home -> Lifestyle -> 10 Tanda Sirkulasi Darah Di Tubuh Mengalami Ganggu...
23 Januari 2021 10:50

10 Tanda Sirkulasi Darah Di Tubuh Mengalami Gangguan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada January 08, 2021

Sekarang ini sangat perlu untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit. Bila ada masalah kesehatan, tubuh secara otomatis akan menunjukan beberapa tanda. Namun tidak semua orang sadar akan tanda tersebut dan cenderung menganggap sepele. Seperti peredaran darah atau sirkulasi darah. Jika hal ini dibiarkan maka akan menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Maka dari itu perlu diketahui sejumlah tanda kecil dimana adanya gangguan pada sirkulasi darah di tubuh. Apa saja tandanya?

10. Luka dan Bisul

Leg ulcers

Tanda umum ketika seseorang mengalami masalah dengan peredaran darahnya adalah ketika muncul luka dan bisul di tubuh. Kalian pasti banyak yang tidak mengira hal ini bisa terjadi bukan? Kita hanya tahu bahwa luka terjadi kalau kita jatuh. Sedangkan bisul biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Orang yang mengalami gangguan aliran darah, maka akan muncul luka atau bisul di kulitnya. Semakin parah gangguan aliran darah, maka luka dan bisul juga akan semakin sakit dan lama sembuh. Hal ini bisa terjadi pada orang, tidak memandang usia. Bahkan bisul juga bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut ada memiliki gangguan dengan sistem imun tubuh.

9. Pembuluh Darah Terlihat

veins

Pembuluh darah terlihat bisa disebabkan karena banyak hal. Bisa karena kulit yang terlalu putih sehingga pembuluh darah terlihat atau bisa dikarenakan memang ada masalah dengan peredaran darah. Pembuluh darah yang terlihat biasanya disebut dengan varises. Biasa sering muncul pada bagian kaki.

Ketika ada banyak tekanan, maka aliran darah akan terganggu. Semakin dibiarkan, aliran darah akan menumpuk pada satu titik dan membuat pembuluh darah di bagian tersebut akan membengkak. Jika sudah demikian, maka munculah yang namanya varises. Sebelum hal ini terjadi, sering-seringlah memeriksa kesehatan. Apakah kaki kalian sering mengalami tekanan yang besar atau tidak.

8. Pencernaan Terganggu

Digestive problems

Yang namanya manusia pasti membutuhkan makan untuk bisa bertahan hidup. Perlu diingat bahwa makan makanan yang tepat dan dalam jumlah yang cukup perlu dilakukan agar tubuh bisa berjalan dengan semestinya. Kurang makan atau terlalu banyak bisa menimbulkan masalah pencernaan. Lalu bagaimana kalau sudah makan tepat tapi masih mengalami masalah pada pencernaan?

Mungkin ini diakibatkan karena adanya masalah dengan sirkulasi darah. Sistem percernaan kita butuh yang namanya asupan darah segar. Ketika aliran darah terganggu, secara otomatis pencernaan dan pembuangannya juga akan ikut terganggu. Rasa sakit di perut, diare, buang air besar berdarah, konstipasi, dan perut kram bisa saja terjadi.

7. Kesemutan

kesemutan

Pernahkah kalian mengalami yang namanya kesemutan? Meski sekali pasti kalian pernah mengalami hal satu ini. Kesemutan merupakan rasa aneh, geli, mati rasa, atau seperti tertusuk jarum. Bisa terjadi karena adanya tekanan yang menyebabkan aliran darah menuju tempat tersebut tidak lancar.

Kalau hanya terjadi dalam hitungan jari, mungkin kalian bisa menganggapnya sepele. Tapi kalau terjadi secara terus menerus, kalian perlu khawatir. Bisa jadi karena ada masalah dengan peradaran darah kalian. Selain itu, kesemutan juga bisa menjadi tanda penyakit lain seperti diabetes, gangguan ginjal, hati, stroke, tumor, dan lain sebagainya.

6. Bengkak Di Bagian Tertentu

bengkak

Ketika melakukan aktivitas olahraga lalu kita mengalami benturan di tangan atau kaki, pasti akan muncul bengkak di bagian yang terkena benturan. Kalau disentuh, bengkak tersebut akan terasa sakit. Bengkak bukan cuma bisa terjadi karena benturan dengan benda keras, tapi bisa juga diakibatkan oleh aliran darah yang tidak lancar.

Aliran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan cairan akan terakumulasi di satu bagian tertentu. Di dunia medis, kondisi ini dinamakan dengan edema. Edema cenderung terjadi di bagian kaki, ankle, dan paha. Edema bisa menjadi tanda jantung tidak sanggup mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Istilahnya disebut dengan gagal jantung.

5. Warna Kulit Berubah

skin color

Warna kulit tiap orang memang berbeda-beda. Ada putih, coklat, hitam, dan lain sebagainya. Perbedaan warna kulit ini wajar, yang tidak wajar adalah ketika ada orang yang memiliki warna kulit ungu atau pucat. Kalian mungkin pernah melihat ada bagian tubuh yang berwarna ungu. Ini bisa terjadi kalau bagian tersebut ada terbentur sesuatu yang mengakibatkan berubahnya warna kulit menjadi biru/ungu.

Perubahan warna kulit ini sebenarnya menjadi salah satu tanda bahwa peredaran darah tidak lancar. Ketika aliran darah kurang, maka akan dintunjukan oleh warna kulit yang pucat atau biru. Kalau darah mengalir keluar dari kapiler, area kulit warnanya akan berubah menjadi ungu. Bisa saja perubahan warna ini terjadi di hidung, bibir, telinga, tangan, dan kaki yang memang memiliki banyak pembuluh darah.

4. Lelah

Fatigue

Sama dengan mesin, tubuh manusia dirangcang bukan untuk bekerja tanpa henti. Butuh yang namanya istirahat. Jika mesin dipakai terus menerus akan kepanasan dan mati, orang yang terus menerus bekerja tanpa istirahat akan kelelahan dan bisa jatuh sakit. Karena itulah istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk tubuh bisa memulihkan tenaga.

Ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, bangun tidur akan merasa segar. Kalau masih merasa lelah, ada 2 kemungkinan yang mungkin saja terjadi. Pertama adalah kalian tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dan yang kedua adalah masalah sirkulasi darah. Kurangnya aliran darah membuat jantung bekerja lebih keras yang bisa membuat kelelahan ini terjadi.

3. Otot Kram dan Nyeri Sendi

kram otot

Dokter, ahli kesehatan lain, atlet, guru olahraga, dan teman-teman kita selalu mengingatkan bahwa sebelum melakukan olahraga harus diawali dulu dengan yang namanya stretching atau pemanasan. Pemasanan dilakukan dengan tujuan untuk menyiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas yang lebih berat dari biasanya. Membuat jantung berdetak lebih cepat, menyiapkan otot, dan sendi agar lebih siap. Kalau tidak melakukan pemanasan, kemungkinan kram atau lebih parahnya cidera akan lebih besar.

Jika kalian tidak melakukan olahraga lalu tiba-tiba merasa kram di tangan atau kaki, bisa jadi penyebabnya bukan karena tidak melakukan pemanasan. Tapi karena adanya masalah dengan peredaran darah. Kurangnya aliran darah ke anggota tubuh bisa membuat area tersebut mengalami sakit. Hal ini bisa diperparah ketika duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama.

2. Tangan dan Kaki Dingin

coldness

Sangat wajar apabila kalian berada di tempat atau ruangan yang dingin lalu tubuh kalian ikut merasa dingin. Biasanya kalau sudah kedinginan, reaksi yang kita lakukan adalah menutupi tubuh dengan menggunakan jaket, sarung tangan, atau kaus kaki. Tapi jika tiba-tiba ada bagian tubuh yang mendadak menjadi dingin, ini bisa menjadi tanda yang berbahaya.

Perubahan suhu yang mendadak dari hangat ke dingin menjadi tanda bahwa sirkulasi darah tidak berjalan dengan semestinya. Hal ini bisa terjadi di kaki atau tangan. Ketika darah berjalan dengan lancar, kita pasti akan merasa hangat di sekujur tubuh. Ketika darah tidak berjalan lancar di suatu bagian tubuh, maka di area tersebut suhunya akan menurun drastis, ada perubahan di kulit dan saraf.

1. Sulit Konsentrasi dan Mudah Lupa

Cognitive dysfunction

Memasuki usia lanjut, mengalami masalah dengan ingatan bukanlah hal yang aneh. Kalian jika ada anggota keluarga yang sudah tua pasti mengalami. Kakek atau nenek yang sudah mulai pikun, sulit mengenali nama anak dan cucunya. Seiring berkembangnya zaman, masalah ingatan bukan cuma dialami oleh mereka yang tua, kita yang muda juga bisa mengalaminya.

Gangguan ingatan ini juga bisa disebabkan karena sirkulasi darah yang tidak lancar. Kurangnya pasokan darah ke otak bisa menyebabkan gangguan kognitif. Masalah seperti sulit konsentrasi dan sering lupa adalah masalah yang bisa saja terjadi. Tekanan darah yang tinggi juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas