lama.

Memberikan hadiah pada diri sendiri atas kerja keras mengatasi phobia bukanlah suatu hal yang aneh. Sama seperti bonus dari atasan, kalian berhak mendapatkan reward atas keberhasilan yang dicapai. Hanya saja, pada momen ini kalian sendirilah yang memberikan hadiah pada diri sendiri. Rayakan dengan makan-makan, jalan ke luar negeri, dan apapun itu yang bisa membuat kalian senang.

6. Konsultasi Pada Ahli

consult

Saat ini semua hal memiliki orang yang ahli di bidang tersebut. Ketika kalian mengalami masalah, kalian tinggal minta saran pada yang ahli karena mereka pastinya tahu apa saja solusi yang bisa diberikan. Begitu juga ketika kalian memiliki rasa takut, cari orang yang sekiranya ahli untuk diajak konsultasi dan dimintai saran.

Mungkin kalian bisa pergi ke psikolog atau psikiater. Mengeluarkan biaya demi mengatasi rasa takut itu sangat diperlukan. Rasa takut itu bisa menjadi penghambat seseorang untuk berkembang. Sisihkan sejumlah uang dan waktu tentunya untuk berkonsultasi pada pakarnya. Ceritakan masalah yang dihadapi dengan jujur supaya bisa dicarikan cara untuk keluar dari masalah tersebut.

5. Hipnotis

hypnosis

Mengatasi rasa takut atau phobia ada banyak cara. Ada yang secara ekstrim dimana kita dihadapkan langsung dengan apa yang kita takuti, ada juga dengan cara yang halus. Salah satu cara yang halus ini adalah dengan menggunakan teknik hipnotis. Ya, teknik hipnotis diyakini bisa digunakan untuk membuat seseorang lupa dengan apa yang ditakuti.

Kita semua tahu apa yang terjadi apabila seseorang dihipnotis. Saat dihipnotis, orang akan diberikan beberapa sugesti. Untuk kesempatan ini, sugesti yang diberikan adalah melupakan hal yang paling ditakuti. Cara ini bisa efektif, bisa juga tidak. Mengingat ada orang yang sulit untuk dihipnotis, cara ini mungkin saja tidak efektif.

4. Bayangkan Hal Yang Menyenangkan

hal menyenangkan

Semua rasa takut itu berasal dari pikiran dan orang yang bisa mengatur pikiran kita ya hanya diri kita sendiri. Memang ketika dipikirkan secara terus menerus, hal yang kita takuti akan terus menakutkan dan bisa semakin menakutkan. Karena hanya diri kita sendiri yang bisa mengontrol pikiran kita, maka kita alihkan saja bayangan mengerikan tersebut ke hal lain yang menyenangkan.

Persiapkan hal apa yang sekiranya lucu dan menyenangkan. Pastikan hal tersebut cukup kuat untuk mengalahkan rasa takut kita. Karena ketika kita dihadapkan dengan apa yang kita takuti dan kita tidak bisa lari kemana-mana, pikirkan saja hal yang lucu dan menyenangkan tersebut sembari menghadapi rasa takut tersebut. Jika berhasil, lakukan terus menerus agar yakin bahwa ketakutan kita sudah hilang.

3. Persiapkan Dampak Terburuk

dampak terburuk

Menghadapi rasa takut kita bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Melarikan dari rasa takut berarti kita kalah dan menjadi pecundang, menghadapinya secara langsung juga sangat menakutkan dan beresiko. Sudah takut ditambah dengan adanya resiko yang akan datang inilah yang membuat orang lebih memilih untuk menghindar.

Terkadang orang bukan takut pada ketakutan utamanya, tapi bisa jadi karena belum siap menerima dampaknya. Rasa takut, trauma, dan kegagaln apabila gagal menaklukan ketakutan ini yang membuat orang ragu. Untuk menghadapi rasa takut, kalian perlu juga untuk mempersiapkan dengan dampak terburuk yang bisa terjadi. Memperkirakan dampak terburuk dan juga cara untuk bisa bangkit kembali.

2. Hadapi Langsung

hadapi langsung

Sempat dibahas sebelumnya bahwa mengatasi rasa takut itu ada yang dengan cara halus, ada juga yang cara ekstrim. Cara halus ada banyak lagi macamnya, tapi kalau cara ekstrim hanya ada satu jalan yaitu hadapi langsung. Karena ini adalah cara ektrim, sedikit orang yang mau melewati jalan ini untuk melawan rasa takutnya.

Tapi cara ini bisa dibilang sangat efektif. Sekali kalian dihadapkan dengan rasa takut dan berhasil melaluinya, sudah pasti rasa takut kalian akan hilang. Tapi apabila tidak berhasil, besar kemungkinan orang tersebut semakin bertambah rasa takutnya. Namun semua kembali ke masing-masing pihak. Apakah mau terus tenggelam dalam rasa takut atau mau bangkit dan terus melawan ketakutan tersebut.

1. Sabar

sabar

Banyak orang mengatakan bahwa bukan cuma butuh kerja keras untuk bisa sukes, tapi juga sabar. Kerja keras saja tanpa disertai kesabaran maka suatu saat mereka bisa saja menyerah. Menyerah tanpa tahu bahwa sebenarnya mungkin sedikit lagi mereka bisa meraih sukses. Melawan rasa takut pun juga sama. Butuh kerja keras dan kesabaran yang luar biasa.

Apalagi kalau rasa takut itu adalah rasa takut yang sudah lama disimpan. Atau ketakutan berlebihan sampai phobia. Pastinya butuh waktu yang lama dan usaha yang sangat keras untuk mengatasi masalah tersebut. Maka dari itu bagi kalian yang sedang berusaha melawan rasa takut, jangan pernah menyerah. Kalian tidak akan tahu kapan kalian akan berhasil. Mungkin saja keberhasilan kalian sudah dekat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas