home -> Lifestyle -> 10 Tips Mencegah Osteoporosis
23 Januari 2021 11:35

10 Tips Mencegah Osteoporosis

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada December 15, 2020

Usia tua memperbesar kemungkinan seseorang untuk mengalami masalah tulang yang namanya osteoporosis. Osteoporosis adalah menurunnya kedapatan dan kualitas tulang. Membuat tulang menjadi rapuh dan memperbesar resiko mengalami patah tulang dan cidera lainnya. Bukan cuma bisa dialami oleh yang tua, mereka yang muda juga bisa mengalaminya. Ini dikarenakan gaya hidup bebas yang diikuti oleh mereka anak muda. Tapi apakah osteoporosis bisa dicegah? Tentu bisa. Berikut caya yang bisa diikuti untuk mencegah kemungkinan terjadinya osteoporosis.

10. Check Up Kesehatan

check up

Seberapa sering kalian mengecek kesehatan kalian ke dokter? Dengan rutin memeriksa kondisi kesehatan kalian ke dokter, kalian beberapa langkah lebih maju untuk bisa mendeteksi potensi penyakit apa yang akan menyerang nanti. Masalahnya, di tahap ini orang sering lupa dan beralasan bahwa check up ke dokter hanya buang-buang waktu.

Kebanyakan penyakit berbahaya itu muncul di kemudian hari. Begitu sudah dicek, kebanyakan kondisinya sudah parah dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Seperti pengeroposan tulang yang biasa terjadi di usia-usia tertentu. Dengan rutin memeriksakan kesehatan, bisa diketahui kesalahan apa yang kita lakukan dan bisa dicarikan solusi pencegahannya.

9. Konsumsi Sayur dan Buah

fruit and vegetables

Untuk mencegah menurunnya fungsi tulang bisa dengan mengatur pola makan. Dengan diet yang tepat maka akan memperkecil terjadinya osteoporosis. Makanan seperti cepat saji, snack, dan makanan lain yang sekiranya tidak sehat, mulai disingkirkan. Berganti dengan pola makan yang lebih sehat dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayuran.

Makan buah dan sayuran bisa mengurangi resiko terserang penyakit, salah satunya adalah osteoporosis ini. Tulang butuh nutrisi seperti kalsium, vitamin, dan mineral. Dengan mulai pola hidup sehat seperti memasukan buah dan sayuran ke dalam menu makanan setiap hari, bisa membuat tubuh menjadi kuat dan tahan dari serangan penyakit.

8. Penuhi Kebutuhan Vitamin D

vitamin d

Dua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang. Pertama adalah kalsium dan kedua adalah vitamin D. Orang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tapi lupa dengan yang namanya vitamin D. Padahal dengan kombinasi dua nutrisi tersebut, kesehatan tulang bisa terjaga dan mengurangi resiko terserang penyakit tulang.

Baik kalsium maupun vitamin D, keduanya bisa memberikan dampak positif yaitu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Kalian mengkonsumsi kalsium saja tapi tidak vitamin D justru akan sia-sia. Vitamin D justru bisa membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Sumber makanan yang mengandung vitamin D dapat ditemukan di ikan. Salmon, tuna, mackerel, dan minyak ikan.

7. Berjemur

sunbathing

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengkonsumsi kalsium saja tidak cukup tanpa adanya vitamin D. Vitamin D ini yang bisa membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih baik. Vitamin D bukan cuma bisa didapat dari makanan dan juga suplemen, ada juga sumber vitamin D alami yang sering terlewat oleh kita. Itu adalah matahari.

Kegiatan seperti berjemur yang sering dianggap remeh ini ternyata bukan cuma bagus untuk kulit, tapi juga tulang. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari bisa membuat kulit lebih tahan terhadap kanker. Untuk tulang, vitamin D dari sinar matahari dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Penggunaan krim pelindung matahari tidak disarankan untuk dipakai karena bisa memblok 90% vitamin D. Kalaupun memang tidak bisa dan takut berjemur di bawah sinar matahari, bisa konsumsi suplemen.

6. Hindari Minuman Beralkohol

alcohol

Memiliki kontrol diri merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup. Bila tidak bisa mengontrol diri dalam menghadapi sesuatu, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu kontrol diri yang penting adalah ketika dalam minum minuman beralkohol. Minum dalam porsi yang secukupnya itu sudah cukup. Berlebihan malah akan membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Minum minuman beralkohol selain untuk menjalin hubungan dengan orang lain, bisa juga membuat tubuh hangat dan rileks. Itu kalau diminum dalam jumlah yang sedikit. Terlalu banyak minum minuman beralkohol bisa berujung pada menurunnya kesehatan tulang. Alkohol dalam jumlah yang besar masuk ke dalam tubuh bisa mempengaruhi keseimbangan hormon. Agar tidak terjadi pengeroposan tulang di usia dini dan usia lanjut, batasi jumlah alkohol yang ingin diminum.

5. Stop Rokok

smoking

Cukup membingungkan bila melihat ada orang yang hobinya merokok. Apalagi melihat bahwa peringatan rokok selalu ditampilkan di setiap iklan rokok. Bahkan saat membeli rokok, bukan cuma peringatan rokok yang ditulis tapi juga gambar mereka yang terkena penyakit mengerikan akibat merokok ditampilkan di bungkus rokok. Tapi tetap saja mereka tak perduli dan tetap merokok.

Rokok bukan cuma bisa menyerang organ pernapasan saja, tapi kesehatan tulang juga bisa ikut terdampak. Setiap rokok mengandung kandungan nikotin, nikotin ini bisa mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh. Keseimbangan hormon bisa terganggung dengan nikotin ini dan bisa mempengaruhi kepadatan tulang. Apabila sulit untuk berhenti merokok, ada tips untuk berhenti merokok yang bisa kalian ikuti.

4. Istirahat

rest

Olahraga sudah, makan makanan yang bergizi juga sudah masih belum cukup untuk membuat tulang menjadi kuat. Orang sering lupa dengan yang namanya istirahat. Terkadang ada kerjaan yang tak bisa ditunda sehingga harus tetap bangun di malam untuk bekerja. Padahal istirahat adalah momen dimana tubuh bisa beristirahat dan recovery setelah seharian bekerja.

Kebiasaan tidur larut malam atau bahkan tidak tidur sama sekali bisa berdampak pada kesehatan tulang. Di saat tidur, tubuh akan memperbaiki sel yang telah rusak. Ditambah dengan makan makanan yang bergizi, maka tubuh akan semakin cepat pulih. Kalau kurang tidur, maka proses pemulihan ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Mengakibatkan tulang juga akan mengalami pengeroposan secara perlahan.

3. Kurangi Kopi dan Soda

coffee and soda

Minuman soda memang sangat menyegarkan untuk diminum di saat panas dan haus. Begitu juga dengan kopi, ada begitu banyak orang yang menjadikan minum kopi seperti hobi. Hampir di setiap kesempatan kalau tidak minum soda, pilihan lainnya adalah kopi. Minum sesekali boleh-boleh saja, tapi jangan terlalu sering karena efeknya bisa ke tulang.

Mereka yang minum minuman bersoda dan kopi tidak terlalu sering tak akan memiliki masalah dengan tulang. Tapi mereka yang sudah menjadikan minuman soda dan kopi sebagai pengganti air putih, besar kemungkinan akan mengalami pengeroposan tulang. Kopi dan soda bisa membuat tulang semakin menurun kepadatannya. Kepadatan tulang semakin menurun, maka akan rentan mengalami cidera.

2. Olahraga

workout

Olahraga bukan cuma ditujukan untuk anak-anak dan mereka yang muda, mereka yang sudah berumur juga boleh dan harus melakukan olahraga. Tujuannya tetap sama yakni menjaga kesehatan, termasuk di dalamnya adalah kesehatan tulang. Apalagi masalah tulang seperti osteoporosis sangat rawann menyerang di berbagai usia.

Untuk mencegah terserang osteoporosis diperlukan olahraga yang tepat. Contohnya adalah olahraga yang mengkombinasikan antara resistance training dan angkat beban. Dengan melakukan olahraga tersebut maka bisa meningkatkan kekuatan tulang dan memperkecil kemungkinan terserang osteoporosis. Cukup meluangkan waktu sekitar 30 sampai 60 menit sudah cukup untuk melatih tulang agar lebih kuat.

1. Konsumsi Kalsium

calcium

Jika otot diberi makan dengan protein agar bisa cepat pulih setelah berolahraga, maka untuk memberi makan perlu yang namanya kalsium. Kalsium merupakan nutrisi penting untuk memperkuat tulang dan membuat tulang cepat bertumbuh. Kalian tentu ingat ketika kecil kalian diberikan susu oleh orang tua kalian agar cepat tumbuh dan kuat.

Semakin bertambahnya umur, seringkali kita lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Dirasa susu hanyalah untuk anak kecil, orang dewasa tidak perlu susu. Pada kenyataannya tidak masalah umur berapapun mau mengkonsumsi susu. Apalagi sekarang sudah ada yang namanya susu tinggi kalsium. Mereka yang berumur membutuhkan kalsium yang lebih besar untuk menjaga tulang agar tetap kuat. Selain dari susu, bisa juga mendapatkan kalsium dari produk olahannya seperti susu skin, yogurt, dan keju.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas