home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Jerawat
23 Januari 2021 10:52

10 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Jerawat

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada December 11, 2020

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum yang bisa menyerang siapa saja. Jerawat muncul bukan karena debu dan jarang membersihkan kulit wajah, tapi juga bisa dikarenakan sembarangan mengkonsumsi makanan. Terdapat sejumlah makanan yang ternyata bisa menjadi pemicu bahkan memperparah jerawat. Makanan ini yang mustinya kita hindari agar kulit tetap bersih dari jerawat. Kalau begitu apa saja makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat?

10. Protein Hewani

protein hewani

Ketika sekolah, kita diajarkan bahwa ada 2 macam protein, protein nabati dan hewani. Protein nabati diperoleh dari tumbuhan. Sedangkan protein hewani didapat dari hewan. Orang lebih memilih protein hewani karena bisa dimasak dengan berbagai macam cara dan juga rasanya yang lebih enak. Masalahnya, hewan butuh waktu untuk bisa sampai usia dewasa untuk diambil dagingnya.

Untuk mengakalinya, digunakanlah obat untuk mempercepat hewan tumbuh dewasa. Di hewan memang bisa mempercepat pertumbuhan, tapi ketika dagingnya dimakan oleh kita, efeknya malah bisa memunculkan jerawat. Apalagi bagi mereka yang memang lebih memilih atau memfavoritkan protein hewani ketimbang nabati.

9. Whey Protein

whey protein

Siapa disini yang memiliki hobi ngegym atau fitness? Orang yang menekuni hobi ngegym atau fitness memerlukan asupan protein yang tinggi. Bukan cuma dari makanan tapi juga suplemen. Ada begitu banyak suplemen untuk anak fitness, salah satu yang paling populer dan banyak digunakan adalah susu whey protein.

Susu whey protein merupakan susu yang memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi daripada susu biasa. Memang susu ini bisa mencukupi kebutuhan protein dari mereka yang gemar ngegym, tapi susu ini juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Makanya tak sedikit orang yang ngegym memiliki masalah dengan jerawat.

8. Coklat

chocolate

Jerawat bisa muncul dari mengkonsumsi makanan yang tidak semestinya. Bahkan coklat sekalipun juga bisa menyebabkan jerawat. Hal ini sudah dibuktikan sejak lama oleh para ahli kesehatan. Sangat disayangkan mengingat coklat merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Selain rasanya yang manis, enak, coklat juga sering digunakan sebagai bentuk ekspresi cinta pada saat hari valentine.

Di beberapa brand coklat, coklat dibuat dengan menggunakan campuran susu. Menjadikan coklat juga termasuk dalam produk olahan susu dimana semua produk olahan susu ditengarai bisa memicu munculnya jerawat. Hanya coklat yang masih raw atau mentah yang tidak akan memicu jerawat bila dikonsumsi. Ini dikarenakan coklat raw mengandung vitamin A, C, E, dan zinc yang jusru bagus untuk kulit.

7. Makanan Cepat Saji

fast food

Sepositif apapun dari suatu hal, pasti ada dampak negatif. Makanan cepat saji contohnya. Orang yang super sibuk dan selalu dikejar-kejar waktu akan sangat tertolong dengan adanya restoran cepat saji. Tidak perlu menunggu waktu lama, mereka memesan makanan lalu bisa langsung dimakan. Dengan demikian mereka bisa melanjutkan aktivitas dengan segera.

Tapi, makanan cepat saji juga memberikan dampak negatif yang sangat berbahaya apabila tak dibatasi konsumsinya. Mulai dari kolesterol tinggi, berat badan naik, dan juga masalah dengan jerawat. Sebut saja itu kentang goreng, hamburger, pizza, dan makanan lain yang memiliki lemak tinggi musti disingkirkan apabila ingin menjaga keseimbangan hormon dan juga gula darah.

6. Lemak Omega-6

omega 6 fat

Orang Barat biasanya lebih mengenal dengan lemak omega-6 daripada lemak omega-3. Tak ada perbedaan yang signifikan karena keduanya masih termasuk golongan lemak tak jenuh. Kalau lemak omega-3 bisa didapat dari ikan dan kacang-kacangan, lemak omega-6 bisa didapat dari sayuran dan minyak untuk memasak.

Memang benar lemak omega-6 bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Tapi bukan berarti kita harus benar-benar menghentikan asupan omega-6. Tubuh kita tetap butuh lemak omega-6, tinggal seberapa banyak yang musti kita makan. Mungkin kalian bisa beralih ke olive oil, coconut oil, dan palm oil. Hindari sunflowe, soybean, dan cottonseed oil karena kandungan lemak omega-6nya terlalu tinggi.

5. Susu dan Produk Olahannya

dairy products

Ketika seseorang membutuhkan sumber kalsium yang tinggi, salah satu makanan yang musti dikonsumsi adalah susu. Kalaupun mereka memiliki masalah dengan laktosa, bisa mengalihkan pilihan dari susu ke produk olahan lain yang berbahan dasar susu. Contohnya seperti keju, yogurt, dan lain sebagainya. Yang menjadi masalah adalah, susu dan produk olahannya ini ternyata juga bisa memicu munculnya jerawat.

Adapun produk yang katanya bisa meminimalisir terjadinya jerawat adalah susu skim. Kenyataannya, susu skim juga tidak lebih baik dari susu biasa. Jelas ini menjadi masalah rumit karena menyingkirkan susu amatlah tidak mungkin karena tubuh membutuhkan kalsium dari susu. Jadi solusinya adalah dengan mengkonsumsi susu dengan jumlah yang wajar.

4. Alkohol

alcohol

Jika ingin mencari minuman yang menyegarkan, sebaiknya tidak lari ke alkohol. Memang betul bahwa alkohol bisa membawa efek rileks bagi yang meminumnya, tapi apabila orang tersebut tidak bisa mengontrol diri sendiri malah bisa jadi kecanduan alkohol. Efek kebanyakan minum minuman yang mengandung alkohol bukan cuma bisa membuat kepala sakit setelah bangun tidur, tapi juga masalah kulit seperti jerawat.

Alkohol bisa mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Ketika alkohol masuk ke dalam sistem, akan berdampak langsung pada hormon estrogen dan testosteron. Ketika kedua hormon ini sudah terganggu keseimbangannya, akan muncul zat yang disebut dengan sebum. Sebum ini yang nantingya akan menyumbat pori-pori. Membuat minyak tak dapat keluar sehingga bakteri tumbuh dengan subur.

3. Kafein

caffeine

Sudah sejak lama orang menggemari minuman kopi. Kopi ini seringkali diminum bukan cuma di pagi atau malam saja, melainkan di waktu kosong orang juga lebih memilih minum kopi. Air putih pun kalah pamor ketimbang kopi. Tidak heran kenapa bisnis cafe yang menyajikan minuman kopi laris manis karena memang konsumennya sangat banyak.

Memang kopi bisa bermanfaat untuk membuat tubuh lebih bertenaga dan mengusir ngantuk, tapi ada efek negatif lain daripada kopi. Bila diminum secara berlebihan, kopi bisa membuat kita tetap terjaga meski sudah masuk jam istirahat. Jelas ini akan mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, kopi juga bisa menaikkan gula darah dalam tubuh yang kemudian bisa memunculkan masalah inflamasi dan jerawat.

2. Makanan Berminyak

fried food

Jika ada makanan lain yang cocok untuk dijadikan camilan selain makanan manis, itu adalah gorengan. Makanan yang diolah dengan cara digoreng selain cepat juga enak dan bisa dikombinasikan dengan minuman yang menyegarkan seperti soda. Hanya tinggal menunggu waktu saja kapan efek buruknya muncul.

Salah satu efek buruk yang bisa muncul pertama kali adalah munculnya jerawat. Bisa saja muncul di wajah atau di bagian tubuh lain misalnya punggung. Bagi yang memang sudah muncul jerawat di kulit, mengkonsumsi makanan gorengan malah bisa memperburuk jerawat dan menimbulkan inflamasi. Kentang goreng, keripik kentang, dan gorengan lain sebaiknya dibatasi jumlah konsumsinya apabila tidak mau mengalami masalah jerawat.

1. Gula

sweet

Ngemil makanan yang mengandung gula memang terasa nikmat. Yang awalnya cuma niat makan sedikit, secara tak sadar ternyata sudah makan banyak. Seperti yang sudah orang banyak tahu bahwa makanan manis bisa membuat berat badan seseorang bertambah. Selain itu, makanan manis juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Begitu gula dalam jumlah besar masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi dengan memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang besar juga. Kelebihan hormon insulin ini bisa meningkatkan produksi minyak di kulit. Alhasil, pori-pori dan folikel tersumbat. Kondisi ini yang sangat disukai oleh bakteri pemicu jerawat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas