home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Jika Ingin Terlih...
23 Januari 2021 12:41

10 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Jika Ingin Terlihat Awet Muda

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada December 23, 2020

Rasa-rasanya tidak ada orang yang ingin kulit serta wajahnya menjadi tua sebelum waktunya. Penuh keriput dimana-mana tentunya membuat penampilan tidak menarik. Hal ini bisa sebenarnya dicegah dengan cara yang mudah yakni memakan makanan tertentu. Makanan bernutrisi yang bisa membuat kulit menjadi kencang dan mencegah penuaan diri. Apabila kalian memang ingin tetap terlihat awet muda wajib mengkonsumsi makanan di bawah ini.

10. Wortel

carrot

Salah satu makanan yang dipercaya memiliki kandungan vitamin A yang tinggi adalah wortel. Vitamin A ini yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Makanya banyak orang yang rajin mengkonsumsi wortel agar kesehatan matanya tetap terjaga. Tapi ada hal lain yang terdampak juga selain mata.

Perlu diketahui bahwa vitamin A pada wortel ternyata bisa membantu mengganti kolagen yang rusak dan mendorong produksi kolage. Kolagen ini berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan regenerasi sel yang rusak. Ditambah dengan kemampuan wortel yang bisa menurunkan resiko terkena kanker. Mengkonsumsina juga mudah mengingat wortel bisa dikombinasikan dengan berbagai macam makanan.

9. Jamur

mushroom

Karena vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh, maka kita wajib mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin D. Salah satu sumber vitamin D yang bagus selain sinar matahari dapat diperolah dari jamur. Beberapa jenis jamur yang aman dan populer seperti shitake, kancing, tiram, porcini, enoki, portobello, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Vitami D memiliki fungsi penting untuk kesehatan. Vitamin D ini bisa membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih cepat. Dimana kalsium adalah nutrisi penting untuk pembentukan tulang yang kuat. Vitamin D juga diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, otak, otot, dan tak lupa adalah kulit. Mau kulit yang awet muda, konsumsilah jamur.

8. Zaitun

olives

Bagi yang sering menggunakan produk minyak zaitun tapi tidak tahu seperti apa bentuk zaitun, seperti inilah bentuk dari buah zaitun. Bentuknya kecil dan memiliki warna hijau gelap. Sering diolah menjadi minyak, minyak olahan buah zaitun sangat dianjurkan untu digunakan dalam kegiatan memasak karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Buah zaitunnya sendiri tak kalah positif. Buah zaitun mengandung banyak anti oksidan yang bisa melawan peradangan dan mengurangi mikroorganisme jahat dalam tubuh. Polyphenol dan phytonutrientnya bisa membantu untuk melindungi kulit dan membuatnya seperti muda. Pastikan saja kalian mengkonsumsi buah zaitun asli dan bukan yang kalengan.

7. Dark Chocolate

dark chocolate

Coklat memang termasuk makanan ringan atau camilan favorit banyak orang. Masalahnya, terlalu banyak makan coklat justru bisa membuat gula naik. Solusi untuk tetap bisa menikmati coklat tanpa takut berat badan naik adalah dengan makan dark chocolate. Dark chocolate memiliki rasa yang pahit namun kadar gulanya yang rendah.

Karenanya, dark chocolate masih aman dijadikan camilan. Selain bagus untuk membuat mood menjadi rileks, dark chocolate juga bisa menjadi makanan yang bisa mencegah penuaan. Adalah flavanol yang menjadi penyebab dark chocolate bagus untuk kulit. Flavanol ini bisa meningkatkan jumlah darah yang mengalir ke kulit, menyerap radiasi sinar ultra violet, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

6. Paprika

red bell pepper

Meski memiliki warna merah seperti cabai tidak membuat paprika merah pedas. Justru paprika merah memiliki rasa yang cenderung manis. Semakin matang, maka rasanya akan semakin manis. Jadi makanan satu ini aman untuk kalian yang tidak suka pedas. Makanan ini pula yang cocok untuk kesehatan kulit.

Agar kulit bisa tetap sehat dan kencang maka membutuhkan yang namanya anti oksidan. Paprika merah ini termasuk salah satu makanan yang kaya akan anti oksidan. Selain anti oksidan, paprika merah juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sangat bagus untuk mendorong produksi kolagen.

5. Alpukat

avocado

Alpukat menjadi buah luar biasa karena tidak hanya bisa untuk menurunkan berat badan tapi juga menjaga kekencangan kulit. Bukan hal baru lagi bahwa alpukat menganduk lemak. Lemak sehat yang bagus untuk tubuh. Jadi mengkonsumsi lemak itu tidak apa-apa tergantung jenis lemaknya apa dan sumber makanannya.

Selain untuk berat badan ideal, alpukat juga bermanfaat untuk kulit. Alpukat memiliki kandungan vitamin K, C, E, A, B, dan potasium. Buah yang bisa menjadi anti inflamasi ini bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Alpukat juga bisa mencegah munculnya keriput yang bisa membuat seseorang menjadi terlihat tua.

4. Kacang-Kacangan

nuts

Di dunia fitness, mengkonsumsi kacang-kacangan adalah suatu hal yang musti dilakukan. Alasannya, kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan lemak yang dibutuhkan untuk tubuh. Mendengar lemak tidak perlu langsung takut, lemak yang ada pada kacang-kacangan termasuk lemak sehat. Tinggal bagaimana cara kalian mengolahnya saja.

Selain bagus dalam hal diet, kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi untuk mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin E yang ada pada kacang-kacangan bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak, mengembalikan kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Beberapa contoh kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi seperti walnut, macadamia, cashews, dan almond.

3. Sayuran Hijau

green leafy vegetables

Tidak sedikti orang membenci sayuran karena warnanya yang tidak menarik dan rasanya yang tidak enak. Membenci sayuran hijau tidak masalah kalau masih tetap mau memakannya, kalau benar-benar tidak mau makan sayuran, itulah yang menjadi masalah. Bukan cuma pencernaan menjadi terganggu, kemungkinan kulit menjadi tua sebelum waktunya juga semakin tinggi.

Semua sayuran yang berwarna hijau memiliki serat, vitamin, kalsium, dan kaya akan anti oksidan. Semua nutrisi ini yang dibutuhkan kita agar tubuh bisa memproduksi kolagen. Kolagen inilah yang nantinya bisa membuat kulit menjadi kencang, bersinar, dan anti keriput. Jadi, mulailah makan bayam, brokoli, kang kung, dan sayuran hijau lainnya demi kulit yang lebih sehat.

2. Blueberry

Blueberries

Memiliki warna biru yang sangat indah, kecil, tapi sangat kaya akan vitamin dan anti oksidan. Buah yang dimaksud tidak lain adalah blueberry. Diketahui bahwa buah blueberry ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara. Di Indonesia, buah ini bisa didapat dengan mudah di pasar dan juga supermarket.

Blueberry memiliki kandungan vitamin A dan C, dilengkapi dengan anti oksidan. Ketiga hal ini yang dapat membantu kamu untuk tetap terlihat awet muda. Apalagi kalian yang memiliki aktivitas di luar rumah, sering terpapar sinar matahari, stres, dan polusi, mengkonsumsi blueberry bisa mencegah hilangnya kolagen pada kulit.

1. Pepaya

papaya

Membenci buah-buahan berarti kalian sudah menyiakan-nyiakan manfaat dari buah tersebut. Buah-buahan diketahui memiliki vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mungkin bentuknya tidak menarik, rasanya tidak enak, dan lain sebagainya, tapi tetap tak bisa dipungkiri bahwa kira tetap harus mengkonsumsi buah.

Untuk menjaga kulit tetap awet muda, ada satu buah yang musti kalian masukan dalam menu diet kalian. Buah tersebut adalah pepaya. Di Indonesia, buah ini dianggap bagus buat pencernaan karena bisa memperlancar buang air besar. Selain bagus untuk pencernaan, vitamin, mineral, serta anti oksidan dari pepaya bisa meminimalisir terjadinya keriput dan garis di wajah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas