home -> Teknologi -> 10 Mobil Keren Bertenaga Listrik
21 Juni 2021 20:07

10 Mobil Keren Bertenaga Listrik

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada January 27, 2021

Perkembangan mobil elektrik kini sedang gencar-gencar. Bukan cuma karena takut akan cadangan minyak bumi akan habis suatu hari nanti, beralih dari kendaraan berbahan bakar gas ke tenaga listrik jauh lebih ramah lingkungan. Tidak ada polusi yang keluar dari mobil dan juga mobil tidak memiliki suara karena digerakan dengan tenaga listrik. Berbicara soal mobil elektrik, ada 10 mobil bertenaga listrik yang memiliki desain atau bentuk yang sangat keren. Inilah dia daftar mobil elektrik bertenaga listrik dengan desain yang keren.

10. Mercedes-Benz EQC

mercedes-benz eqc

Jangan mengaku sebagai penggila mobil apabila tidak kenal dengan brand Mercedes-Benz. Sudah bertahun-tahun sejak didirikan, Mercedes-Benz telah menghasilkan banyak mobil mewah. Tidak hanya memproduksi sedan, mereka juga memproduksi SUV. Perusahaan Mercedes-Benz ini berasal dari Jerman dengan markas utama di kota Stuttgart.

Di tahun 2019, tepatnya di bulan September, Mercedes-Benz memperkenalkan salah satu produk andalannya yaitu Mercedes-Benz EQC. Mobil bertipe SUV ini digerakkan dengan tenaga listrik dan diperuntukan untuk family car. Mercedes-Benz EQC mengambil platform dari GLC, memiliki 2 motor elektrik, four wheel drive, dan memiliki tenaga sebesar 402 bhp. Dengan kapasitas baterai penuh, mobil ini diklaim bisa menempuh jarak sampai 259 mil.

9. Ford Mustang Mach-E

Ford Mustang Mach-E

Pada tahun 1903, Henry Ford mendirikan perusahaan mobil yang diberinama Ford Motor Company. Bermarkas di Dearborn, Amerika. Memproduksi mobil-mobil dengan performa tinggi, Ford saat itu bersaing dengan Ferrari dalam ajang balapan mobil. Sengitnya persaingan tersebut bahkan sampai dibuatkan film Ford v Ferrari.

Tentu Ford Mustang bukanlah mobil yang baru didengar. Ford Mustang termasuk dalam salah satu mobil American Muscle yang memiliki performa tinggi. Mengambil nama Mustang, dibuatlah versi listrik dengan tipe SUV yaitu Ford Mustang Mach-E. Ford Mustang Mach-E diklaim bisa mencapai jarak tempuh 300 mil sekali cas. Ada 4 model yang bisa menjadi pilihan dengan spesifikasi berbeda yaitu SELECT, CALIFORNIA ROUTE 1, PREMIUM, dan GT.

8. Audi E-tron Quattro

audi e-tron quattro

Ada banyak perusahaan mobil besar dan terkenal yang berasal dari Jerman. Dan salah satunya adalah Audi AG. Spesialisasi Audi adalah menciptakan mobil yang tidak hanya unggul dalam performa tapi juga mewah. Perlu dicatat bahwa Audi AG termasuk dalam bagian dari Volkswagen Group yang juga berasal dari Jerman.

Salah satu mobil listrik buatan Audi yang menarik untuk dibahas adalah Audi E-tron Quattro. E-tron Quattro ini mengambil konsep dari beberapa mobil lain seperti Q7, e-tron Sportback, e-tron GT, dan bahkan Porsche Taycan. Gabungan konsep tersebut menghasilkan sebuah mobil listrik dengan tenaga 402 hp dan mampu berakselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 5,5 detik.

7. BMW iX3

bmw ix3

Jika sebelumnya sudah membahas Mercedes-Benz, sekarang adalah giliran BMW. Dua pabrikan mobil asal Jerman ini seperti tidak pernah ada habisnya untuk saling memproduksi mobil mewah berperforma tinggi. Untuk urusan mobil listrik, BMW juga tak mau kalah dengan Mercedes-Benz. Ada satu produk mobil listrik andalannya yaitu BMW iX3.

Di versi tahun 2021, BMW iX3 memiliki tenaga sebesar 286 hp dan torque 400Nm. Kebanyakan model X3 memiliki ciri khas all wheel drive, tipe iX3 justru rear wheel drive. Untuk versi four wheel drive kabarnya masih dalam tahap pengembangan. Soal kecepatan mungkin tidak bisa dibandingkan dengan model X3 lainnya. Namun iX3 masih dianggap cepat dengan akselerasi 0-60mph dalam waktu 6,8 detik. Top speednya sendiri diklaim mencapai 112 mph.

6. Mini Electric

mini electric

Sesuai dengan namanya Mini, Mini merupakan pabrik otomotif asal Inggris yang memiliki spesialis membuat mobil berukuran mini atau kecil. Kalau kalian pernah menonton film-film Mr. Bean, mobil kecil berwarna hijau yang dikendarai oleh Mr. Bean adalah Mini. Di negara asalnya, Mini sudah seperti jamur karena banyak orang yang menggunakannya.

Tak mau kalah, Mini yang juga merilis produk andalannya yaitu Mini Electric. Memiliki ukuran dan bentuk yang mirip dengan Mini Cooper S, bedanya mobil ini digerakkan dengan tenaga listrik jadi memiliki 0 gas buang. Mini Elektric memiliki kapasitas baterai 93,2 Ah dan mampu menempuh jarak 140-145 mil. Ditambah fitur fast charging membuat penggunannya tidak perlu mengecas berlama-lama. Mengecas baterai selama 36 menit, baterai bisa terisi hingga 80%.

5. Polestar 2

polestar 2

Nama Polestar masih asing di telinga? Bagaimana kalau dengan Volvo? Volvo merupakan perusahaan multinasional asal Swedia yang memproduksi banyak kendaraan. Bukan cuma kendaraan keluarga tapi juga truk, bus, dan kendaraan konstruksi. Nah, Polestar ini masih menjadi bagian dari perusahaan Volvo.

Sama-sama bermarkas di Gothenburg, Polestor turut meramaikan persaingan di dalam dunia mobil listrik. Polestar masuk dalam persaingan dengan meluncurkan produknya yang bernama Polestar 2. Polestar 2 memiliki kapasitas baterai sebesar 78 kWh dan digerakan dengan 2 motor elektrik. Hasilnya, mobil ini memiliki tenaga 402 bhp dan mampu berakselerasi dari 0-62 mph hanya dalam waktu 4,7 detik. Kecepatan maksimumnya mencapai 127 mph.

4. Jaguar I-Pace

jaguar i-pace

Jangan bingung bila kalian ada mendengar nama Jaguar Land Rover dan Jaguar. Jaguar adalah versi mewahnya dari Jaguar Land Rover. Kedua perusahaan ini sama-sama perusahaan multinasional berasal dari Inggris dan bermarkan di Whitley. Produk mobil bertenaga asal listrik yang diciptakan oleh Jaguar dinamakan dengan Jaguar I-Pace.

Jaguar I-Pace diluncurkan pada tahun 2018 dan langsung mencuri perhatian banyak orang dengan kemewahannya. Tidak cuma mengutamakan kemewahan, Jaguar I-Pace termasuk dalam mobil keluarga yang pastinya sangat nyaman. Tentu nyaman saja pastinya akan terasa kurang, soal performa dan handling, Jaguar I-Pace ini bisa dianggap remeh.

3. Lexus UX 300e

Lexus UX 300e

Soal produksi mobil, Jepang tak mau kalah dari negara Eropa lainnya. Salah satu brandnya mobil yang terkenal dari Jepang adalah Lexux. Lexus ini merupakan versi mewahnya dari Toyota. Toyota lebih berfokus pada mobil keluarga dan tentu dengan harga yang cukup terjangkau. Lexux pun ikut dalam persaingan mobil elektrik dengan produknya yaitu Lexus UX 300e.

Inilah dia mobil listrik hybrid pertama keluaran Lexus. Dengan kisaran harga mencapai 40.000 Pounds, pembeli bisa mendapat mobil listrik mewah yang bisa menempuh jarak hingga 200 mil. Sebagai mobil SUV, mungkin sekilas dari gambar mobil ini tidak terlihat begitu besar. Namun Lexus menjamin bahwa bagian dalam dari mobil ini cukup luas untuk bisa dijadikan sebagai family car.

2. Tesla Model S

Tesla Model S

Nama Elon Musk pasti bukan nama yang asing lagi di telinga. Belum lama ini, Elon Musk berhasil menggeser Jeff Bezos si pemilik Amazon sebagai orang terkaya di dunia. Perlu diketahui bahwa Elon Musk ini merupakan CEO dari Tesla dan SpaceX. Tesla inilah yang menjadi salah satu pabrik mobil yang memang mengedepankan konsep mobil listrik.

Ada banyak tipe mobil Tesla yang digerakkan dengan menggunakan tenaga listrik. Salah satunya yang sangat menarik untuk dibahas adalah Tesla Model S. Tesla Model S pertama kali diperkenalkan pada publik pada tahun 2012. Pada tahun 2020, Tesla menciptakan 2 jenis Tesla Model S yaitu Performance dan Long Range Plus. Dengan kapasitas baterai mencapai 100 kWh, Tesla Model S Long Range dapat menempuh jarak hingga 405 mil.

1. Porsche Taycan

porsche taycan

Bagi para penggemar otomotif terutama di bidang mobil pasti sudah tak asing dengan pabrikan Porsche. Porsche adalah pabrik asal Jerman yang merupakan spesialis pembuat mobil sports kencang. Mendengar mobil sports pastinya langsung terlintas di kepala adalah mobil jenis sedan. Tapi Porsche juga ada membuat untuk mobil tipe SUV.

Ketika banyak pabrikan mobil sudah memulai memproduksi mobil elektrik, Porsche pun tak mau kalah. Pabrikan otomotif yang berdiri di Jerman pada tahun 1931 ini lalu membuat sebuah mobil elektrik yang dinamakan Porsche Taycan. Dengan berat mencapai 2,2 ton kg, Taycan memiliki handling yang mirip dengan mobil sports. Belum lagi ditambah dengan akeselerasi dan kelincahannya membuat mobil patut diperhitungkan dengan mobil listrik lainnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas