home -> Lifestyle -> 10 Cara Agar Bisa Tidur Dengan Cepat
19 April 2021 20:40

10 Cara Agar Bisa Tidur Dengan Cepat

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada January 06, 2021

Mencukupi kebutuhan istirahat atau tidur sangat diperlukan oleh tubuh. Tujuannya agar tubuh bisa mengisi kembali energi yang telah terpakai seharian penuh. Kalau waktu tidur tidak tercukupi, dampaknya tubuh akan merasa pegal dan mood bisa berantakan. Makanya tidur malam itu sangat penting, jangan sampai telat. Tapi ada banyak orang yang memiliki masalah tidak bisa tidur dengan cepat. Mudah-mudahan dengan cara berikut ini, kalian yang sulit tidur bisa langsung tidur dengar cepat.

10. Perhatikan Apa Yang Dimakan

foods

Makan malam memang penting karena dari makanan itulah nanti tubuh kita mengolahnya untuk bisa membantu recovery. Recovery dari segala kegiatan yang sudah kita lakukan selama satu hari tersebut. Maka dari itu penting untuk memilih makanan apa yang harus dikonsumsi serta sebanyak apa yang boleh dimakan.

Sebelum tidur, ada baiknya untuk tidak makan terlalu banyak. Setidaknya makan 2 sampai 3 jam sebelum jam tidur. Tujuannya agar perut tidak terlalu kenyang. Tidak ada yang bisa tidur dalam kondisi perut terisi penuh. Dan juga perlu perhatikan apa yang kalian makan. Sebaiknya tidak makan makanan yang bisa membuat kalian terjaga seperti makanan pedas atau minuman yang berkafein.

9. Putar Lagu Tidur

sleep music

Banyak penelitian yang sudah membuktikan betapa mengagumkannya kekuatan dari lagu. Lagu bisa membantu orang agar lebih bersemangat dalam berolahraga. Bisa juga membantu orang untuk bekerja lebih maksimal. Jadi, dengan lagu yang tepat seseorang bisa melakukan kegiatan jadi jauh lebih baik.

Hal yang bisa terjadi juga pada saat tidur. Jika kalian ingin tidur dengan cepat, maka pilihlah lagu yang tepat untuk menemani waktu tidur kalian. Biasanya yang dipilih adalah lagu dengan tempo slow dan bersifat menenangkan. Dengan demikian, pikiran jadi lebih rileks, dan membuat kita bisa tidur lebih cepat.

8. Hindari Tidur Siang

tidur siang

Ketika kita masih kecil, orang tua selalu mengajarkan kita untuk tidur siang. Tujuan tidur siang kurang lebih sama seperti tidur malam, untuk memulihkan tenaga. Tapi karena siang memiliki waktu yang singkat, maka tidurnya tidak selama tidur lama. Dan lagi ketika dewasa, akan sangat sulit bagi kita untuk bisa tidur siang. Paling hanya 30 sampai 60 menit saja.

Kalau kalian ingin bangun pagi lebih awal, tentu harus tidur lebih cepat. Untuk bisa tidur lebih cepat, salah satu caranya adalah dengan mengurangi yang namanya tidur siang. Tidur siang malah justru membuat seseorang menjadi lebih segar di malam hari. Agar membuat tubuh lebih cepat tidur, kita harus menghabiskan energinya. Salah satunya adalah dengan meminimalisir tidur siang.

7. Olahraga Sebelum Tidur

workout

Tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga. Jika kalian beralasan terlalu sibuk, olahraga hanya membutuhkan waktu 30 sampai 60 menit dari waktu kalian. Jangan korbankan waktu kalian untuk bekerja saja dan melupakan olahraga. Karena kalau kalian jatuh sakit, kalian akan mengeluarkan uang lebih untuk bisa kembali sehat.

Dan lagi, olahraga itu bisa dilakukan kapan saja. Mau pagi, siang, atau malam juga bisa. Untuk yang susah tidur atau insomnia, supaya kalian bisa lebih cepat tidur bisa dengan melakukan olahraga sebelum tidur. Lakukan olahraga di siang atau malam sebelum tidur. Dengan intensitas yang tepat, olahraga bisa membuat kalian tidur lebih cepat dan nyenyak.

6. Yoga/Meditasi

meditate

Sebagai manusia wajar jika memiliki banyak pikiran. Pekerjaan kantor, pekerjaan di rumah, keluarga, rencana masa depan, dan masih banyak hal lain yang musti dipikirkan. Bagi yang bisa mengaturnya dengan baik, kecil kemungkinan bisa dibuat stres. Tapi bagi yang tidak, mungkin saja diserang stres karena banyaknya pikiran. Banyaknya pikiran ini juga yang bisa mempengaruhi jam istirahat seseorang.

Terlalu banyak pikiran bukan cuma bisa membuat orang jadi stres tapi juga susah tidur. Melewatkan tidur malam bisa berakibat tubuh lelah, pikiran kacau, dan mood rusak. Agar bisa istirahat lebih awal, cobalah melakukan yoga atau meditasi. Dengan melakukan yoga atau meditasi, bukan cuma manfaatnya akan terasa untuk tubuh, tapi pikiran juga. Dengan pikiran yang lebih santai, maka kalian bisa tidur lebih cepat.

5. Jauhi Gadget

smartphone

Kehadiran gadget yang semakin canggih jelas membawa pengaruh yang besar untuk manusia. Segal macam kegiatan sekarang sudah bisa dilakukan dengan sebuah smartphone yang ukurannya kecil. Bermain game, mendengarkan lagu, menonton video, sosial media, bahkan melakukan trasfer uang saja bisa melalui smartphone.

Tak heran kenapa orang sulit lepas dari benda satu ini, bahkan di saat sebelum tidur sekalipun. Sebelum tidur orang masih mengecek handphonenya apakah ada notifikasi terbaru dari email, apakah ada chat yang masuk, mengecek sosial media, dan lain sebagainya. Secara tak sadar, smartphone telah menyita waktu tidur. Singkirkan segala macam gadget yang bisa mengalihkan kita dari istirahat kalau mau tidur dengan cepat.

4. Atur Napas

breath technique

Di olahraga, mengatur napas sangat penting dilakukan agar performa saat olahraga tetap terjaga. Seperti dalam olahraga kardio seperti basket, futsal, renang, badminton, dan lain sebagainya. Mengatur napas perlu dilakukan agar tidak cepat terengah-engah. Napas yang terengah-engah pada saat olahraga membuat tubuh tidak bisa bergerak sebagaimana mestinya.

Kalau kalian mengatur napas hanya berpengaruh di olahraga, kalian salah. Di tidur pun juga butuh pengaturan napas. Mengatur napas sebelum tidur bisa membantu tubuh untuk tidur lebih cepat. Di internet, kalian bisa mencari berbagai macam teknik pernapasan yang bisa membantu tidur lebih cepat. Contohnya seperti teknik napas 4-7-8.

3. Gelapkan Lampu

light off

Pernahkah kalian mengecek perbedaan jam tidur kalian pada saat kondisi lampu kamar menyala terang dengan gelap? Mana yang sekiranya bisa membuat kalian tidur lelap lebih cepat, lampu terang atau gelap? Kenyataannya, kondisi lampu mati atau ruangan yang gelap bisa membuat seseorang tidur lebih cepat.

Cara ini bisa kalian lakukan bagi yang insomnia atau sulit tidur. Coba untuk mematikan lampu kamar kalian sebelum tidur. Kondisi yang gelap bisa membantu otak dan tubuh beradaptasi dengan kondisi malam dan tidur lebih cepat. Andaikan kalian takut terhadap gelap, buatlah ruangan kamar kalian menjadi lebih redupu untuk memudahkan tidur.

2. Turunkan Suhu Kamar

lower temperature

Ketika suhu kamar panas tentu akan sulit untuk tidur. Tidak enak tidur dengan kondisi panas dan tubuh basah oleh keringat. Agar bisa tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi, disarankan untuk menurunkan suhu kamar. Suhu kamar yang rendah bisa membantu tubuh untuk rileks dan tidur lebih cepat. Apalagi ditambah dengan kondisi kamar yang redup.

Menurunkan suhu ruangan disini bukan berarti menurunkannya sampai titik terendah. Turunkan sampai kondisi kalian bisa merasa nyaman. Dengan menurunkan suhu kamar, maka suhu tubuh juga akan mengikuti. Jika sudah demikian, tinggal menunggu waktu sampai kalian tertidur degan lelap/ Agar tidak kesiangan, atur AC agar menghangat atau mati di saat pagi.

1. Mandi Air Hangat

warm shower

Mandi air hangat atau air dingin bisa memberikan dampak yang berbeda untuk tubuh. Mandi air dingin bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, makanya sangat cocok untuk dilakukan di pagi hari. Untuk malam hari, dianjurkan untuk mandi dengan air hangat. Mandi dengan air panas atau hangat bisa membantu tubuh untuk tidur lebih cepat.

Ketika mandi dengan air hangat akan berdampak menurunnya suhu tubuh. Tubuh punya caranya sendiri untuk menurunkan suhu tubuh akibat mandi dengan air panas atau hangat. Dengan turunnya suhu tubuh, maka tubuh akan lebih mudah untuk diajak istirahat daripada saat tubuh masih dalam kondisi hangat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas