home -> Lainnya -> 10 Ciri Teman Toxic Yang Musti Kalian Ketahui
05 Desember 2021 11:14

10 Ciri Teman Toxic Yang Musti Kalian Ketahui

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 05, 2021

Sedang tren yang namanya toxic parents dan toxic relationship, ada satu jenis toxic lagi yang perlu diketahui yaitu toxic friends atau teman toxic. Biasanya yang satu ini tak disadari orang karena dia teman kita jadi sudah terbiasa. Padahal, teman toxic bisa memungkinkan untuk menarik kita ke arah yang negatif tanpa kita sadari. Meski teman sendiri, kita tetap musti tahu mana yang negatif dan mana yang positif. Yang positif kita tiru, yang negatif kita jadikan pelajaran. Agar kalian sadar, berikut ciri-ciri dari teman toxic yang perlu kalian ketahui.

10. Iri Hati

jealous

Setiap orang pasti memiliki kelebihan serta jalan hidupnya masing-masing. Tidak mungkin ada yang bisa sama. Ada yang tampan, cantik, kaya, pas-pasan, dan lain sebagainya. Perbedaan inilah yang bisa membuat pertemanan itu menjadi menarik. Selain bisa menjadi bahan pembicaraan, juga bisa sharing bagaimana caranya untuk bisa lebih maju dan sukses.

Tapi, ada kalanya satu atau beberapa teman justru bukannya mendukung temannya atau setidaknya belajar bagaimana bisa menjadi maju, mereka malah menaruh iri pada teman sendiri. Andaikan hanya sebatas iri di hati dan dijadikan cambuk untuk diri sendiri itu tak masalah. Akan menjadi pr apabila sudah iri ditambah rasa ingin menjatuhkan teman.

9. Manipulatif

manipulative

Tak ada satupun orang di dunia ini yang suka dimanfaatkan. Bahkan anak saja ingin menjalani hidupnya sendiri, tak ingin dikontrol oleh orang tua. Apalagi kita yang sudah dewasa dan mandiri. Namun secara tak sadar, kadang kita sering dimanfaatkan oleh teman sendiri. Dimanfaatkan untuk keuntungan mereka sendiri.

Jika kalian ada memiliki teman yang memiliki sifat memanfaatkan atau manipulatif, ada baiknya untuk berhati-hati. Tak mungkin ada orang yang memanipulasi orang lain untuk hal yang positif bagi orang itu. Tentu orang dimanfaatkan agar membawa keuntungan bagi dirinya sendiri. Jadi, jangan mau jadi orang yang mudah dimanipulasi.

8. Tak Punya Empati

no empathy

Orang seringkali tertukar dengan yang namanya simpati dan empati. Simpati adalah sikap tertarik pada orang lain karena suatu hal. Misalnya ketika ada teman yang sedih, kita ikut merasakan kesedihannya. Sedangkan empati adalah proses psikis seperti rasa sedih akibat perasaannya tersentuh oleh suatu kejadian.

Salah satu ciri dari teman yang toxic adalah ketika mereka tidak memiliki empati di diri mereka. Jadi, mereka tidak tahu serta tidak perduli dengan apa yang terjadi dengan temannya sendiri. Di saat berduka, mereka malah terlihat senang. Meski ada kemungkinan bahwa orang tersebut pernah memiliki rasa empati lalu karena suatu kejadian jadi hilang, ketidakadaan rasa empati bisa menjadi indikasi bahwa teman kalian itu toxic.

7. Emosi Tak Stabil

unstable emotion

Perlu diketahui bahwa emosi itu berbeda dengan yang namanya marah. Marah adalah salah satu dari sekian banyak ekspresi yang ada pada emosi. Sedih, bahagia, marah, senang, itu adalah contoh dari emosi. Karena semua orang pasti memiliki emosi, jangan sampai terjadi kesalahan emosi. Contohnya seperti di saat bahagia malah tiba-tiba marah tanpa sebab yang jelas.

Ketidakseimbangan emosi selain mencirikan orang yang memiliki gangguan dengan mental, ini juga bisa menjadi tanda bahwa teman kalian tersebut bisa jadi teman yang toxic. Seseorang yang memiliki emosi tak stabil akan sulit untuk diprediksi. Meski sudah berteman dekat dan lama, bisa pusing juga dibuatnya karena emosi tak stabil ini.

6. Play Victim

play victim

Berpura-pura sebagai korban atau istilah kerennya play victim juga menjadi salah satu ciri teman yang toxic. Play victim merupakan sikap dimana seseorang berpura-pura menjadi korban atas suatu kejadian. Biasanya sikap play victim ini digunakan dengan tujuan mencari perhatian dan membenarkan sikap salah yang mereka lakukan.

Banyak orang yang jelas-jelas mempraktekan sikap ini. Tapi ketika dilakukan oleh teman sendiri, terkadang kita malah membiarkan yang dimana malah membuat si pelaku malah menjadi senang dan lepas dari tanggung jawab. Teman yang baik tidak akan bermain play victim dan tugas teman juga untuk mengkoreksi sikap tak bagus tersebut.

5. Tukang Kritik

critique

Memang mencari-cari kesalahan orang lain itu sangat mudah dilakukan ketimbang mencari kesalahan diri sendiri. Tak heran ada pepatah yang mengatakan semut di seberang pulau terlihat namun gajah di depan mata tak tampak. Tapi memang pada kenyataannya, tukang mencari kesalahan dan tukang kritik itu memang ada dan banyak.

Di dalam lingkaran pergaulan kalian pastinya ada setidaknya satu orang yang memiliki sifat ini. Yang mereka lakukan biasanya mengkritik apapun yang kalian lakukan tanpa dipikir apa sebab akibatnya. Si tukang kritik ini sepertinya sangat senang melihat diri mereka unggul dengan menjatuhkan temannya sendiri. Padahal tidak ada orang yang sempurna, meski ada melakukan kesalahan tapi pasti hal positif yang pernah dilakukan namun tak sekalipun mendapat pujian oleh si tukang kritik ini.

4. Membicarakan Di Belakang

talk behind

Selalu utamakan untuk berbicara di depan orang yang berkaitan daripada membicarakan di belakang. Bukan cuma untuk meluruskan masalah dan mencari jalan keluar, tapi juga berguna untuk menghindari terjadi perselisihan di ke depannya nanti. Tidak ada yang bisa menebak hati dan pikiran orang bukan?

Meski terdengar ekstrim dan memungkinkan terjadi perpecahan, membicarakan di depan orang langsung bisa membuat masalah menjadi benar-benar selesai. Jangan biasakan membicarakan hal buruk seseorang di belakangnya karena ketika hal tersebut terdengar oleh orangnya langsung, bisa menciptakan keributan yang besar.

3. Pembohong

lier

Kenapa bisa ada orang yang menganggap sepele bahkan membenarkan tindakan berbohong untuk kebaikan itu tidak apa-apa. Berbohong tetap saja bohong, tidak ada positifnya sama sekali dari tindakan tersebut. Apalagi bila dilakukan oleh teman sendiri. Bukankah pertemanan terbentuk dari rasa saling percaya?

Percayalah bahwa berbohong untuk kebaikan itu tidak pernah ada. Justru kalau kalian perduli pada seseorang atau suatu hal, lebih baik katakan jujur pada orang tersebut. Siapa tahu orang tersebut bisa mencari solusi dari masalah yang dihadapi. Berbohong pada teman sendiri malah bisa dianggap sebagai pengkhianat.

2. Membahas Dirinya Saja

egois

Bukankah gunanya banyak teman itu adalah bisa sharing cerita apa yang dialami oleh masing-masing orang? Cerita baik, cerita buruk, serta mencari tahu apa positif serta negatif dari cerita masing-masing orang. Kalau hanya fokus pada satu orang saja, maka bisa dikatakan bahwa pertemanan tersebut tidaklah sehat.

Ketika ada satu teman yang maunya dibahas hanya dia saja, itu sama saja seperti egois. Bukannya tidak mau mendengar, tapi orang lain tentu punya masalah yang mungkin saja lebih berat dan ingin dibagikan. Kalau hanya mau diri sendiri saja yang diperhatikan, daripada cerita ke teman, lebih baik cerita ke psikiater saja.

1. Selalu Negatif

negative mind

Ciri utama dari teman toxic adalah ketika tidak ada satupun yang positif dari ucapan dan isi kepalanya. Semua yang ada pada dirinya hanyalah kenegatifan. Semua hal dipandang dari segi negatif saja. Padahal jika mau membuka diri, selalu ada hal positif dari hal negatif yang terjadi di dunia ini.

Sebaiknya kalian tidak anggap sepele apabila menemukan teman seperti ini. Membiarkan pikiran negatif tidak hanya berakibat buruk pada teman kalian tapi juga diri kalian bisa terseret karenanya. Justru teman yang baik harus bisa memberikan nasehat dan mengarahkan teman kalian yang negatif tersebut ke arah yang lebih positif.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas