home -> Entertainment -> 10 Episode Kartun Yang Kontroversial
21 Juni 2021 19:13

10 Episode Kartun Yang Kontroversial

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada January 25, 2021

Kartun merupakan tontonan yang tergolong aman untuk ditonton bersama dengan anak-anak. Karakter, warna, serta jalan cerita yang lucu inilah yang bisa membuat tidak hanya anak-anak tapi mereka yang sudah dewasa terhibur. Dengan demikian, menonton kartun setidaknya bisa mengurangi stres akibat bekerja di kantor ataupun sekolah. Namun siapa sangka bahwa kartun yang seharusnya berisi dengan episode menghibur dan mudah dicerna otak, malah berisikan dengan topik yang mengundang kontroversi. Inilah sejumlah episode kontroversial dari beberapa kartun terkenal.

10. The Masked: Animated Series - Flight as a Feather

The Masked Animated Series

Jim Carrey pernah bermain dalam salah satu film komedi dengan judul The Mask. Film ini menceritakan kisah Stanley Ipkiss yang menemukan sebuah topeng misterius yang bila dipakai bisa memberikannya kekuatan super. Tayang di tahun 1994, tahun 1995 kemudian dibuat versi kartun dengan judul The Mask: Animated Series.

Film The Mask saja sudah diketahui lucu dan konyol, versi kartunnya lebih dibuat konyol dengan cerita yang aneh-aneh. Apalagi pada episode Flight as a Feather. Episode ini dianggap terlalu ekstrim dimana ada karakter penari striptis wanita yang tidak menggunakan pakaian satu pun. Di tubuh wanita tersebut terpasang bom. Wanita tersebut kemudian mengancam akan meledakan dirinya beserta walokiota. Episode tersebut kemudian dilarang tayang oleh FOX Family dan CBS.

9. Dexter's Laboratory - Rude Removal

dexter's laboratory

Siapa bilang memiliki saudara itu menyenangkan? Coba kalian lihat Dexter, meski masih muda, ia memiliki otak yang sangat jenius dan sering menciptakan beberapa alat canggih. Tapi karena ia memiliki kakak perempuan yang sangat menyebalkan bernama Dee Dee, banyak penemuannya yang dibuat hancur berantakan karena ulah kakaknya. Kisah lucu mereka bisa kalian simak dalam kartun berjudul Dexter's Laboratory.

Kartun Dexter's Laboratory juga tak luput dari beberapa kartun lain karena memiliki satu episode yang dianggap terlalu berbahaya untuk menjadi tontonan anak-anak. Episode yang dimaksud adalah episode Rude Removal. Dengan kejeniusannya, Dexter menciptakan sebuah mesin yang bisa memisahkan sifat jelek dari Dee Dee.

Saat ingin melakukan eksperimennya, Dee Dee dan Dexter malah terjebak dalam mesin tersebut. Hasilnya, mereka berdua malah menciptakan dopperganger yang merupakan gabungan dari sifat Dee Dee dan Dexter. Dopperganger tersebut memiliki sifat perusak dan sering berbicara bahasa kasar. Terlalu banyak kata-kata kasar yang muncul dalam episode tersebut membuat Cartoon Network terpaksa tidak menayangkan episode tersebut lagi.

8. Mighty Mouse: The New Adventures - The Littlest Tramp

Mighty Mouse The New Adventures

Pada tahun 1942 dibuatlah sebuah karakter tikus berkekuatan super bernama Mighty Mouse. Karakter Mighty Mouse ini dibuat oleh Terrytoon Studio. Berakhir pada tahun 1961, tayangan Might Mouse kembali hadir di tahun 1987 dengan diproduseri oleh Bakshu-Hyde Ventures dan Terrytoon. Tayangan ini diputar di televisi sampai tahun 1988.

Dari total 19 episode yang sudah ditayangkan, ada satu episode yang dianggap paling kontroversial. Episode tersebut adalah episode ke-7 dengan judul The Littlest Tramp. Alasan episode ini dianggap mengundang kontroversi adalah ketika karakter Mighty Mouse menarik sebuah zat berwarna pink dari saku dan mengendusnya. Meski tidak diungkap nama dari zat tersebut, pihak American Family Association meyakini bahwa zat tersebut adalah kokain.

7. The Ren & Stimpy Show - Man’s Best Friend

The Ren & Stimpy Show

Di saat anak 90an ingin mencari hiburan di televisi, salah satu channel yang menyajikan banyak serial kartun adalah Nickelodeon. Sederet kartun lucu ada di channel tersebut. Sebut salah satunya adalah The Ren & Stimpy Show. Menceritakan kisah petualangan aneh dan lucu dari seekor anjing Chihuahua bernama Ren dan kucing bernama Stimpy.

Salah satu masalah dari kartun The Ren & Stimpy Show adalah pada episode dengan judul Man's Best Friend. Dalam episode yang seharusnya ditujukan untuk season 2 tersebut, di dalam episode tersebut terlalu banyak menampilkan adegan kekerasan dan juga penggunaan tembakau secara explisit. Karena dianggap episode terlalu berbahaya untuk anak-anak, Nickelodeon memutuskan untuk tidak menayangkannya kembali.

6. Tiny Toon Adventures - One Beer

Tiny Toon Adventures

Memiliki nama yang mirip dengan Bugs Bunny, Buster Bunny sama sekali tak memiliki relasi dengan Bugs Bunny. Mereka berdua juga berasal dari acara yang berbeda. Karakter seperti Buster Bunny, Babs Bunny. Plucky Duck, Pig, dan masih banyak karakter kecil lainnya, berasal dari acara berjudul Tiny Toon Adventures. Tayangan kartun ini tayang pada tahun 1990 dan berakhir pada tahun 1992.

Pada episode One Beer, sang produser dari Tiny Toon Adventures sebenarnya ingin menampilkan pesan bahwa bir adalah minuman yang berbahaya. Tak hanya bir, minuman beralkohol lain juga dianggap berbahaya dan tidak boleh diminum oleh anak-anak. Memiliki pesan yang bagus namun cara menggambarkan efek dari minum minuman beralkohol dianggap berlebihan. Mabuk, menggoda wanita, mencuro mobil polisi, dianggap tak pantas ditampilkan di tayangan kartun.

5. South Park - Trapped in The Closet

South Park trapped

South Park menceritakan kisah tentang persahabatan 4 bocah laki-laki bernama Stan Marsh, Kyle Broflovski, Eric Cartman, dan Kenny McCormick. Mereka berempat hidup South Park dengan berbagai macam permasalahan yang pelik. Tayang pada 1997, South Park masih lanjut sampai sekarang, hanya saja agak tertunda akibat pandemi.

Berbicara tentang South Park, kartun ini sebenarnya sudah dianggap sebagai kartun yang kontroversial. Kartun ini membahas banyak hal-hal yang dianggap sensitif di Amerika bahkan dunia. Hingga salah satu episodenya yang berjudul Trapped in The Closet cukup menyita perhatian publik. Perlu diketahui bahwa episode tersebut menyinggung sebuah sekte bernama Scientology yang kebetulan dianut oleh Tom Cruise.

Scientology bagi yang belum paham adalah sebuah sekte yang terbentuk di Amerika pada tahun 1954. Dari website mereka, Scientology dijelaskan sebagai agama yang menawarkan sebuah cara pemahaman tentang kondisi spiritual seseorang dan hubungan orang tersebut dengan diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan manusia lain. Pada episode tersebut, South Park menyindir Scientology dan para pengikutnya. South Park menyindir seksualitas dari Tom Cruise serta menyebut Scientology sebagai scam.

4. Family Guy - When You Wish Upon a Weinstein

Family Guy

Bagaimana rasanya jika kalian tinggal bersama sebuah keluarga dimana semua anggota keluarga memiliki karakter berbeda dan konyol? Pasti rasanya akan sangat lucu. Itulah tema dari kartun Family Guy. Dengan karakter utama Peter Griffin sebagai ayah, ditemani oleh 2 anaknya yang remaja, seekor anjing, istri, dan seorang bayi super nakal dihadapkan dengan sejumlah skenario yang diluar dugaan.

Family Guy dibuat oleh Seth MacFarlane dan ditayangkan di FOX network. Kartun ini juga kurang lebih sama seperti South Park dimana sering membahas dan menyinggung hal yang sedang tren di Amerika. Pada season 8 di judul When You Wish Upon a Weinstein, episode ini dianggap sangat mengundang kontroversi.

Di episode When You Wish Upon a Weinstein, Peter Griffin mengalami krisis finansial. Salah satu cara untuk mengembalikan kondisi keuangan keluarga adalah dengan mengganti kepercayaannya menjadi Judaism/Yahudi. Karena konten anti-semiticnya dipertanyakan, episode ini dilarang tayang selama beberapa tahun.

3. The Simpsons - Blame It on Lisa

The Simpsons

Family Guy bukanlah satu-satunya kartun bertemakan keluarga lucu. Masih ada kartun keluarga lucu lainnya yakni The Simpsons. Meski termasuk kartun keluarga, The Simpsons ini termasuk kartun yang mengerikan. Mengerikan bukan karena cerita seram dan hantu tapi karena banyak episode dari The Simpson yang menjadi kenyataan. Namun bukan episode yang menjadi kenyataan yang akan dibahas melainkan episode kontroversialnya yaitu Blame It on Lisa.

Dalam episode tersebut, keluarga The Simpsons yang terdiri dari Homer, Bart, Lisa, Marge, dan Maggie melakukan perjalanan ke Brazil dengan tujuan mencari anak yang hilang. Namun bukannya anak yang ditemukan, mereka malah mendapatkan banyak masalah disana. Masalah seperti penipuan, bertemu hewan liar, serta penggambaran rumah kumuh di Brazil yang dianggap terlalu berlebihan. Akibatnya, kreator dari The Simpsons mengungkapkan permintaan maaf pada warga Brazil.

2. Merrie Melodies - All This and Rabbit Stew

Merrie Melodies

Warner Bros yang terkenal sebagai produser kartun pendek Merrie Melodies juga sempat mendapat masalah karena salah satu episodenya yang dianggap menyinggung sejumlah pihak. Merrie Melodies sendiri merupakan sebuah serial kartun bergenre komedi yang tayang perdana pada tahun 1931 dan diputar sampai 1969. Pada masa itu dikenal sebagai masa emas animasi Amerika.

Episode yang dianggap bermasalah adalah episode All Thus and Rabbit Stew. Di episode tersebut, Bugs Bunny diburu oleh karakter berkulit hitam, bersenjata laras panjang, dan memiliki bibir yang tebal. Mungkin ini adalah karakter yang lucu untuk anak-anak, tapi bagi orang kulit hutam tidaklah demikian. Perlu diketahui bahwa pada masa itu sedang panas-panasnya isu rasis dan hak minoritas.

Karakter pria yang memburu Bugs Bunny dianggap menyinggung mereka kaum kulit hitam atau orang berdarah campuran Afrika-Amerika. Hingga sekarang, episode tersebut masih tetap dianggap sebagai episode yang rasis dan orang berdarah Afrika-Amerika masih kecewa dengan episode tersebut.

1. South Park - 200

South Park

Sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa South Park merupakan tayangan kartun penuh kontroversial yang berasal dari Amerika. Semua hal yang dianggap tabu, dibahas dalam kartun ini. Meski dibawakan dalam komedi, tetap saja banyak orang yang tersinggung karena konten dari kartun ciptaan Matt Stone dan Trey Parker ini.

Jika tadi dibahas episode Trapped in the Closet, kini adalah giliran episode 200. Dalam episode tersebut, South Park dengan jelas menampilkan karakter Nabi Muhammad. Nabi Muhammad adalah karakter suci dan sangat dihormati oleh umat Muslim di dunia. Karena tidak senang tokoh agamanya digambarkan dengan cara demikian, kreator South Park mendapat ancaman tidak mengenakan dari penganut agama Islam.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas