home -> Lainnya -> 10 Sekte Mengerikan Sepanjang Sejarah
18 April 2021 03:18

10 Sekte Mengerikan Sepanjang Sejarah

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada February 16, 2021

Sebuah perkumpulan atau sekte biasa dibuat untuk menyatukan banyak orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Dengan begitu, orang-orang jadi lebih terorganisir dan kemungkinan untuk mencapai tujuan yang ditargetkan bisa tercapai. Sepanjang sejarah manusia, ketika ada sebuah sekte berdiri biasanya tidak memiliki tujuan yang bagus atau buruk. Kriminal, penyembahan akan suatu barang atau hal yang tidak semestinya, dan hal buruk lainnya. Intinya, hampir semua sekte yang pernah ada dicap sebagai sekte buruk atau sesat. Ada 10 sekte yang dianggap paling mengerikan sepanjang sejarah manusia. Inilah dia 10 sekte tersebut.

10. Ho No Hana Sampogyo

Ho No Hana Sanpogyo

Ramalan berdasarkan tangan saja sudah sulit dipercaya, ini ada lagi ramalan yang cukup unik yaitu menggunakan kaki. Dan benar saja, di Jepang ada satu sekte yang mengaku bisa meramal seseorang dengan melihat telapak kakinya. Sekte tersebut bernama Ho No Hana Sanpogyo dan pendirinya seorang pria bernama Hogen Fukunaga.

Fukunaga mengaku bahwa dirinya merupakan reinkarnasi dari Yesus dan Buddha. Ia mengatakan bahwa bisa menebak masalah yang dialami seseorang dengan melihat kakinya. Apabila korbannya menolak, Fukunaga menakuti mereka dengan mengatakan bahwa mereka akan mati. Meski jelas penipuan, sejumlah pengikut sektenya tidak mau mengakui tuduhan tersebut.

9. Jonestown

jonestown

Sebaiknya kita tidak mudah percaya pada seseorang yang mengaku sebagai sosok yang disucikan oleh kepercayaan tertentu. Seperti Jim Jones, ia mengaku pada banyak orang bahwa ia adalah Messias yang akan menyelamatkan umat manusia. Jones pun mendirikan sebuah sekte bernama The Peoples Temple Agricultural Project. Bukannya menyebarkan kebaikan, cinta, dan kasih sayang, Jones beserta anggota sekte malah melakukan kekerasan pada para pengikutnya.

Di tahun 1977, ia memindahkan para pengikutnya ke kota Jonestown, Guyana. Disana, ia beserta para pengikutnya membunuh US Congressman bernama Leo Ryan yang saat itu sedang dalam tugas mengamati kondisi kamp. Selesai membunuh, Jones memerintahkan para pengikutnya untuk bunuh diri dengan meminum racun. Lebih dari 900 orang meninggal dalam peristiwa tersebut. Kejadian tersebut terjadi pada 18 November 1978.

8. Russian Doomsday Cult/Russian Orthodox Church

Russian Doomsday Cult

Ada seorang pria asal Rusia yang mengaku dirinya adalah seorang nabi utusan Tuhan. Ia adalah Pyotr Kuznetsov. Kuznetsov lalu mendirikan sebuah gereja bernama Russian Orthodox Church. Pada tahun 2007, Kuznetsov berhasil menjaring member sebanyak 30 orang. Kuznetsov mengatakan bahwa mereka harus tinggal di dalam goa sampai kiamat terjadi di tahun 2008.

Lucunya, Kuznetsov tidak ikut bergabung dengan anggotanya untuk tinggal di dalam goa. Alhasil, banyak anggota sektenya yang meninggal. Ada yang meninggal karena kanker, ada yang meninggal karena kelaparan. Anggota Russian Orthodox Church tidak diizinkan keluar goa. Kalau ada yang melakukannya akan dibunuh.

Karena kondisi sudah semakin buruk, sejumlah anggota keluar dari goa tersebut. Mereka takut akan bakteri berbahaya dari mayat anggota lain. Di tahun 2008, goa tersebut runtuh dan beberapa orang berhasil menyelematkan diri.

7. Heaven’s Gate

heaven’s gate cult

Jangan menilai suatu perkumpulan dari namanya saja. Nama bisa menggunakan nama yang berhubungan dengan hal baik. Namun penggunaan nama yang kesannya baik itu hanya sebagai kedok untuk menutupi kegiatan negatif yang dilakukan di perkumpulan tersebut. Salah satu perkumpulan yang dimaksud adalah Heaven's Gate.

Pendiri dari Heaven's Gate adalah Bonnie Nettles di tahun 1970an. Sekte ini memiliki kepercayaan yang unik. Pendiri dan pengikutnya percaya dengan adanya alien, pesawat luar angkasa, dan yang paling aneh adalah kepercayaan tentang mendaur ulang bumi. Setelah Nettles meninggal di tahun 1985, sekte ini semakin melenceng jauh. Para pengikutnya percaya bahwa pesawat luar angkasa bisa membawa para anggota sekte ke suatu tempat yang belum pernah tersentuh oleh manusia.

Applewhite adalah pengganti dari Nettle pada tahun 1997. Ketika ia tinggal di San Diego, Applewhite para pengikutnya meninggal dengan cara bunuh diri menggunakan fenobarbital dicampur dengan saus apel. Mereka ditemukan meninggal dunia dengan menggunakan pakaian dan sepatu yang sama.

6. Aum Shinrikyo

Aum Shinrikyo

Kemunculan sekte Aum Shinrikyo terjadi di akhir tahun 80an. Orang yang mendirikan sekte tersebut adalah Shoko Ashara. Ia mendirikan sekte tersebut pada tahun 1984. Sepanjang sekte tersebut berdiri, Asahara selaku pendiri dan pemimpin cenderung memaksa anggotanya untuk memberikan uang dalam jumlah yang besar dan melakukan penahanan di luar keinginan anggotanya.

Asahara memiliki keyakinan bahwa kiamat itu sudah dekat. Kiamat terjadi pada saat Amerika memulai perang dunia. Dan ketika perang dunia terjadi, hanya ia dan pengikut Aum Shinrikyo yang akan selamat. Sekte ini bertanggung jawab atas penyerangan di Tokyo Subway menggunakan gas beracun. Mengakibatkan 12 orang meninggal dan 50 orang terluka. Ditambah dengan pembunuhan seorang pengacara bernama Tsutsumi Sakamoto yang pada saat itu tengah menangani kasus Aum Shinrikyo.

5. School of Prophets

school of prophets

Ketika beberapa orang memiliki kesukaan atau tujuan yang sama, wajar jika mereka membentuk sebuah perkumpulan. Ronald Lafferty pun melakukan hal demikian, ia menemukan beberapa orang yang memiliki tujuan sama dan membentuk sebuah sekte dinamakan School of Prophets. Sekte ini merupakan sekte bagi mereka yang mendukung poligami.

Di tahun 1984, Lafferty kemudian melakukan hal yang tidak bisa dimaafkan. Ia membunuh saudara ipar beserta anaknya. Jelas saja aksi tersebut membuatnya harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ia ditahan di Utah State Prison. Ia dijatuhi hukuman mati namun akhirnya ia malah meninggal dunia. Pihak kepolisian tidak memberikan informasi lebih jauh mengenai penyebab kematian Lafferty.

4. Order of the Solar Temple

Order of the Solar Temple

Sebuah sekte mengerikan juga sempat ditemukan di Swiss pada tahun 1984. Sekte tersebut bernama Order of the Solar Temple. Ditelusuri lebih jauh, ternyata sekte ini memiliki sejarah panjang yang mengacu pada zaman pertengahan dimana masih ada yang namanya Knights Templar. Padahal era Knights Templar ini diperkirakan sudah tidak ada pada akhir era 1990an.

Pada tahun 1994, ada satu aksi pembunuhan yang menjadi tanda bahwa sekte ini ada. Aksi tersebut berupa pembunuhan seorang bayi di Quebec. Aksi tersebut katanya terjadi atas perintah sang pemimpin Order of the Solar Temple yaitu Joseph di Mambro. Beberapa tahun kemudian, lebih dari 50 anggota sekte ditemukan meninggal dunia. Tidak jelas apakah karena dibunuh atau bunuh, bangunan tempat sekte tersebut hancur oleh api.

3. Children of God

Children of God

Mendengar nama Children of God mungkin kalian akan berpikir ini adalah sebuah perkumpulan orang-orang beragama. Kegiatan yang dilakukan kebanyakan juga berhubungan dengan puji-pujian dan kegiatan yang berkaitan dengan agama yang dianut. Faktanya, pada tahun 1968 memang ada sekte yang bernama Children of God, namun nama sekte tersebut berbeda jauh dengan apa yang dilakukan oleh para anggotanya.

Bukannya melakukan kegiatan keagamaan, Children of God malah lebih menyerupai perkumpulan seks. Sekte ini didirikan oleh seorang pengkotbah yang bernama David Berg di Huntington Beach, California. Para pengikutnya kebanyakan adalah anak remaja dan para hippie. Menggunakan nama Yesus Kristus, Berg mencuci otak para pengikutnya dengan mengatakan bahwa anak-anak tidak perlu ke sekolah, anak-anak harus hidup mandiri tanpa orang tua, dan juga bebas melakukan hubungan seks dengan siapa pun dan mengajak orang ke sekte tersebut.

2. The Manson Family

The Manson Family

Salah satu sekte sesat yang cukup terkenal, The Manson Family didirikan di San Francisco pada tahun 1967 oleh seorang pria bernama Charles Manson. Hal-hal negatif yang dilakukan oleh Manson dan para pengikutnya selama hampir 50 tahun di sekte tersebut sampai tidak bisa dilupakan oleh banyak orang. 

Manson merupakan orang yang sangat tergila-gila dengan The Beatles dan lagunya yang berjudul Helter Skelter. Lagu tersebut yang memotivasi Manson untuk melakukan peras ras. Pada bulan Agustus 1969, Manson memerintah para pengikutnya untuk menyerang sebuah rumah di Benedict Canyol dan membunuh semua orang yang ada di dalamnya. Yang termasuk menjadi korban atas aksi tersebut meliputi Sharon Tate, Roman Polanski, dan Jay Sebring.

Tidak sampai disana, Manson dan para pengikutnya juga terlibat banyak aksi pembunuhan seperti Rosemary dan Leno LaBianca/.

1. NXIVM

nxivm

Sebuah sekte baru berdiri pada tahun 1998 dengan nama NXVIM. Setiap sekte atau perkumpulan pastinya dipimpin oleh seseorang, untuk sekte NXVIM ini didirikan dan dipimpin oleh Keith Raniere. Tak ada yang menduga bahwa sekte yang didirikan oleh Raniere ini bisa memiliki banyak pengikut dan menciptakan banyak masalah.

Pada tahun 2017, sekte ini berhasil memiliki anggota hingga lebih dari 18.000 orang yang tersebar hingga Amerika Utara. Kegiatan yang dilakukan oleh para pengikut NXVIM tak lepas dari kekerasan dan prostitusi. Ada banyak wanita yang direkrut dan menjadi korban kekerasan seksual. Pada tahun 2020 Raniere lalu disidang dan dihadapkan dengan banyak tuntutan dari banyak saksi dan korban.

Kasus yang membelitnya mulai dari sex trafficking, racketeering, dan child pornography. Dimana kebanyakan korban kebanyakan masih berumur belasan. Raniere lalu dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara. Salah satu artis yang terlibat dengan sekte ini adalah Allison Mack yang pernah bermain dalam serial televisi berjudul Smallville.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas