home -> Lainnya -> Bagaimana Duduk Terlalu Lama Dapat Merusak Tubuh A...
27 April 2018 00:19

Bagaimana Duduk Terlalu Lama Dapat Merusak Tubuh Anda dan Cara Mengatasinya

Oleh admin dalam Lainnya pada August 19, 2013

Apakah dalam satu hari Anda duduk lebih dari 6 jam karena kondisi kerja atau hobi Anda? Ternyata hal tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebanyak 64 persen, merusak kualitas hidup Anda dan resiko kesehatan lainnya. Singkatnya, duduk lama atau seharian dapat 'membunuh' Anda. Kabar baiknya ada cara dan tips mudah untuk megnatasi hal ini.

Video singkat

Berikut ini adalah video yang akan menjelaskan secara singkat bagaimana duduk seharian dapat merusak tubuh Anda dan bagaimana Anda dapat mengatasi hal ini dengan cara yang mudah.

Bagaimana duduk mempengaruhi tubuh Anda

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini waktu rata-rata lamanya orang duduk setiap harinya terus meningkat. Dimulai dari 6 jam per hari bahkan hingga sampai 15 jam per hari. Terlebih bagi seseorang yang kerja kantoran dan selalu berhadapan dengan komputer, maka mereka akan sangat rentan dengan adanya gangguan kondisi kesehatan. Di bawah ini akan menunjukkan bagaimana duduk dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Sitting all day long

Waktu Anda duduk

Tepat sesudah Anda duduk, maka kemampuan tubuh untuk membakar kalori turun 1 kalori setiap menitnya. Dan jika Anda duduk selama 24 jam penuh maka Anda akan mengalami penurunan sebanyak 40% dalam hal pemrosesan glukosa (glukosa adalah salah satu karbohidra terpenting untuk sumber tenaga). Hal ini akan membuat Anda lebih rentan akan diabetes.

Sesudah 2 Minggu duduk lebih dair 6 jam per hari

5 hari sesudah gaya hidup sepertin ini, tubuh Anda akan mulai mengalami penurunan dalam hal metabolisme dan karena pemrosesan gulkosa menurun, gula darah Anda akan sangat tinggi. Kedua hal ini akan mengarah ke peningkatan berat badan.

Sesudah 2 minggu akan gaya hidup ini akan membuat tubuh mengalami hambatan dalam pertumubuhan dan kapasitas oksigen yang dapat Anda hirup menjadi lebih sedikit. Ini membuat Anda akan mengalami kesusahan dalam menaiki tangga dan berjalan.

Sesudah 1 Tahun duduk lebih dari 6 jam per hari

Sesudah 1 tahun, maka efek jangka panjang dari gaya hidup ini akan mulai muncul seperti peningkatan beran badan, kolestrol yang tinggi dan kalsium dalam tulang akan menurun sebanyak 1% setiap tahunnya.

Sesudah 10-20 Tahun duduk lebih dari 6 jam per hari

Duduk lebih dari 6 jam selama 1 atau 2 dasawarsa atau dekade (10 tahun) dapat mengakibatkan penurunan dalam kualitas hidup dan meningkatkan resiko terkena serangan jantung sebanyak 64% serta kemungkinan terjadinya kanker payudara sebanyak 30%. Ketahuilah bahwa kanker payudara juga dapat menyerang pria.

Setelah membaca efek-efek negatif di atas Anda mungkin akan merasa ngeri atau takut, tapi tenang saja karena di bawah akan dijelaskan bagaimana mengatasi efek negatif ini tanpa mengubah gaya hidup Anda secara pesat.

Tips-tips melawan efek negatif dari duduk lama tanpa mengubah banyak gaya hidup

Cara paling mudah untuk melawan efek negatif di atas adalah dengan melakukan dua hal berikut ini:

  1. Ingatlah untuk berdiri setidaknya sekali setiap 1 jam Anda duduk
  2. Setiap harinya luangkan waktu sebanyak 30 menit saja untuk beraktivitas (bukan duduk)

stand every one hour

Dengan melakukan hal sederhana di atas maka studi dari Australia mengatakan bahwa hal tersebut dapat mengatasi masalah-masalah di atas. Jika Anda tidak mempunyai waktu 30 menit untuk beraktivitas, maka Anda dapat memecah 30 menit tersebut menjadi waktu yang lebih sedikit. Sebagai contoh adalah 10 menit, 10 menit dan 10 menit. 

Di bawah ini adalah tips-tips lain yang juga dapat membantu melawan masalah-masalah negatif terkait atas duduk seharian.

Ubah pola pikir dan gaya hidup Anda

stair and elevator

Selain mengatasi masalah di atas, Anda juga dapat membuat diri Anda jauh lebih sehat dengan mengubah pola pikir dan gaya hidup Anda. Sebagai contoh misalnya jika Anda biasanya selalu ingin mendapatkan tempat parkir yang dekat dengan mall maka sekarang parkirlah agak lebih jauh, jika biasa Anda suka naik elevator (lift) maka sekarang gunakan eskalator atau tangga dan seterusnya.

Buatlah sebuah alarm yang akan berbunyi setiap jam pada saat Anda duduk

alarm clock as reminder

Anda tahu bahwa berdiri setiap 1 jam akan membuat diri Anda lebih sehat daripada duduk secara terus menerus, tapi masalahnya adalah apakah Anda akan ingat selalu akan hal tesebut. Cara terbaik adalah dengan meset alarm yang mengingatkan Anda setiap 1 jam baik melalui komputer Anda ataupun ponsel Anda. Berikut ini petunjuk untuk mengatur alarm tersebut di Windows dan Mac. Jika Anda lebih menyukai menggunakan cara sederhana seperti software, maka Anda dapat menggunakan Breaker untuk Windows dan Time Out untuk Mac.

Ubah iklan di TV menjadi alasan untuk berdiri

TV Exercise

Tapi bagaimana jika Anda bukan berada di depan komputer? Jika Anda tidak berada di depan komputer tapi sedang menonton TV maka Anda dapat mengubah iklan-iklan di TV menjadi sebuah alarm atau alasan agar Anda dapat berdiri.

Daripada menonton iklan yang sama secar terus menerus, lebih baik melakukan hal yang bermanfaat dengan berdiri atau beraktivitas.

Banyak cara untuk mengingatkan Anda akan hal ini dan itu semua tergantung atas Anda. Intingya adlaah dengan melakukan dua cara sederhana di atas, yaitu berdiri setiap 1 jam dan melakukan aktivitas setidaknya 30 menit setiap harinya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas