home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bisa Membantu Untuk Tidur Nyenyak
01 Maret 2021 23:41

10 Makanan Yang Bisa Membantu Untuk Tidur Nyenyak

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 02, 2021

Tidur cepat dan mendapatkan tidur yang berkualitas atau nyenyak adalah keingingan semua orang. Dengan tidur lebih cepat dan juga nyenyak, maka tubuh bisa memulihkan dirinya setelah seharian beraktivitas. Tapi tidak semua orang bisa tidur dengan cepat. Kalau bisa tidur cepat, kualitas tidurnya tidak begitu baik. Untuk mengatasi hal tersebut, ada sejumlah makanan yang dipercaya bisa membantu tidur atau istirahat lebih cepat dan juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Mungkin kalian yang mengalami masalah insomnia atau sulit tidur bisa mengkonsumsi salah satu dari 10 makanan di bawah ini.

10. Susu Hangat

warm milk

Memiliki masalah susah tidur di malam hari sehingga membuat pagi hari tubuh merasa lelah dan mood hancur memang sangat mengganggu. Perlu dilakukan sejumlah cara agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan juga berkualitas. Jika kalian termasuk orang yang memiliki masalah tersebut, mungkin bisa mencoba minum segelas susu sebelum tidur.

Bukan susu dingin melainkan susu hangat. Susu mengandung 4 zat penting yaitu tryptophan, kalsium, vitamin D, dan melatonin. Keempat zat ini yang bisa membuat tubuh menjadi mudah tidur. Apabila takut berat badan naik, bisa mengganti susu biasa dengan susu rendah lemak atau tinggi kalsium karena kalorinya jauh lebih rendah.

9. Dark Chocolate

dark chocolate

Tidak semua cokelat itu buruk. Masih ada cokelat yang aman untuk dikonsumsi yaitu dark chocolate. Dark chocolate direkomendasi untuk dimakan karena gula yang ada di dalam cokelat tersebut sangat rendah dan kalorinya yang kecil. Karena kandungan gula yang minim dan cenderung 0, berdampak pada rasanya yang pahit.

Karena gulanya renda dan kalorinya yang kecil, dark chocolate cenderung aman untuk dimakan, apalagi di malam hari. Mengkonsumsi dark chocolate di malam hari dipercaya bisa membantu seseorang untuk tidur. Kandungan serotonin dalam dark chocolate yang bisa membantu tubuh dan otak menjadi rileks.

8. Oatmeal

oatmeal

Memiliki berat badan yang ideal merupakan keinginan banyak orang. Kunci untuk itu adalah dengan tidak melewatkan yang namanya sarapan. Makanan yang disarakan untuk jadi menu sarapan adalah oatmeal. Tentu dengan tambahan beberapa bahan lain seperti buah dan juga telur untuk membuat oatmeal lebih berisi dan mengenyangkan.

Selain jadi menu sarapan, oatmeal jika bisa membantu kalian yang memiliki masalah dengan sulit tidur. Oatmeal mengandung magnesium yang bisa membantu kalian untuk cepat tidur. Mereka yang mengalami masalah tidur karena minimnya magnesium dalam tubuh, bisa dicoba mengganti menu makan malam dengan oatmeal.

7. Nasi Putih

white rice

Masalah terbesar ketika ingin menurunkan berat badan adalah ketika harus memangkas karbohidrat yang dimana karbohidrat paling sering dimakan adalah nasi putih. Permasalah lain yang muncul adalah ketika makan nasi putih tidak lama kemudian akan merasa ngantuk yang apabila langsung tidur malah bisa membuat berat badan meroket. Tapi jika diakali, sisi negatif dari nasi putih ini justru bisa dimanfaatkan menjadi hal yang positif.

Nasi putih bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk membantu tubuh istirahat. Kita tahu bahwa makan nasi putih bisa memancing insulin naik yang membuat kantuk. Tapi jika langsung tidur setelah makan tentu tidak bagus untuk kesehatan. Kalian cukup menghitung waktu kapan kalian makan nasi putih dengan jam tidur kalian. Pastikan kalian memberikan jedah waktu kira-kira satu sampai dua jam setelah makan baru pergi tidur.

6. Kacang

nuts

Oleh para penggemar fitness, kacang-kacangan sudah pasti akan masuk menu makan mereka. Tidak hanya satu hari tapi dikonsumsi secara rutin. Ini dikarenakan kacang-kacangan tidak cuma mengandung protein tapi juga lemak sehat yang bagus untuk pemulihan dan pembentukan otot mereka. Tapi bukan berarti kacang hanya bisa dikonsumsi oleh penggila fitness saja.

Kalian yang menderita insomnia juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan. Malah besar kemungkinan masalah insomnia bisa berkurang. Kacang-kacangan bila dikonsumsi bisa memicu tubuh untuk memproduksi hormon serotonin yang bisa membantu tubuh untuk beristirahat. Jenis kacang-kacangan yang bisa kalian konsumsi seperti almond, walnut, flax seed, pumpkin seed, dan sunflower seed.

5. Madu

honey

Orang banyak mengira bahwa untuk menurunkan berat badan harus berhenti mengkonsumsi karbohidrat, lemak, dan juga makanan manis. Madu seperti yang kita semua tahu adalah salah satu makanan yang memiliki rasa manis tapi aman untuk dikonsumsi. Ini dikarenakan madu berasal dari alam. Yang harusnya distop konsumsinya adalah makanan manis hasil olahan seperti permen, cokelat, dan lain sebagainya.

Ketika seseorang mengalami susah tidur, mungkin penyebabnya adalah orexin yang tinggi. Orexin ini merupakan neurotransmiter di otak yang membuat tubuh untuk tetap terjaga. Fungsi madu disini adalah menekan orexin tersebut sehingga tubuh bisa menjadi lebih rileks. Dengan rileksnya tubuh maka akan mempermudah kita untuk beristirahat.

4. Pisang

bananas

Memilih makanan yang akan disantap untuk malam hari bisa menentukan kalian bisa cepat tidur atau tidak. Apabila kalian sudah memiliki masalah sulit tidur atau insomnia, jangan diperparah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa membuat kalian semakin sulit tidur. Contohnya makanan pedas dan minuman yang mengandung kafein.

Kalau kalian ingin tidur lebih cepat dari biasanya, cobalah beralih ke makanan lain yang bisa membantu kalian untuk tidur. Salah satu yang bisa kalian konsumsi adalah pisang. Pisang mengandung potassium yang sangat tinggi. Potassium ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyenyak. Pisang juga mengandung tryptophan dan magnesium yang juga bisa membuat tubuh cepat tidur.

3. Telur

eggs

Telur menjadi salah satu makanan yang sangat populer. Meski ukuran mereka kecil, telur memiliki nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Apalagi harga telur juga relatif terjangkau. Telur bisa diolah dengan banyak cara mulai dari direbus, digoreng, dadar, dijadikan menu sarapan, dan juga makan malam juga bisa.

Selain bagus untuk diet, telur juga bisa membantu kalian untuk mengatasi masalah susah tidur. Adalah zat tryptophan dalam telur yang bisa membantu seseorang untuk mengatasi masalah tidur. Jadi sebelum kalian tidur di malam hari, masukan sejumlah telur ke dalam makanan kalian. Mau diolah dengan cara apa terserah selera.

2. Yogurt

yogurt

Susu sudah disebutkan bahwa sangat bagus untuk dikonsumsi. Bukan cuma untuk membantu diet tapi juga bisa membantu kalian untuk tidur lebih awal. Tapi tidak semua orang bisa merasakan manfaat dari susu dikarenakan masalah dengan laktosa. Beruntungnya ada sejumlah opsi makanan lain yang bisa dimakan sebagai pengganti susu.

Salah satunya adalah yogurt. Kalian yang memiliki masalah dengan laktosa bisa mengalihkan pilihan pada yogurt. Yogurt sama seperti susu namun lebih aman dikonsumsi. Yogurt bisa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang bisa membuat seseorang tidur lebih cepat. Hormon yang dimaksud adalah tryptophan dan melatonin.

1. Ikan

fish

Jika kalian ingin tidur cepat sekaligus berkualitas, maka sudah wajib untuk memasukan daging ikan ke dalam menu makan malam kalian. Daging ikan bisa seperti salmon, tuna, dan halibut yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Ini dikarenakan di kebanyakan daging ikan mengandung yang namanya vitamin B6.

Vitamin B6 apabila dikonsumsi bisa memacu produksi hormon melatonin. Hormon melatonin adalah hormon yang bisa muncul ketika tubuh berada di kondisi gelap yang membuat tubuh akan lebih cepat untuk tidur. Jadi dengan makan daging ikan, tubuh akan dipaksa untuk memproduksi hormon melatonin lebih awal daripada biasanya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas